Rabu, 19 Februari 2014

[belajar-excel] Digest Number 2793

15 New Messages

Digest #2793
1b
Re: Cara Membuat Struktur Organisasi di Excel by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
4a
Hitung Lembur & HK by agungdotcom13
4b
Hitung Lembur & HK by agungdotcom13
4c

Messages

Wed Feb 19, 2014 7:16 am (PST) . Posted by:

"Febrian Yoshi"

Dear Para Master,
Mohon pencerahannya,adakah tutorial yg mudah dipelajari untuk membuat
struktur organisasi di excel?

Terimakasih banyak sebelumnya..

Regards,
Fefe

Wed Feb 19, 2014 8:01 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hai Fefe,
Bikin struktur organisasi pake Excel rada ribet untuk nyusun kotaknya, Tulis Nama dan Titelnya maupun ngelink ke kotak sub ordinatenya.

Saran saya, kalau memang mau lebih bagus dan fleksibel, sebaiknya pakai Visio yang (setahu saya) memang difokuskan untuk flow chart maupun struktur organisasi.

Mengenai Tutorial, coba iseng2 cari di internet, siapa tahu ada yang pernah membuatnya.

Salam,
HK

On Wednesday, 19 February 2014, 22:17, Febrian Yoshi <febrixl@gmail.com> wrote:

 
Dear Para Master,
Mohon pencerahannya,adakah tutorial yg mudah dipelajari untuk membuat struktur organisasi di excel?

Terimakasih banyak sebelumnya..

Regards,
Fefe

Wed Feb 19, 2014 5:35 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

hai Fefe,

Jika tidak memiliki Visio sesuai saran pak Hendrik, silakan coba free ware
yang bernama XMind
bisa diunduh melalui link berikut ini:
http://www.xmind.net/

Untuk yang versi Pro (berbayar) hasilnya bisa diexport ke Excel juga

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 19 Februari 2014 23.01, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>menulis:

>
>
> Hai Fefe,
> Bikin struktur organisasi pake Excel rada ribet untuk nyusun kotaknya,
> Tulis Nama dan Titelnya maupun ngelink ke kotak sub ordinatenya.
>
> Saran saya, kalau memang mau lebih bagus dan fleksibel, sebaiknya pakai
> Visio yang (setahu saya) memang difokuskan untuk flow chart maupun struktur
> organisasi.
>
> Mengenai Tutorial, coba iseng2 cari di internet, siapa tahu ada yang
> pernah membuatnya.
>
> Salam,
> HK
>
>
> On Wednesday, 19 February 2014, 22:17, Febrian Yoshi <febrixl@gmail.com>
> wrote:
>
> Dear Para Master,
> Mohon pencerahannya,adakah tutorial yg mudah dipelajari untuk membuat
> struktur organisasi di excel?
>
> Terimakasih banyak sebelumnya..
>
> Regards,
> Fefe
>
> _._,_.___
>

Wed Feb 19, 2014 7:49 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hai Dony,
Pake macro boleh kan ? (pake Event Worksheet_Change)
Hari liburnya boleh suka2 asaldibuatkan daftarnya pada sheet HrLibur mulai dari Range("A1") ke bawah.

Macronya diletakkan pada Sheet1(ASS TEK) di VBE Sheet,
Option Explicit'jangan ada variabel yang ketinggalan (explicit gitu lho)

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)'jika terjadi perubahan pada WS

    If Target.Column = 3 And Target.Count = 1 Then'jika pointer berada pada kolom 3 (1 sel)
        Dim Libur As Range, Found As Range'deklarasi variabel
        Set Libur = Sheets("HrLibur").Range("A1", Sheets("HrLibur").Range("A1").End(xlDown))
        Set Found = Libur.Find(what:=Target, LookIn:=xlValues) 'cari Target pada range Libur
        If Not Found Is Nothing Then'kalo ketemu
            Target.EntireRow.Font.Color = vbRed 'merahkan baris target
        End If'selesai if pertama
    End If 'selesai if kedua
End Sub 'selesai kabe

Semoga sesuai kebutuhan, walaupun lebih repot dikit.

Salam,
HK

On Wednesday, 19 February 2014, 18:22, Bagus <bagus@kingjim.co.id> wrote:

 
Hai Dony;
 
Iya benar;
Utk excel 2007 up ada di Tab Home.
Utk excel 2003 ada di menu format
 
File terlampir
 
Wassalam
~ Bagus ~
 
From:belajar-excel@yahoogroups.com
[mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of dony cahyadi
Sent: Wednesday, February 19, 2014 4:48 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Mod: Merubah warna tulisan untuk tanggal
tertentu
 
 
maaf master,,, saya tidak menemukan conditional formating di menu
format<home. apakah yang dimaksud master bukan format yg ada di menu home?
 
On Wednesday, February 19, 2014
4:54 PM, Bagus <bagus@kingjim.co.id> wrote:
 
Hai Don;
 
1.       Block A2:P2
2.       Click Format, Pilih Conditional Formatting …
3.       Condition 1, pilih Formula Is
4.       Isikan formula berikut
=TEXT($C2,"ddd")="sun";
5.       Atur format yg diinginkan lalu OK
6.       Block A2:P2 lalu tekan tombol Ctrl+C (Copy)
7.       Block A2:P29 lalu paste special, pilih formats lalu OK
8.       Selesai
 
 
 
Wassalam
~ Bagus ~
 
From:belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On
Behalf Of dony cahyadi
Sent: Wednesday, February 19, 2014 3:55 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Mod: Merubah warna tulisan untuk tanggal
tertentu [1 Attachment]
 
 
Saya dony dari tangerang, saya ingin bertanya bagaimana cara
membuat suatu list menjadi berubah warna fontnya berdasarkan tanggal tertentu
(terutama hari libur) ini saya butuhkan sekali untuk efisiensi pekerjaan
saya..  saya akan lampirkan contoh file dalam bentuk attachment

terimakasih

dony
 
 

Wed Feb 19, 2014 5:23 pm (PST) . Posted by:

summonery

Hai Kiki, Ini file bertipe .xlsx bukan?
Kalo iya, coba Save As Type Excel Binary Workbook (*.xlsb)
semoga bisa lebih kecil dari 10MB ya,, :p




>semoga bermanfaat

Wed Feb 19, 2014 5:59 pm (PST) . Posted by:

agungdotcom13

Dear All Master,

Bagaimana ya Rumus Untuk Mencari Lembur sama Juml hari kerjanya




Thanks,B'regards
-Agunk-

Wed Feb 19, 2014 8:20 pm (PST) . Posted by:

agungdotcom13

Dear all master, Sorry Tadi Attchnya ketinggalan,, , ,
Gimana Rumus untuk hitung lembur ma hari kerjanya,,,


Thanks,B'regards
-Agunk-





Wed Feb 19, 2014 9:24 pm (PST) . Posted by:

"nangAgus" nangagoez

Untuk Agung
Aaslamualaikum warahmatullah
Salam sejahtera
coba gunakan rumus di I2: =IF(H2>F2;IF(H2*1>0,7708;H2-F2-0,5/24;H2-F2);0)
Namun data yang anda sertakan masih kurang bagus.
pada data tersebut terdapat data numerik dan data text. sehingga
rumusnya akan kacau kalau datanya tidak sama
silahkan diedit sesuai kebutuhan.

On 20/02/2014 10:46, agungdotcom13@yahoo.com wrote:
>
> Dear all master,
>
> Sorry Tadi Attchnya ketinggalan,, , ,
> Gimana Rumus untuk hitung lembur ma hari kerjanya,,,
>
> Thanks,B'regards
> -Agunk-
>
>
>

Wed Feb 19, 2014 10:17 pm (PST) . Posted by:

agungdotcom13

Dear nang agus, Iya benar sekali mas Agus Itu Data ada yang dari mesin absen langsung sama yang saya ketik sendiri setelah sya ubah rumusnya jadi benar.


#Untuk Jumlah Hari Kerjanya gimana mas jika jam masuknya ada maka otomatis dihitung 1 hari.


Thanks,B'regards
-Agunk-

Wed Feb 19, 2014 10:20 pm (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai Agunk;

File terlampir semoga sesuai harapan

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: agungdotcom13@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 20, 2014 10:46 AM
Subject: [belajar-excel] Hitung Lembur & HK [1 Attachment]

Dear all master,

Sorry Tadi Attchnya ketinggalan,, , ,
Gimana Rumus untuk hitung lembur ma hari kerjanya,,,

Thanks,B'regards
-Agunk-

Wed Feb 19, 2014 6:30 pm (PST) . Posted by:

"Mulki" mulki_akbar

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Mohon bantuan rekan2 dan guru2 B-XLers.

Melanjutkan permasalahan yg masih berhubungan dg imel yg saya kirimkan bbrp hari yg lalu.
Saya masih blm mengerti bagaimana membuat makro yg mungkin bagi rekan & guru2 disini simpel tp sangat besar manfaatnya buat saya.

Mohon pencerahannya atas masalah saya dlm attachment ini ya dan terimakasih atas semuanya.

Wassalam,
Mulki

Wed Feb 19, 2014 9:07 pm (PST) . Posted by:

summonery

Wlkmslm wr wb.

Pak Mulki bisa membuat macro dimulai dengan merekamnya.
Atau dalam hal refresh all bisa menggunakan shortcut key Ctrl+Alt+F5
Untuk sort berdasarkan warna --> Sort by Color --> Custom Sort --> Sort on Cell Color


>semoga bermanfaat

Wed Feb 19, 2014 9:09 pm (PST) . Posted by:

summonery

Hai kiki, Dari skydrive, filenya harus dibuka dikomputer (ada pilihannya).
Atau dimulai dari aplikasi Excel 2013 dengan membuka file yang ada pada skydrive.


>semoga bermanfaat

Wed Feb 19, 2014 10:17 pm (PST) . Posted by:

"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah

Udah lama nih gak dapat solusi dari Mr De Premor ....
Gimana kabarnya ya Mr De Premor...
mohon dibantu dibantu ya...
salam hormat,

ASL.

From: syaifullah@hotmail.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 17 Feb 2014 09:57:59 +0000
Subject: RE: [belajar-excel] copy sheet dari beberapa file lain ke file utama dengan masing2 sheet yang berbeda. [1 Attachment]

Dear Mr HK,
terima kasih sangat membantu macro file gabungnya.
saya sudah jalankan macronya. file2 file_1.xlsx, file_2.xlsx dan file_3.xlsx yang memiliki sheet pro1, pro2, dan pro3 telah digabungkan ke file file_gabung.xlsx. ke masing2 sheet yang sama dan berjalan saya jalankan macronya.

sepertinya macro akan semakin kompleks bila kriterianya melihat email saya yang kemarin, yang mana dalam file_gabung.xlsx tsb dicreate menjadi file_gabung_pro1.xlsx yang akan menampung nama2 sheet pro1 yang ada pada file_1.xlsx, file_2.xlsx dan file _3.xlsx. tidak digabungkan sheetnya tetapi dipindah ke sheet masing2. mungkin kalau copy manualnya akan menjadi pro1, pro1(2),pro1(3).
sheet pro1 berasal dari file_1.xlsx, pro1(2) berasal dari file_2.xlsx dan pro1(3) berasal dari file_3.xlsx.

mudah2an Mr HK tidak kewalahan mencarikan solusi macronya. terlampir file2 dimaksud.

dari semua macro2 yang Mr HK berikan semua sangat dapat saya terapkan pada tugas2 saya yang bekerja di bagian data akuntansi. sangat membantu.

terima kasih Mr HK,
ASL.

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Sat, 15 Feb 2014 09:48:17 -0800
Subject: Re: [belajar-excel] copy sheet dari beberapa file lain ke file utama dengan masing2 sheet yang berbeda. [1 Attachment]

Pak ASL,Berikut adalah contoh modifikasi dari file yang lalu masing2 dengan 3 sheet, kecuali File_Gabung yang mempunyai tambahan Sheet "Prosesdata&quot;.
Untuk menjalankannya coba copy folder HK_Belajar_Excel ke Directory D:\.Jika Direktori D:\ tidak ada dan folder mau dicopy ke Directory E:\ atau F:\ maka ganti string folder yang ada pada File_Gabung Sheet "Prosesdata&quot; Range("C3") dari D:\ menjadi E:\ atau F:\
Kemudian buka File_Gabung dan lakukan ke tiga langkah dalam tombol.
Coba ganti Nama2 Sheet pada masing2 file, mis. Sheet1 menjadi Pro1, dst.nya (sheet menjadi Pro) dan update macro pada VBE Sheet dari Sheets("Sheet" & i).Select menjadi Sheets("Pro" &
i).Select Sebagai catatan, nama2 sheet pada File_Gabung (kecuali sheet "Prosedata&quot;) harus sama dengan nama2 sheet pada file yang digabung, tetapi nama2 file yang digabung (.xlsx) boleh berbeda-beda (tidak harus File_1.xlsx, File_2.xlsx dan File_3.xlsx), sedangkan Range dari tiap2 Sheet yang digabung selalu dimulai dari Range("A1") dan tidak ada sel kosong. Jika tidak, maka perlu dilakukan penyesuaian pada
bagian sel yang dicopy (Range("A1").CurrentRegion.Select)
Terakhir sila coba untuk 12 bulan.
Semoga berhasil.
Salam,HK

On Saturday, 15 February 2014, 14:25, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:



Dear BeExceller,Mohon bantuan macronya atas masalah saya ini.saya punya 4 file excel (jan.xlsx, feb.xlsx, mar.xlsx dan apr.xlsx ... ini merupakan data transaksi per bulannya).masing-masing file tsb mempunyai 4 sheet (pro1,pro2,pro3, dan pro4 ), jadi file jan.xlsx s/d apr.xlsx tsb sheetnya bisa sama, kadang gak mesti setiap bulannya sheetnya sama semua.bagaimana macronya mengcopy sheet yang sama dari 4 file tsb ke file utama (misal menjadi file utamapro1.xlsx, utamapro2.xlsx, utamapro3.xlsx, dan utamapro4.xlsx).maka utamapro1.xlsx akan berisikan sheet pro1(fiel dari jan), pro1(file dari feb), pro1(file dari mar) dan pro1(file dari apr), begitu seterusnya untuk file utamapro yang lainnya.Mudah2an rekan2 BeExceller bermurah hati untuk membuatkan macronya untuk saya.terima kasih,ASL





Wed Feb 19, 2014 10:27 pm (PST) . Posted by:

"Mulki" mulki_akbar

Bisa kasih contoh makronya pak summonery ?
Saya blm ada gambaran seperti apa dan blm pernah coba makro jg ?

Sedangkan utk sort berdasarkan warna harapan saya bisa menggunakan makro jg pak saat tombol REFRESH dipencet.
Jadi tombol REFRESH tesbt bisa utk men-SORT data dan me-REFRESH Graphic dibawahnya.

Mohon bantuannya pak summonery.

Terimakasih atas pencerahannya.

Wassalam,
Mulki

----- Original Message -----
From: summonery@yahoo.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, February 20, 2014 12:07 PM
Subject: [belajar-excel] RE: Makro utk refresh & sort data di table

Wlkmslm wr wb.

Pak Mulki bisa membuat macro dimulai dengan merekamnya.
Atau dalam hal refresh all bisa menggunakan shortcut key Ctrl+Alt+F5
Untuk sort berdasarkan warna --> Sort by Color --> Custom Sort --> Sort on Cell Color

>semoga bermanfaat

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar