Selasa, 26 Juni 2012

[belajar-excel] Digest Number 1668

Messages In This Digest (26 Messages)

1.
member baru From: Robby Hermawan
2a.
Bls: [belajar-excel] Hapus droplist menu buatan {userform show} From: achmad adi
2b.
Re: Hapus droplist menu buatan {userform show} From: Rara Wilis
3.
Filter Data dengan Jatuh Tempo Pensiun From: guru muda
4a.
Bls: [belajar-excel] Form Login From: Flow Nanank
4b.
Re: Form Login From: Rara Wilis
4c.
Bls: [belajar-excel] Form Login From: Flow Nanank
4d.
Re: Form Login From: Rara Wilis
5a.
Menampilkan usia secara otomatis menggunakan macro From: rian Bass
5b.
Re: Menampilkan usia secara otomatis menggunakan macro From: Kid Mr.
5c.
Menampilkan usia secara otomatis menggunakan macro From: rian Bass
6a.
Tanya: Tabel pencapaian penjualan + kategori ranking From: WIRAnata Kemala Deng
6b.
Re: Tanya: Tabel pencapaian penjualan + kategori ranking From: Kid Mr.
6c.
Re: Tanya: Tabel pencapaian penjualan + kategori ranking From: Rara Wilis
7.
Posting ter-delay oleh YahooGroup From: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
8a.
VLookUp From: Fendi S
8b.
Re: VLookUp From: Kid Mr.
9a.
Filter Data Berdasarkan Jatuh Tempo Pensiun From: guru muda
9b.
Re: Filter Data Berdasarkan Jatuh Tempo Pensiun From: Rara Wilis
9c.
Re: Filter Data Berdasarkan Jatuh Tempo Pensiun From: dwint ruswanto
10.
[Tanya] Formula buat ini gmn ya? From: Robby Hermawan
11a.
cara menghitung omset pada range tanggal tertentu From: Agung Raziqi
11b.
Re: cara menghitung omset pada range tanggal tertentu From: bagus
11c.
Re: cara menghitung omset pada range tanggal tertentu From: dwint ruswanto
11d.
Re: cara menghitung omset pada range tanggal tertentu From: Jokovlo
12.
Rekapitulasi banyak sheet From: hasna26

Messages

1.

member baru

Posted by: "Robby Hermawan" robby79@gmail.com   rbhtlkm99

Tue Jun 26, 2012 4:07 am (PDT)



halo sy robby perkenalkan

member baru niy,yg mau add fb or twitter sy boleh :)

sy mau blajar excel niy.. mhn dibantu ya teman2 smua..

maicih...:)

--
---------------------
Best Regards,
Robby

Save Our World - Be Green --> Don't print this email unless if you need
to, print only with unused paper

rumah virtual saya ada di :

http://www.facebook.com/obywan
http://www.twitter.com/obyunie

--- Mods ---
Selamat bergabung.
Jangan lupa baca file peraturan milis yang Anda terima ya.
------------

2a.

Bls: [belajar-excel] Hapus droplist menu buatan {userform show}

Posted by: "achmad adi" didon13@ymail.com   didon13@ymail.com

Tue Jun 26, 2012 4:51 am (PDT)



terimakasih sebelumnya,,,mbk rara....

ini tentang
Worksheet Menu Bar
add-ins....( membuat list drop "daftar isi" )( map dari forum sebelah )

,,,

saya mencoba menganti nama yang baru,,,berhasil,,,
tetapi list drop "daftar isi" yang lama masih nongol,,,gimn cara menghapusnya?

________________________________
Dari: Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 25 Juni 2012 15:46
Judul: Re: [belajar-excel] Hapus droplist menu buatan {userform show}


 
tidak ada "BONUS"nya sama sekali ya ??;  misal berupa contoh data, conton text makro yg katanya diutak-utik itu..

Drop-List itu mungkinkah berupa List yg "nge"-Drop jika ada sesuaitu ci klik ya ?
misal dlm Cell yg diberi Validation - List; atau dalm Combo Box Ex From Control; atau dlm ComboBox ex ActiveX Control.
Istilah "droplist" sendiri tidak terdapat di seluruh text yg ada di Excel-VBA-HELP 
Menurut pertanyaan Anda: DropList punya property Nama, berarti dia sebuah object, bisakah ditunjukkan contohnya?

"DropList" mana yg anda tanyakan dari ketiga jenis itu ?
Sekedar diketahui ComboBox (ActiveX Control) bisa diisi dengan berbagai cara, dan ternyata cara menghapusnya Item-List-nya berbeda !

Pertanyaan yg baik akan mendapat jawaban yg insyaallah baik;
Pertanyaan yg masih penuh pencabangan / kemungkinan yg bercabang cabang (+tanpa contoh "BENDA"nya) akan menakutkan teman lain untuk membantu (karena harus tulis SEMUA kemungkinan jawaban)

~Rara

2012/6/25 <didon13@ymail.com>
> .mohon bantuanya..setelah ngotak ngatik makro untk menganti nama droplist..akhirny berhasl jg,tetapi permasalahanny..droplist yg lama masih nongol.bgaimana cara menghlangkany..mohon pencerahany..para sesepuh
2b.

Re: Hapus droplist menu buatan {userform show}

Posted by: "Rara Wilis" ra2wilis@gmail.com   rr_wilis

Tue Jun 26, 2012 6:12 am (PDT)



cara menghapusnya SUDAH ADA DI prosedur Auto_Close

Sub Auto_Close()
On Error Resume Next
Application.CommandBars("Worksheet Menu Bar").Controls(*"Daptar Isi"*
).Delete
End Sub

hanya saja (kemungkinan) anda belum mengedit nama Sub Menunya.

catatan
khusus untuk saya, masih kurang sreg dengan penamaan *dropdown
menu*dikatakan sebagai
*'drop-list'*
karena dengan 'drop-list' tidak seketika menjelaskan SEPERTI APA BENDANYA..

2012/6/26 achmad adi <didon13@ymail.com>

> **
> terimakasih sebelumnya,,,mbk rara....
> ini tentang
> Worksheet Menu Bar
> add-ins....( membuat list drop "daftar isi" )( map dari forum sebelah )
> ,,,
> saya mencoba menganti nama yang baru,,,berhasil,,,
> tetapi list drop "daftar isi" yang lama masih nongol,,,gimn cara
> menghapusnya?
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 25 Juni 2012 15:46
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Hapus droplist menu buatan {userform show}
>
> tidak ada "BONUS"nya sama sekali ya ??; misal berupa contoh data, conton
> text makro yg katanya diutak-utik itu..
>
>
3.

Filter Data dengan Jatuh Tempo Pensiun

Posted by: "guru muda" mudaguru@yahoo.com   mudaguru

Tue Jun 26, 2012 5:20 am (PDT)



Kepada para master excel.

Mohon saya dibantu rumus untuk memfilter data menggunakan tanggal jatuh tempo pensiun. Hal ini berguna untuk menentukan jumlah pegawai yang aktif sesuai dengan tanggal yang dimasukkan sebagai kriteria. Selengkapnya mohon dilihat lampiran

Terima kasih
4a.

Bls: [belajar-excel] Form Login

Posted by: "Flow Nanank" flow.nanank@yahoo.co.id   flow.nanank

Tue Jun 26, 2012 6:16 am (PDT)



Thank'z mbak Rara,,,

jd kode itu yg menentukan user boss dg hak akses ALL bisa membuka semua Sheets,,
tp kenapa pas saya mau buat user Baru di form Add New User itu ada kolom Hak Akses dan saya masukkan ALL tp kenapa user baru tersebut di buatkan Sheet baru dg nama ALL dan hanya Sheets tsb yg terbuka,,,
.
oz pertanyaan saya satu lagi mbak,,
bisa tidak jika diberikan history nama user login, tgl login, dan apa saja yg di lalukan user??
semua tercatat di notepad,,yaa seperti log file gtu mbak,,,
mohon bantuannya mbak Rara..,,

________________________________
Dari: Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 24 Juni 2012 9:45
Judul: Re: [belajar-excel] Form Login


 
Maaf baru terbaca Minggu pagi ini...
Mohon di buka module "FrmLogin"
di sana ada prosedur sbb, di situlah (dengan IF) diatur berdasarkan status (hak Sheet): 
(1) apakah harus membuka satu sheet khusus 
(2) atau kah membuka semua sheet yg ada (kecuali sheet USER & FACE)

data di sheet user ada yg disembunyikan dengan custom number format tak terlihat (;;;)
Bapak bisa mencoba : men-Select / mem-Blok  semua cells di sheet tsb
kemudian berikan format General.

di dalam makro tsb untuk membandingkan Input Login dengan data yg ada secara langsung
tentu tidak akan ada yg cocok, karena data di - enkrip
Sebab itulah dlm prosedur di bawah ini pembandingan harus sambil meng-Dekrip data yg ada
Caranya seperti yg telah dijelaskan Oom Kid. (dan sekarang jelas terlihat di codingnya)

Private Sub SheetToOpen(vUserNm)
   Dim sht As String, DafSht As Range, s As Byte, cel As Range
   vUserNm = LCase(vUserNm)
   With Sheets("User")
      sht = .Range("E" & .Range("i2")).Value
      If sht = Krip("All", True) Then
         Set DafSht = Range(.Range("E4"), .Range("E4").End(xlDown))
         For Each cel In DafSht
            If cel.Value <> Krip("All", True)And cel.Value <> "" Then
              sht = Krip(cel.Value, False)
              Sheets(sht).Visible = -1
            End If
         Next cel
      Else  ' (kalau hak sheet = bukan "All"
         sht = Krip(sht, False)
         Sheets(sht).Visible = -1 
         Sheets(sht).Activate
         Sheets("Face").Visible = 0
         Sheets("User").Visible = 2
      End If
   End With
   Unload Me
   frmMainMenu.Hide
End Sub

catatan gak penting: nilai visibility sebuah sheet di VBA selain dengan enum constants yg telah disediakan
-1 = visible
0  = hidden
2  = veryhidden

~Rara

2012/6/24 Flow Nanank <flow.nanank@yahoo.co.id>

>Trimakasih mbak Rara,,,
>maksud saya code yg berada didalam form login yg di buat mbak Siti,,,
>code yg menentukan user boss bisa melihat semua Sheets, saya coba cari2 kog tidak ketemu,,
>saya mencoba menulis kembali code tsb karna ada penambahan2 lagi,,,
>
>
>
>________________________________
> Dari: Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com>
>Dikirim: Sabtu, 23 Juni 2012 17:03 
>mbak siti lagi bobok manis, proses recovery, semoga lekas sehat kembali...
>
>
>Kita usahakan menjawab:
>Prinsipnya karena boss punya status ALL
>Kemudian ada pencabangan  (dengan IF)
>
>
>IF Status = "ALL" Then
> '--- unhide semua sheets
>ELSE
>'--- unhide sheet khusus si Loger
>END IF
>
>
>begitulah kira-kira... Rara..ra
>
>
4b.

Re: Form Login

Posted by: "Rara Wilis" ra2wilis@gmail.com   rr_wilis

Tue Jun 26, 2012 7:18 am (PDT)



1.
textbox "HakAksesSheet" memang hanya diperuntukkan menampung NAMA
SHEET belum dikembangkan untuk membedakan ALL sebagai Hak/Status dan ALL
sebagai Nama Sheet.
Menurut saya (sementara belum dikembangkan), ini malah merupakan kekuatan,
karena tidak semua user bisa *meng"ALL"-kan diri *menjadi seperti Boss..
(enak ajja !)
Pengubahan status user agar mampu dibukakan semua Sheet (tanpa punya sheet
sendiri) hanya bisa dilakukan oleh boss (saat ini sepertinya masih manual)

Ini Tantangan bagi para pemakai untuk mengembangkan kemampuan file tsb

saran:
() belajar vba sebaiknya jangan langsung "di tengah" sehingga semua serba
'Minta dibuatkan'
() banyak baca help dan tutorial di internet atau kalauperlu beli bukunya
() ingin eBook Gratis mintalah kepada mas o'Seno (tetapi orangnya saat ini
lagi pulang kampung mengurus kebun singkongnya)

2.
catatan (logbook) mengenai login (user, tgl, jam) belum dibuat di file ini,
karena file ini hanyalah contoh login sederhana.
lagi pula hal itu (historybook / logbook) sudah pernah dijelaskan pada
posting tersendiri (maaf masih di milis sebelah)
http://tech.groups.yahoo.com/group/XL-mania/message/9158

jika file lampiran-nya sulit didapatkan, masih dapat diunduh di sini
https://www.box.com/s/65272875d2488fdc4891
(contoh logbook berupa sheet dlm file itu sendiri)
https://www.box.com/s/fe31e952f54c5593e023
(contoh logbook berupa textfile terpisah di folder lain)

tentu saja makronya perlu ada modifikasi sedikit (bahkan diserderhanakan)
karena pada project Login; *sudah* ada nama user yg sedang membuka file.

>> semoga kedua unduhan tsb ada manfaatnya, sedikit mudharatnya...

~Rara

2012/6/26 Flow Nanank <flow.nanank@yahoo.co.id>
>
> Thank'z mbak Rara,,,
> jd kode itu yg menentukan user boss dg hak akses ALL bisa membuka semua
> Sheets,,
> tp kenapa pas saya mau buat user Baru di form Add New User itu ada kolom
> Hak Akses dan saya masukkan ALL tp kenapa user baru tersebut di buatkan
> Sheet baru dg nama ALL dan hanya Sheets tsb yg terbuka,,,
> .
> oz pertanyaan saya satu lagi mbak,,
> bisa tidak jika diberikan history nama user login, tgl login, dan apa
> saja yg di lalukan user??
> semua tercatat di notepad,,yaa seperti log file gtu mbak,,,
> mohon bantuannya mbak Rara..,,
>
> ------------------------------
> *Dari:* Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com>
> *Dikirim:* Minggu, 24 Juni 2012 9:45
>
> Maaf baru terbaca Minggu pagi ini...
>
> Mohon di buka module *"FrmLogin"*
> di sana ada prosedur sbb, di situlah (dengan IF) diatur berdasarkan status
> (hak Sheet):
> (1) apakah harus membuka satu sheet khusus
> (2) atau kah membuka semua sheet yg ada (kecuali sheet USER & FACE)
>
>
4c.

Bls: [belajar-excel] Form Login

Posted by: "Flow Nanank" flow.nanank@yahoo.co.id   flow.nanank

Tue Jun 26, 2012 6:10 pm (PDT)



Trimz mbak Rara,,,

iyaa memang smua tidak bisa instan,,
kalau pun di buatkan jika nanti ada sedikit perubahan atau modifikasi tidak akan bisa melakukannya sendiri,,

Trimakasih atas sarannya,,
Kalau boleh tau Bukunya bisa saya dapatkan dmna yaa mbak,,??
pengarang ,atau judulnya apa??
truz mas o'Seno emailnya apa mbak,,?

________________________________
Dari: Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com>
Dikirim: Selasa, 26 Juni 2012 21:18

1.�
textbox "HakAksesSheet" memang hanya diperuntukkan menampung NAMA SHEET�belum dikembangkan untuk membedakan ALL sebagai Hak/Status dan ALL sebagai Nama Sheet.
Menurut saya (sementara belum dikembangkan), ini malah merupakan kekuatan, karena tidak semua user bisa meng"ALL"-kan diri menjadi seperti Boss.. � (enak ajja !)
Pengubahan status user agar mampu dibukakan semua Sheet (tanpa punya sheet sendiri) hanya bisa�dilakukan oleh boss (saat ini sepertinya masih manual)

Ini Tantangan bagi para pemakai untuk mengembangkan kemampuan file tsb

saran:�
() belajar vba sebaiknya jangan langsung "di tengah" sehingga semua serba 'Minta dibuatkan'
() banyak baca help dan tutorial di internet atau kalauperlu beli bukunya
() ingin eBook Gratis mintalah kepada mas o'Seno (tetapi orangnya saat ini lagi pulang kampung mengurus kebun singkongnya)

2.
catatan (logbook) mengenai login (user, tgl, jam) belum dibuat di file ini, karena file ini hanyalah contoh login�sederhana.
lagi pula hal itu (historybook / logbook) sudah pernah dijelaskan pada posting tersendiri (maaf masih di milis sebelah)
http://tech.groups.yahoo.com/group/XL-mania/message/9158

jika file lampiran-nya sulit didapatkan, masih dapat diunduh di sini
https://www.box.com/s/65272875d2488fdc4891
(contoh logbook berupa sheet dlm file itu sendiri)
https://www.box.com/s/fe31e952f54c5593e023
(contoh logbook berupa textfile terpisah di folder lain)

tentu saja makronya perlu ada modifikasi sedikit (bahkan diserderhanakan) karena pada project Login;�sudah�ada nama user yg sedang membuka file.

� >> semoga kedua unduhan tsb ada manfaatnya, sedikit mudharatnya...

~Rara

4d.

Re: Form Login

Posted by: "Rara Wilis" ra2wilis@gmail.com   rr_wilis

Tue Jun 26, 2012 8:08 pm (PDT)



tidak seperti yang Bapak kira, buku excel dan buku vba excel itu bukan 1
buku satu "merk" satu pangarang
seperti mau beli celana 'lepis' sekali sebut sudah tidak keliru lagi
tinggal pilih model dan ukuran.
buku excel & buku VBA-Excel *banyak sekali*, berbagai pengarang, berbagai
penerbit penerbit dan berbagai bidang yg ditulis
(sudah dikhususnya VBA Excel ternyata masih terlalu luas bidang yg perlu
dibahas)

jika ke toko buku pilihlah VBA Excel yg basic tetapi (kemarin (14 Juni
2012) ada posting dari Pak Rahmad Ng. yg sepertinya cocok buat anda.
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/17533 belum
terbaca kah ?

atau untuk persiapan setelah membaca basicnya anda bisa sekalian ambil
"Tingkarkan Kinerja Excel Anda dengan VBA Excel (daripada kehabisan), he
he...
[image: Inline image 1]
http://gramediaonline.com/moreinfo.cfm?Product_ID=765932
http://www.bukukita.com/Komputer-dan-Internet/Office/100699-Tingkatkan-Kinerja-Excel-2007%E2%80%932010-Anda-dg-VBA-Excel.html
http://www.inibuku.com/28202/tingkatkan-kinerja-excel-2007-2010-anda-dg-vba-excel-cd.html

~Rr

2012/6/27 Flow Nanank <flow.nanank@yahoo.co.id>
>
> Trimz mbak Rara,,,
> iyaa memang smua tidak bisa instan,,
> kalau pun di buatkan jika nanti ada sedikit perubahan atau modifikasi
> tidak akan bisa melakukannya sendiri,,
>
> Trimakasih atas sarannya,,
> Kalau boleh tau Bukunya bisa saya dapatkan dmna yaa mbak,,??
> pengarang ,atau judulnya apa??
> truz mas o'Seno emailnya apa mbak,,?
>
>
> ________________________________
> Dari: Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com>
> Dikirim: Selasa, 26 Juni 2012 21:18
>
> 1.
> textbox "HakAksesSheet" memang hanya diperuntukkan menampung NAMA
> SHEET belum dikembangkan untuk membedakan ALL sebagai Hak/Status dan ALL
> sebagai Nama Sheet.
> Menurut saya (sementara belum dikembangkan), ini malah merupakan kekuatan,
> karena tidak semua user bisa meng"ALL"-kan diri menjadi seperti Boss..
> (enak ajja !)
> Pengubahan status user agar mampu dibukakan semua Sheet (tanpa punya sheet
> sendiri) hanya bisa dilakukan oleh boss (saat ini sepertinya masih manual)
>
> Ini Tantangan bagi para pemakai untuk mengembangkan kemampuan file tsb
>
> saran:
> () belajar vba sebaiknya jangan langsung "di tengah" sehingga semua serba
> 'Minta dibuatkan'
> () banyak baca help dan tutorial di internet atau kalauperlu beli bukunya
> () ingin eBook Gratis mintalah kepada mas o'Seno (tetapi orangnya saat ini
> lagi pulang kampung mengurus kebun singkongnya)
>
> 2.
> catatan (logbook) mengenai login (user, tgl, jam) belum dibuat di file
> ini, karena file ini hanyalah contoh login sederhana.
> lagi pula hal itu (historybook / logbook) sudah pernah dijelaskan pada
> posting tersendiri (maaf masih di milis sebelah)
> http://tech.groups.yahoo.com/group/XL-mania/message/9158
>
> jika file lampiran-nya sulit didapatkan, masih dapat diunduh di sini
> https://www.box.com/s/65272875d2488fdc4891
> (contoh logbook berupa sheet dlm file itu sendiri)
> https://www.box.com/s/fe31e952f54c5593e023
> (contoh logbook berupa textfile terpisah di folder lain)
>
> tentu saja makronya perlu ada modifikasi sedikit (bahkan diserderhanakan)
> karena pada project Login; sudah ada nama user yg sedang membuka file.
>
> >> semoga kedua unduhan tsb ada manfaatnya, sedikit mudharatnya...
>
> ~Rara
>
5a.

Menampilkan usia secara otomatis menggunakan macro

Posted by: "rian Bass" bass_rian@yahoo.com   bass_rian

Tue Jun 26, 2012 6:21 am (PDT)



selamat sore para pakar excel, saya mohon bantuannya, pada kendala yang saya hadapi
file terlampir. terimakasih
5b.

Re: Menampilkan usia secara otomatis menggunakan macro

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Jun 26, 2012 6:47 am (PDT)



Buat prosedur dalam form :
Private Sub Usia()
Dim dtPinjam As Date, dtLahir As Date

On Error GoTo Keluar
TxtUsia.Text = vbNullString
dtPinjam = CDate(txtTglPinjam.Text)
dtLahir = CDate(txtTglLahir.Text)
TxtUsia.Text = Round(DateDiff("m", dtLahir, dtPinjam) / 12, 2)

Keluar:
Err.Clear
On Error GoTo 0
End Sub

Kemudian, buat event setiap textbox tanggal untuk panggil prosedur Usia di
atas.
Sebaiknya input pada textbox tanggal berformat YYYY-MM-DD
Set juga properti Locked dari textbox untuk menampilkan usia dalam keadaan
bernilai TRUE.

Wassalam,
Kid.

2012/6/26 rian Bass <bass_rian@yahoo.com>

> **
>
>
> selamat sore para pakar excel, saya mohon bantuannya, pada kendala yang
> saya hadapi
> file terlampir. terimakasih
>
>
>
>
5c.

Menampilkan usia secara otomatis menggunakan macro

Posted by: "rian Bass" bass_rian@yahoo.com   bass_rian

Tue Jun 26, 2012 9:40 pm (PDT)



pak sudah saya buat seperti yang bapak anjurkan, tapi tetap tidak muncul usianya di txtusia, dan apa yang di maksud " Kemudian, buat event setiap textbox tanggal untuk panggil prosedur Usia di atas.
Sebaiknya input pada textbox tanggal berformat YYYY-MM-DD
Set juga properti Locked dari textbox untuk menampilkan usia dalam keadaan bernilai TRUE " saya kurang paham pak, tolong di beri pencerahannya.
6a.

Tanya: Tabel pencapaian penjualan + kategori ranking

Posted by: "WIRAnata Kemala Deng" kwiranata@gmail.com   kwiranata

Tue Jun 26, 2012 7:56 am (PDT)



dear all ,

terlampir adalah sedikit ilustrasi dari perhitungan pencapaian sales persons
.
inti nya adalah untuk menentukan ranking di column D berdasarkan Level
karyawan dan Avg penjualan yang ditentukan oleh tabel pencapaian di column
F sampai K.

saya coba bantu rekan di kantor (kasian juga liat nya diliatin satu-satu
manual) dengan menggunakan formula, tapi banyak sekali menggunakan kolum
bantu (dan kurang bisa dimengerti :)
Mohon bantuannya untuk formula nya yah, jika berkenan mohon tidak
menggunakan array tiga jari sakti :)

Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih. Saya lampirkan xls nya untuk
lebih lanjut.

regards, Wira
6b.

Re: Tanya: Tabel pencapaian penjualan + kategori ranking

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Jun 26, 2012 8:34 am (PDT)



Hai Wira,

Coba manfaatkan fungsi LookUp, Index, dan Match menjadi satu formula lookup
2 dimensi.
Syaratnya : harus ada tabel yang berisi nilai-nilai batas bawah dari
interval kelas nya (seperti pada F14:K18 di file terlampir yang terurut
ascending)
Jadi
>> F15:F18 berisi kriteria 1 (level)
>> G14:K14 berisi hasil pencapaian (level pencapaian -> nilai-nilai output
yang akan diambil)
>> G15:K18 berisi kriteria 2 (batas bawah avg penjualan)

Misal ada data level ; avg penjualan pada range B15:C15, maka level hasil
pencapaian (di D15) bisa diberi formula :
=LOOKUP( C15 , *INDEX( $G$15:$K$18 , MATCH( B15 , $F$15:$F$18 , 0 ) ,
0 )*, $G$14:$K$14 )
Bagian yang di-*bold *adalah pembentuk data referensi kriteria ke-2 (pada
area G15:K18) berdasar kondisi kriteria ke-1 (B15 = level pada tabel
referensi kriteria 1 [F15:F18])

Fungsi lookup digunakan untuk mendapatkan hasil pencapaian berdasar nilai
avg penjualan di tabel referensi kriteria ke-2 yang didapat dari bagian
yang di-bold, sehingga bisa mendapatkan nilai hasil dari daftar refernsi
hasil pencapaian (G14:K14)

Sifat fungsi LookUp adalah bekerja berdasar tipe data, jadi pastikan nilai
avg penjualan dan nilai-nilai batas bawah kriteria ke-2 semua bertipe
numerik.
Cell Blank (NULL dan bukan NULLSTRING) akan dianggap bernilai 0 oleh Excel
dan bisa menghasilkan level pencapaian A.
Tentu hal ini tidak pantas terjadi. Oleh sebab itu, sebaiknya formula
diberi pengkondisian berdasar isi nilai data avg penjualan.
Jadi, harus ada bedanya antara keadaan sebuah data sudah masuk dan bernilai
0 dengan sebuah data yang nilai avg penjualannya belum masuk.
Dengan begitu akan lebih mudah dilacak lebih detil.
Bentuk kondisinya adalah cek apakah nilai avg penjualan adalah blank, bisa
dengan *IsBlank( C15 ) *atau dengan hitung jumlah karakter di C15 [ *Len(
C15 ) * ]
=IF(* Len( C15 )* , LOOKUP( C15 , *INDEX( $G$15:$K$18 , MATCH( B15 ,
$F$15:$F$18 , 0 ) , 0 )* , $G$14:$K$14 ) , "" )
yang di-biru adalah formula dasar yang dibahas di atas.
yang di-*hijau *adalah kondisi yang bisa digunakan dan sesuaikan logika
kondisi TRUE dan FALSE nya

Bisa jadi, jika C15 berisi nilai <0 atau berisi data bertipe teks, akan
menghasilkan error value
Maka fungsi IsError (di xl2007 bisa langsung dengan IFError) bisa digunakan
untuk cek hasilnya.
>> dengan IsError
=IF(* Len( C15 )* , IF( IsError ( LOOKUP( C15 , *INDEX( $G$15:$K$18 ,
MATCH( B15 , $F$15:$F$18 , 0 ) , 0 )* , $G$14:$K$14 ) ), "" , LOOKUP( C15
, *INDEX( $G$15:$K$18 , MATCH( B15 , $F$15:$F$18 , 0 ) , 0 )* ,
$G$14:$K$14 ) ) , "" )

>> dengan IFError (xl2007 ke atas)
=IF(* Len( C15 )* , IFError( LOOKUP( C15 , *INDEX( $G$15:$K$18 , MATCH( B15
, $F$15:$F$18 , 0 ) , 0 )* , $G$14:$K$14 ) , "" ) , "" )

Bisa juga dengan cek 2 kondisi sekaligus :
1. *C15 adalah bukan blank*
2. *C15 adalah angka*
keduanya harus terpenuhi :
=IF(* Len( C15 )* * *IsNumber( - C15 )*, LOOKUP( C15 , *INDEX( $G$15:$K$18
, MATCH( B15 , $F$15:$F$18 , 0 ) , 0 )* , $G$14:$K$14 ) , "" )

dan masih banyak susunan formula lainnya.

Wassalam,
Kid.

2012/6/26 WIRAnata Kemala Deng <kwiranata@gmail.com>

> **
>
>
> dear all ,
>
> terlampir adalah sedikit ilustrasi dari perhitungan pencapaian sales
> persons
> .
> inti nya adalah untuk menentukan ranking di column D berdasarkan Level
> karyawan dan Avg penjualan yang ditentukan oleh tabel pencapaian di column
> F sampai K.
>
> saya coba bantu rekan di kantor (kasian juga liat nya diliatin satu-satu
> manual) dengan menggunakan formula, tapi banyak sekali menggunakan kolum
> bantu (dan kurang bisa dimengerti :)
> Mohon bantuannya untuk formula nya yah, jika berkenan mohon tidak
> menggunakan array tiga jari sakti :)
>
> Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih. Saya lampirkan xls nya untuk
> lebih lanjut.
>
> regards, Wira
>
>
>
6c.

Re: Tanya: Tabel pencapaian penjualan + kategori ranking

Posted by: "Rara Wilis" ra2wilis@gmail.com   rr_wilis

Tue Jun 26, 2012 3:26 pm (PDT)



sungguh berat jika Excel harus "itung-itung" *data yg bukan angka *atau pun
*angka-angka **data tsb TIDAK disusun secara "Excel". *Hal ini sudah
menjadi kebiasaan umum: membuat tabel untuk keperluan* pemandangannya*sendiri.

Sering juga pemmisahan kategory dibuat sambil melupakan logika, misal
kategory a = 1000 s/d *1500*
kategory b = *1500 *s/d 2250
Lha.. *1500-*nya sendiri apa ndak bingung ?? mau ikut kategory MANA ??
Ini terjadi di tiap meja adm di "kantor"ku, tapi kalo diberitahu malah
penjaganya ngambeg..

Jika memang *pemandangan bagus *seperti itu sangat diperlukan (misal untuk
konsumsi boss yg gak mau tahu excel, tetap dapat kita buat (dengan rumus
berdasarkan tabel yg dikenal excel)
Agar lebih "meyakinkan tabel yg dikenal excel dapat kita sembunyikan.

tabel *"pembatas pencapaian"* yg dibuat pada kolom FK itu contoh tabel yg
sulit dimengerti oleh excel jika harus di "itung-itung" karena SEMUA
datanya = data type TEXT.

Jika kita mau mengubah cara kita membuat tabel menjadi tabel yg mudah
dimengerti excel, rumusnya akan gampang dicari

Masih sejalan dengan solusi dari mas kid
Tabel-Pembatas-Pencapaian dibuat sbb (lihat gambar / atau sheet 2 di
lampiran)

[image: Inline image 1]

Rumusnya (ditulis di D6) tanpa takut keseleo tiga-jari CSE, karena bukan
array formula

=INDEX($G$5:$L$5, MATCH(C6, OFFSET($G$5:$L$5,MATCH(B6,$F$6:$F$9,0),0,,), 1)
)

~Wilis

2012/6/26 WIRAnata Kemala Deng <kwiranata@gmail.com>
> dear all ,
> terlampir adalah sedikit ilustrasi dari perhitungan pencapaian sales
persons
> inti nya adalah untuk menentukan ranking di column D berdasarkan Level
karyawan dan Avg penjualan yang ditentukan oleh tabel pencapaian di column
F sampai K.
>
> saya coba bantu rekan di kantor (kasian juga liat nya diliatin satu-satu
manual) dengan menggunakan formula, tapi banyak sekali menggunakan kolum
bantu (dan kurang bisa dimengerti :)
> Mohon bantuannya untuk formula nya yah, jika berkenan mohon tidak
menggunakan array tiga jari sakti :)
>
> Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih. Saya lampirkan xls nya untuk
lebih lanjut.
> regards, Wira
7.

Posting ter-delay oleh YahooGroup

Posted by: "belajar-excel-owner@yahoogroups.com" belajar-excel-owner@yahoogroups.com

Tue Jun 26, 2012 8:16 am (PDT)



Assalamualaikum Wr. Wb.

Dear All BeExceller,

Tampaknya tadi siang banyak sekali terjadi kegagalan kirim ke member milis pada beberapa posting yang dimoderasi dan telah di-approve. Bagi member yang melakukan posting tadi siang dan hingga kini belum muncul thread-nya atau belum ada dalam thread yang di-reply, silakan mencoba untuk mengirim ulang.

Demikian, mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,
Moderator Belajar-Excel

8a.

VLookUp

Posted by: "Fendi S" fendis@rocketmail.com   fendis@rocketmail.com

Tue Jun 26, 2012 8:19 am (PDT)



Kepada Yth. pengelola <belajar-excel@yahoogroups.com>;, ketika saya menggunakan rumus vlookup untuk tempat dan tanggal lahir, hasil yang terjadi tidak sesuai dengan yang saya harapkan (file terlampir). Untuk itiu tolong sekiranya dapat memberi jalan keluar
Terima kasih sebelumnya.

--- Mods ---
Member milis Belajar-Excel sering disebut BeExceler.

Untuk posting berikutnya, harap menuliskan Subject (judul email) yang mewakili kasus yang diungkapkan.
------------
8b.

Re: VLookUp

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Jun 26, 2012 8:48 am (PDT)



Pak Fendi,

Data bertipe datetime sejatinya adalah sebuah data bertipe numerik yang
berupa seri nomor urut tanggal sejak 1900-01-01. Jadi 1900-01-01 bernilai 1.
Untuk mencobanya,
coba pada sebuah cell kosong (misal F8) ditulis 2012-06-26
kemudian, klik kanan cell tersebut, pilih format cells number dan pilih
general kemudian OK. Maka nomor seri tanggal tersebut akan tampak.
Itulah nilai asli dari data datetime untuk tanggal 2012-06-26

Ketika di cell G8 ada formula (silakan coba) :
="Kid " & F8
maka akan tersusun sebuah teks (data bertipe teks) yang berisi teks 'Kid '
diikuti nomor seri tanggal (bukan penampakan si tanggalnya)

Excel memiliki fungsi untuk mengubah penampakan suatu nilai menjadi sebuah
teks tertentu. Fungsi tersebut bernama Text.
Text( nilai_numerik_tertentu , susunan_tulisan_formatnya )
susunan_tulisan_formatnya bisa diperoleh dengan mencoba di format cells
number custom.

Misal untuk menampilkan F8 tadi agar menjadi teks yang tersusun sebagai
nama hari, maka gunakan fungsi Text : (misal di H8)
=Text( F8 , "dddd" )

Jadi formula di G8 bisa diubah menjadi :
="Kid " & Text( F8 , "dd-mm-yyyy" )
untuk menampilkan teks berbunyi 'Kid 26-06-2012'

Bagaimana dengan formula Bapak ?
*=VLOOKUP(E4,A4:C6,2,TRUE)&", "&VLOOKUP(E4,A4:C6,3,TRUE)*
Tentu Bapak tahu persis, bagian mana yang melakukan lookup dan mengambil
nilai tanggal bukan.
Maka bagian tersebut yang diberi fungsi Text.
Coba renungkan sejenak, kira-kira bunyinya bagaimana ?

=VLOOKUP(E4,A4:C6,2,TRUE)&", "& Text( VLOOKUP(E4,A4:C6,3,TRUE) ,
"[$-421]dd mmmm yyyy" )

Wassalam,
Kid.

2012/6/26 Fendi S <fendis@rocketmail.com>

> **
>
>
> Kepada Yth. pengelola <belajar-excel@yahoogroups.com>;, ketika saya
> menggunakan rumus vlookup untuk tempat dan tanggal lahir, hasil yang
> terjadi tidak sesuai dengan yang saya harapkan (file terlampir). Untuk itiu
> tolong sekiranya dapat memberi jalan keluar
> Terima kasih sebelumnya.
>
> --- Mods ---
> Member milis Belajar-Excel sering disebut BeExceler.
>
> Untuk posting berikutnya, harap menuliskan Subject (judul email) yang
> mewakili kasus yang diungkapkan.
> ------------
>
>
>
9a.

Filter Data Berdasarkan Jatuh Tempo Pensiun

Posted by: "guru muda" mudaguru@yahoo.com   mudaguru

Tue Jun 26, 2012 9:39 am (PDT)



Kepada para master excel dan segenap warga milis ini, mohon dibantu.  

Saya ingin memfilter data berdasarkan tanggal jatuh tempo pensiun dan berbagai kriteria lainya dari seorang pegawai. Selengkapnya silakan lihat lampiran.

Maaf kalau di hari libur ini saya banyak bertanya.

Dalam waktu liburan ini waktu saya banyak dihabiskan di depan komputer untuk belajar excel. Di samping itu ada teman yang minta tolong untuk "diringankan" tugasnya

Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih 
9b.

Re: Filter Data Berdasarkan Jatuh Tempo Pensiun

Posted by: "Rara Wilis" ra2wilis@gmail.com   rr_wilis

Tue Jun 26, 2012 5:49 pm (PDT)



Istilah FILTER yg digunakan sejak kemarin itu sungguh menyesatkan, karena
sebenarnya yg dituju pak guru bukan MEMFILTER.
Mohon pak guru meluangkan waktu mencari arti / terminologi FILTER itu apa !
Minimal ini:

*Filtering* data <http://spreadsheets.about.com/od/d/g/data_definition.htm> in
a spreadsheet means: to set conditions so that only certain data is
displayed.
(dari Excel Spreadsheet Glossary :
http://spreadsheets.about.com/od/f/g/2011-05-01-filter-definition.htm)

*Filtering* is completely different way to get information from your data.
Filtering allows you to selectively block out data that you don't want to
see. More to the point, using a filter, you can keep all of your data in
your sheet, but have Excel just show you a part of the data. For example
suppose you want to see all of the purchases approved by a particular
manager in your expenditure. You *could *sort the data by the manager
column, but you still see all of the other data that may not be pertinent.
Apply a filter, and you'll see *only *the information related to the
manager you want.
(dari:Anatomy of Excel)

Lihat juga
http://www.microsoft.com/canada/smallbiz/products/howto/use-excel-filtering-to-find-data-fast.mspx
http://www.contextures.com/xladvfilter01.html
http://www.webopedia.com/TERM/F/filter.html
http://www.google.co.id/tanya/thread?tid=2bf3cf43078c4ffc

APA yg kita lihat di sheet "PAKAI FORMULA" sama sekali bukan operasi
FILTERING, teteapi adalah tabel hasil REKAP hasil MENGHITUNG DATA dengan 3
Kriteria
1. Tempat kerja (Kantor)
2. Golongan
3. *Tanggal Pensiun*

Rumusnya sederhana saja
=COUNTIFS(MASTER!$S$12:$S$1011,$A10,MASTER!$L$12:$L$1011,$B$5
,MASTER!$I$12:$I$1011,B$9)

CMIIW
~Rara

2012/6/26 guru muda <mudaguru@yahoo.com>
> Kepada para master excel dan segenap warga milis ini, mohon dibantu.
>
> Saya ingin *memfilter* data berdasarkan tanggal jatuh tempo pensiun dan
berbagai kriteria lainya dari seorang pegawai. Selengkapnya silakan lihat
lampiran.
>
> Maaf kalau di hari libur ini saya banyak bertanya.
>
> Dalam waktu liburan ini waktu saya banyak dihabiskan di depan komputer
untuk belajar excel. Di samping itu ada teman yang minta tolong untuk
"diringankan" tugasnya
>
> Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
9c.

Re: Filter Data Berdasarkan Jatuh Tempo Pensiun

Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@gmail.com

Tue Jun 26, 2012 6:52 pm (PDT)



coba bantu jawab ya..

kelihatannya pak guru sudah memahami cara penggunaan CountIfS () , tetapi
pak guru hanya bingung saat akan melakukan pembatasan berdasarkan tanggal.

seprti yang sudah kita ketahui bahwa tanggal itu bersifat Numberik, cmiiw..
maka tanggal dapat kita hitung atau juga dapat diperbandingkan dengan
operator matematika seperti <, <=, >. >=, =, atau <>

untuk memasukan operator matematika di atas hanya dibutuhkan tanda kutip
dua " sebelum dan sesudah operator tersebut diikuti tanda & lalu disambung
dengan kriteria yang diinginkan

Jadi bentuknya adalah *">"&*Kriteria_yang_diinginkan

coba kira-kira bagaimana penambahan kriteria ketiga dalam formula pak guru?
silakan dicoba

-dwint-

Pada 27 Juni 2012 07:49, Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Istilah FILTER yg digunakan sejak kemarin itu sungguh menyesatkan, karena
> sebenarnya yg dituju pak guru bukan MEMFILTER.
> Mohon pak guru meluangkan waktu mencari arti / terminologi FILTER itu apa !
> Minimal ini:
>
> *Filtering* data<http://spreadsheets.about.com/od/d/g/data_definition.htm> in
> a spreadsheet means: to set conditions so that only certain data is
> displayed.
> (dari Excel Spreadsheet Glossary :
> http://spreadsheets.about.com/od/f/g/2011-05-01-filter-definition.htm)
>
> *Filtering* is completely different way to get information from your
> data. Filtering allows you to selectively block out data that you don't
> want to see. More to the point, using a filter, you can keep all of your
> data in your sheet, but have Excel just show you a part of the data. For
> example suppose you want to see all of the purchases approved by a
> particular manager in your expenditure. You *could *sort the data by the
> manager column, but you still see all of the other data that may not be
> pertinent. Apply a filter, and you'll see *only *the information related
> to the manager you want.
> (dari:Anatomy of Excel)
>
> Lihat juga
>
> http://www.microsoft.com/canada/smallbiz/products/howto/use-excel-filtering-to-find-data-fast.mspx
> http://www.contextures.com/xladvfilter01.html
> http://www.webopedia.com/TERM/F/filter.html
> http://www.google.co.id/tanya/thread?tid=2bf3cf43078c4ffc
>
>
> APA yg kita lihat di sheet "PAKAI FORMULA" sama sekali bukan operasi
> FILTERING, teteapi adalah tabel hasil REKAP hasil MENGHITUNG DATA dengan 3
> Kriteria
> 1. Tempat kerja (Kantor)
> 2. Golongan
> 3. *Tanggal Pensiun*
>
> Rumusnya sederhana saja
> =COUNTIFS(MASTER!$S$12:$S$1011,$A10,MASTER!$L$12:$L$1011,$B$5
> ,MASTER!$I$12:$I$1011,B$9)
>
> CMIIW
> ~Rara
>
>
>
>
> 2012/6/26 guru muda <mudaguru@yahoo.com>
> > Kepada para master excel dan segenap warga milis ini, mohon dibantu.
> >
> > Saya ingin *memfilter* data berdasarkan tanggal jatuh tempo pensiun dan
> berbagai kriteria lainya dari seorang pegawai. Selengkapnya silakan lihat
> lampiran.
> >
> > Maaf kalau di hari libur ini saya banyak bertanya.
> >
> > Dalam waktu liburan ini waktu saya banyak dihabiskan di depan komputer
> untuk belajar excel. Di samping itu ada teman yang minta tolong untuk
> "diringankan" tugasnya
> >
> > Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
>
>
>
10.

[Tanya] Formula buat ini gmn ya?

Posted by: "Robby Hermawan" robby79@gmail.com   rbhtlkm99

Tue Jun 26, 2012 8:14 pm (PDT)



halo teman2 milis,

sy robby, new member, stlh liat bbrp postingan tmn2 smua, tingkat ilmunya
dah advance niy jadi malu :)

baiklah sy lg mau belajar macro dan fungsi lookup, sy lg bwt data sederhana
(liat file terlampir). Mohon bimbingannya tuk rumus ini ya?

sy maunya isi data di worksheet "form". Klo ada data baru, diinputkan
melalui sub button tambah data dan masuk otomatis ke worksheet "data".
Gunanya scroll bar diatas adalah tuk ngelihat/ngeview yg ada di worksheet
"data"

oiya klo tmn2 mau yg ada share, jelaskan step by step ya biar mudeng maklum
lagi belajar soalnya hehehe..

makasih semua

--
---------------------
Best Regards,
Robby

Save Our World - Be Green --> Don't print this email unless if you need
to, print only with unused paper

rumah virtual saya ada di :

http://www.facebook.com/obywan
http://www.twitter.com/obyunie
11a.

cara menghitung omset pada range tanggal tertentu

Posted by: "Agung Raziqi" agungraziqi@yahoo.com   agungraziqi

Tue Jun 26, 2012 8:52 pm (PDT)



Dear Para Guru Besar,

Mau nanya nih gimana cara menjumlah omset hanya pada range tanggal tertentu saja, untuk lebih jelasnya silahkan buka file attach, aku udah nyoba pake fungsi sumifs kok gak bisa ya, aku mohon petunjuknya, Terima Kasih Sebelumnya
11b.

Re: cara menghitung omset pada range tanggal tertentu

Posted by: "bagus" bagus@kingjim.co.id   bagus4bls

Tue Jun 26, 2012 9:15 pm (PDT)



Dear Pak Agung;

Mungkin begini:
=SUMPRODUCT(($C$6:$C$25<=$D$2)*($C$6:$C$25>=$C$2)*($D$6:$D$25))

File terlampir semoga sesuai harapan

Bagus

Sent from my Taxiphone®

----- Original Message -----
From: Agung Raziqi
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, June 27, 2012 10:21 AM
Subject: [belajar-excel] cara menghitung omset pada range tanggal tertentu

Dear Para Guru Besar,
Mau nanya nih gimana cara menjumlah omset hanya pada range tanggal tertentu saja, untuk lebih jelasnya silahkan buka file attach, aku udah nyoba pake fungsi sumifs kok gak bisa ya, aku mohon petunjuknya,
Terima Kasih Sebelumnya

11c.

Re: cara menghitung omset pada range tanggal tertentu

Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@gmail.com

Tue Jun 26, 2012 9:24 pm (PDT)



kasus ini mirip dengan kasus dari pak guru, intinya adalah ingin
menggunakan formula ...IfS () dengan kriteria pembatas adalah waktu

untuk kasus seperti ini tanda operator matematika seperti >, >=, <, <=, =,
dan <> harus diapit dengan tanda kutip dua diawal dan diakhir, setelah itu
tambahkan tanda & lalu diikuti kriteria yang diinginkan

solusi dengan SumIfS adalah seperti berikut

=SumIfS(D6:D25;C6:C25;*">="&*C2;C6:C25;*"<="&*D2)

perhatikan cara penulisan yang diberi warna merah

-dwint-

Pada 27 Juni 2012 11:18, bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:

> **
>
>
> **
> Dear Pak Agung;
>
> Mungkin begini:
> =SUMPRODUCT(($C$6:$C$25<=$D$2)*($C$6:$C$25>=$C$2)*($D$6:$D$25))
>
> ****
>
> **File terlampir semoga sesuai harapan**
>
> ****
>
> **Bagus **
>
> Sent from my Taxiphone�
>
> ----- Original Message -----
> *From:* Agung Raziqi <agungraziqi@yahoo.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Wednesday, June 27, 2012 10:21 AM
> *Subject:* [belajar-excel] cara menghitung omset pada range tanggal
> tertentu
>
>
>
> Dear Para Guru Besar,
>
> Mau nanya nih gimana cara menjumlah omset hanya pada range tanggal
> tertentu saja, untuk lebih jelasnya silahkan buka file attach, aku udah
> nyoba pake fungsi sumifs kok gak bisa ya, aku mohon petunjuknya,
> Terima Kasih Sebelumnya
>
>
>
11d.

Re: cara menghitung omset pada range tanggal tertentu

Posted by: "Jokovlo" koplo.sukoplo@gmail.com   jokovlo

Tue Jun 26, 2012 9:40 pm (PDT)



kalau gak salah sepertinya begini

=SUMIFS( RangeYgMauDijumlah, RangeKriteria_1, Kriteria_1 ,
RangeKriteria_1, Kriteria_1 )

*=SUMIFS( $D$6:$D$25, $C$6:$C$25, ">=" & $D$2, $C$6:$C$25, "<=" & $D$2 )*

Kolom C dijadikan Criteria_Range lebih dari sekali, gak papa kok...

[image: Inline image 1]

bukan guru besar, member biasa, sesama belajar
JoKovlo

2012/6/27 Agung Raziqi <agungraziqi@yahoo.com>
> Mau nanya nih gimana cara menjumlah omset hanya pada range tanggal
tertentu saja,
> untuk lebih jelasnya silahkan buka file attach, aku udah nyoba pake
fungsi sumifs kok gak bisa ya, aku mohon petunjuknya,
> Terima Kasih Sebelumnya
12.

Rekapitulasi banyak sheet

Posted by: "hasna26" hasna26@gmail.com   trie_32000

Tue Jun 26, 2012 9:14 pm (PDT)




Dear Master excel,

Saya mempunyai problem untuk merekap banyak sheet seperti file terlampir. Kalau dalam sheet hasil ada data yang merefer ke nama masing2 sheet saya bisa mempergunakan fungsi indirect, namun karena tidak ada maka saya harus menggunakan fungsi apa? mohon para Master bisa membantu problem saya ini. Terima kasih.

regard,

Hasna
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Mental Health

Learn More

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

8 komentar:

918Kiss mengatakan...

You got a really useful blog I have been slot games apk free download here reading for about half an hour. I am a newbie and your post is valuable for me.

SCR888 Cafe mengatakan...

Good information and great post.  I like the malaysia online casino website, and am sure to keep returning.
your site layout is very good

3win8 mengatakan...

This is really great news.3win8 demo id Thank you for sharing it with us!

alqayser movers mengatakan...

I am undeniably thankful to you for providing us with this invaluable related information. Professional Movers & Packers Sharjah, Office Moving service Dubai & Local Movers, loading and unloading services, Villa Movers in Dubai My spouse and I are easily grateful, quite frankly the documents we needed.

3win8 mengatakan...

Omninos Solutions a development house based in Mohali, Chandigarh Provides best dating app clone like Her Top rated Her clone dating app script development companyhouse based in Mohali, Chandigarh Provides best dating app clone like cloverhttps://omninos.in/her-clone-dating-app-script-development

Omninos mengatakan...

Omninos Solutions a development house based in Mohali, Chandigarh Provides best dating app clone like tinde Tinder clone apphouse based in Mohali, Chandigarh Provides best dating app clone like cloverhttps://omninos.in/tinder-clone.php

3win8 mengatakan...

AC Service Dubai offers air conditioning ac service dubai marina repair, installation, gas refilling, cleaning, maintenance services in Mirdif, Al Mizhar, Al Warqa, Al Waheda, Al Khawaneej overall Dubai. https://acservicedubai.ae/ac-repair-and-maintenance-al-mirdif/

Bilal Ahmed Khan mengatakan...

The best movers in dubai. I have shifted many times within the UAE states and By far this was my best experience. Very humble and respectful stuff, reasonable price and they complete the job with the best shape and form. I only can say thank you all for this great team work and effort.

Posting Komentar