Senin, 24 Februari 2014

[belajar-excel] Digest Number 2801

13 Messages

Digest #2801
1a
data dalam 1 kolom ada komanya? by "Thomas Budiarto" themassto
1b
Re: data dalam 1 kolom ada komanya? [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4
macro merubah data vertikal horizontal by "roy sumarna" rohendi_2000
5a
Bagaimana menyelesaikan kasus ini ya? by "Tjahya Hartono" tjahyahartono

Messages

Sun Feb 23, 2014 6:29 am (PST) . Posted by:

"Thomas Budiarto" themassto

dear master excel...
saya mau minta tolong bagaimana cara menampilkan data dalam 1 kolom excel dapat menampilkan beberapa data, misalnya jakarta, semarang, surabaya, sesuai dengan data yang ada tabel sumber. file kasus saya lampirkan. terima kasih

regard,
Thomas

Sun Feb 23, 2014 8:12 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Thomas,

Kasus seperti ini sering muncul di milis. Jika ingin mengetahui varian
lainnya, coba search di arsip milis.

File terlampir.

Wassalam,
Kid.

2014-02-23 21:10 GMT+07:00 Thomas Budiarto <themassto@yahoo.com>:

>
>
> dear master excel...
> saya mau minta tolong bagaimana cara menampilkan data dalam 1 kolom excel
> dapat menampilkan beberapa data, misalnya jakarta, semarang, surabaya,
> sesuai dengan data yang ada tabel sumber. file kasus saya lampirkan. terima
> kasih
>
>
> regard,
> Thomas
>
>
>

Sun Feb 23, 2014 7:55 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Dear BeExceller,

Kelanjutan celotehan tentang combobox ada
disini<http://b-excel.blogspot.com/2014/02/belajarvba-102-combobox-02.html>
.
Namanya sekedar celotehan, maka jangan dimasukkan ke dalam hati kalau ada
yang gak pas ya...

:)

Wassalam,
Kid.

Sun Feb 23, 2014 3:26 pm (PST) . Posted by:

abduh_suryadi

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Dear Master Excel
mohon bantuannya.....
Bagaimana cara memformat activeX textbox sehingga dalam satu textbox terdapat tulisan dengan macam2 format.
Contoh tulisan di textbox "Indonesia merdeka pada bulan agustus 1945"
tulisan 'Indonesia&#39; ingin saya ganti size nya dengan yang lebih besar sedangkan 'agustus 1945' ingin saya format under line.
Terima kasih

Sun Feb 23, 2014 4:46 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Hai Abduh,

Textbox tidak dilengkapi dengan characters formatting. Coba gunakan ActiveX
RichTextBox Control. Pastikan seluruh komputer yang akan menggunakan file
ber-userform berisi richtextbox ini meregister file library bernama
richtx32.ocx. Jika tidak meregister file library tersebut, maka userform
akan error saat ditampilkan.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2014-02-24 5:53 GMT+07:00 <abduhsuryadi@gmail.com>:

>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> Dear Master Excel
> mohon bantuannya.....
> Bagaimana cara memformat activeX textbox sehingga dalam satu textbox
> terdapat tulisan dengan macam2 format.
> Contoh tulisan di textbox "Indonesia merdeka pada bulan agustus 1945"
> tulisan 'Indonesia&#39; ingin saya ganti size nya dengan yang lebih besar
> sedangkan 'agustus 1945' ingin saya format under line.
> Terima kasih
>
>

Sun Feb 23, 2014 6:33 pm (PST) . Posted by:

abduh_suryadi

Terima kasih Mr. Kid atas petunjuknya....
sudah saya temukan solusinya. ternyata kata kuncinya ada di kata-kata 'rich text'
terima kasih banyak...
wassalamu'alaikum wr. wb.

Sun Feb 23, 2014 6:35 pm (PST) . Posted by:

abduh_suryadi

wa'alakumussalam wr. wb.
Terima kasih banya Mr. Kid atas fast responsenya.
sudah saya coba register richtx32.ocx dan sukses.
tapi ketika saya insert object dan memilih Microsoft Rich TextBox Control 6.0 (SP6) , muncul peringatan "cannot insert object"
mohon pencerahan.

Sun Feb 23, 2014 6:42 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Oh gitu ya, mungkin file ocx nya belum teregister (register di OS ya).
Coba link ini :
https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/18724

Wassalam,
Kid.

2014-02-24 8:49 GMT+07:00 <abduhsuryadi@gmail.com>:

>
>
> wa'alakumussalam wr. wb.
> Terima kasih banya Mr. Kid atas fast responsenya.
> sudah saya coba register richtx32.ocx dan sukses.
> tapi ketika saya insert object dan memilih Microsoft Rich TextBox Control
> 6.0 (SP6) , muncul peringatan "cannot insert object"
> mohon pencerahan.
>
>

Sun Feb 23, 2014 6:37 pm (PST) . Posted by:

"roy sumarna" rohendi_2000

master excel yth.
saya ada kesulitan merubah data dari vertikal horizontal dan data tsb sekitar 5000 row. saya selama ini kerja pake pivot table tapi ribet / terlalu banyak langkah2nya ada teman sarankan pake macro visual basic. barangkali ada teman yang tau macronya. tersebut, kami mohon bantuannya.
sebagai sample saya lampirkan datanya

terima kasih sebelumnya.


roy

--- Mods ---
Sepertinya akan lebih memudahkan calon pe-reply jika disertai contoh output hasil kerja pivot table atau hasil kerja manualnya. Penjelasan tentang alur proses yang telah dilakukan juga akan lebih membantu calon pe-reply.
--------------



Sun Feb 23, 2014 9:57 pm (PST) . Posted by:

"Tjahya Hartono" tjahyahartono

Dear master excel,

Mohon bantuan sekali lagi, saya bingung dengan penjumlahan dengan memakai banyak kriteria, enaknya menggunakan rumus apa ya? Kalo dengan kasus yang saya berikan, mungkin bisa mengilhami saya lebih lagi untuk belajar memahami excel.

Terima kasih

Tjahya Hartono

Mon Feb 24, 2014 12:30 am (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Hai Tjahya;

Coba file terlampir..

ada spasi dibelakang tulisan reguler

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Tjahya Hartono
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, February 24, 2014 10:49 AM
Subject: [belajar-excel] Bagaimana menyelesaikan kasus ini ya?

Dear master excel,

Mohon bantuan sekali lagi, saya bingung dengan penjumlahan dengan memakai banyak kriteria, enaknya menggunakan rumus apa ya? Kalo dengan kasus yang saya berikan, mungkin bisa mengilhami saya lebih lagi untuk belajar memahami excel.

Terima kasih

Tjahya Hartono

Mon Feb 24, 2014 1:01 am (PST) . Posted by:

"Haris Rifai" haris.rifai

Dear pak Tjahya.

Coba gunakan formula "sumproduct&quot; kalo emang yang diminta hanya tanggal yang tertulis (bukan range satu minggu)

contoh untuk mengisi sel N8:
=SUMPRODUCT(($B$2:$B$49=N$7)*($C$2:$C$49=M$7)

selanjutnya copy ke semua sel.
begitu pula untuk mencari DD & Regulernya.

Untuk mengisi data mingguan bisa dengan mengunakan kolom bantuan untuk mengelompokkan periode tanggal dalam satu minggunya, misalnya tgl 1 s/d 7 = week-1 begitu seterusnya. 
Dan untuk memunculkan nominalnya pergunakan formula seperti diatas.

Semoga bisa mengakomudir yang Pak Tjahnya maksud.
Maaf kalo kurang tepat, saya member baru yang masih belajar.

 
salam.
Haris.

Pada Senin, 24 Februari 2014 12:57, Tjahya Hartono <tjahyahartono@yahoo.co.id> menulis:

 
Dear master excel,

Mohon bantuan sekali lagi, saya bingung dengan penjumlahan dengan memakai banyak kriteria, enaknya menggunakan rumus apa ya? Kalo dengan kasus yang saya berikan, mungkin bisa mengilhami saya lebih lagi untuk belajar memahami excel.

Terima kasih

Tjahya Hartono

 

Mon Feb 24, 2014 1:00 am (PST) . Posted by:

"ChordJR" indra_gustian

Wahh ternyata ada kekurangan saya pada pengecekan bagan"nya...mohon maaf
merepotkan...Terimakasih Untuk Miss Jan & Om HK yang sudah membantu...

Ada Pertanyaan saya satu lagi,untuk kode macro tersebut apakah sudah
flexible apabila data yang saya gunakan ingin di jadikan sebuah
database??mohon di berikan tips" apabila ada tambahan...tks banyak
semoga di mengerti

Salam,

Indra

On 2/21/2014 7:16 PM, hendrik karnadi wrote:
> Tambahin dikit boleh kan Miss Jan.
> Indra, coba ganti sel yang dirujuk dengan warna merah, mis dengan
> "TES" (tanpa spasi) dan lihat hasilnya.
>
> Salam,
> HK
>
>
> On Friday, 21 February 2014, 17:20, Jan Raisin
> <miss.jan.raisin@gmail.com> wrote:
> hai Indra,
>
> error terjadi karena ada data yang tidak memiliki header (sheet Data
> kolom J - Judul kosong) atau headernya berbeda dengan header di
> selected data (Sheet SelectedDat kolom I - Est.No.)
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 21 Februari 2014 10.30, ChordJR <vendeta_06@yahoo.co.id
> <mailto:vendeta_06@yahoo.co.id>> menulis:
>
> Mohon maaf karena belum ada jawaban saya angkat kembali topik
> permasalahan yang saya kerjakan...
>
> Berikut contoh file yang terjadi error pada VBA...
>
> Mohon bantuan dari pada master untuk coding macro yang sudah ada
> sebelum
> saya bekerja,karena ilmu saya yang masih awam mohon di berikan coding
> yang tepat...karena saya mencoba untuk membuat file baru dengan bagan
> yang sama tapi tidak bisa bekerja...saya rasa mungkin ada kekurangan
> pada macro ini...
>
> Option Explicit
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> If Target.Row = 2 And Target.Column = 4 Then
> 'calculate criteria cell in case calculation mode is manual
> Sheets("DATA").Range("Criteria").Calculate
> Worksheets("DATA").Range("database") _
> .AdvancedFilter Action:=xlFilterCopy, _
> CriteriaRange:=Sheets("DATA").Range("criteria"), _
> CopyToRange:=Range("A8:Ay8"), Unique:=False
> End If
> End Sub
>
> Pada sheet Selected Data,menggunakan workbook change...pada saat
> merubah Job Number otomatis akan mengambil data dari Database
>
> Pertanyaan saya :
> Apa yang membuat macro ini error,sedangkan tanpa merubah format
> dan isi"nya pada file sebelumnya bisa running??Mohon di jelaskan
> juga bagaimana prosesnya...
>
> Salam,
>
> Indra
>
>
>
>

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar