Sabtu, 13 Oktober 2012

[belajar-excel] Digest Number 1839

15 New Messages

Digest #1839
1a
Re: Hiden kolom dengan kreteria by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
1c
Re: Hiden kolom dengan kreteria by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
2b
Re: edit data..tidak mau berubah...? by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Tanya uraian Rumus Recno by "utthank abe" abe_utthank
4b
Re: tanya cara print dg menggunakan tombol bottom by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: Size file terlalu besar by "Mardi" hekerkampoeng
5b
Re: Size file terlalu besar by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
Re: Questioner Text Formula by "Abdi Pili" arn_doank
7a
Rumus Terbilang mata Uang Asing by "Dian" dian0509@ymail.com
7b
Re: Rumus Terbilang mata Uang Asing by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
7c
Re: Rumus Terbilang mata Uang Asing by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7d
Re: Rumus Terbilang mata Uang Asing by "Dian" dian0509@ymail.com

Messages

Fri Oct 12, 2012 5:44 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Dear Harry,

Coba ketik (copy paste) macro di bawah ini pada Sheet1 atau Module1, dengan catatan:
Color dibuat pada Range A3:J3 (tidak perlu ditulis pada Range A1) dan Kriteria Color dibuat pada Range A23

Sub Sembunyikan()
    Dim KritColor
    Dim Rng As Range
    Range("A3:J3").EntireColumn.Hidden = False
    Set Rng = Range("A3:J3")
    KritColor = Range("A23").Interior.Color
    For Each r In Rng
        If r.Interior.Color <> KritColor Then
            r.EntireColumn.Hidden = True
        End If
    Next r
End Sub

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 12 October 2012, 23:41
Subject: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria


 
Dear BeExceller,

Saya ingin menampilkan kolom dan menyembunyikan (hiden) kolom yang yang saya inginkan sesuai dengan kreteria yang saya masukkan sebagaimana terlampir.

Mohon penceraan dari rekan-rekan BeExceller akan hal tersebut.
Terima kasih,

Harry

Fri Oct 12, 2012 8:52 pm (PDT) . Posted by:

"Harry" hariansyahptk

Dear BeExceller & Hendrik Karnadi,

Terima kasih atas reply-nya.
Rumus tersebut sesuai dengan yang saya inginkan tetapi jika kolom A1 posisinya dalam keadaan kosong (kata "ACEG" dihapus), kolom B, D, F H, I & J tidak kembali muncul. Dan jika kolom A1 saya ganti dengan kata ACFH, kolom B, D, E, G, I & J, tidak dalam keadaan di hiden (tersembunyi) dan seterusnya & seterusnya.

Mohon informasinya.
Terima kasih,

Harry

________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 13 Oktober 2012 7:44
Judul: Re: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria


 
Dear Harry,

Coba ketik (copy paste) macro di bawah ini pada Sheet1 atau Module1, dengan catatan:
Color dibuat pada Range A3:J3 (tidak perlu ditulis pada Range A1) dan Kriteria Color dibuat pada Range A23

Sub Sembunyikan()
    Dim KritColor
    Dim Rng As Range
    Range("A3:J3").EntireColumn.Hidden = False
    Set Rng = Range("A3:J3")
    KritColor = Range("A23").Interior.Color
    For Each r In Rng
        If r.Interior.Color <> KritColor Then
            r.EntireColumn.Hidden = True
        End If
    Next r
End Sub

Salam,
Hendrik
Karnadi

________________________________
From: Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 12 October 2012, 23:41
Subject: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria


 
Dear BeExceller,

Saya ingin menampilkan kolom dan menyembunyikan (hiden) kolom yang yang saya inginkan sesuai dengan kreteria yang saya masukkan sebagaimana terlampir.

Mohon penceraan dari rekan-rekan BeExceller akan hal tersebut.
Terima kasih,

Harry

Sat Oct 13, 2012 2:31 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Kalau input di cell A1 sedangkan kolom A sudah di-hidden terus bagaimana ?

Coba file terlampir.
Buat yang ndak bisa download, bisa coba di tabel masing-masing.
1. Buat table dengan header ada di baris 3 mulai kolom A (mulai A3 sampai
panjang kekanan)
2. Buat sebuah textbox
3. klik kanan textbox -> pilih Properties -> Name diganti menjadi txtCols
4. klik sebuah cell worksheet
5. klik kanan textbox -> pilih Format Control atau format object -> tab
Properties -> pilih Don't size and move bla-bla -> tekan OK
6. pastikan tanda Design Mode sudah ON
7. double click si textbox yang bernama txtCols tersebut
8. setelah di VBE, hapus semua yang ada dilembar itu kecuali Option
Explicit jika ada.
9. Copas script untuk event change dari textbox txtCols berikut ini ke
lembar yang kosong tersebut :
Private Sub txtCols_Change()
Dim lChar As Long, sText As String, sCol As String
Dim rngTbl As Range, rng As Range

Set rngTbl = Sheet1.Range("a3").CurrentRegion.Resize(1)
sText = UCase$(txtCols.Text)
Application.ScreenUpdating = False
rngTbl.Offset(0, rngTbl.Column).Resize(1, 1).Activate
If LenB(sText) = 0 Then
rngTbl.EntireColumn.Hidden = False
Else
For Each rng In rngTbl
rng.EntireColumn.Hidden = (InStr(sText, Replace$(rng.Address(False,
False), rng.Row, vbNullString)) <> 0)
Next rng
End If
Application.ScreenUpdating = True
End Sub
10. kembali ke worksheet (tekan ALT F11)
11. turn off tanda design mode
12. save as (bukan save) -> lihat pilihan dalam Save As Type -> pilih .xls
atau .xlsm atau .xlsb -> beri nama file -> tekan tombol Save
13. coba isi textbox txtCols dengan huruf.

Batasan :
Kolom tabel lebih dari kolom Z atau tidak dimulai dari kolom A, kemungkinan
akan tidak sesuai harapan.

Wassalam,
Kid.

2012/10/13 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear BeExceller & Hendrik Karnadi,
>
> Terima kasih atas reply-nya.
> Rumus tersebut sesuai dengan yang saya inginkan tetapi jika kolom A1
> posisinya dalam keadaan kosong (kata "ACEG" dihapus), kolom B, D, F H, I &
> J tidak kembali muncul. Dan jika kolom A1 saya ganti dengan kata ACFH,
> kolom B, D, E, G, I & J, tidak dalam keadaan di hiden (tersembunyi) dan
> seterusnya & seterusnya.
>
> Mohon informasinya.
> Terima kasih,
>
>
> Harry
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> *Kepada:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Sabtu, 13 Oktober 2012 7:44
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>
>
> Dear Harry,
>
> Coba ketik (copy paste) macro di bawah ini pada Sheet1 atau Module1,
> dengan catatan:
> Color dibuat pada Range A3:J3 (tidak perlu ditulis pada Range A1) dan
> Kriteria Color dibuat pada Range A23
>
> Sub Sembunyikan()
> Dim KritColor
> Dim Rng As Range
> Range("A3:J3").EntireColumn.Hidden = False
> Set Rng = Range("A3:J3")
> KritColor = Range("A23").Interior.Color
> For Each r In Rng
> If r.Interior.Color <> KritColor Then
> r.EntireColumn.Hidden = True
> End If
> Next r
> End Sub
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
>
> ------------------------------
> *From:* Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Friday, 12 October 2012, 23:41
> *Subject:* [belajar-excel] Hiden kolom dengan kreteria
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Saya ingin menampilkan kolom dan menyembunyikan (hiden) kolom yang yang
> saya inginkan sesuai dengan kreteria yang saya masukkan sebagaimana
> terlampir.
>
> Mohon penceraan dari rekan-rekan BeExceller akan hal tersebut.
> Terima kasih,
>
>
>
> Harry
>
>
>
>
>
>

Fri Oct 12, 2012 7:23 pm (PDT) . Posted by:

"achmad adi" didon13@ymail.com

Masih belum jalan mr Kid.

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 12 Oktober 2012 16:39
Judul: Re: [belajar-excel] edit data..tidak mau berubah...?


 
Oh gitu...

kalau gitu baris :
RefreshTabels ComboBox.Text
tidak boleh dipakai. Hapus saja dan ganti dengan yang ini.
dim rng as range
if sheets("input").combobox.listindex=-1 then
   exit sub
endif
set rng=sheets( sheets("input").combobox.text ) _
             .range("b5").currentregion.resize(,1).find( sheets("input").range("b16").value )
if rng is nothing then
    exit sub
endif
sheets("input").range("b16:h16").copy
rng.pastespecial xlpastevalues

moga-moga gak error

Wassalam,
Kid.

2012/10/12 <didon13@ymail.com>


> Iya mrkid..thanks...sekarang permasalahanya..kebalik...disheet tertuju mau berubah..tapi didatasiswa tidak Ada perubahan Setelah pengeditan..
>
>Yang saya maksud setelah Ada pengeditan
>Datasiswa berubah
>Di sheet kelas jg berubah
>Sesuai pengeditan
>
>Trimakasih
>Powered by Telkomsel BlackBerry®
>________________________________
>
>From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
>Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
>Date: Fri, 12 Oct 2012 15:51:46 +0700
>To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
>ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
>Subject: Re: [belajar-excel] edit data..tidak mau berubah...?
>

>Bukankah sudah disarankan :
>1. persis setelah deklarasi prosedur (alias baris pertama dalam
prosedur)  diberi perintah untuk refreshtable berdasar isi combobox
>       RefreshTabels ComboBox.Text     'pastikan combobox sudah ada itemnya, bila perlu lakukan cek lebih dulu
>
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/10/12 <didon13@ymail.com>
>
>
>> 
>> Untuk tombol edit masih eror..
>>Subscript out of range
>>
>>Set IndTBL=sheets(sShtName).range("A4").currentregion
>>Powered by Telkomsel BlackBerry®
>>
>>________________________________
>>
>>From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
>>Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Date: Fri, 12 Oct 2012 00:55:48 +0700
>>To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Subject: Re: [belajar-excel] edit data..tidak mau berubah...?
>>
>> 
>>Deklarasi prosedur refreshtable diubah menjadi :
>>
>>Private Sub RefreshTabels(Optional sShtName As String = "datasiswa")
>>
>>Baris dalam prosedur refreshtable yang berbunyi :
>>Set IndTBL = Sheets("datasiswa").Range("A4").CurrentRegion
>>diubah menjadi :
>>Set IndTBL = Sheets(sShtName).Range("A4").CurrentRegion
>>
>>Tambahkan pada event click tombol Edit :
>>1. persis setelah deklarasi prosedur (alias baris pertama dalam prosedur)  diberi perintah untuk refreshtable berdasar isi combobox
>>       RefreshTabels ComboBox.Text     'pastikan combobox sudah ada itemnya, bila perlu lakukan cek lebih dulu
>>
>>2. persis sebelum end sub diberi perintah untuk refresh table ke sheet datasiswa lagi
>>       RefreshTabels
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>2012/10/11 achmad adi <didon13@ymail.com>
>>
>>
>>> 
>>>dear master,
>>>
>>>mohon bantuanya masalah yang saya hadapi,,,
>>>setelah menggabungkan beberapa rumusdari milis...ada yang bingung,,
>>>saya sertakan file lebih jelasnya,,,
>>>terimakasih....
>>>
>>
>

Fri Oct 12, 2012 7:45 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Untuk penulisan ke sheet masing-masing kelas mestinya sudah jalan.
Mungkin Anda belum menghapus baris
RefreshTabels ComboBox.Text

Kalau yang dimaksud belum jalan adalah tentang penulisan ke sheet datasiswa,
itu karena kesalahan dalam menentukan nomor baris dalam tabel disheet
datasiswa. Bagian ini memang ndak diubah-ubah. Semuanya adalah asli ujicoba
Anda.
Cukup memperbaiki baris pemanggilan prosedur penulis ke sheet datasiswa.
Kalau ndak salah ingat, Anda ingin membuatnya dengan memanggil prosedur
baru yang namanya entry2 atau apalah itu.
Penentuan nilai parameter pada sisi barislah yang harus diperbaiki. Kalau
ndak salah inget lagi, sepertinya waktu itu Anda menggunakan nilai dari
scroll bar atau spin yang ada di sheet Input. Nah bagian ini yang harus
disesuaikan. Mungkin proses penambahan atau pengurangan terhadap nilai ini
(nilai scrollbar atau spin ini) yang harus diubah supaya baris penulisannya
ke sheet datasiswa nantinya menjadi tepat sasaran.

Wassalam,
Kid.

2012/10/13 achmad adi <didon13@ymail.com>

> **
>
>
> Masih belum jalan mr Kid.
>
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Jumat, 12 Oktober 2012 16:39
> *Judul:* Re: [belajar-excel] edit data..tidak mau berubah...?
>
>
> Oh gitu...
>
> kalau gitu baris :
> RefreshTabels ComboBox.Text
> tidak boleh dipakai. Hapus saja dan ganti dengan yang ini.
> dim rng as range
> if sheets("input").combobox.listindex=-1 then
> exit sub
> endif
> set rng=sheets( sheets("input").combobox.text ) _
> .range("b5").currentregion.resize(,1).find(
> sheets("input").range("b16").value )
> if rng is nothing then
> exit sub
> endif
> sheets("input").range("b16:h16").copy
> rng.pastespecial xlpastevalues
>
> moga-moga gak error
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/10/12 <didon13@ymail.com>
>
> **
>
> ** Iya mrkid..thanks...sekarang permasalahanya..kebalik...disheet
> tertuju mau berubah..tapi didatasiswa tidak Ada perubahan Setelah
> pengeditan..
>
> Yang saya maksud setelah Ada pengeditan
> Datasiswa berubah
> Di sheet kelas jg berubah
> Sesuai pengeditan
>
> Trimakasih
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
> ------------------------------
> *From: * "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Fri, 12 Oct 2012 15:51:46 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] edit data..tidak mau berubah...?
>
>
> Bukankah sudah disarankan :
> 1. persis setelah deklarasi prosedur (alias baris pertama dalam prosedur)
> diberi perintah untuk refreshtable berdasar isi combobox
> RefreshTabels ComboBox.Text 'pastikan combobox sudah ada
> itemnya, bila perlu lakukan cek lebih dulu
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/10/12 <didon13@ymail.com>
>
> **
>
> ** Untuk tombol edit masih eror..
> Subscript out of range
>
> Set IndTBL=sheets(sShtName).range("A4").currentregion
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
> ------------------------------
> *From: * "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Fri, 12 Oct 2012 00:55:48 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] edit data..tidak mau berubah...?
>
>
> Deklarasi prosedur refreshtable diubah menjadi :
>
> Private Sub RefreshTabels(Optional sShtName As String = "datasiswa")
>
> Baris dalam prosedur refreshtable yang berbunyi :
> Set IndTBL = Sheets("datasiswa").Range("A4").CurrentRegion
> diubah menjadi :
> Set IndTBL = Sheets(sShtName).Range("A4").CurrentRegion
>
> Tambahkan pada event click tombol Edit :
> 1. persis setelah deklarasi prosedur (alias baris pertama dalam prosedur)
> diberi perintah untuk refreshtable berdasar isi combobox
> RefreshTabels ComboBox.Text 'pastikan combobox sudah ada
> itemnya, bila perlu lakukan cek lebih dulu
>
> 2. persis sebelum end sub diberi perintah untuk refresh table ke sheet
> datasiswa lagi
> RefreshTabels
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/10/11 achmad adi <didon13@ymail.com>
>
> **
>
> dear master,
>
> mohon bantuanya masalah yang saya hadapi,,,
> setelah menggabungkan beberapa rumusdari milis...ada yang bingung,,
> saya sertakan file lebih jelasnya,,,
> terimakasih....
>
>
>
>
>
>
>
>

Sat Oct 13, 2012 12:22 am (PDT) . Posted by:

"utthank abe" abe_utthank

makasih banyak mas kid udah mau repot :)
iya zekarang udah paham...
untuk mega formula saya lebih suka pilah2. soalnya kalo zatu kali tuliz
bikin pusing. xixixi
ya mirip penjelasan mas kid yang di buat per step.

zekali lagi makazih
wazzalam

Sat Oct 13, 2012 12:35 am (PDT) . Posted by:

"Prazt Math" praztmath

Public Sub Repotnya_ngePrint()

Dim sShtName As String, sSht() As String

Dim sUser As String

Dim vShtName As Variant

Dim rng As Range

sUser = Sheet1.Range("ac17").Value 'get user's value

'set nama sheet yang pasti di print, atau ada peraturan lain, atur aja

sShtName = "Gabung|cover|Ikhtisar|peserta|KARTU_REMID"

If InStr(sUser, "2") <> 0 Then 'cek pilihan _2

If WorksheetFunction.CountIf(Sheet5.Range("d:d"), "<>0") > 0 Then
'data_2 ada angka selain 0

sShtName =
"UR_Valid|UR_Sk|UR_Butir|UR_Serap|UR_Danil|Batang_URI|UR_Reliabilitas|Jawaba
n_UR|Kompetensi_UR|Kisi-kisi_UR|" & sShtName 'daftar
nama-nama sheetnya

Else

sShtName =
"UR_Valid|UR_Sk|UR_Butir|UR_Serap|UR_Danil|Batang_UR|UR_Reliabilitas|Kompete
nsi_UR|Kisi-kisi_UR|" & sShtName 'nama-nama sheet _2
tanpa data_2

End If

End If

If InStr(sUser, "1") <> 0 Then 'cek pilihan _1

If WorksheetFunction.CountIf(Sheet4.Range("d:d"), "<>0") > 0 Then
'data_1 ada angka selain 0

sShtName =
"Jawaban_PJ|PJ_Serap|PJ_Tuntas|PJ_Butir_soal|PJ_Tabulasi|PJ_Valid|PJ_Valid_A
ll|PJ_Reliabel|Kisi-kisi|" & sShtName 'daftar nama-nama sheetnya

Else

sShtName =
"PJ_Serap|PJ_Tuntas|PJ_Butir_soal|PJ_Tabulasi|PJ_Valid|PJ_Valid_All|PJ_Relia
bel|Kisi-kisi|" & sShtName 'nama-nama sheet _1 tanpa data_1

End If

End If

sSht() = Split(sShtName, "|") 'buat
array nama-nama sheet

For Each vShtName In sSht 'loop
setiap nama sheet (bukan setiap sheet)

With Sheets(vShtName) 'di
sheet yang namanya sedang diproses loop

'tentukan area data yang akan diprint berdasar kata 'nilai'

Set rng = .UsedRange.Find("nilai").CurrentRegion

If Not rng Is Nothing Then 'cek ada
atau tidak areanya

.PageSetup.PrintArea = rng.Address 'set
print area

.PrintOut 'kirim
ke printer

End If 'akhit
blok cek keberadaan area data

End With 'selesai
kerja si sheet tersebut

Next vShtName 'nama
sheet berikutnya

End Sub

mohon koreksi pada kesalahan yang masih di blok kuning mr. Kid....

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Kid Mr.
Sent: 12 Oktober 2012 0:36
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] tanya cara print dg menggunakan tombol bottom

Hai Prazt,

Cara ke-2 berikut bisa dikembangkan untuk membuat cara 1.
>> Pada sebuah module, tuangkan script sebuah prosedur berikut :
Public Sub Repotnya_ngePrint()
Dim sShtName As String, sSht() As String
Dim sUser As String
Dim vShtName As Variant
Dim rng As Range

sUser = Sheet1.Range("s25").Value 'get user's value

'set nama sheet yang pasti di print, atau ada peraturan lain, atur aja
sShtName = "gabung|kembar"

If InStr(sUser, "_2") <> 0 Then 'cek pilihan _2
If WorksheetFunction.CountIf(Sheet3.Range("d:d"), "<>0") > 0 Then
'data_2 ada angka selain 0
sShtName = "data_2|olah_2a|olah_2b|" & sShtName
'daftar nama-nama sheetnya
Else
sShtName = "olah_2a|olah_2b|" & sShtName
'nama-nama sheet _2 tanpa data_2
End If
End If

If InStr(sUser, "_1") <> 0 Then 'cek pilihan _1
If WorksheetFunction.CountIf(Sheet2.Range("d:d"), "<>0") > 0 Then
'data_1 ada angka selain 0
sShtName = "data_1|olah_1a|olah_1b|" & sShtName
'daftar nama-nama sheetnya
Else
sShtName = "olah_1a|olah_1b|" & sShtName
'nama-nama sheet _1 tanpa data_1
End If
End If

sSht() = Split(sShtName, "|") 'buat
array nama-nama sheet
For Each vShtName In sSht 'loop
setiap nama sheet (bukan setiap sheet)
With Sheets(vShtName) 'di
sheet yang namanya sedang diproses loop
'tentukan area data yang akan diprint berdasar kata 'nilai'
Set rng = .UsedRange.Find("nilai").CurrentRegion
If Not rng Is Nothing Then 'cek ada
atau tidak areanya
.PageSetup.PrintArea = rng.Address 'set
print area
.PrintOut 'kirim
ke printer
End If 'akhit
blok cek keberadaan area data
End With 'selesai
kerja si sheet tersebut
Next vShtName 'nama
sheet berikutnya
End Sub

>> Kemudian set si button (bukan bottom ya) agar menjalankan prosedur
tersebut.

Konsep :
Membuat teks berisi daftar nama-nama sheet yang akan diprint, yang
dipisahkan oleh sebuah karakter pemisah (delimiter).
Dari teks inilah akan didapat array nama sheet yang akan di-print.

Wassalam,
Kid.

2012/10/10 Prazt Math <praztmath@gmail.com>

Dear exceller...

Mohonbantuannya dengan permasalahan yang menyandung langkah saya seperti
pada file terlampir

(permasalahan / pertanyaan ada di file lampiran)

Terimakasih atas segala bantuan beserta ilmunya...

Sat Oct 13, 2012 12:41 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Prazt.
Bukankah sudah dijawab sendiri oleh baris keterangan diatas baris yang
error.
Area data yang akan diprint (rng) ditentukan oleh (keberadaan) kata 'nilai'
Jika tidak ada kata 'nilai', maka ganti dengan kata yang pasti ada disemua
sheet.

Wassalam,
Kid.

2012/10/13 Prazt Math <praztmath@gmail.com>

> 'tentukan area data yang akan diprint berdasar kata 'nilai'****
>
> Set rng = .UsedRange.Find("nilai").CurrentRegion
>

Sat Oct 13, 2012 12:37 am (PDT) . Posted by:

"Mardi" hekerkampoeng

Dear Mr Kid,
ikutan nimbrung ya...
bagaimana cara values,apakah break link itu atau apa ?
Saya punya file dari query,karena banyaknya record utk menghemat memory
di database file yang telah berlalu 2 bulan didelete.Jadi kalo ada yang
refresh file pasti datanya ilang.Padahal untuk study analisys kadang
kita perlukan data selama setahun.
Mohon pencerahanya

mardi

On 10/11/2012 09:47 PM, Kid Mr. wrote:
> 4. data-data histori masih disertai formula (belum di values) padahal
> nilainya tidak akan berubah lagi.

Sat Oct 13, 2012 1:19 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Bagaimana kalau kita jalan-jalan sebentar sambil chit-chat sana-sini...

1. Data
>> Biasanya suatu data akan datang (baik yang memiliki siklus tetap maupun
acak) akan diterima oleh seseorang atau sesuatu. Pada level ini, bisa jadi
si penerima bukanlah pemilik data tersebut. Jika memang bukan pemilik data,
maka si penerima bisa menyusun kesepakatan dengan pemilik data untuk
menyimpan data dengan rentang penerimaan berapa lama. Jika diluar rentang
itu maka data akan dibuang.
>> Usai diterima (setelah divalidasi dan sebagainya), maka data akan
diserahkan kepada pemilik. Pemilik data yang baik selalu menyimpan dan
menjaga seluruh datanya. Untuk menyimpannya, selalu disimpan disuatu wadah
yang khusus. Wadah ini sering dikenal dengan database.
>> Terkadang pemilik data menyewa engine untuk mengaturnya, termasuk
membuatkan ruang-ruang berdasar rentang waktu data. Pemilik data yang belum
bersedia menyewa engine database, terpaksa harus menata sendiri. Tapi
intinya tetap sama, yaitu ada wadah-wadah data yang terpisah berdasar
rentang waktu.
>> Pemilik data juga harus bijak dalam menentukan rentang-rentang waktu
tersebut.
:: Misal, rentang waktu data yang akan digunakan bagian analisis bisa jadi
adalah umur 2 tahun data terakhir. Sedang untuk kegiatan operasional adalah
3 bulan terakhir. Untuk audit adalah rentang 5 tahun terakhir. Maka pemilik
data memisahkannya menjadi wadah (tabel) berisi 3 bulan terakhir, tabel
mulai bulan ke-4 terakhir sampai 2 tahun terakhir, tabel mulai tahun ke 3
sampai ke-5, dan tabel penampung akhir yang lebih dari 5 tahun data.
>> Dengan keadaan demikian, maka setiap pengguna data (untuk keperluan
apapun selama internal), bisa mengakses pada tabel-tabel yang disediakan.
Bagian operasional akan mengakses tabel 3 bulan terakhir saja. Bagian
analisis selalu mengakses 3 bulan terakhir dan rentang bulan ke 4 sampai
tahun ke-2, dsb.
>> Data untuk konsumsi publik akan disediakan oleh bagian operasional atau
bagian lain yang telah mengolah data tersebut.

2. Database
>> Bahasa utama database adalah SQL yang kalimatnya disebut query.
>> Pada pemanfaatan Excel sebagai sebuah database juga berlaku hal ini.
>> Beberapa apikasi Excel berbasis VBA tidak memanfaatkan bahasa SQL
sebagai bahasa komunikasi datanya. Jika demikian, maka proses pengambilan
data harus bisa disusun memiliki karakteristik seperti penggunaan query.
>> Pengambilan data dengan query pada dasarnya adalah cukup memelihara
koneksi dan kalimat query. Hal ini tidak membutuhkan ruang yang luas.

Nah setelah muter-muter 2 blok, sampai lagi ditempat semula.
A. bagaimana cara values,apakah break link itu atau apa ?
>> Yang akan di-values apa nih. Data dalam database pasti isinya berupa
values. Proses pengolahan data mestinya bisa diatur dengan VBA mana yang
harus divalues dan mana yang tidak. Break link digunakan jika proses
pengolahan langsung merujuk ke file database sebagai kalimat formula. Jika
dengan query, maka ndak ada yang perlu dibreak link.

B. Saya punya *file dari query*,karena banyaknya record utk menghemat
memory di database file yang telah berlalu 2 bulan didelete
>> *file dari query *ini file apa. Apakah sebagai database ataukah sebagai
file sisi pengolah data (misal analyst-nya) ?
>> Jika yang dimaksud adalah file sisi pengolah data (alias seluruh data
tetap ada disumbernya sana yang bisa diambil lagi dengan query), maka semua
sudah berjalan dengan benar. Cukup mengembangkan agar data bisa selalu
dihilangkan saat akan menutup file pengolahan dan akan meng-query data
ketika file pengolahan dibuka kembali. Hal ini akan menjaga isi file
pengolahan hanya berisi formula pengolahan saja.
>> Jika yang dimaksud adalah file database, maka kurang tepat jika ada
penghapusan data dengan alasan menghemat memory. Karena pemilik data
memiliki harta utama adalah Data dan bukan memory. Jadi yang dihemat adalah
datanya bukan memorynya. Bahkan apapun untuk kebutuhan data, maka momory
harus tersedia (kok kaya manusia malahan ya.... seperti ditanya harta
atau nyawa
saja... tapi bunyinya memori atau data...)

C. Jadi kalo ada yang refresh file pasti datanya ilang.Padahal untuk study
analisys kadang kita perlukan data selama setahun.
>> Sebaiknya, pada sisi databasenya dipelihara terus datanya, tidak perlu
ada hapus-menghapus. Kan pengambilan datanya juga pakai query.
>> Jika selama ini menggunakan Excel sebagai penyimpan data, mungkin bisa
menggunakan produk lain seperti MS Access yang bisa 2 GB. Kalau 2GB kurang
dan dana belum mencukupi untuk memanfaatkan database engine, bisa gunakan
textfile dan ms access berisi link to text file. Text file tidak diabatasi
jumlah recordnya seperti Excel, jadi pengaturan rentang waktu data bisa
dilakukan dengan mudah.

Mungkin segitu dulu ya... supaya muncul banyak pertanyaan setelah ada
proses banding dan timbang.

Wassalam,
Kid.

2012/10/13 Mardi <sumardiana596@gmail.com>

> **
>
>
> Dear Mr Kid,
> ikutan nimbrung ya...
> bagaimana cara values,apakah break link itu atau apa ?
> Saya punya file dari query,karena banyaknya record utk menghemat memory di
> database file yang telah berlalu 2 bulan didelete.Jadi kalo ada yang
> refresh file pasti datanya ilang.Padahal untuk study analisys kadang kita
> perlukan data selama setahun.
> Mohon pencerahanya
>
> mardi
>
>
> On 10/11/2012 09:47 PM, Kid Mr. wrote:
>
> 4. data-data histori masih disertai formula (belum di values) padahal
> nilainya tidak akan berubah lagi.
>
>
>
>
>

Sat Oct 13, 2012 12:38 am (PDT) . Posted by:

"Abdi Pili" arn_doank

Terima kasih, mr kid.
Formulanya tsb sesuai dgn yg saya harapkan.

Salam,
Abdi


"Cogito ergo sum, ergo sum prosperitas"

-----Original Message-----
From: "Kid Mr." <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 12 Oct 2012 22:10:13
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Questioner Text Formula

Hai Abdi,

Hampir seluruh formula pada file terlampir telah divalueskan untuk
mengurangi size. Mohon maaf jika hal ini tidak dikehendaki.
btw,
Formula utama untuk menyusun report :
1. sheet Form 7 Days Planning pada kolom DV
>> Tugasnya sebagai area untuk lookup berdasar kode PIC.
>> kolom ini berisi data PIC diikuti indeks kolom activity-nya. PIC pada
kolom ini diset selalu terdiri atas 5 karakter.
>> formula : (pada DV4 dan copy formula kebawah)
=IF(COUNTIF(DI4:DU4,"<>"),LEFT(LOOKUP("zz",DI4:DU4)&"
",5)&LOOKUP("zz",DI4:DU4,COLUMN($DI$1:$DU$1)-COLUMN($DH$1)),0)

2. sheet Daily Surveillance pada kolom A (hasil insert column)
>> Tugasnya membuat daftar nomor indeks baris data yang sesuai dengan
pilihan user pada nama PIC nya
>> Jenisnya array formula, jadi setiap penulisan formula (tanpa {} )
diakhir dengan menekan CTRL SHIFT ENTER (bukan hanya ENTER saja)
>> array formula pada A8 (copy kebawah)
=SMALL(IF(ISNUMBER(FIND($C$2,'Form 7 Days
Planning'!$DV$4:$DV$122)),ROW('Form 7 Days
Planning'!$DV$4:$DV$122)-ROW('Form 7 Days Planning'!$DV$3)),ROW()-ROW($A$7))

3. Pengambilan data Surveillance Plan dan GS/Area di sheet Daily
Surveillance (kolom B dan C karena sudah ada insert kolom A)
>> Dengan formula Index yang barisnya merujuk pada nilai hasil kolom A
>> Contoh untuk kolom B (cell B8) : [sesuaikan rujukan kolom pada sheet
datanya]
=IF(ISNUMBER($A8),INDEX('Form 7 Days Planning'!A$4:A$123,$A8),"")

4. Area High Risk Activity to be Supervised di sheet Daily Surveillance
>> Membandingkan header (baris 7) dengan item activity untuk hasil baris
tersebut
>> Item activity untuk baris tersebut diambil dengan fungsi Index ke header
activity pada sheet Form 7 Days Planning dengan rujukan kolom adalah sisi
nilai yang ada dalam kolom DV di indeks data ke- nilai kolom A sheet Daily
Surveillance
>> Contoh formula untuk cell D8 (copy ke kanan dan bawah)
=IF(ISNUMBER($A8),IF(INDEX('Form 7 Days
Planning'!$DI$1:$DU$1,1,1*MID(INDEX('Form 7 Days
Planning'!$DV$4:$DV$122,$A8),6,9))=D$7,"X",""),"")

Wassalam,
Kid.


2012/10/12 aron doank <abdist.electrical@gmail.com>

> **
>
>
> Be-Exceller,
>
> Mohon informasinya.
> Data yang diinginkan adalah mendapatkan item pada surveilance plan (kolom A
> sheet daily surveilance) dari item working plan (kolom A sheet form 7 daily
> planning) berdasarkan masing-masing initial pada B2 sheet daily
> surveilance.
> Sehingga jika diganti nama pada B1 maka semua item surveilance yang muncul
> berurutan hanya untuk nama tsb saja (tidak muncul #NA lagi).
> Terlampir yang saya maksudkan.
>
> Satu lagi pertanyaan, apakah ada formula/rumus untuk menghilangkan angka
> dari text campuran angka dan teks seperti 3425TIH7945 dimana posisi teks
> terhadap huruf acak.
>
> Sebelumnya terima kasih.
>
> Salam hangat,
> Abdi
>
> "Cogito Ergo Sum, Ergo Sum Prosperitas"
>
>
>

Sat Oct 13, 2012 1:19 am (PDT) . Posted by:

"Dian" dian0509@ymail.com

Dear Master Be-Excel,

Saya yang baru bergabung, 

Ingin menanyakan tentang rumus terbilang SGD 

dimana saya sudah pernah mendownload tapi hanya menemukan untuk "rupiah saja"

jadi kewalahan untuk mengetik manual untuk penjualan "dollar"

Data terlampir

Mohon pencerahannya..

Terimakasih

Sat Oct 13, 2012 1:47 am (PDT) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

Saya pernah membuat formula excel (file terlampir) untuk konversi angka ke
huruf bahasa inggris.
Semoga sesua keinginan.

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Dian
Sent: Saturday, October 13, 2012 3:01 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Rumus Terbilang mata Uang Asing

 
Dear Master Be-Excel,

Saya yang baru bergabung, 

Ingin menanyakan tentang rumus terbilang SGD 

dimana saya sudah pernah mendownload tapi hanya menemukan untuk "rupiah
saja"

jadi kewalahan untuk mengetik manual untuk penjualan "dollar"

Data terlampir

Mohon pencerahannya..

Terimakasih

Sat Oct 13, 2012 1:56 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba file terbilang warisan mbake..

Wassalam,
Kid.

2012/10/13 Dian <dian0509@ymail.com>

> **
>
>
> Dear Master Be-Excel,
>
> Saya yang baru bergabung,
>
> Ingin menanyakan tentang rumus terbilang SGD
>
> dimana saya sudah pernah mendownload tapi hanya menemukan untuk "rupiah
> saja"
>
> jadi kewalahan untuk mengetik manual untuk penjualan "dollar"
>
> Data terlampir
>
> Mohon pencerahannya..
>
>
> Terimakasih
>
>
>

Sat Oct 13, 2012 2:33 am (PDT) . Posted by:

"Dian" dian0509@ymail.com

Dear Mr Kid & Pak Zainul_Ulun

Terimakasih atas sarannya.

tapi maksud sebelumnya itu ada lah,

mata uang dollar tapi tetap menggunakan bahasa indonesia

Mis:
$ 2.20 = Dua dollar puluh cent

Karna sebelumnya saya langsung download dari internet untuk rumus terbilang,

untuk data2 yang sebelumnya dikirim harus saya masukkan kemana?

Maaf, masih gaptek..

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Coba file terbilang warisan mbake..
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/10/13 Dian <dian0509@...>
>
> > **
> >
> >
> > Dear Master Be-Excel,
> >
> > Saya yang baru bergabung,
> >
> > Ingin menanyakan tentang rumus terbilang SGD
> >
> > dimana saya sudah pernah mendownload tapi hanya menemukan untuk "rupiah
> > saja"
> >
> > jadi kewalahan untuk mengetik manual untuk penjualan "dollar"
> >
> > Data terlampir
> >
> > Mohon pencerahannya..
> >
> >
> > Terimakasih
> >
> >
> >
>

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar