Selasa, 11 April 2017

[belajar-excel] Digest Number 4154

15 Messages

Digest #4154
1b
2a
Membuat Menu Pulldown by "Heru Safrudin" heru.safrudin
2b
Re: Membuat Menu Pulldown by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
menghitung masa penyelesaian masalah by "Ahmad Habibillah" abiel_1108
5b
6a
Re: Mohon bantuan master, untuk kendala saya .. by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
Not Enough Memory by "Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88
7b
Re: Not Enough Memory [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7c
Re: Not Enough Memory by "Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88
7d
Re: Not Enough Memory [2 Attachments] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8a
Re: Cetak Mode Teks by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Tue Apr 11, 2017 12:55 am (PDT) . Posted by:

"Muhammad Arizal"

Dear Para Pakar Excel


Mohon bantuannya,

saya menemukan kesulitan dalam mencari harga yang diinginkan (bisa di lihat attachment)


terima kasih

Rizal


Tue Apr 11, 2017 4:47 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Rizal,

File terlampir berisi 2 cara. Silakan pilih yang mudah untuk dipahami dan
diterapkan pada kasus yang sesungguhnya.

Regards,
Kid

2017-04-11 11:34 GMT+07:00 Muhammad Arizal mocharizal9@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Para Pakar Excel
>
> Mohon bantuannya,
> saya menemukan kesulitan dalam mencari harga yang diinginkan (bisa di
> lihat attachment)
>
> terima kasih
> Rizal
>
>
>

Tue Apr 11, 2017 12:56 am (PDT) . Posted by:

"Heru Safrudin" heru.safrudin

Yth. B-Exceller,

Bisakah form pada vba membuat Menu Pulldown, bagaimana cara buatnya?

Mohon bimbingannya

Terima kasih

Heru Safrudin

<ymsgr:sendIM?heru.safrudin>; Heru SafrudinBISI,Heru Safrudin,YM online

Tue Apr 11, 2017 1:49 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Heru,

Contoh filenya disini
<https://app.box.com/s/t611hv1j7vobvxpp60ddjotj2xg1s32x>. Jika Anda
menggunakan office 64 bit, sesuaikan sendiri deklarasi fungsi-fungsi API
untuk office 64 bit.

Menu pada VBA userform menggunakan windows API dan salah satu prosesnya
adalah melakukan hook.
Jadi, pastikan seluruh proses hook pasti sudah dihentikan sebelum si
userform atau workbook beralih ke workbook lain atau ditutup agar tidak
crash.

Regards,
Kid

2017-04-10 10:05 GMT+07:00 'Heru Safrudin'
fcprocessing.bisikediri@bisi.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Yth. B-Exceller,
>
>
>
> Bisakah form pada vba membuat Menu Pulldown, bagaimana cara buatnya?
>
>
>
> Mohon bimbingannya
>
>
>
> Terima kasih
>
> Heru Safrudin
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Tue Apr 11, 2017 12:56 am (PDT) . Posted by:

"farud oke"

Untuk penulisannya ditulis di module ato di sheetnya mas..

Pada tanggal 10 Apr 2017 2.30 PM, "nangagus nangagus@gmail.com
[belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Barang kali begini:
> Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
> If Target.Cells = Range("C2") Then

> Rows("9:41").Hidden = False
> If Range("C2") = "I" Then Rows("25:40").Hidden = True
> If Range("C2") = "II" Then Rows("10:24").Hidden = True
> End If
> End Sub
>
> Private Sub Worksheet_Activate()
> Columns("A:N").Hidden = False
> If Sheet1.Range("C6") = "MI" Then
> Columns("F:M").Hidden = True
> If Sheet1.Range("C2") = "I" Then Columns("D:E").Hidden = True
> If Sheet1.Range("C2") = "II" Then Columns("B:C").Hidden = True
> End If
> If Sheet1.Range("C6") = "MTS" Then
> Columns("J:M").Hidden = True
> Columns("B:E").Hidden = True
> If Sheet1.Range("C2") = "I" Then Columns("H:I").Hidden = True
> If Sheet1.Range("C2") = "II" Then Columns("F:G").Hidden = True
> End If
> End Sub
>
>
>
> On 07/04/2017 6:19, farud oke farud.oke@gmail.com [belajar-excel] wrote:
>
>
>
> Mohon bantuan para master excel dengan persoalan yg saya hadapi,file
> terlampir
> Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
>
>
>
>

Tue Apr 11, 2017 12:59 am (PDT) . Posted by:

"RR TV" ratririsyanto

Dear Para Master Excel

Saya buat combobox yg isinya menampilkan list file dalam suatu folder. Yg
saya tanyakan, bagaimana caranya agar list file itu otomatis sort by date?
tolong kasih contoh codingnya..

Pertanyaan ke 2, saya punya data list kode barang yg banyak sekali dan
didalamnya ada 2 atau lebih kode barang yg sama. Dan saya mau menandai
(misal di-bold) secara otomatis jika ada kode barang yg sama (2 atau
lebih). Nah, contoh codingnya gmn?

Pertanyaan ke 3, apakah program vba excel bisa menyimpan pengaturan
programnya dalam suatu file? Misal seperti program2 exe pada umumnya kan
ada file pengaturan di dalam folder program tsb. Jika bisa tolong berikan
contoh..

Sepertinya saya banyak bertanya.. saya harap semua pertanyaan saya diatas
bisa dijawab.. tp jika gak bisa / mau jawab semua tolong prioritaskan no.1
jika tdk no. 2.
Atas perhatiannya tetima kasih.

Salam,

RR

Tue Apr 11, 2017 2:22 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai RR,

1. Saya buat combobox yg isinya menampilkan list file dalam suatu folder.
Yg saya tanyakan, bagaimana caranya agar list file itu otomatis sort by
date? tolong kasih contoh codingnya..
> Anda cari script untuk menulis daftar file beserta tanggal file ke sebuah
sheet, dan lakukan sort by date pada range yang ada di sheet lokasi
penulisan tersebut.
> Manfaatkan properti RowSource (jika combobox di userform) atau
listfillrange (jika combobox di dalam worksheet) agar merujuk ke range
lokasi daftar file beserta tanggalnya.
> Bila perlu, tampilkan kolom tanggal dalam combobox
*** Tidak perlu script untuk add item apalagi sort dalam mengatur combobox
nya ***

2. saya punya data list kode barang yg banyak sekali dan didalamnya ada 2
atau lebih kode barang yg sama. Dan saya mau menandai (misal di-bold)
secara otomatis jika ada kode barang yg sama (2 atau lebih). Nah, contoh
codingnya gmn?
> Anda sudah punya sheet berisi data kode barang yang banyak itu.
> Jika akan ditampilkan dalam bentuk worksheet, maka fitur Conditional
Formatting sudah mencukupi.
> Jika akan ditampilkan dalam sebuah listbox control, maka listbox maupun
combobox tidak bisa diatur formatnya (bold, font khusus di baris tertentu,
dsb).
> Anda bisa mencoba dengan listview atau control yang semacamnya.
Resikonya, tidak semua computer menginstall library yang berisi control
tersebut, sehingga butuh proses install (setidaknya register library file
yang membutuhkan akses admin komputer).

> dengan listbox dimungkinkan jika tanda duplicate-nya berupa teks tertentu
(misal tanda dengan karakter *) yang diletakkan di kolom lain (misal kolom
pertamanya).
> caranya :
- pada tabel data daftar kode di worksheet, tambahkan 1 kolom di paling
kiri dan isi dengan formula if yang menghasilkan tanda * jika kode tersebut
adalah duplicate dari kode yang sudah ada di baris-baris sebelumnya
(atasnya).
- manfaatkan properti RowSource (jika listbox dalam userform) atau
listfillrange (jika listbox di dalam worksheet) yang merujuk ke area
records (seluruh kolom mulai dari kolom baru tadi) daftar kode dalam
worksheet.
- atur agar listbox menampilkan minimal 2 kolom, yaitu kolom ke-1
menampikan kolom baru dalam tabel daftar kode di worksheet, kolom ke-2 dan
seterusnya adalah kolom yang Anda butuhkan selain kode duplicate.
*** Tidak perlu script untuk add item dalam mengatur listbox nya ***

3. apakah program vba excel bisa menyimpan pengaturan programnya dalam
suatu file? Misal seperti program2 exe pada umumnya kan ada file pengaturan
di dalam folder program tsb. Jika bisa tolong berikan contoh..
> Bisa.
> Kenapa dalam file lain ?
Kenapa tidak dalam suatu worksheet tertentu saja ?
Bukankah Anda sudah disediakan fitur untuk membuat begitu banyak
worksheet ?
Bukankah worksheet bisa diatur untuk sangat tersembunyi ?
> Contoh :
- Buat sebuah sheet dan berinama settings
- Cells A1 di sheet setting diberi teks tulisan 'LastOpen' dan di A2
diberi tulisan teks 'LastClose' di A3 diberi tulisan 'Duration'
- Pada B3 isi dengan formula =if(a2,A2-A1,0)
- Buat sebuah userform
- Buat event inititialize dan isi dengan baris kode :
sheets("settings").range("b1").value=now
sheets("settings").range("b2").value=0
- Buat event query close dan isi dengan baris kode :
sheets("settings").range("b2").value=now
thisworkbook.save

Regards,
Kid

2017-04-10 21:34 GMT+07:00 RR TV ratrisyanto@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Para Master Excel
>
> Saya buat combobox yg isinya menampilkan list file dalam suatu folder. Yg
> saya tanyakan, bagaimana caranya agar list file itu otomatis sort by date?
> tolong kasih contoh codingnya..
>
> Pertanyaan ke 2, saya punya data list kode barang yg banyak sekali dan
> didalamnya ada 2 atau lebih kode barang yg sama. Dan saya mau menandai
> (misal di-bold) secara otomatis jika ada kode barang yg sama (2 atau
> lebih). Nah, contoh codingnya gmn?
>
> Pertanyaan ke 3, apakah program vba excel bisa menyimpan pengaturan
> programnya dalam suatu file? Misal seperti program2 exe pada umumnya kan
> ada file pengaturan di dalam folder program tsb. Jika bisa tolong berikan
> contoh..
>
> Sepertinya saya banyak bertanya.. saya harap semua pertanyaan saya diatas
> bisa dijawab.. tp jika gak bisa / mau jawab semua tolong prioritaskan no.1
> jika tdk no. 2.
> Atas perhatiannya tetima kasih.
>
> Salam,
>
> RR
>
>
>

Tue Apr 11, 2017 1:37 am (PDT) . Posted by:

"Ahmad Habibillah" abiel_1108

Dear Pada Suhu Excel,
mohon bantuannya, apakah ada formula yg dapat menghitung selisih waktu masa penyelesaian masalah.
terlampir file dimaksud
atas pengajarannya terima kasih 

Tue Apr 11, 2017 2:34 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Ahmad,

Durasi adalah pengurangan 2 nilai waktu.
Jadi, formula dasarnya adalah waktu_selesai - waktu_mulai
Biasanya, yang dianggap menjadi masalah adalah tampilannya.
1. Jika tampilannya dalam Jam Menit Detik, maka atur number format agar
custom dengan bunyi format [h]" Jam "m" menit "s" detik";;
2. Jika tampilannya dalam Hari dan waktu, maka buat 2 buah kolom :
- kolom ke-1 untuk durasi dalam hari berisi formula =Int( waktu_selesai
- waktu_mulai )
agar mengambil sisi nilai harinya saja, lalu di
format 0" Hari";;
- kolom ke-2 untuk durasi dalam jam menit detik berisi formula =Mod(
waktu_selesai - waktu_mulai , 1 )
agar mengambil sisi nilai waktunya saja, lalu
format [h]" Jam "m" menit "s" detik";;

Regards,
Kid

2017-04-11 15:19 GMT+07:00 Ahmad Habibillah abiel_1108@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Pada Suhu Excel,
>
> mohon bantuannya, apakah ada formula yg dapat menghitung selisih waktu
> masa penyelesaian masalah.
>
> terlampir file dimaksud
>
> atas pengajarannya terima kasih
>
>
>
>

Tue Apr 11, 2017 4:56 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Nopri,

Kenapa seluruh item yang akan ditampilkan dalam userform tidak dibuat dalam
worksheet lebih dulu ?
Jadi, semua nilai yang tadinya disimpan dalam form, ditulis juga ke dalam
sheet.
Setelah itu, Anda bisa memanfaatkan seluruh fitur Excel yang memungkinkan
untuk memproses semua data yang sudah ada dalam worksheet.

Kalau dalam worksheet sudah didapatkan seluruh nilai yang dibutuhkan untuk
ditampilkan dalam userform (misal di userform lainnya), maka lakukan
pembacaan pada sheet dan pasang ke userform dimaksud.

Saya pikir lebih mudah begitu daripada berpusing-pusing mencari script yang
bisa melakukan proses ini itu.

Regards,
Kid

2017-04-07 11:51 GMT+07:00 Novri Bastian nobastians@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> Selamat Siang Master,
>
>
> Saya Nopri, sebelumnya saya membuat aplikasi penilaian namun ada kendala
> dengan membuat hasil score di menu form sehingga saya buat dibelakang
> layar/di sheetnya. serta untuk menambahkan nama agent/tanggal menggunakan
> command button namun datanya ada didalam formnya bukan di sheet..
>
>
> mohon bantuannya para master.... terima kasihScoring_App.xlsm
> <http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5735820/Scoring_App.xlsm>
>
>
>
>
>
>

Tue Apr 11, 2017 4:58 am (PDT) . Posted by:

"Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88


--
السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
Semangat pagi,.

Dear para suhu,

Baru beberapa bulan lalu saya upgrade ke Excel 2013.
Excel saya sering mengeluarkan Not Enough memory, padahal semuanya cukup.

Adakah yang salah dengan saya ?!

ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ

Warm Regards,

Tue Apr 11, 2017 5:20 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Heri,

Sayangnya tidak tampak ada berapa workbook yang dibuka.
Mungkin opsi Ignore blabla use DDE di Excel Options Advanced bagian General
dihilangkan centangnya.

btw,
Ingatlah selalu begini :
1. Satu Excel bisa berisi banyak workbook.
Satu Excel dibatasi penggunaan RAM nya sebesar 2GB (office 32bit) atau
4GB (office 64bit) walau si kompi sudah dipasang RAM 16GB
Aplikasi Excel sendiri membutuhkan sekitar 0.5GB untuk bekerja.
Artinya, hanya tersisa sekitar 1.5GB (office 32bit) atau 3.5GB(office
64bit) untuk digunakan bersama oleh workbooks yang dibuka.

2. Jika 1 Excel dipakai membuka 4 workbook dan si Excel beneran pakai
sampai 0.5GB,
maka 4 workbook itu memanfaatkan 1.5GB atau 3.5GB (tergantung bit
office) bersama-sama.
Kalau workbook ke-1 butuh RAM 0.5GB
workbook ke-2 butuh RAM 0.6GB
workbook ke-3 butuh RAM 0.7GB
workbook ke-4 butuh RAM 2GB
Maka pada office 32bit bisa jadi saat akan membuka workbook ke-3 sudah
out of memory.
Sedang pada office 64bit kemungkinan saat membuka workbook ke-4 akan
muncul out of memory

3. Kalau kompi punya RAM 16GB dan ingin agar Excel bisa memanfaatkan 12GB
dari RAM yang ada,
maka perlu menjalankan Excel 6 bijik pada office 32bit dan 3 bijik di
office 64bit, sehingga kalau dilihat di Task Manager akan ada 3 bijik Excel.
Inilah yang disebut instansi.
Jadi ada lebih dari 1 instansi aplikasi Excel yang sedang dijalankan
oleh si kompi,
yang masing-masing instansi punya jatah 2GB RAM (office 32bit) atau 4GB
(office 64bit)

Nah, pada masing-masing instansi ini, bisa dibuka lebih dari 1 Workbook.
Misal, Excel instansi ke-1 membuka workbook ke-1 dan ke-2
Excel instansi ke-2 membuka workbook ke-3
Excel instansi ke-3 membuka workbook ke-4

*** Antar instansi Excel tidak dapat berhubungan.
>> Misal formula merujuk workbook lain yang dibuka di instansi Excel
lain tidak akan bekerja
>> Copy visible cells only dari instansi ke-1 lalu paste ke instansi
ke-2 tidak akan bekerja

4. Mengatur agar Excel selalu membuat instansi baru jika dijalankan melalui
program files atau
ada excel files yang di double click di windows explorer membutuhkan
akses ke system registry.
btw,
biasanya bisa juga dengan cara begini :
tekan tombol CTRL di keyboard dan jangan dilepaskan -> di desktop ->
klik Start -> klik icon Excel -> muncul kotak pesan
-> tombol CTRL sudah boleh dilepas -> pilih YES supaya bekerja dalam
safe mode.

Wa'alaikumussalam wr wb
Kid

2017-04-11 18:51 GMT+07:00 'Heri Pamungkas ( Gmail )' ghery.dharma@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> --
> السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
> Semangat pagi,.
>
> Dear para suhu,
>
> Baru beberapa bulan lalu saya upgrade ke Excel 2013.
> Excel saya sering mengeluarkan Not Enough memory, padahal semuanya cukup.
>
> Adakah yang salah dengan saya ?!
>
>
>
>
> ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
>
> Warm Regards,
>
>
>

Tue Apr 11, 2017 5:40 am (PDT) . Posted by:

"Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88

Alhamdulillah,

Dear Mr. Kid,

Untuk meringankan Excel Workbook yang saya buka hanya satu saja,
dan saya sudah coba untuk Ignore pada advance Option.

Kemudian muncul masalah baru seperti dibawah.

Fyi, ini selalu kejadian ketika saya buka Attachment langsung dari Email.
Tetapi selalu berhasil ketika Attachment saya save dulu, baru kemudian
dibuka.

Warm Regards,

On 11/04/2017 19:19, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
> Wa'alaikumussalam wr wb
>
> Hai Heri,
>
> Sayangnya tidak tampak ada berapa workbook yang dibuka.
> Mungkin opsi Ignore blabla use DDE di Excel Options Advanced bagian
> General dihilangkan centangnya.
>
> btw,
> Ingatlah selalu begini :
> 1. Satu Excel bisa berisi banyak workbook.
> Satu Excel dibatasi penggunaan RAM nya sebesar 2GB (office 32bit)
> atau 4GB (office 64bit) walau si kompi sudah dipasang RAM 16GB
> Aplikasi Excel sendiri membutuhkan sekitar 0.5GB untuk bekerja.
> Artinya, hanya tersisa sekitar 1.5GB (office 32bit) atau
> 3.5GB(office 64bit) untuk digunakan bersama oleh workbooks yang dibuka.
>
> 2. Jika 1 Excel dipakai membuka 4 workbook dan si Excel beneran pakai
> sampai 0.5GB,
> maka 4 workbook itu memanfaatkan 1.5GB atau 3.5GB (tergantung bit
> office) bersama-sama.
> Kalau workbook ke-1 butuh RAM 0.5GB
> workbook ke-2 butuh RAM 0.6GB
> workbook ke-3 butuh RAM 0.7GB
> workbook ke-4 butuh RAM 2GB
> Maka pada office 32bit bisa jadi saat akan membuka workbook ke-3
> sudah out of memory.
> Sedang pada office 64bit kemungkinan saat membuka workbook ke-4
> akan muncul out of memory
>
> 3. Kalau kompi punya RAM 16GB dan ingin agar Excel bisa memanfaatkan
> 12GB dari RAM yang ada,
> maka perlu menjalankan Excel 6 bijik pada office 32bit dan 3 bijik
> di office 64bit, sehingga kalau dilihat di Task Manager akan ada 3
> bijik Excel.
> Inilah yang disebut instansi.
> Jadi ada lebih dari 1 instansi aplikasi Excel yang sedang
> dijalankan oleh si kompi,
> yang masing-masing instansi punya jatah 2GB RAM (office 32bit)
> atau 4GB (office 64bit)
>
> Nah, pada masing-masing instansi ini, bisa dibuka lebih dari 1
> Workbook.
> Misal, Excel instansi ke-1 membuka workbook ke-1 dan ke-2
> Excel instansi ke-2 membuka workbook ke-3
> Excel instansi ke-3 membuka workbook ke-4
>
> *** Antar instansi Excel tidak dapat berhubungan.
> >> Misal formula merujuk workbook lain yang dibuka di instansi
> Excel lain tidak akan bekerja
> >> Copy visible cells only dari instansi ke-1 lalu paste ke
> instansi ke-2 tidak akan bekerja
>
> 4. Mengatur agar Excel selalu membuat instansi baru jika dijalankan
> melalui program files atau
> ada excel files yang di double click di windows explorer
> membutuhkan akses ke system registry.
> btw,
> biasanya bisa juga dengan cara begini :
> tekan tombol CTRL di keyboard dan jangan dilepaskan -> di desktop
> -> klik Start -> klik icon Excel -> muncul kotak pesan
> -> tombol CTRL sudah boleh dilepas -> pilih YES supaya bekerja
> dalam safe mode.
>
> Wa'alaikumussalam wr wb
> Kid
>
>
>
> 2017-04-11 18:51 GMT+07:00 'Heri Pamungkas ( Gmail )'
> ghery.dharma@gmail.com <mailto:ghery.dharma@gmail.com> [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:
>
>
> --
> السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
> Semangat pagi,.
>
> Dear para suhu,
>
> Baru beberapa bulan lalu saya upgrade ke Excel 2013.
> Excel saya sering mengeluarkan Not Enough memory, padahal semuanya cukup.
>
> Adakah yang salah dengan saya ?!
>
>
>
>
>
> ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
>
> Warm Regards,
>
>
>

Tue Apr 11, 2017 6:49 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Heri,

Options blabla DDE itu TIDAK dicentang supaya saat membuka workbook
mengandalkan file associations. Setelah set excel options, tutup semua
Excel lebih dulu.
Lalu coba buka dari windows explorer. Mungkin perlu juga membuka langsung
dari attachments file ya...
saya biasanya download attachments dulu baru dibuka, supaya bisa meletakkan
filenya di lokasi yang sesuai. rada-rada gak percaya sama si windows bakal
membuang si file attachments yang dibuka kalau dah selesai (di-close).

Jadi biasanya kalau ada file yang dijalankan langsung (misal dari windows
explorer), maka akan dikirim message ke Excel (DDE). Karena sudah TIDAK
dicentang, maka message ini diabaikan, sehingga file akan dibuka biasa saja
mengikuti si file associations.

DDE tidak ada hubungannya dengan Not Enough Memory ya...

Regards,
Kid

2017-04-11 19:40 GMT+07:00 'Heri Pamungkas ( Gmail )' ghery.dharma@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Alhamdulillah,
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Untuk meringankan Excel Workbook yang saya buka hanya satu saja,
> dan saya sudah coba untuk Ignore pada advance Option.
>
> Kemudian muncul masalah baru seperti dibawah.
>
>
>
> Fyi, ini selalu kejadian ketika saya buka Attachment langsung dari Email.
> Tetapi selalu berhasil ketika Attachment saya save dulu, baru kemudian
> dibuka.
>
> Warm Regards,
>
> On 11/04/2017 19:19, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
>
>
> Wa'alaikumussalam wr wb
>
> Hai Heri,
>
> Sayangnya tidak tampak ada berapa workbook yang dibuka.
> Mungkin opsi Ignore blabla use DDE di Excel Options Advanced bagian
> General dihilangkan centangnya.
>
> btw,
> Ingatlah selalu begini :
> 1. Satu Excel bisa berisi banyak workbook.
> Satu Excel dibatasi penggunaan RAM nya sebesar 2GB (office 32bit) atau
> 4GB (office 64bit) walau si kompi sudah dipasang RAM 16GB
> Aplikasi Excel sendiri membutuhkan sekitar 0.5GB untuk bekerja.
> Artinya, hanya tersisa sekitar 1.5GB (office 32bit) atau 3.5GB(office
> 64bit) untuk digunakan bersama oleh workbooks yang dibuka.
>
> 2. Jika 1 Excel dipakai membuka 4 workbook dan si Excel beneran pakai
> sampai 0.5GB,
> maka 4 workbook itu memanfaatkan 1.5GB atau 3.5GB (tergantung bit
> office) bersama-sama.
> Kalau workbook ke-1 butuh RAM 0.5GB
> workbook ke-2 butuh RAM 0.6GB
> workbook ke-3 butuh RAM 0.7GB
> workbook ke-4 butuh RAM 2GB
> Maka pada office 32bit bisa jadi saat akan membuka workbook ke-3 sudah
> out of memory.
> Sedang pada office 64bit kemungkinan saat membuka workbook ke-4 akan
> muncul out of memory
>
> 3. Kalau kompi punya RAM 16GB dan ingin agar Excel bisa memanfaatkan 12GB
> dari RAM yang ada,
> maka perlu menjalankan Excel 6 bijik pada office 32bit dan 3 bijik di
> office 64bit, sehingga kalau dilihat di Task Manager akan ada 3 bijik Excel.
> Inilah yang disebut instansi.
> Jadi ada lebih dari 1 instansi aplikasi Excel yang sedang dijalankan
> oleh si kompi,
> yang masing-masing instansi punya jatah 2GB RAM (office 32bit) atau
> 4GB (office 64bit)
>
> Nah, pada masing-masing instansi ini, bisa dibuka lebih dari 1
> Workbook.
> Misal, Excel instansi ke-1 membuka workbook ke-1 dan ke-2
> Excel instansi ke-2 membuka workbook ke-3
> Excel instansi ke-3 membuka workbook ke-4
>
> *** Antar instansi Excel tidak dapat berhubungan.
> >> Misal formula merujuk workbook lain yang dibuka di instansi Excel
> lain tidak akan bekerja
> >> Copy visible cells only dari instansi ke-1 lalu paste ke instansi
> ke-2 tidak akan bekerja
>
> 4. Mengatur agar Excel selalu membuat instansi baru jika dijalankan
> melalui program files atau
> ada excel files yang di double click di windows explorer membutuhkan
> akses ke system registry.
> btw,
> biasanya bisa juga dengan cara begini :
> tekan tombol CTRL di keyboard dan jangan dilepaskan -> di desktop ->
> klik Start -> klik icon Excel -> muncul kotak pesan
> -> tombol CTRL sudah boleh dilepas -> pilih YES supaya bekerja dalam
> safe mode.
>
> Wa'alaikumussalam wr wb
> Kid
>
>
>
> 2017-04-11 18:51 GMT+07:00 'Heri Pamungkas ( Gmail )'
> ghery.dharma@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>>
>> --
>> السَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
>> Semangat pagi,.
>>
>> Dear para suhu,
>>
>> Baru beberapa bulan lalu saya upgrade ke Excel 2013.
>> Excel saya sering mengeluarkan Not Enough memory, padahal semuanya cukup.
>>
>> Adakah yang salah dengan saya ?!
>>
>>
>>
>>
>> ÙˆَالسَّÙ„َامُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ
>>
>> Warm Regards,
>>
>>
>
>
>

Tue Apr 11, 2017 5:58 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Heru,

Terus terang, saya kurang paham maksud kasusnya.

Andai yang dimaksud ada kertas yang sudah dicetak (dipercetakan) berupa
kertas form isian, kemudian akan mencetak isian dalam kertas form tersebut
melalui Excel, maka dibutuhkan peletakan nilai yang akan dicetak pada cells
tertentu yang pas benar dengan layout kertas form isian tadi.

Setelah itu, bisa dilakukan proses cetak seperti biasa. Bila perlu, coba
opsi draft yang disediakan oleh printer atau melalui page setup tab sheet
bagian Print lakukan centang pada opsi draft quality.

Regards,
Kid

2017-04-07 14:49 GMT+07:00 'Heru Safrudin'
fcprocessing.bisikediri@bisi.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear B-Exceller,
>
>
>
> Bermain sambil bekerja di excel memang menyenangkan dan seakan tak habis
> untuk diexplore.
>
> Nah sekarang saya ingin tahu bagaimana caranya mencatak dengan mode text
> seperti mencetak mencetak struk pembelian atau formulir preprinted lainnya ?
>
> Karena jika kita cetak dengan font atau mode graphic proses pencetakannya
> butuh waktu lama, apalagi kalau jumlah yang dicetak banyak.
>
>
>
> Mohon pencerahannya
>
>
>
>
>
> Terima kasih
>
>
>
> Heru Safrudin
>
> [image: Heru Safrudin][image: BISI,Heru Safrudin,YM online]
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar