Jumat, 21 Agustus 2015

[belajar-excel] Digest Number 3544

6 Messages

Digest #3544
1
Tanya Jasa Pembuatan Software di jakarta by "Abdoel Khobir" mbellgedez
3
valdasi bertingkat modif by "achmad adi" didon13@ymail.com
5a
Buku VBA by "Fahmi Syaifullah" fahmisyaifullah20

Messages

Thu Aug 20, 2015 11:02 am (PDT) . Posted by:

"Abdoel Khobir" mbellgedez

Selamat Siang...
Barangkali ada diantara rekan rekan milis tercinta ini ada yang mau bantu
membuat atau menginformasikan jasa pembuatan software sederhana untuk
pengolahan database dengan server.
Atas bantuannya di ucapkan Terima kasih

Thu Aug 20, 2015 11:02 am (PDT) . Posted by:

"Ivansl" layonardo

Terima kasih atas sarannya mr kid... Sudah saya ikutin langkah2nya.. Dan sudah saya record ke dalam bentuk makro.. Cuman muncul satu permasalahan lg.. Bagaimana supaya no urut baris tiap kali ada data record terbaru otomatis no urut terisi dengan sendirinya? Apa harus manual terus untuk pengisian nomer urut baris??

> On 18 Agt 2015, at 05.10, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
> Hai Layonardo,
>
> Fitur remove duplicate selalu membuang record yang lebih bawah. Jadi, ketika bisa membuat urutan record menjadi terbalik sesaat saja, maka fitur ini bisa digunakan.
>
> Biasanya data histori memiliki kolom last update berisi tanggal dan waktu si record ditulis ke dalam tabel. Fitur remove duplicate bisa digunakan dengan didahului proses pengurutan data secara menurun (descending) berdasar kolom last update ini. Kemudian mengembalikan lagi urutannya menjadi menaik (ascending) berdasar kolom last update, jika dituntut bahwa unique records yang masuk ke dalam tabel yang terbaru tetap di baris yang bawah.
>
> Andaikan tabel tidak memiliki kolom berisi tanggal dan waktu last update, maka diperlukan pembuatan kolom baru di kanan tabel data (rapat dengan kolom terakhir data) yang diisi dengan nomor baris record (bisa mulai dari 1 ataupun dari angka berapa saja asal berurut). Langkahnya begini :
> 1. Misal diberi header bernama Baris.
> 2. Lalu di record ke-1 diisi angka 1, dan record ke-2 diisi angka 2.
> 3. blok angka 1 dan 2 yang di-input di no 2 -> gerakkan mouse ke pojok kanan bawah sampai icon berubah menjadi + hitam padat -> double click mouse -> periksa bahwa seluruh record sudah memiliki nomor urut.
> 4. Blok seluruh tabel (header, semua kolom termasuk kolom baru ini, seluruh baris)
> 5. sort berdasar kolom baru bernama Baris secara Descending
> 6. lakukan remove duplicate berdasar kolom-kolom kunci (pastikan kolom Baris bukan menjadi kunci dalam remove duplicate)
> 7. sort lagi berdasar kolom baru bernama Baris secara Ascending.
>
> Proses diatas bisa
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
>
>
> 2015-08-17 23:40 GMT+07:00 layonardo@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>> dear all master... mohon bantuan untuk rumus makronya...
>> langsung ke topiknya.. saya pingin menghapus data kembar.dan menyisakan data yg paling baru...
>> sebenarnya cara paling cepat adalah pakai remove duplikat dari bawaan excel sendiri cuman sayangnya... data yg dihapus malah yg terbaru... dan menyisakan data yg lama saja... nah yg saya inginkan justru sebaliknya...
>>
>> data saya lampirkan.. bisa langsung di cek ke bagian sheet "data penjualan".. disana saya siapkan 1 tombol hapus dan saya ingin hasilnya seperti di sheet "contoh hasil tombol hapus" mohon bantuannya... semoga paham maksud saya...
>>
>> saya ada nemu rumus makro ini cuman bilamana datanya mencapai 5000an or lebih dari itu.. prosesnya memakan waktu yg cukup lama sekitar 2-3 menit.. yg mana menurut saya cukup lama... sebaliknya rumus bawaan excelnya(remove duplikat) malah lebih cepat... bahkan ga sampe 30 dtk...
>>
>> Sub hapus()
>>
>> Dim brs As Long
>>
>> Dim i As Long
>>

>> Dim j As Long
>>
>> Dim ROW_DELETED As Boolean
>>
>> brs = WorksheetFunction.CountA(ActiveSheet.Range("A:A")) - 1
>>
>> Application.ScreenUpdating = False
>>
>> For x = 1 To brs
>>
>> ActiveSheet.Range("Q" x + 1).Value = ActiveSheet.Range("C" x + 1).Value ActiveSheet.Range("D" x + 1).Value
>>
>> Next x
>>
>> i = 2
>>
>> Do While i <= ActiveSheet.UsedRange.Rows.Count
>>
>> ROW_DELETED = False
>>
>> For j = i + 1 To ActiveSheet.UsedRange.Rows.Count
>>
>> If Cells(i, 17) = Cells(j, 17) Then
>>
>> Rows(i).Delete
>>
>> ROW_DELETED = True
>>
>> Exit For
>>
>> End If
>>
>> Next j
>>
>> If Not ROW_DELETED Then i = i + 1
>>
>> Loop
>>
>> For x = 1 To brs
>>
>> ActiveSheet.Range("Q" x + 1).ClearContents
>>
>> Next x
>>
>> Application.ScreenUpdating = True
>>
>> End Sub
>>
>> --- Mods ---
>> File lampiran yang lebih dari 250KB dilepas dari postingan. Silakan penanya melampirkan ulang file yang diusahakan maksimal 250KB dengan cara me-reply email ini.
>> ----------------
>
>

Thu Aug 20, 2015 11:49 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Untuk menulis nomor baris dengan baris kode :
'misal pada nomor baris diletakkan di K11:K19 (ada 9) baris, nomor mulai
dari 1
sheets("nama sheet target").range("k11:k19").value=evaluate("=Row(1:9)")

Andai menggunakan fitur Excel Table, maka penulisan nomor baris tidak
diperlukan.
Contoh ada tabel data dengan kolom dari A sampai D, header di baris 1
(range A1:D1), data mulai A2.
Di kolom E diberi header (range E1) NomorBaris. Dengan cell E2 berisi
formula =Row()-1
Langkah pertama (cukup dijalankan sekali saja) adalah membuat object Excel
table. Caranya blok A1 sampai kolom E baris terakhir data (kolom berformula
nomor baris ikut terblok). Kemudian ribbon Home -> group Styles -> format
as table -> pilih salah satu styles yang ada.

Setiap kali ada data baru, paste-kan dibaris kosong pertama (tidak boleh
ada baris kosong antar data). Pastikan data yang dipaste hanya berisi 4
kolom karena header kolom pokok ada di A sampai D dan kolom E adalah
tambahan.
Kemudian langkah remove duplicate nya adalah :
1. sort kolom E secara descending (largest to smallest)
2. lakukan remove duplicate (centang kolom yang menjadi kunci unique
records, dan pastikan kolom E tidak dicentang)
3. jika muncul kotak pesan bahwa tidak ada data yang di-remove atau tidak
ada yang duplicate, maka lakukan sort lagi secara descending. Tapi jika
kotak pesan yang muncul menunjukkan ada sekian record yang di remove, maka
tidak perlu sort lagi.

Jika ternyata kolom data yang dipaste bisa berubah-ubah jumlahnya, maka
dibalik posisinya.
Kolom A berisi formula =Row()-1, dan data pokok dipaste mulai kolom B.

Wassalam,
Kid

2015-08-18 10:14 GMT+07:00 Ivansl layonardo@yahoo.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Terima kasih atas sarannya mr kid... Sudah saya ikutin langkah2nya.. Dan
> sudah saya record ke dalam bentuk makro.. Cuman muncul satu permasalahan
> lg.. Bagaimana supaya no urut baris tiap kali ada data record terbaru
> otomatis no urut terisi dengan sendirinya? Apa harus manual terus untuk
> pengisian nomer urut baris??
>
>
>
> On 18 Agt 2015, at 05.10, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Hai Layonardo,
>
> Fitur remove duplicate selalu membuang record yang lebih bawah. Jadi,
> ketika bisa membuat urutan record menjadi terbalik sesaat saja, maka fitur
> ini bisa digunakan.
>
> Biasanya data histori memiliki kolom last update berisi tanggal dan waktu
> si record ditulis ke dalam tabel. Fitur remove duplicate bisa digunakan
> dengan didahului proses pengurutan data secara menurun (descending)
> berdasar kolom last update ini. Kemudian mengembalikan lagi urutannya
> menjadi menaik (ascending) berdasar kolom last update, jika dituntut bahwa
> unique records yang masuk ke dalam tabel yang terbaru tetap di baris yang
> bawah.
>
> Andaikan tabel tidak memiliki kolom berisi tanggal dan waktu last update,
> maka diperlukan pembuatan kolom baru di kanan tabel data (rapat dengan
> kolom terakhir data) yang diisi dengan nomor baris record (bisa mulai dari
> 1 ataupun dari angka berapa saja asal berurut). Langkahnya begini :
> 1. Misal diberi header bernama Baris.
> 2. Lalu di record ke-1 diisi angka 1, dan record ke-2 diisi angka 2.
> 3. blok angka 1 dan 2 yang di-input di no 2 -> gerakkan mouse ke pojok
> kanan bawah sampai icon berubah menjadi + hitam padat -> double click mouse
> -> periksa bahwa seluruh record sudah memiliki nomor urut.
> 4. Blok seluruh tabel (header, semua kolom termasuk kolom baru ini,
> seluruh baris)
> 5. sort berdasar kolom baru bernama Baris secara Descending
> 6. lakukan remove duplicate berdasar kolom-kolom kunci (pastikan kolom
> Baris bukan menjadi kunci dalam remove duplicate)
> 7. sort lagi berdasar kolom baru bernama Baris secara Ascending.
>
> Proses diatas bisa
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
>
>
> 2015-08-17 23:40 GMT+07:00 layonardo@yahoo.co.id [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> dear all master... mohon bantuan untuk rumus makronya...
>> langsung ke topiknya.. saya pingin menghapus data kembar.dan menyisakan
>> data yg paling baru...
>> sebenarnya cara paling cepat adalah pakai remove duplikat dari bawaan
>> excel sendiri cuman sayangnya... data yg dihapus malah yg terbaru... dan
>> menyisakan data yg lama saja... nah yg saya inginkan justru sebaliknya...
>>
>> data saya lampirkan.. bisa langsung di cek ke bagian sheet "data
>> penjualan".. disana saya siapkan 1 tombol hapus dan saya ingin hasilnya
>> seperti di sheet "contoh hasil tombol hapus" mohon bantuannya... semoga
>> paham maksud saya...
>>
>> saya ada nemu rumus makro ini cuman bilamana datanya mencapai 5000an or
>> lebih dari itu.. prosesnya memakan waktu yg cukup lama sekitar 2-3 menit..
>> yg mana menurut saya cukup lama... sebaliknya rumus bawaan excelnya(remove
>> duplikat) malah lebih cepat... bahkan ga sampe 30 dtk...
>>
>> Sub hapus()
>>
>> Dim brs As Long
>>
>> Dim i As Long
>>
>> Dim j As Long
>>
>> Dim ROW_DELETED As Boolean
>>
>> brs = WorksheetFunction.CountA(ActiveSheet.Range("A:A")) - 1
>>
>> Application.ScreenUpdating = False
>>
>> For x = 1 To brs
>>
>> ActiveSheet.Range("Q" x + 1).Value = ActiveSheet.Range("C" x + 1).Value
>> ActiveSheet.Range("D" x + 1).Value
>>
>> Next x
>>
>> i = 2
>>
>> Do While i <= ActiveSheet.UsedRange.Rows.Count
>>
>> ROW_DELETED = False
>>
>> For j = i + 1 To ActiveSheet.UsedRange.Rows.Count
>>
>> If Cells(i, 17) = Cells(j, 17) Then
>>
>> Rows(i).Delete
>>
>> ROW_DELETED = True
>>
>> Exit For
>>
>> End If
>>
>> Next j
>>
>> If Not ROW_DELETED Then i = i + 1
>>
>> Loop
>>
>> For x = 1 To brs
>>
>> ActiveSheet.Range("Q" x + 1).ClearContents
>>
>> Next x
>>
>> Application.ScreenUpdating = True
>>
>> End Sub
>>
>> --- Mods ---
>> File lampiran yang lebih dari 250KB dilepas dari postingan. Silakan
>> penanya melampirkan ulang file yang diusahakan maksimal 250KB dengan cara
>> me-reply email ini.
>> ----------------
>>
>>
>>
>
>

Thu Aug 20, 2015 11:03 am (PDT) . Posted by:

"achmad adi" didon13@ymail.com



dear master,,mohon bantuanyautnuk masalah yang saya hadapi,,mengambil dari validasi bertingkat di file mail archive BE,,,saya mau memodifikasi perintah masalah validasi bertingkat,,mohon pencerahaannya,,,ini saya lampirkan file contohnya..
sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Thu Aug 20, 2015 11:10 am (PDT) . Posted by:

"Zulfikar N" zulfikar_route66

Dear Excel Master,Mohon bantuannya pada Case terlampir, bagaimana formula yang digunakan untuk memunculkan dan memisahkan data stock secara terpisah menurut Ekspired Date Item.
Terima kasih
Salam,Zulfikar

Thu Aug 20, 2015 4:57 pm (PDT) . Posted by:

"Fahmi Syaifullah" fahmisyaifullah20

Dear pak hendrik. 

Saya ketinggalan baca pak, 

saya juga pesan satu pak hendrik. Kalau masih ada yaa. :D 

maaf pak hendrik tolong email ke saya brapa harga bukunya dan bagaimana pengirimannya pak?.

terima kasih

fahmi

Dikirim dari Yahoo Mail pada Android

============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar