Sabtu, 22 Februari 2014

[belajar-excel] Digest Number 2799

13 Messages

Digest #2799
1a
Re: Makro utk refresh & sort data di table by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5b
6a
6b
Re: mencari MAX dengan criterias (VBA) [1 Attachment] by "WIRAnata Kemala 鄧又銘" kwiranata
7a
Re: Ambil Data Pakai Macro VBA [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8a
Menguhubungkan UserForm dengan Database by "Haris Rifai" haris.rifai
9a
Re: MySQL > XML < Excel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Fri Feb 21, 2014 3:12 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Selamat pagi,

Pakai VBA bisa dengan ontime milik object application.

di sebuah general module dibuat prosedur mulaitimer dan stoptimer
public sub mulaitimer()
'proses refresh tulis disini

'mulai ontime
application.ontime now + timevalue("00:00:05"),"mulaitimer"
end sub

public sub stoptimer()
application.ontime now + timevalue("00:00:05"),"mulaitimer",false
end sub

pada event open milik workbook, mulai jalankan prosedur mulaitimer
pada event beforeclose milik workbook, jalankan prosedur stoptimer

Wassalam,
Kid.

2014-02-20 19:23 GMT+07:00 Heri Pamungkas ( Gmail ) <ghery.dharma@gmail.com>
:

>
>
> Semangat pagi,
>
> Nyambung masalah Refresh me-Refresh
>
> Mohon pencerahannya,
> adakah cara untuk Refresh/Excecute script setiap 5 Detik sekali ?!
>
> Salam Excell-ent
>
> On 20/02/2014 19:04, Mulki wrote:
>
>
>
> Terimakasih banyak Ms. Jan atas pencerahannya. Saya coba dulu ya, mhn
> jgn kapok jika saya kembali bertanya :)
>
> Semoga Allah membalas kebaikan Ms. Jan & rekan2 disini dg beribu2 kebaikan
> .. aamiin ...
>
>
> Wassalam,
> Mulki
>
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Thursday, February 20, 2014 1:36 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] RE: Makro utk refresh & sort data di table
>
>
>
> coba copas script ini ke sebuah modul, lalu assign macro ke tombol yang
> sudah anda buat sebelumnya:
>
> Sub RefreshData()
> Dim rgStuf As Range, xStuf As Range
> Dim rgData As Range, rgHelper As Range
> Dim lRow As Long
>
> ' pasang Helper di kolom A
> Range("a3").Value = "Helper" ' judul header
> Helper
> Set rgStuf = Range("l4")
> Set rgStuf = Range(rgStuf, rgStuf.End(xlDown)) ' set area sisa
> Stuffing
> For Each xStuf In rgStuf
> With xStuf
> lRow = .Row ' ambil nomor
> barisnya dulu
> If .Value >= -2 And .Value <= 0 Then
> Cells(lRow, 1).Value = 1 ' ini yang warna
> merah
> ElseIf .Value >= -5 And .Value <= -3 Then
> Cells(lRow, 1).Value = 2 ' ini yang warna
> kuning
> ElseIf .Value < -5 Then
> Cells(lRow, 1).Value = 3 ' ini yang warna
> hijau
> Else
> Cells(lRow, 1).Value = 4 ' ini yang gak
> diwarnain
> End If
> End With
> Next xStuf
>
> ' urutkan datanya
> Set rgData = Range("a3").CurrentRegion.Offset(1)
> rgData.Sort key1:=Range("a3"), order1:=xlAscending, key2:=Range("k3"),
> order2:=xlDescending, Header:=xlYes
>
> ' hapus isi kolom helper
> Set rgHelper = Range("a3").CurrentRegion.Offset(1).Resize(, 1)
> rgHelper.ClearContents
>
> ' refresh pivot tablenya
> Sheet1.PivotTables("PivotTable1").PivotCache.Refresh
> End Sub
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 20 Februari 2014 13.27, Mulki <mulki@aop.component.astra.co.id>menulis:
>
>>
>> Bisa kasih contoh makronya pak summonery ?
>> Saya blm ada gambaran seperti apa dan blm pernah coba makro jg ?
>>
>> Sedangkan utk sort berdasarkan warna harapan saya bisa menggunakan makro
>> jg pak saat tombol REFRESH dipencet.
>> Jadi tombol REFRESH tesbt bisa utk men-SORT data dan me-REFRESH Graphic
>> dibawahnya.
>>
>> Mohon bantuannya pak summonery.
>>
>> Terimakasih atas pencerahannya.
>>
>>
>> Wassalam,
>> Mulki
>>
>>
>> ----- Original Message -----
>> *From:* summonery@yahoo.com
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Sent:* Thursday, February 20, 2014 12:07 PM
>> *Subject:* [belajar-excel] RE: Makro utk refresh & sort data di table
>>
>>
>>
>> Wlkmslm wr wb.
>>
>> Pak Mulki bisa membuat macro dimulai dengan merekamnya.
>> Atau dalam hal refresh all bisa menggunakan shortcut key Ctrl+Alt+F5
>> Untuk sort berdasarkan warna --> Sort by Color --> Custom Sort --> Sort
>> on Cell Color
>>
>> >semoga bermanfaat
>>
>>
>>
>
>

Fri Feb 21, 2014 5:42 pm (PST) . Posted by:

"Febrian Yoshi"

Dear Master HK & Miss Jan,
Terima kasih banyak atas infonya..

Rgds,
Fefe

Fri Feb 21, 2014 5:44 pm (PST) . Posted by:

"Liem Suliem" liemsuliem

oke makasih mis jan..

tak coba yang ini tapi yang kemarin sudah tak sesuaikan.. gak saya marge,,

tapi jika ini sesuai keinginan pakai yang ini.

salam

liem

Pada Jumat, 21 Februari 2014 10:27, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

 
waduh.. kalo diMerge susah atuh ko @_@

tapi coba script yang ini ya..

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
    
    ' (0-0) deklarasi semua variable yang diperlukan
    Dim sRowHeight As Single, sColWidth As Single, sMergeWidth As Single
    Dim rgCell As Range, rgEachCell As Range, rgMerge As Range

    ' (1) fokus pada cel 1 kolom di sebelah kanan target
    With Target.Offset(, 1)
        
        ' (2) cek apakah cel tersebut diMerge
        If .MergeCells Then
            
            ' (3) jika masuk ke baris ini maka cel diMerge
            '     set lokasi cel pertama yang diMerge
            '     yaitu cel paling kiri atas
            Set rgCell = .Cells(1, 1)
            
            ' (4) simpan lebar kolom ke variabel sColWidth
            sColWidth = rgCell.ColumnWidth
            
            ' (5) set area yang diMerge
            Set rgMerge = rgCell.MergeArea
            
            ' (6) simpan lebar kolom hasil Merge
            For Each rgEachCell In rgMerge.Cells
                sMergeWidth = sMergeWidth + rgEachCell.ColumnWidth
            Next
            
            ' (7) matikan screen update
            Application.ScreenUpdating = False
            
            ' (8) hilangkan dahulu Merge Cel-nya
            rgMerge.MergeCells = False
            
            ' (9) ubah lebar cell yang paling kiri atas
            ' yang tadi sudah di set pada script (3)
            ' dengan total lebar kolom Merge Cell pada script (6)
            rgCell.ColumnWidth = sMergeWidth
            
            ' (10) atur tinggi baris secara otomatis
            rgCell.EntireRow.AutoFit
            
            ' (11) simpan nilai tinggi baris ke dalam variabel sRowHeight
            sRowHeight = rgCell.RowHeight
            
            ' (12) kembalikan ukuran lebar kolom yang paling kiri atas
            rgCell.ColumnWidth = sColWidth
            
            ' (13) kembalikan lagi cel yang diMerge
            rgMerge.MergeCells = True
            
            ' (14) atur tinggi baris cel yang diMerge sesuai script (11)
            rgMerge.RowHeight = sRowHeight
            
            ' (15) tampilkan hasil perubahan
            Application.ScreenUpdating = True
        
        ' (16) akhir pengecekan Merge Cel
        End If
    
    ' (17) akhir bekerja pada 1 kolom di sebelah kanan target
    End With

' (18) akhir dari prosedur event
End Sub

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 20 Februari 2014 16.19, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> menulis:

 
>maaf mis ternyata datanya formatnya marge centre (3 cel jadi 1)
>makro sudah saya rubah
>
>
>Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
>    If Not Intersect(Target, Range("D11:D40")) Is Nothing Then
>       Target.MergeCells = True
>
>        Target.WrapText = True
>        Target.EntireRow.AutoFit
>    End If
>End Sub
>
>
>masih belum bisa.. mohon pecerahan..
>
>
>
>
>
>

Fri Feb 21, 2014 5:44 pm (PST) . Posted by:

"Lazuardi Biru" lazuardi_biru84

semoga cepet sehat pak..

dan segera dapat beraktivitas kembali.

Pada Jumat, 21 Februari 2014 18:08, aksan kurdin <aksan.kurdin@gmail.com> menulis:

 
mi cacingnya tok cer ya pa alif ?
;p

aksan kurdin

On 2/21/2014 10:31 AM, Jan Raisin wrote:

 
>Wa'alaikumsalam wr. wb.,
>
>
>Alhamdulillah pak Aliif sudah boleh pulang dari rumah sakit..
>semoga cepat pulih dan segera bisa beraktifitas kembali pak.. Aamiin
>
>
>Wassalam,
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>
>
>
>Pada 21 Februari 2014 10.21, Aliif Akbar <aliif.akbar@yahoo.co.id> menulis:
>

>>Assalamualaikum,
>>Selamat pagi rekan2 semua,
>>Terimakasih untuk doanya, alhamdulillah, dokter visit sudah mengijinkan saya pulang dari RS.
>>In syaa Allah siang ini bisa pulang
dri RS.
>>Sekali lagi terimakasih.
>>Aliif Akbar
>>Sent from Yahoo Mail on Android
>>
>>
>>
>>________________________________
>> From: Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>;
>>To: <belajar-excel@yahoogroups.com>;
>>Subject: RE: [belajar-excel] Mari kita do'akan tuk kesembuhan Pak Alif Akbar
>>Sent: Fri, Feb 21, 2014 2:55:16 AM
>>
>>
>>
>> 
>>Indahnya sebuah kebersamaan, meskipun saya tidak mengetahui sosok beliau, namun sebagai bentuk simpati saya pada millis/komunitas BeExcel, mohon titip salam saya untuk Pak Alif Akbar ya, semoga cepat sembuh.
>>salam,
>>ASL
>>
>>
>>
>>________________________________
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>From: dwint.ruswanto@gmail.com
>>Date: Thu, 20 Feb
2014 21:13:37
+0700
>>Subject: Re:
[belajar-excel]
Mari kita do'akan
tuk kesembuhan Pak
Alif Akbar
>>
>> 
>>
>>Rekans,
>>Ada yang mau
jenguk pak
Aliif? Insya
Allah saya
bisa hari
sabtu atau
hari minggu.
>>Wassalam,
>>-dwint-
>>
>>On Feb 20, 2014 9:05 PM, "indradjaja80an@yahoo.com" <indradjaja80an@yahoo.com> wrote:
>>
>> 
>>>Dear para member milis excel,
>>>
>>>Mari kita do'akan tuk kesembuhan Pak Alif akbar yg sdh 2 hr ini sedang sakit thypus.
>>>Sy mengetahuinya dr picpro WA beliau. Sptnya beliau dirawat di RS.
>>>Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
>>
>

Fri Feb 21, 2014 6:33 pm (PST) . Posted by:

"Haris Rifai" haris.rifai

Semoga Pak Alif segera disembuhkan oleh Allah SWT.

Amiiin...

wassalam.
haris

Pada Sabtu, 22 Februari 2014 8:45, Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@yahoo.com> menulis:

 
semoga cepet sehat pak..

dan segera dapat beraktivitas kembali.

Pada Jumat, 21 Februari 2014 18:08, aksan kurdin <aksan.kurdin@gmail.com> menulis:

 
mi cacingnya tok cer ya pa alif ?
;p

aksan kurdin

On 2/21/2014 10:31 AM, Jan Raisin wrote:

 
>Wa'alaikumsalam wr. wb.,
>
>
>Alhamdulillah pak Aliif sudah boleh pulang dari rumah sakit..
>semoga cepat pulih dan segera bisa beraktifitas kembali pak.. Aamiin
>
>
>Wassalam,
>
>
>-Miss Jan Raisin-
>
>
>
>
>
>Pada 21 Februari 2014 10.21, Aliif Akbar <aliif.akbar@yahoo.co.id> menulis:
>

>>Assalamualaikum,
>>Selamat pagi rekan2 semua,
>>Terimakasih untuk doanya, alhamdulillah, dokter visit sudah mengijinkan saya pulang dari RS.
>>In syaa Allah siang ini bisa pulang
dri RS.
>>Sekali lagi terimakasih.
>>Aliif Akbar
>>Sent from Yahoo Mail on Android
>>
>>
>>
>>________________________________
>> From: Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com>;
>>To: <belajar-excel@yahoogroups.com>;
>>Subject: RE: [belajar-excel] Mari kita do'akan tuk kesembuhan Pak Alif Akbar
>>Sent: Fri, Feb 21, 2014 2:55:16 AM
>>
>>
>>
>> 
>>Indahnya sebuah kebersamaan, meskipun saya tidak mengetahui sosok beliau, namun sebagai bentuk simpati saya pada millis/komunitas BeExcel, mohon titip salam saya untuk Pak Alif Akbar ya, semoga cepat sembuh.
>>salam,
>>ASL
>>
>>
>>
>>________________________________
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>From: dwint.ruswanto@gmail.com
>>Date: Thu, 20 Feb
2014 21:13:37
+0700
>>Subject: Re:
[belajar-excel]
Mari kita do'akan
tuk kesembuhan Pak
Alif Akbar
>>
>> 
>>
>>Rekans,
>>Ada yang mau
jenguk pak
Aliif? Insya
Allah saya
bisa hari
sabtu atau
hari minggu.
>>Wassalam,
>>-dwint-
>>
>>On Feb 20, 2014 9:05 PM, "indradjaja80an@yahoo.com" <indradjaja80an@yahoo.com> wrote:
>>
>> 
>>>Dear para member milis excel,
>>>
>>>Mari kita do'akan tuk kesembuhan Pak Alif akbar yg sdh 2 hr ini sedang sakit thypus.
>>>Sy mengetahuinya dr picpro WA beliau. Sptnya beliau dirawat di RS.
>>>Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
>>
>

Sat Feb 22, 2014 12:06 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Bagian :
txtJml1.Text = CInt(txtQty.Text) * CInt(txtHrg1.Text)

ubah jadi :
txtJml1.Text = Cdec(txtQty.Text) /1000 * Cdec(txtHrg1.Text)

Gitu kali ya. Kalo gitu, lakukan pada yang lainnya.

Wassalam,
Kid.

2014-02-22 11:06 GMT+07:00 aisyah zahrah <aisyahzahrah00@gmail.com>:

>
>
> Maaf Pak..
> ada revisi..
>
>
>

Fri Feb 21, 2014 10:33 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Wira,

mungkin seperti file terlampir yang menggunakan sebuah kolom bantu dan
sebuah tabel referensi peringkat penggunaan ccy.

Jika ingin menggunakan VBA, sila disusun dengan langkah :
1. pastikan ada tabel referensi di kolom J
2. kolom E dijadikan kolom bantu lebih dulu dengan diisi formula : (seluruh
record pada kolom E diisi formula)
=IFERROR(MATCH(C2,$J$1:$J$3,0),0)
***formula boleh di-values jika sudah pasti terkalkulasi

3. lakukan sort terhadap data berdasar kolom A (ASC), kolom E (DESC), kolom
D (DESC)

4. kolom E diberi formula (seluruh record pada kolom E diisi formula) :
=1*(A2<>A1)
***formula boleh di-values jika sudah pasti terkalkulasi

Jadi, ketika menggunakan VBA, tidak perlu ada kolom bantu seperti ketika
menggunakan formula tanpa VBA.

Wassalam,
Kid.

2014-02-20 21:39 GMT+07:00 WIRAnata Kemala 鄧又銘 <kwiranata.milis@gmail.com>:

>
>
> dear member,
>
> mohon bantuan nya untuk kasus seperti terlampir:
> - data di asumsikan sudah sorted by studentid (ascending) dan bal
> (descending) - flag column D dengan 1 untuk bal paling tinggi per
> studentid, flag untuk idr paling tinggi - jika studentid tidak memiliki
> idr, maka pilih bal usd tertinggi - jika studentid tidak memiliki idr
> dan juga usd, maka boleh ccy apa saja dgn bal tertinggi yg di flag 1
> mohon bantuan nya , VBA yah, supaya bisa belajar :)
>
> atas bantuannya dan waktu yg telah diluangkan, saya ucapkan terima kasih
> banyak ..
>
> --
> regards, Wira 鄧又銘
> on desktop FireFox
>
>
>

Sat Feb 22, 2014 2:48 am (PST) . Posted by:

"WIRAnata Kemala 鄧又銘" kwiranata

selamat sore pak Kid.

"WOW" . ga kepikir sama sekali untuk kolom bantu nya pakai cara seperti itu.

dengan gini, bikin VBA nya jadi untuk meng-otomasi saja, karena logic nya
sudah ketemu.

ntar saya akan share VBA nya (akan berantakan sih he he ) ke milis juga.

Terima kasih banyak, like always, awesome logic pak :)

2014-02-22 13:32 GMT+07:00 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>:

>
>
> Hai Wira,
>
> mungkin seperti file terlampir yang menggunakan sebuah kolom bantu dan
> sebuah tabel referensi peringkat penggunaan ccy.
>
> Jika ingin menggunakan VBA, sila disusun dengan langkah :
> 1. pastikan ada tabel referensi di kolom J
> 2. kolom E dijadikan kolom bantu lebih dulu dengan diisi formula :
> (seluruh record pada kolom E diisi formula)
> =IFERROR(MATCH(C2,$J$1:$J$3,0),0)
> ***formula boleh di-values jika sudah pasti terkalkulasi
>
> 3. lakukan sort terhadap data berdasar kolom A (ASC), kolom E (DESC),
> kolom D (DESC)
>
> 4. kolom E diberi formula (seluruh record pada kolom E diisi formula) :
> =1*(A2<>A1)
> ***formula boleh di-values jika sudah pasti terkalkulasi
>
> Jadi, ketika menggunakan VBA, tidak perlu ada kolom bantu seperti ketika
> menggunakan formula tanpa VBA.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2014-02-20 21:39 GMT+07:00 WIRAnata Kemala 鄧又銘 <kwiranata.milis@gmail.com>
> :
>
>>
>>
>> dear member,
>>
>> mohon bantuan nya untuk kasus seperti terlampir:
>> - data di asumsikan sudah sorted by studentid (ascending) dan bal
>> (descending) - flag column D dengan 1 untuk bal paling tinggi per
>> studentid, flag untuk idr paling tinggi - jika studentid tidak memiliki
>> idr, maka pilih bal usd tertinggi - jika studentid tidak memiliki idr
>> dan juga usd, maka boleh ccy apa saja dgn bal tertinggi yg di flag 1
>> mohon bantuan nya , VBA yah, supaya bisa belajar :)
>>
>> atas bantuannya dan waktu yg telah diluangkan, saya ucapkan terima kasih
>> banyak ..
>>
>> --
>> regards, Wira 鄧又銘
>> on desktop FireFox
>>
>>
>
>

--
regards, Wira 鄧又銘
on desktop FireFox

Fri Feb 21, 2014 10:46 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Sebaiknya dijelaskan lebih rinci lagi tentang kasusnya. Tidak semua
BeExceller bekerja dibidang yang sama dengan yang Anda geluti.

Sekedar saran tentang mengolah data.
1. Usahakanlah agar data tersusun menjadi sebuah tabel yang berkaidah
database berisi multi periode dengan record harian per setiap item.
2. Setelah data terkumpul menjadi satu tabel saja (tidak terpisah dalam
berbagai sheet karena periodenya berbeda apalagi filenya berbeda), lakukan
komputasi dengan formula atau apapun caranya untuk menghasilkan kolom-kolom
yang bisa diambil oleh form output
3. setelah nomor 2 diperoleh, pada sheet yang baru, dibentuk form untuk
output yang bisa dicetak. Bisa jadi nanti dibutuhkan beberapa tabel
referensi berisi item-item yang digunakan oleh masing-masing kolom dalam
data. Seperti referensi pegawai berisi nama dan nik yang unique, referensi
keterangan, dan sebagainya.

Biasanya, alur proses pengolahan data yang bisa tersusun secara jelas
menjadi :
1. bagian input
2. bagian proses (komputasi untuk mendapatkan data siap pakai dalam
penyusunan output)
3. bagian output (yang bisa jadi ada banyak sheet output)
akan lebih mudah diotomasi dan mudah dikembangkan kedepannya.
proses komputasinya juga menjadi lebih cepat dan mudah dikoreksi jika ada
bagian yang harus diubah.

btw,
burhubung saran di atas termasuk saran yang tidak populer karena menuntut
pengubahan cara kerja (yang biasanya enggan dilakukan oleh pencinta comfort
zone), maka kita tunggu saja jika ada BeExceller yang berbaik hati
membuatkan aplikasi jadi untuk membentuk data kasus ini menjadi output.
Ndak usah kuatir, nanti kasus ini akan berkembang ke output bentuk
summary-nya kok, seperti rekap per bulan atau rekap tahunan, jadi suatu
saat nanti pasti jika tidak ingin ribet dan bergantung ke penyumbang VBA,
akan diubah seperti bentuk tak populer di atas, sehingga bisa diubah dengan
cepat dalam keadaan genting karena bisa dipelajari lebih mudah oleh
siapapun dan bisa dikerjakan oleh lebih dari banyak orang ketika ada
kendala.

;)

Wassalam,
Kid.

2014-02-21 11:07 GMT+07:00 <agungdotcom13@yahoo.com>:

>
>
> Dear All Master,
> bagaimana Rumus Ambil Datanya Pada 2 Sheets, Mungkin Bisa pakai Macro VBA
> agar Form Cetak Terisi Sesuai Data,Periode 1 dan 2,
> Mohon Maaf Jika sya Posting hanya bisa memberi masalah,Sekalian Saya
> Belajar, , ,
>
>
>
> Thanks,B'Regards
> -Agunk-
>
>
>

Fri Feb 21, 2014 11:53 pm (PST) . Posted by:

"Haris Rifai" haris.rifai

Assalamu'alaikum.

Salam BeXceler.

Dear master excel.
Mohon arahnnya lagi nih...
Bagaimana caranya jika kita ingin data hasil input pada UserForm disimpan pada file excel yang berbeda dari file tempat Userform berada.

Untuk memperjelas apa yang saya maksud berikut saya lampirkan file-nya.

wassalam.
Haris.

Sat Feb 22, 2014 12:43 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Hai Haris,

1. Bagaimana caranya (teknis & coding) bila sheet DATABASE berada di file
yang berbeda.
>> sebelum proses save, lakukan kegiatan membuka file target
dim wbkApp as workbook, wbkTarget as workbook
set wbkapp=thisworkbook
set wbktarget=workbooks.open( "alamat lengkap si file target",2)
wbkapp.activate

>> proses penulisan ke sebuah cell target ditambahkan dengan object
workbook target dan sheet targetnya
wbktarget.sheets("nama sheet target").range("alamat range target").value =
txtIsian1.text 'misalnya
'dst

>> selesai tulis, lakukan penyimpanan file target dan tutup sekalian
application.displayalerts=false
wbktarget.close true
application.displayalerts=true

2. Kalau data dari "Combobox"; berada di file yang berbeda bagaimana
penulisan coding untuk memanggilnya.
>> Hal ini dilakukan saat akan membuka userform
>> cara 1, salin datanya dari file sumber ke file kerja lalu gunakan dalam
userform. Cara ini dimungkinkan untuk bisa menggunakan properti rowsource
(properti listfillrange jika activex object ada dalam worksheet)
>> cara 2, buka file sumber lalu baca setiap item sumber sembari
menambahkan ke combobox.

Cara buka file sumber : (mirip nomor 2)
dim wbkApp as workbook, wbkSumber as workbook
set wbkapp=thisworkbook
set wbksumber = workbooks.open( "alamat lengkap si file target",2)
wbkapp.activate

Cara copy item set sumber
wbksumber.sheets("sumbernya&quot;).range("alamat range si items sumber").copy
with wbkapp.sheets("lokasi di file kerja").range("alamat range si items di
lokasi kerja")
.clearcontents
.resize(1,1).pastespecial xlpastevalues
end with

Kalau buka lalu add satu-satu :
dim rng as range
with cboDiUserform
.listindex=-1
.clear
for each rng in wbksumber.sheets("sumbernya&quot;).range("alamat range si
items sumber").resize(,1).offset(1) 'offset 1 kalau ada headernya
if len(rng,value)<>0 then
.add rng.value
endif
next rng
end with

3. Kalo pada UserForm saya tambahkan CommandButton untuk meng-edit sheet
yang berisi data dari isi Combobox yang saya maksud di atas bagaimana
coding yang harus saya buat.
>> masih belum paham maksudnya

Wassalam,
Kid.

2014-02-22 14:38 GMT+07:00 Haris Rifai <haris.rifai@yahoo.co.id>:

>
>
> Assalamu'alaikum.
>
> Salam BeXceler.
>
> Dear master excel.
> Mohon arahnnya lagi nih...
> Bagaimana caranya jika kita ingin data hasil input pada UserForm disimpan
> pada file excel yang berbeda dari file tempat Userform berada.
>
> Untuk memperjelas apa yang saya maksud berikut saya lampirkan file-nya.
>
> wassalam.
> Haris.
>
>
>

Sat Feb 22, 2014 12:02 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Darman,

MySQL meng-import (pakai membaca data saja ya) XML dengan load xml
blabla... yang menuntut adanya string file xml.
File xml dalam Excel bisa didapat antara lain dengan 2 cara, yaitu :
1. membaca file excel nya jika versi xl2007 ke atas yang berformat MSO open
xml. Sila deh dibaca lebih lanjut tentang struktur dari format xml si
msopis tersebut disini :
http://msdn.microsoft.com/en-us/library/office/aa338205%28v=office.12%29.aspx
lalu pilih saja yang dibutuhkan...
hanya saja, kalau baca dari file excel nya dengan format ini, berarti harus
tahu lokasi percis si data yang mau dipakai.
selain itu, si xl2003 ke bawah juga belum berformat open xml.

2. membuat data yang akan dibaca oleh MySQL menjadi sebuah file xml
cara ini bisa dengan membuat si data memiliki format xml dalam worksheet
atau juga dengan menyusun sendiri format xml nya.
Pada dasarnya, jika Anda tidak menggunakan Excel secara langsung, maka bisa
membuat object untuk membuka si file excel dan melakukan pembuatan format
xml per data yang akan dibaca oleh MySQL.
Jika file Excel-nya bisa diset agar memiliki format xml pada setiap data
yang dibutuhkan, maka membaca langsung dengan nomor 1 di atas bisa
dilakukan dengan lebih mudah. Cara untuk membentuk format xml per data yang
dibutuhkan bisa dilakukan salah satunya dengan cara yang ada di :
http://office.microsoft.com/en-au/excel-help/create-an-xml-data-file-and-xml-schema-file-from-worksheet-data-HA010263509.aspx

atau bisa juga dengan VBA si Excel untuk membuat file xml-nya

Sedangkan pada saat Excel harus membaca xml file hasil keluaran MySQL,
kadangkala dibutuhkan map ulang oleh si Excel jika formatnya bukan sebagai
format mso open xml.

Hanya saja, walaupun terkesan kuno, akan lebih mudah membuat setiap data
yang dibutuhkan yang ada di excel menjadi sebuah text file. Begitu juga
ketika Excel membaca output MySQL dalam bentuk text file.

Bisa juga, jika memungkinkan dilakukan dari si Excel dan diperbolehkan
mengakses langsung ke MySQL (soalnya security di Excel cukup sangat buruk
karena tidak didesain untuk kegiatan yang butuh keamanan tinggi), maka VBA
Excel bisa mengirimkan data ke MySQL dengan membuat koneksi ODBC ke MySQL
memanfaatkan ADO. Sedangkan untuk membaca data dari MySQL bisa dengan fitur
Get External Data memanfaatkan ODBC connector ke MySQL. Tapi, ya itu tadi,
pada sisi MySQL yang harus benar-benar ditata previlege-nya.

Mungkin, mungkin loh ya,
andaikan Anda jabarkan lebih spesifik tentang definisi pertukaran data
MySQL dan Excel (apalagi disertai latar pemilihan untuk menggunakan xml),
maka akan lebih banyak BeExceller yang bisa berbagi pengalaman dan
menjelaskannya lebih detil.

Wassalam,
Kid.

2014-02-21 15:30 GMT+07:00 Darman Maulani <darmanmaulani@gmail.com>:

>
>
> Bagaimana cara pertukaran data Antara MySQL dengan Excel dengan
> menggunakan XML.
>
>
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar