Kamis, 20 April 2017

[belajar-excel] Digest Number 4162

13 Messages

Digest #4162
1a
Formula transpose dengan reference berulang by "belajarexcel" belajarexcel
1c
2a
Tidak bisa record macro by "Heru Safrudin" heru.safrudin
2b
Re: Tidak bisa record macro by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
5a
Re: Format Dari Data Connection by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Wed Apr 19, 2017 7:34 pm (PDT) . Posted by:

"belajarexcel" belajarexcel



Sent from my Samsung Galaxy smartphone.
-------- Original message --------From: heri kurniawan <belajarexcel@yahoo.com> Date: 4/19/17 17:12 (GMT+07:00) To: XL-mania Moderator <XL-mania-owner@yahoogroups.com> Subject: Formula transpose dengan reference berulang
Selamat Sore para suhu dan master excel

saya punya masalah yg bkin puyeng...bagaimana caranya formula utk membuat tabel sebelah kiri menjadi sebelah kanan seperti gambar sebagai berikut:

terima kasih atas respon para suhu dan master disinisaya awam dengan VBA (baru mau belajar)..klo emmungkinkan solusinya dlm bentuk formula/fungsi
terima kasihsalam
Heri

Wed Apr 19, 2017 8:34 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Heri,

Coba lihat di kasus lama yang ada milis :
https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/39972
atau yang ada di backup milis (jika tidak dapat meng-unduh file lampiran) :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Macro-transpose-dan-copy-data-1-Attachment-td5733734.html#a5733749

Regards,
Kid

2017-04-20 9:28 GMT+07:00 belajarexcel belajarexcel@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
>
>
>
> Sent from my Samsung Galaxy smartphone.
>
> -------- Original message --------
> From: heri kurniawan <belajarexcel@yahoo.com>
> Date: 4/19/17 17:12 (GMT+07:00)
> To: XL-mania Moderator <XL-mania-owner@yahoogroups.com>
> Subject: Formula transpose dengan reference berulang
>
> Selamat Sore para suhu dan master excel
>
> saya punya masalah yg bkin puyeng...
> bagaimana caranya formula utk membuat tabel sebelah kiri menjadi sebelah
> kanan seperti gambar sebagai berikut:
>
> [image: Inline image]
>
> terima kasih atas respon para suhu dan master disini
> saya awam dengan VBA (baru mau belajar)..klo emmungkinkan solusinya dlm
> bentuk formula/fungsi
>
> terima kasih
> salam
>
> Heri
>
>
>

Thu Apr 20, 2017 1:51 am (PDT) . Posted by:

"belajarexcel" belajarexcel

Terima kasih om Kids atas responnya.
Jgn bosen saya ganggu terus...:)

Sent from my Samsung Galaxy smartphone.
-------- Original message --------From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> Date: 4/20/17 10:34 (GMT+07:00) To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com> Subject: Re: [belajar-excel] Formula transpose dengan reference berulang

 

Hai Heri,

Coba lihat di kasus lama yang ada milis :
https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/messages/39972
atau yang ada di backup milis (jika tidak dapat meng-unduh file lampiran) :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Macro-transpose-dan-copy-data-1-Attachment-td5733734.html#a5733749

Regards,
Kid

2017-04-20 9:28 GMT+07:00 belajarexcel belajarexcel@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

 

Sent from my Samsung Galaxy smartphone.
-------- Original message --------From: heri kurniawan <belajarexcel@yahoo.com> Date: 4/19/17 17:12 (GMT+07:00) To: XL-mania Moderator <XL-mania-owner@yahoogroups.com> Subject: Formula transpose dengan reference berulang
Selamat Sore para suhu dan master excel

saya punya masalah yg bkin puyeng...bagaimana caranya formula utk membuat tabel sebelah kiri menjadi sebelah kanan seperti gambar sebagai berikut:

terima kasih atas respon para suhu dan master disinisaya awam dengan VBA (baru mau belajar)..klo emmungkinkan solusinya dlm bentuk formula/fungsi
terima kasihsalam
Heri

Wed Apr 19, 2017 7:35 pm (PDT) . Posted by:

"Heru Safrudin" heru.safrudin

Dear B-Exceller,

Kenapa Excel 2007 tidak merekam macro Insert shape atau object lain ya?
Padahal Excel 2003 bisa

Mohon penjelasannya

Terima kasih

Heru Safrudin

Wed Apr 19, 2017 7:54 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Heru,

Excel 2003 dan Excel 2010 ke atas bisa record macro shapes.
Excel 2007 memang tidak bisa record macro shapes dan harus ditulis sendiri
baris-baris kodenya. Excel VBA Help bagian Excel Object Model Reference.

Regards,
Kid

2017-04-20 9:07 GMT+07:00 'Heru Safrudin' fcprocessing.bisikediri@bisi.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear B-Exceller,
>
>
>
> Kenapa Excel 2007 tidak merekam macro Insert shape atau object lain ya?
> Padahal Excel 2003 bisa
>
>
>
> Mohon penjelasannya
>
>
>
> Terima kasih
>
> Heru Safrudin
>
>
>
>
>

Wed Apr 19, 2017 8:19 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Begini,

Sebaiknya data yang ada di sheet 1,2,3 itu di-input pada sebuah sheet saja.
Misal, buat sheet baru bernama 'myData'. Headernya di baris 1 Excel.
Tambahkan kolom baru bernama 'Tanggal' yang diisi dengan format YYYY-MM-DD
saat input data. Contoh 2017-04-07 untuk data tanggal 7 April 2017.

>> Hal tersebut di atas adalah mengembalikan kaidah dasar pengolahan data
agar mudah dan cepat, yaitu dengan berusaha menyusun tabel data yang lebih
berkaidah tabel database.
--> Kalau gak suka database atau gak mudeng database, cukup pahami saja
bahwa cara ini cuma mengikuti kaidah tabel database dan bukan membuat
database, biar gak ngeri sama database. Tapi, aneh aja kalo mo ngolah data
kok enggan memahami database (bukan sistem database loh ya, cuma database
nih yang dibahas).

Dari sheet 'myData' itu, bisa dibuat tabel-tabel seperti yang tampak di
sheet 1,2,3,dsb, termasuk di sheet buku besar.
Misal dengan memanfaatkan pivot table untuk membantu mengolah data yang
dibutuhkan untuk sheet 1, yang isinya data tanggal 1 bulan tertentu, dsb.

>> Pivot table cuma jadi alat untuk membantu mengolah data. Tampilannya
bisa diatur agar sesuai kebutuhan yang mendekati sama dengan layout yang
diinginkan dengan sedikit kretivitas.

--- Sampai disini ---
Anda akan mendapatkan part utama pengolahan data yang bernama :
1. wadah data, yaitu sheet 'myData'
2. outputs, yaitu sheet 1,2,3,dst, buku besar, dan lain-lain yang
dibutuhkan (buanyak sekali) yang berdasar 1 tabel data utuh di nomor 1 tadi.

Hal ini sebenarnya belum ideal, karena proses input data masih dilakukan
secara langsung di sheet 'myData'
Jadi part ideal pengolahan data ada :
1. Wadah data, seperti sheet 'myData'
2. outputs, yaitu sheet 1,2,3,dst, buku besar, dan lain-lain yang
dibutuhkan (buanyak sekali) yang berdasar 1 tabel data utuh di nomor 1 tadi.
3. Area input data, bisa sebuah sheet, banyak sheet, sebuah userform,
banyak userform, dst, yang kesemuanya nanti disertai proses otomasi
(berarti pakai VBA, tapi, VBA nya jadi sederhana dan mudah dipelajari
[paling sehari juga bisa paham]) penulisan data yang di-input (proses copy)
ke sheet wadah data seperti 'myData' (proses paste values dan sebagainya).

*** Nomor urutnya memang demikian,
*** jadi prioritasnya adalah nomor 1 dulu sebagai wadah data dan data
di-input langsung
*** lalu membuat sheets outputs yang dibutuhkan
*** barulah menyusun area input data bagi data entry operator nya.

--- Catatan ---
Penyusunan outputs bisa dengan banyak cara, seperti formula, query, VBA,
pivot table, atau gabungan dari berbagai cara tersebut.

--- FAQ ---
1. Apakah mudah ?
> Fitrahnya, ya
> yang merusak fitrah sehingga tampak sulit adalah kemauan yang rendah.

2. Apakah mungkin untuk semua jenis data ?
> Fitrahnya, ya
> yang merusak fitrah sehingga menjadi tidak bisa adalah tetap ngotot harus
bentuknya begini begitu yang langsung tampak diinginkan pihak lain
(termasuk atasan), padahal hal itu harusnya ada di are outputs saja dan
tidak perlu di area wadah data.

3. Harus mahir ?
> Fitrahnya, tidak
> Hanya pandangan yang pesimistis saja yang membuatnya berkesan seperti
hanya bisa dilakukan yang sudah mahir.

Regards,
Kid

On Thu, Apr 20, 2017 at 5:18 AM, Fahmi Syaifullah
fahmisyaifullah20@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>
wrote:

>
>
> Maaf om kid Maksudnya gmna yaaa om kid. Maklum newbie. Hehe
>
>
> Dikirim dari Yahoo Mail di Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
>
>
>
> Kalau data dikumpulkan dalam 1 sheet lalu dibuat output sheet 1,2,3 dst
> sampai buku besar gimana?
> Jadi pengennya kantor tetap terpenuhi bukan?
>
> Sent from my smart enough phone
>
> On Apr 19, 2017, at 21:42, Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Wa'alaikumsalam wr.wb
> master kid
>
> itu tanggal yg disesuaikan sama bulan om kid. Jadi setiap bulan beda
> workbook.
> Pengennya sih 1 sheet cuman kantor mntanya persheet jadi harus muter otak
> lagi.
> ini saja proses calculatingnya lemot sekali karna sum dgn if bererot om
> kid..
> Mohon bantuannya om kid.
>
> Terima kasih
> Wassalamu'alaikumwr.wb
> fahmi
>
> Dikirim dari Yahoo Mail di Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
>
>
>
> Wa'alaikumussalam wr wb
> Hai Fahmi,
>
> Sheet 1,2,3 itu apa ya?
> Kenapa sheet 1,2,3 tersebut tidak dijadikan 1 sheet, misal bernama sheet
> data?
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
> Kid
> Sent from my smart enough phone
>
> On Apr 19, 2017, at 20:42, Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> assalamu'alaikum wr.wb
>
> be'exceller
>
> saya membuat rumus if yang ada di sheet buku besar, sepertinya tidak
> effisien dengan penggunaan if
> karna kalau sheetnya ada 31 (sesuai bulan) maka akan bikin 31 if yang
> merujuk ke keseluruhan sheetnya dan harus manual juga be'exceller. dan
> untuk kolom keterangannya (sheet buku besar) jika disalah satu sheet tidak
> ditemukan adanya kesamaan maka ""(nulstring) tapi saya ingin nulstringnya
> itu di skip. rumus yang saya buat tidak di skip jadi hasilnya bgini =>
> 1,,3,4,,6 (kalau sheetnya itu pertanggal)
> lebih jelas file saya lampirkan
> atas perhatian be'exceller
>
> terima kasih
> wassalamu'alaikum wr.wb
> fahmi
>
> <sheet rujukan.xlsx>
>
>
>

Wed Apr 19, 2017 11:41 pm (PDT) . Posted by:

"Fahmi Syaifullah" fahmisyaifullah20

Oiyaa yaa om kid kan bisa dgn pivot yaa dgn option report filter page . Hehee.. #tepok jidadSaya berfikirnya beda tanggal beda tabel om kid. saya pkirin apakah pivot itu bisa  ambil data source sembarang sperti kaya A2:A25,K2:K25. Tp mending jadi satu saja lah. Sama saja. Hehee
makasih om kid atas pencerahaannya  . Hehe..sehat dan pnjang umur terus buat om kid dan beexceller lain.
Terima kasih .Wassalamu'alaikumwr.wbfahmi 
Dikirim dari Yahoo Mail di Android

Pada Kam, 20 Apr 2017 pada 10:19 AM, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]<belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:  

Begini,

Sebaiknya data yang ada di sheet 1,2,3 itu di-input pada sebuah sheet saja. Misal, buat sheet baru bernama 'myData'. Headernya di baris 1 Excel. Tambahkan kolom baru bernama 'Tanggal' yang diisi dengan format YYYY-MM-DD saat input data. Contoh 2017-04-07 untuk data tanggal 7 April 2017.

>> Hal tersebut di atas adalah mengembalikan kaidah dasar pengolahan data agar mudah dan cepat, yaitu dengan berusaha menyusun tabel data yang lebih berkaidah tabel database.
--> Kalau gak suka database atau gak mudeng database, cukup pahami saja bahwa cara ini cuma mengikuti kaidah tabel database dan bukan membuat database, biar gak ngeri sama database. Tapi, aneh aja kalo mo ngolah data kok enggan memahami database (bukan sistem database loh ya, cuma database nih yang dibahas).

Dari sheet 'myData' itu, bisa dibuat tabel-tabel seperti yang tampak di sheet 1,2,3,dsb, termasuk di sheet buku besar.
Misal dengan memanfaatkan pivot table untuk membantu mengolah data yang dibutuhkan untuk sheet 1, yang isinya data tanggal 1 bulan tertentu, dsb.

>> Pivot table cuma jadi alat untuk membantu mengolah data. Tampilannya bisa diatur agar sesuai kebutuhan yang mendekati sama dengan layout yang diinginkan dengan sedikit kretivitas.

--- Sampai disini ---
Anda akan mendapatkan part utama pengolahan data yang bernama :
1. wadah data, yaitu sheet 'myData'
2. outputs, yaitu sheet 1,2,3,dst, buku besar, dan lain-lain yang dibutuhkan (buanyak sekali) yang berdasar 1 tabel data utuh di nomor 1 tadi.

Hal ini sebenarnya belum ideal, karena proses input data masih dilakukan secara langsung di sheet 'myData'
Jadi part ideal pengolahan data ada :
1. Wadah data, seperti sheet 'myData'
2. outputs, yaitu sheet 1,2,3,dst, buku besar, dan lain-lain yang dibutuhkan (buanyak sekali) yang berdasar 1 tabel data utuh di nomor 1 tadi.
3. Area input data, bisa sebuah sheet, banyak sheet, sebuah userform, banyak userform, dst, yang kesemuanya nanti disertai proses otomasi (berarti pakai VBA, tapi, VBA nya jadi sederhana dan mudah dipelajari [paling sehari juga bisa paham]) penulisan data yang di-input (proses copy) ke sheet wadah data seperti 'myData' (proses paste values dan sebagainya).

*** Nomor urutnya memang demikian,
*** jadi prioritasnya adalah nomor 1 dulu sebagai wadah data dan data di-input langsung
*** lalu membuat sheets outputs yang dibutuhkan
*** barulah menyusun area input data bagi data entry operator nya.

--- Catatan ---
Penyusunan outputs bisa dengan banyak cara, seperti formula, query, VBA, pivot table, atau gabungan dari berbagai cara tersebut.

--- FAQ ---
1. Apakah mudah ?
> Fitrahnya, ya
> yang merusak fitrah sehingga tampak sulit adalah kemauan yang rendah.

2. Apakah mungkin untuk semua jenis data ?
> Fitrahnya, ya
> yang merusak fitrah sehingga menjadi tidak bisa adalah tetap ngotot harus bentuknya begini begitu yang langsung tampak diinginkan pihak lain (termasuk atasan), padahal hal itu harusnya ada di are outputs saja dan tidak perlu di area wadah data.

3. Harus mahir ?
> Fitrahnya, tidak
> Hanya pandangan yang pesimistis saja yang membuatnya berkesan seperti hanya bisa dilakukan yang sudah mahir.

Regards,
Kid

On Thu, Apr 20, 2017 at 5:18 AM, Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

 
Maaf om kid Maksudnya gmna yaaa om kid. Maklum newbie. Hehe

Dikirim dari Yahoo Mail di Android

 

Kalau data dikumpulkan dalam 1 sheet lalu dibuat output sheet 1,2,3 dst sampai buku besar gimana?Jadi pengennya kantor tetap terpenuhi bukan?

Sent from my smart enough phone
On Apr 19, 2017, at 21:42, Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com > wrote:

 
Wa'alaikumsalam wr.wb 
master kid
itu tanggal yg disesuaikan sama bulan om kid. Jadi setiap bulan beda workbook. Pengennya sih 1 sheet cuman kantor mntanya persheet jadi harus muter otak lagi.ini saja proses calculatingnya lemot sekali karna sum dgn if bererot om kid..Mohon bantuannya om kid.
Terima kasihWassalamu'alaikumwr.wbfahmi 
Dikirim dari Yahoo Mail di Android

 

Wa'alaikumussalam wr wbHai Fahmi,

Sheet 1,2,3 itu apa ya?Kenapa sheet 1,2,3 tersebut tidak dijadikan 1 sheet, misal bernama sheet data?
Wassalamu'alaikum wr wbKid
Sent from my smart enough phone
On Apr 19, 2017, at 20:42, Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com > wrote:

 

assalamu'alaikum wr.wb
 be'exceller
saya membuat rumus if yang ada di sheet buku besar, sepertinya tidak effisien dengan penggunaan if karna kalau sheetnya ada 31 (sesuai bulan) maka akan bikin 31 if yang merujuk ke keseluruhan sheetnya dan harus manual juga be'exceller. dan untuk kolom keterangannya (sheet buku besar) jika disalah satu sheet tidak ditemukan adanya kesamaan maka ""(nulstring) tapi saya ingin nulstringnya itu di skip. rumus yang saya buat tidak di skip jadi hasilnya bgini => 1,,3,4,,6 (kalau sheetnya itu pertanggal)lebih jelas file saya lampirkanatas perhatian be'exceller
terima kasihwassalamu&#39;alaikum wr.wbfahmi

<sheet rujukan.xlsx>


#yiv0878865644 #yiv0878865644 -- #yiv0878865644ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-mkp #yiv0878865644hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-mkp #yiv0878865644ads {margin-bottom:10px;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-mkp .yiv0878865644ad {padding:0 0;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-mkp .yiv0878865644ad p {margin:0;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-mkp .yiv0878865644ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-sponsor #yiv0878865644ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-sponsor #yiv0878865644ygrp-lc #yiv0878865644hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-sponsor #yiv0878865644ygrp-lc .yiv0878865644ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv0878865644 #yiv0878865644actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv0878865644 #yiv0878865644activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv0878865644 #yiv0878865644activity span {font-weight:700;}#yiv0878865644 #yiv0878865644activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv0878865644 #yiv0878865644activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv0878865644 #yiv0878865644activity span span {color:#ff7900;}#yiv0878865644 #yiv0878865644activity span .yiv0878865644underline {text-decoration:underline;}#yiv0878865644 .yiv0878865644attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv0878865644 .yiv0878865644attach div a {text-decoration:none;}#yiv0878865644 .yiv0878865644attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv0878865644 .yiv0878865644attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv0878865644 .yiv0878865644attach label a {text-decoration:none;}#yiv0878865644 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv0878865644 .yiv0878865644bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv0878865644 .yiv0878865644bold a {text-decoration:none;}#yiv0878865644 dd.yiv0878865644last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv0878865644 dd.yiv0878865644last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv0878865644 dd.yiv0878865644last p span.yiv0878865644yshortcuts {margin-right:0;}#yiv0878865644 div.yiv0878865644attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv0878865644 div.yiv0878865644attach-table {width:400px;}#yiv0878865644 div.yiv0878865644file-title a, #yiv0878865644 div.yiv0878865644file-title a:active, #yiv0878865644 div.yiv0878865644file-title a:hover, #yiv0878865644 div.yiv0878865644file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv0878865644 div.yiv0878865644photo-title a, #yiv0878865644 div.yiv0878865644photo-title a:active, #yiv0878865644 div.yiv0878865644photo-title a:hover, #yiv0878865644 div.yiv0878865644photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv0878865644 div#yiv0878865644ygrp-mlmsg #yiv0878865644ygrp-msg p a span.yiv0878865644yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv0878865644 .yiv0878865644green {color:#628c2a;}#yiv0878865644 .yiv0878865644MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv0878865644 o {font-size:0;}#yiv0878865644 #yiv0878865644photos div {float:left;width:72px;}#yiv0878865644 #yiv0878865644photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv0878865644 #yiv0878865644photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv0878865644 #yiv0878865644reco-category {font-size:77%;}#yiv0878865644 #yiv0878865644reco-desc {font-size:77%;}#yiv0878865644 .yiv0878865644replbq {margin:4px;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-mlmsg select, #yiv0878865644 input, #yiv0878865644 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-mlmsg pre, #yiv0878865644 code {font:115% monospace;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-mlmsg #yiv0878865644logo {padding-bottom:10px;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-msg p#yiv0878865644attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-reco #yiv0878865644reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-sponsor #yiv0878865644ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-sponsor #yiv0878865644ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-sponsor #yiv0878865644ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv0878865644 #yiv0878865644ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv0878865644

Thu Apr 20, 2017 1:49 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

👍👏👏👏
Regards,
Kid
Sent from my smart enough phone

> On Apr 20, 2017, at 13:37, Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
> Oiyaa yaa om kid kan bisa dgn pivot yaa dgn option report filter page . Hehee.. #tepok jidad
>
> Saya berfikirnya beda tanggal beda tabel om kid. saya pkirin apakah pivot itu bisa ambil data source sembarang sperti kaya A2:A25,K2:K25. Tp mending jadi satu saja lah. Sama saja. Hehee
>
> makasih om kid atas pencerahaannya . Hehe..
> sehat dan pnjang umur terus buat om kid dan beexceller lain.
>
> Terima kasih .
> Wassalamu'alaikumwr.wb
> fahmi
> Dikirim dari Yahoo Mail di Android
>
>
> Begini,
>
> Sebaiknya data yang ada di sheet 1,2,3 itu di-input pada sebuah sheet saja. Misal, buat sheet baru bernama 'myData'. Headernya di baris 1 Excel. Tambahkan kolom baru bernama 'Tanggal' yang diisi dengan format YYYY-MM-DD saat input data. Contoh 2017-04-07 untuk data tanggal 7 April 2017.
>
> >> Hal tersebut di atas adalah mengembalikan kaidah dasar pengolahan data agar mudah dan cepat, yaitu dengan berusaha menyusun tabel data yang lebih berkaidah tabel database.
> --> Kalau gak suka database atau gak mudeng database, cukup pahami saja bahwa cara ini cuma mengikuti kaidah tabel database dan bukan membuat database, biar gak ngeri sama database. Tapi, aneh aja kalo mo ngolah data kok enggan memahami database (bukan sistem database loh ya, cuma database nih yang dibahas).
>
>
> Dari sheet 'myData' itu, bisa dibuat tabel-tabel seperti yang tampak di sheet 1,2,3,dsb, termasuk di sheet buku besar.
> Misal dengan memanfaatkan pivot table untuk membantu mengolah data yang dibutuhkan untuk sheet 1, yang isinya data tanggal 1 bulan tertentu, dsb.
>
> >> Pivot table cuma jadi alat untuk membantu mengolah data. Tampilannya bisa diatur agar sesuai kebutuhan yang mendekati sama dengan layout yang diinginkan dengan sedikit kretivitas.
>
>
> --- Sampai disini ---
> Anda akan mendapatkan part utama pengolahan data yang bernama :
> 1. wadah data, yaitu sheet 'myData'
> 2. outputs, yaitu sheet 1,2,3,dst, buku besar, dan lain-lain yang dibutuhkan (buanyak sekali) yang berdasar 1 tabel data utuh di nomor 1 tadi.
>
> Hal ini sebenarnya belum ideal, karena proses input data masih dilakukan secara langsung di sheet 'myData'
> Jadi part ideal pengolahan data ada :
> 1. Wadah data, seperti sheet 'myData'
> 2. outputs, yaitu sheet 1,2,3,dst, buku besar, dan lain-lain yang dibutuhkan (buanyak sekali) yang berdasar 1 tabel data utuh di nomor 1 tadi.
> 3. Area input data, bisa sebuah sheet, banyak sheet, sebuah userform, banyak userform, dst, yang kesemuanya nanti disertai proses otomasi (berarti pakai VBA, tapi, VBA nya jadi sederhana dan mudah dipelajari [paling sehari juga bisa paham]) penulisan data yang di-input (proses copy) ke sheet wadah data seperti 'myData' (proses paste values dan sebagainya).
>
> *** Nomor urutnya memang demikian,
> *** jadi prioritasnya adalah nomor 1 dulu sebagai wadah data dan data di-input langsung
> *** lalu membuat sheets outputs yang dibutuhkan
> *** barulah menyusun area input data bagi data entry operator nya.
>
> --- Catatan ---
> Penyusunan outputs bisa dengan banyak cara, seperti formula, query, VBA, pivot table, atau gabungan dari berbagai cara tersebut.
>
>
> --- FAQ ---
> 1. Apakah mudah ?
> > Fitrahnya, ya
> > yang merusak fitrah sehingga tampak sulit adalah kemauan yang rendah.
>
> 2. Apakah mungkin untuk semua jenis data ?
> > Fitrahnya, ya
> > yang merusak fitrah sehingga menjadi tidak bisa adalah tetap ngotot harus bentuknya begini begitu yang langsung tampak diinginkan pihak lain (termasuk atasan), padahal hal itu harusnya ada di are outputs saja dan tidak perlu di area wadah data.
>
> 3. Harus mahir ?
> > Fitrahnya, tidak
> > Hanya pandangan yang pesimistis saja yang membuatnya berkesan seperti hanya bisa dilakukan yang sudah mahir.
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
> On Thu, Apr 20, 2017 at 5:18 AM, Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
> Maaf om kid Maksudnya gmna yaaa om kid. Maklum newbie. Hehe
>
>
>
> Dikirim dari Yahoo Mail di Android
>
>
> Kalau data dikumpulkan dalam 1 sheet lalu dibuat output sheet 1,2,3 dst sampai buku besar gimana?
> Jadi pengennya kantor tetap terpenuhi bukan?
>
> Sent from my smart enough phone
>
>> On Apr 19, 2017, at 21:42, Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com > wrote:
>>
>>
>> Wa'alaikumsalam wr.wb
>>
>> master kid
>>
>> itu tanggal yg disesuaikan sama bulan om kid. Jadi setiap bulan beda workbook.
>> Pengennya sih 1 sheet cuman kantor mntanya persheet jadi harus muter otak lagi.
>> ini saja proses calculatingnya lemot sekali karna sum dgn if bererot om kid..
>> Mohon bantuannya om kid.
>>
>> Terima kasih
>> Wassalamu'alaikumwr.wb
>> fahmi
>>
>> Dikirim dari Yahoo Mail di Android
>>
>>
>> Wa'alaikumussalam wr wb
>> Hai Fahmi,
>>
>> Sheet 1,2,3 itu apa ya?
>> Kenapa sheet 1,2,3 tersebut tidak dijadikan 1 sheet, misal bernama sheet data?
>>
>> Wassalamu'alaikum wr wb
>> Kid
>> Sent from my smart enough phone
>>
>>> On Apr 19, 2017, at 20:42, Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com > wrote:
>>>
>>>
>>> assalamu'alaikum wr.wb
>>>
>>> be'exceller
>>>
>>> saya membuat rumus if yang ada di sheet buku besar, sepertinya tidak effisien dengan penggunaan if
>>> karna kalau sheetnya ada 31 (sesuai bulan) maka akan bikin 31 if yang merujuk ke keseluruhan sheetnya dan harus manual juga be'exceller. dan untuk kolom keterangannya (sheet buku besar) jika disalah satu sheet tidak ditemukan adanya kesamaan maka ""(nulstring) tapi saya ingin nulstringnya itu di skip. rumus yang saya buat tidak di skip jadi hasilnya bgini => 1,,3,4,,6 (kalau sheetnya itu pertanggal)
>>> lebih jelas file saya lampirkan
>>> atas perhatian be'exceller
>>>
>>> terima kasih
>>> wassalamu'alaikum wr.wb
>>> fahmi
>>>
>>> <sheet rujukan.xlsx>
>>
>
>
>

Wed Apr 19, 2017 8:51 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hmmm....

1. Berarti a.txt yang berisi 8 kolom (misalnya) dengan b.txt yang berisi 17
kolom (misalnya) memiliki 8 kolom pertama yang sama ?
2. Sedang c.txt yang berisi 23 kolom (misalnya) akan memiliki 8 kolom
pertama yang sama dengan a.txt dan b.txt, dan 17 kolom pertama yang sama
dengan b.txt ?
3. Wadah data (sebuah sheet tempat menyimpan data dari kedua .txt file
tersebut) berisi banyak kolom mengikuti jumlah kolom terbanyak yang sudah
diketahui ? (misal 49 kolom, karena terkadang atau pernah ada z.txt yang
berisi 49 kolom)

Demikiankah ?

Regards,
Kid

2017-04-18 14:25 GMT+07:00 him mah himmah.mlg@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Seperti itu pak kid. Cuma sheet hasilnya cuma satu. Data akan ditambahkan
> dibaris selanjutnya.
>
> Yang jadi masalah adalah jumlah kolom yang ada di text file
>
> Pada tanggal 18 Apr 2017 12:54, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>>
>>
>> hmmm....
>> Setiap file txt yang dibaca akan di copy menambahkan di sheet tertentu
>> yang sesuai ya.
>> Jadi ada 3 txt file :
>> a.txt akan di-copy menambahkan data di sheet dtA,
>> b.txt akan di-copy menambahkan data di sheet dtB,
>> c.txt akan di-copy menambahkan data di sheet dtC.
>>
>> Tapi nama txt filenya tidak tetap, seperti bulan ini namanya a-Apr17.txt,
>> b-Apr17.txt, c-Apr17.txt
>> Jumlah kolom di a.txt berbeda dengan di b.txt dan berbeda dengan c.txt.
>>
>> Begitu ya ?
>>
>>
>> 2017-04-18 7:18 GMT+07:00 him mah himmah.mlg@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> sebenarnya tujuannya akan dibuat database excel dari beberapa file txt
>>> jadi untuk file D:\aku.txt
>>> akan dibuat dinamis sesuai dengan lsit file yang ada di sheet
>>>
>>> mungkin ada cara lain pak kid
>>>
>>> Pada 17 April 2017 19.35, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>>> belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Boleh tahu kenapa pakai VBA?
>>>> Bagaimana kalau pakai data connection saja yang tanpa VBA?
>>>>
>>>> Regards,
>>>> Kid
>>>> Sent from my smart enough phone
>>>>
>>>> On Apr 17, 2017, at 13:10, him mah himmah.mlg@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> dear all
>>>>
>>>> maaf mau tanya lagi terkait dengan
>>>> impor data dari text file ke excel
>>>>
>>>> kalau dari menu record macro
>>>> terbentuk kode seperti ini
>>>>
>>>>
>>>> With ActiveSheet.QueryTables.Add(Connection:= _
>>>> "TEXT;" & D:\aku.txt"; _
>>>> , Destination:=Worksheets("Sheet 1").Range("$A$1"))
>>>> .Name = "ImportingFileName"
>>>> .FieldNames = False
>>>> .RowNumbers = False
>>>> .FillAdjacentFormulas = False
>>>> .PreserveFormatting = True
>>>> .RefreshOnFileOpen = False
>>>> .RefreshStyle = xlInsertDeleteCells
>>>> .SavePassword = False
>>>> .SaveData = True
>>>> .AdjustColumnWidth = True
>>>> .RefreshPeriod = 0
>>>> .TextFilePromptOnRefresh = False
>>>> .TextFilePlatform = 437
>>>> .TextFileStartRow = 2
>>>> .TextFileParseType = xlDelimited
>>>> .TextFileTextQualifier = xlTextQualifierDoubleQuote
>>>> .TextFileConsecutiveDelimiter = False
>>>> .TextFileTabDelimiter = False
>>>> .TextFileSemicolonDelimiter = False
>>>> .TextFileCommaDelimiter = True
>>>> .TextFileSpaceDelimiter = False
>>>> .TextFileColumnDataTypes = Array(1,1,1,1,1,1,1,1)
>>>> .TextFileTrailingMinusNumbers = True
>>>> .Refresh BackgroundQuery:=False
>>>> End With
>>>>
>>>>
>>>> yang masih menjadi kendala adalah di baris
>>>>
>>>> .TextFileColumnDataTypes = Array(2,2,2,2,2,2,2,2)
>>>>
>>>> kalau seperti yang diatas kan jumlah kolomnya ada 8
>>>> misal kita tidak tahu jumlah kolomnya ada berapa
>>>> bisa 8 bisa lebih kecil atau bisa lebih besar
>>>>
>>>> kira-kira untuk
>>>>
>>>> baris tersebut modifikasi seperti apa ya
>>>>
>>>>
>>>> terima kasih
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>
>

Wed Apr 19, 2017 9:48 pm (PDT) . Posted by:

"him mah"

kalau wadah sheet nya sih ngga masalah pak, berapapun kolomnya

yang masalah adalah jumlah kolom yang ada di text filenya
terkait dengan TextFileColumnDataTypes

kalau 8 kolom seperti ini
Array(1,1,1,1,1,1,1,1)

kalau 10 kolom seperti ini
Array(1,1,1,1,1,1,1,1,1,1)

kalau 15 kolom seperti ini
Array(1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1)

jadi gimana mencuat array nya menjadi dinamis sesuai dengan jumlah kolom
yang ada di text filenya

terima kasih

Pada 20 April 2017 10.23, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> hmmm....
>
> 1. Berarti a.txt yang berisi 8 kolom (misalnya) dengan b.txt yang berisi
> 17 kolom (misalnya) memiliki 8 kolom pertama yang sama ?
> 2. Sedang c.txt yang berisi 23 kolom (misalnya) akan memiliki 8 kolom
> pertama yang sama dengan a.txt dan b.txt, dan 17 kolom pertama yang sama
> dengan b.txt ?
> 3. Wadah data (sebuah sheet tempat menyimpan data dari kedua .txt file
> tersebut) berisi banyak kolom mengikuti jumlah kolom terbanyak yang sudah
> diketahui ? (misal 49 kolom, karena terkadang atau pernah ada z.txt yang
> berisi 49 kolom)
>
> Demikiankah ?
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
>
>
>
> 2017-04-18 14:25 GMT+07:00 him mah himmah.mlg@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Seperti itu pak kid. Cuma sheet hasilnya cuma satu. Data akan ditambahkan
>> dibaris selanjutnya.
>>
>> Yang jadi masalah adalah jumlah kolom yang ada di text file
>>
>> Pada tanggal 18 Apr 2017 12:54, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>>
>>>
>>>
>>> hmmm....
>>> Setiap file txt yang dibaca akan di copy menambahkan di sheet tertentu
>>> yang sesuai ya.
>>> Jadi ada 3 txt file :
>>> a.txt akan di-copy menambahkan data di sheet dtA,
>>> b.txt akan di-copy menambahkan data di sheet dtB,
>>> c.txt akan di-copy menambahkan data di sheet dtC.
>>>
>>> Tapi nama txt filenya tidak tetap, seperti bulan ini namanya
>>> a-Apr17.txt, b-Apr17.txt, c-Apr17.txt
>>> Jumlah kolom di a.txt berbeda dengan di b.txt dan berbeda dengan c.txt.
>>>
>>> Begitu ya ?
>>>
>>>
>>> 2017-04-18 7:18 GMT+07:00 him mah himmah.mlg@gmail.com [belajar-excel] <
>>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> sebenarnya tujuannya akan dibuat database excel dari beberapa file txt
>>>> jadi untuk file D:\aku.txt
>>>> akan dibuat dinamis sesuai dengan lsit file yang ada di sheet
>>>>
>>>> mungkin ada cara lain pak kid
>>>>
>>>> Pada 17 April 2017 19.35, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
>>>> <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> Boleh tahu kenapa pakai VBA?
>>>>> Bagaimana kalau pakai data connection saja yang tanpa VBA?
>>>>>
>>>>> Regards,
>>>>> Kid
>>>>> Sent from my smart enough phone
>>>>>
>>>>> On Apr 17, 2017, at 13:10, him mah himmah.mlg@gmail.com
>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> dear all
>>>>>
>>>>> maaf mau tanya lagi terkait dengan
>>>>> impor data dari text file ke excel
>>>>>
>>>>> kalau dari menu record macro
>>>>> terbentuk kode seperti ini
>>>>>
>>>>>
>>>>> With ActiveSheet.QueryTables.Add(Connection:= _
>>>>> "TEXT;" & D:\aku.txt"; _
>>>>> , Destination:=Worksheets("Sheet 1").Range("$A$1"))
>>>>> .Name = "ImportingFileName"
>>>>> .FieldNames = False
>>>>> .RowNumbers = False
>>>>> .FillAdjacentFormulas = False
>>>>> .PreserveFormatting = True
>>>>> .RefreshOnFileOpen = False
>>>>> .RefreshStyle = xlInsertDeleteCells
>>>>> .SavePassword = False
>>>>> .SaveData = True
>>>>> .AdjustColumnWidth = True
>>>>> .RefreshPeriod = 0
>>>>> .TextFilePromptOnRefresh = False
>>>>> .TextFilePlatform = 437
>>>>> .TextFileStartRow = 2
>>>>> .TextFileParseType = xlDelimited
>>>>> .TextFileTextQualifier = xlTextQualifierDoubleQuote
>>>>> .TextFileConsecutiveDelimiter = False
>>>>> .TextFileTabDelimiter = False
>>>>> .TextFileSemicolonDelimiter = False
>>>>> .TextFileCommaDelimiter = True
>>>>> .TextFileSpaceDelimiter = False
>>>>> .TextFileColumnDataTypes = Array(1,1,1,1,1,1,1,1)
>>>>> .TextFileTrailingMinusNumbers = True
>>>>> .Refresh BackgroundQuery:=False
>>>>> End With
>>>>>
>>>>>
>>>>> yang masih menjadi kendala adalah di baris
>>>>>
>>>>> .TextFileColumnDataTypes = Array(2,2,2,2,2,2,2,2)
>>>>>
>>>>> kalau seperti yang diatas kan jumlah kolomnya ada 8
>>>>> misal kita tidak tahu jumlah kolomnya ada berapa
>>>>> bisa 8 bisa lebih kecil atau bisa lebih besar
>>>>>
>>>>> kira-kira untuk
>>>>>
>>>>> baris tersebut modifikasi seperti apa ya
>>>>>
>>>>>
>>>>> terima kasih
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>
>>>
>
>

Thu Apr 20, 2017 8:07 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

oh ok, jadi urutan kolomnya tetap.

Maaf ya, karena sudah terlalu banyak tanya...
Ada baiknya Anda membaca email ini sampai akhir dan berusaha memahaminya.

Untuk kasus Anda ini, sebenarnya bisa (ingat, sebenarnya bisa) diselesaikan
dengan mendefinisikan array tersebut berisi banyak sekali elemen.
Contoh : Array(2,2,2,2,2,dst sampai banyak banget sebanyak jumlah kolom
terbanyak yang mungkin dimiliki oleh suatu text file entah yang mana)
Meski solusinya sederhana demikian, implikasinya tidaklah sederhana walau
tampak seakan akan sudah dinamis.

Begini,
Untuk proses membaca text file (banyak text file) dan akan disalin ke
sebuah worsheet, umumnya dilakukan dengan salah satu cara berikut :
1. memanfaatkan data connection ke text file.
> Cara ini mengandalkan file schema.ini di sebuah folder yang berisi
text file yang akan dibaca
> Cara ini cocok untuk delimited text file.
> Dalam schema.ini hanya berisi 1 nama file, misalnya myText.txt
> Di Excel, pada sebuah sheet dibuat data connection ke text file yang
merujuk ke nama file myText.txt
> Proses di dalam VBA adalah :
1. meng-copy text file asal (misal bernama a.txt) ke folder berisi
schema.ini tadi, dengan nama text file diganti menjadi myText.txt
2. melakukan proses refresh
3. melakukan copy dari sheet hasil data connection (misal bernama
sheet 'Koneksi') dan paste values ke sheet 'KumpulanData'
*** Jadi, misal di folder bernama SumberTextFile berisi file a.txt,
b.txt, c.txt dsb
*** di folder bernama Proses berisi schema.ini (dibuat dengan
notepad) dan text file bernama myText.txt
*** Proses loop berisi :
1. copy a.txt dari folder bernama SumberTextFile ke folder
Proses dengan nama file menjadi myText.txt
Filecopy "D:\SumberTextFile\" & sFile ,
"D:\Proses\myText.txt" 'sfile akan berganti isinya tergantung proses
loop
2. Refresh
thisworkbook.refreshall
3. copas value antar sheet

sheets("Koneksi").range("a1").currentregion.offset(1).copy
with sheets("KumpulanData")

.cells(.rows.count,1).end(xlup).offset(1).pastespecial xlpastevalues
'sesuaikan opsi jenis pastenya sesuai kebutuhan
end with

## Cara ini memiliki keuntungan karena dimungkinkan adanya
pengolahan terhadap data (bisa dilakukan ETL terhadap isi text file)
menggunakan query, misalnya mengagregat atau memfilter dan sebagainya. Jadi
yang diambil dari textfile bisa pada record terpilih atau kolom-kolom
tertentu maupun kolom-kolom baru hasil komputasi tertentu.
## Prosesnya cepat, nama file yang diproses tetap, yaitu myText.txt
## lebih lengkap tentang membuat koneksi ke sebuah text file bisa
dilihat mulai dari sini
<http://excel-mr-kid.blogspot.co.id/2011/07/koneksi-data-ke-text-file-01.html>
.
## Pada dasarnya datatype akan disesuaikan dengan isi kolom
tersebut.

2. memanfaatkan methods OpenText milik object Workbooks.
> Silakan lihat di Excel VBA Help -> Excel Object Model References ->
Workbooks -> OpenText
> Cocok untuk text file yang mencerminkan datatype setiap kolom
(berapapun kolomnya, statis maupun dinamis) yang konsisten.
> Permasalahan yang merepotkan adalah penentuan datatype setiap field
jika memang dibutuhkan karena tidak konsistennya datatype setiap nilai
dalam sebuah kolom tertentu. Karena diperlukan tabel referensi yang
mendefinisikan setiap karakteristik text file pada suatu sheet
> Jika datatype nya sama untuk setiap kolom akan dipaksa bertipe text,
maka perlu pendifinisian array pada inputan fieldinfo
> Jika datatype nya sama untuk setiap kolom, tetapi jumlah kolomnya
dinamis, maka pendefinisian array pada inputan fieldinfo cukup
didefinisikan sebanyak jumlah kolom terbanyak yang diperkirakan. Misal,
semua file yang dibaca tidak mungkin punya kolom melebihi 50 bijik, maka
langsung buat array fieldinfo berisi 49 elemen.
> Proses loop berisi :
1. membuka text file yang di loop dengan workbooks.opentext
2. melakukan copas value dari hasil workbooks.opentext ke workbook
lokasi sheet tujuannya. Misal ke sheet 'kumpulan data'
3. menutup workbooks hasil workbooks.opentext tanpa di-save agar isi
text file tidak berubah.

3. Membaca setiap baris text file dan melakukan parse (split text)
> Proses loop berisi :
1. membuka text file dengan Open filenya for input as blabla dan
seterusnya
2. loop setiap baris isi text file dengan do while not eof blabla
3. menyimpan isi baris ke sebuah variabel string
4. melakukan split text dan menyimpannya ke sebuah variabel array
bertipe string dengan split( variabel_isi_baris , delimiternya )
5. menulis array hasil split text ke worksheet tujuan
6. menutup text file dengan close blabla

--- Kembali ke kasus ---
Pada kasus Anda ini, yang digunakan adalah fitur Get External Data (untuk
membentuk query table) tapi memanfaatkan opentext (Anda record macro nya
dengan ribbon Get External Data -> pilih From Text File).
Proses membuat query table disetiap kali membaca text file baru yang
di-loop adalah kegiatan yang mubazir.
Proses split text oleh opentext yang dilakukan berulang dengan ditentukan
array fieldinfo datatype nya yang terlalu banyak karena jumlah kom yang
berbeda-beda antar text file juga menambah beban.
Ada baiknya, Anda beralih untuk menggunakan cara 1.
--------------------------------

Regards,
Kid

2017-04-20 11:43 GMT+07:00 him mah himmah.mlg@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> kalau wadah sheet nya sih ngga masalah pak, berapapun kolomnya
>
> yang masalah adalah jumlah kolom yang ada di text filenya
> terkait dengan TextFileColumnDataTypes
>
> kalau 8 kolom seperti ini
> Array(1,1,1,1,1,1,1,1)
>
> kalau 10 kolom seperti ini
> Array(1,1,1,1,1,1,1,1,1,1)
>
> kalau 15 kolom seperti ini
> Array(1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1)
>
>
> jadi gimana mencuat array nya menjadi dinamis sesuai dengan jumlah kolom
> yang ada di text filenya
>
> terima kasih
>
>
>
> Pada 20 April 2017 10.23, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>>
>>
>> hmmm....
>>
>> 1. Berarti a.txt yang berisi 8 kolom (misalnya) dengan b.txt yang berisi
>> 17 kolom (misalnya) memiliki 8 kolom pertama yang sama ?
>> 2. Sedang c.txt yang berisi 23 kolom (misalnya) akan memiliki 8 kolom
>> pertama yang sama dengan a.txt dan b.txt, dan 17 kolom pertama yang sama
>> dengan b.txt ?
>> 3. Wadah data (sebuah sheet tempat menyimpan data dari kedua .txt file
>> tersebut) berisi banyak kolom mengikuti jumlah kolom terbanyak yang sudah
>> diketahui ? (misal 49 kolom, karena terkadang atau pernah ada z.txt yang
>> berisi 49 kolom)
>>
>> Demikiankah ?
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2017-04-18 14:25 GMT+07:00 him mah himmah.mlg@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Seperti itu pak kid. Cuma sheet hasilnya cuma satu. Data akan
>>> ditambahkan dibaris selanjutnya.
>>>
>>> Yang jadi masalah adalah jumlah kolom yang ada di text file
>>>
>>> Pada tanggal 18 Apr 2017 12:54, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> hmmm....
>>>> Setiap file txt yang dibaca akan di copy menambahkan di sheet tertentu
>>>> yang sesuai ya.
>>>> Jadi ada 3 txt file :
>>>> a.txt akan di-copy menambahkan data di sheet dtA,
>>>> b.txt akan di-copy menambahkan data di sheet dtB,
>>>> c.txt akan di-copy menambahkan data di sheet dtC.
>>>>
>>>> Tapi nama txt filenya tidak tetap, seperti bulan ini namanya
>>>> a-Apr17.txt, b-Apr17.txt, c-Apr17.txt
>>>> Jumlah kolom di a.txt berbeda dengan di b.txt dan berbeda dengan c.txt.
>>>>
>>>> Begitu ya ?
>>>>
>>>>
>>>> 2017-04-18 7:18 GMT+07:00 him mah himmah.mlg@gmail.com [belajar-excel]
>>>> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> sebenarnya tujuannya akan dibuat database excel dari beberapa file txt
>>>>> jadi untuk file D:\aku.txt
>>>>> akan dibuat dinamis sesuai dengan lsit file yang ada di sheet
>>>>>
>>>>> mungkin ada cara lain pak kid
>>>>>
>>>>> Pada 17 April 2017 19.35, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Boleh tahu kenapa pakai VBA?
>>>>>> Bagaimana kalau pakai data connection saja yang tanpa VBA?
>>>>>>
>>>>>> Regards,
>>>>>> Kid
>>>>>> Sent from my smart enough phone
>>>>>>
>>>>>> On Apr 17, 2017, at 13:10, him mah himmah.mlg@gmail.com
>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> dear all
>>>>>>
>>>>>> maaf mau tanya lagi terkait dengan
>>>>>> impor data dari text file ke excel
>>>>>>
>>>>>> kalau dari menu record macro
>>>>>> terbentuk kode seperti ini
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> With ActiveSheet.QueryTables.Add(Connection:= _
>>>>>> "TEXT;" & D:\aku.txt"; _
>>>>>> , Destination:=Worksheets("Sheet 1").Range("$A$1"))
>>>>>> .Name = "ImportingFileName"
>>>>>> .FieldNames = False
>>>>>> .RowNumbers = False
>>>>>> .FillAdjacentFormulas = False
>>>>>> .PreserveFormatting = True
>>>>>> .RefreshOnFileOpen = False
>>>>>> .RefreshStyle = xlInsertDeleteCells
>>>>>> .SavePassword = False
>>>>>> .SaveData = True
>>>>>> .AdjustColumnWidth = True
>>>>>> .RefreshPeriod = 0
>>>>>> .TextFilePromptOnRefresh = False
>>>>>> .TextFilePlatform = 437
>>>>>> .TextFileStartRow = 2
>>>>>> .TextFileParseType = xlDelimited
>>>>>> .TextFileTextQualifier = xlTextQualifierDoubleQuote
>>>>>> .TextFileConsecutiveDelimiter = False
>>>>>> .TextFileTabDelimiter = False
>>>>>> .TextFileSemicolonDelimiter = False
>>>>>> .TextFileCommaDelimiter = True
>>>>>> .TextFileSpaceDelimiter = False
>>>>>> .TextFileColumnDataTypes = Array(1,1,1,1,1,1,1,1)
>>>>>> .TextFileTrailingMinusNumbers = True
>>>>>> .Refresh BackgroundQuery:=False
>>>>>> End With
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> yang masih menjadi kendala adalah di baris
>>>>>>
>>>>>> .TextFileColumnDataTypes = Array(2,2,2,2,2,2,2,2)
>>>>>>
>>>>>> kalau seperti yang diatas kan jumlah kolomnya ada 8
>>>>>> misal kita tidak tahu jumlah kolomnya ada berapa
>>>>>> bisa 8 bisa lebih kecil atau bisa lebih besar
>>>>>>
>>>>>> kira-kira untuk
>>>>>>
>>>>>> baris tersebut modifikasi seperti apa ya
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> terima kasih
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>
>>>>
>>
>
>

Thu Apr 20, 2017 6:26 pm (PDT) . Posted by:

"him mah"

makasih pak kid, nanti saya pelajari dulu

untuk link
http://excel-mr-kid.blogspot.co.id/2011/07/koneksi-data-ke-text-file-01.html

ini kayanya jawaban dari kasus saya yang sebelumnya

Pada 20 April 2017 22.07, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> oh ok, jadi urutan kolomnya tetap.
>
> Maaf ya, karena sudah terlalu banyak tanya...
> Ada baiknya Anda membaca email ini sampai akhir dan berusaha memahaminya.
>
> Untuk kasus Anda ini, sebenarnya bisa (ingat, sebenarnya bisa)
> diselesaikan dengan mendefinisikan array tersebut berisi banyak sekali
> elemen.
> Contoh : Array(2,2,2,2,2,dst sampai banyak banget sebanyak jumlah kolom
> terbanyak yang mungkin dimiliki oleh suatu text file entah yang mana)
> Meski solusinya sederhana demikian, implikasinya tidaklah sederhana walau
> tampak seakan akan sudah dinamis.
>
> Begini,
> Untuk proses membaca text file (banyak text file) dan akan disalin ke
> sebuah worsheet, umumnya dilakukan dengan salah satu cara berikut :
> 1. memanfaatkan data connection ke text file.
> > Cara ini mengandalkan file schema.ini di sebuah folder yang berisi
> text file yang akan dibaca
> > Cara ini cocok untuk delimited text file.
> > Dalam schema.ini hanya berisi 1 nama file, misalnya myText.txt
> > Di Excel, pada sebuah sheet dibuat data connection ke text file yang
> merujuk ke nama file myText.txt
> > Proses di dalam VBA adalah :
> 1. meng-copy text file asal (misal bernama a.txt) ke folder berisi
> schema.ini tadi, dengan nama text file diganti menjadi myText.txt
> 2. melakukan proses refresh
> 3. melakukan copy dari sheet hasil data connection (misal bernama
> sheet 'Koneksi') dan paste values ke sheet 'KumpulanData'
> *** Jadi, misal di folder bernama SumberTextFile berisi file a.txt,
> b.txt, c.txt dsb
> *** di folder bernama Proses berisi schema.ini (dibuat dengan
> notepad) dan text file bernama myText.txt
> *** Proses loop berisi :
> 1. copy a.txt dari folder bernama SumberTextFile ke folder
> Proses dengan nama file menjadi myText.txt
> Filecopy "D:\SumberTextFile\" & sFile ,
> "D:\Proses\myText.txt" 'sfile akan berganti isinya tergantung proses
> loop
> 2. Refresh
> thisworkbook.refreshall
> 3. copas value antar sheet
> sheets("Koneksi").range("a1").
> currentregion.offset(1).copy
> with sheets("KumpulanData")
> .cells(.rows.count,1).end(xlup).offset(1).pastespecial
> xlpastevalues 'sesuaikan opsi jenis pastenya sesuai kebutuhan
> end with
>
> ## Cara ini memiliki keuntungan karena dimungkinkan adanya
> pengolahan terhadap data (bisa dilakukan ETL terhadap isi text file)
> menggunakan query, misalnya mengagregat atau memfilter dan sebagainya. Jadi
> yang diambil dari textfile bisa pada record terpilih atau kolom-kolom
> tertentu maupun kolom-kolom baru hasil komputasi tertentu.
> ## Prosesnya cepat, nama file yang diproses tetap, yaitu myText.txt
> ## lebih lengkap tentang membuat koneksi ke sebuah text file bisa
> dilihat mulai dari sini
> <http://excel-mr-kid.blogspot.co.id/2011/07/koneksi-data-ke-text-file-01.html>
> .
> ## Pada dasarnya datatype akan disesuaikan dengan isi kolom
> tersebut.
>
> 2. memanfaatkan methods OpenText milik object Workbooks.
> > Silakan lihat di Excel VBA Help -> Excel Object Model References ->
> Workbooks -> OpenText
> > Cocok untuk text file yang mencerminkan datatype setiap kolom
> (berapapun kolomnya, statis maupun dinamis) yang konsisten.
> > Permasalahan yang merepotkan adalah penentuan datatype setiap field
> jika memang dibutuhkan karena tidak konsistennya datatype setiap nilai
> dalam sebuah kolom tertentu. Karena diperlukan tabel referensi yang
> mendefinisikan setiap karakteristik text file pada suatu sheet
> > Jika datatype nya sama untuk setiap kolom akan dipaksa bertipe text,
> maka perlu pendifinisian array pada inputan fieldinfo
> > Jika datatype nya sama untuk setiap kolom, tetapi jumlah kolomnya
> dinamis, maka pendefinisian array pada inputan fieldinfo cukup
> didefinisikan sebanyak jumlah kolom terbanyak yang diperkirakan. Misal,
> semua file yang dibaca tidak mungkin punya kolom melebihi 50 bijik, maka
> langsung buat array fieldinfo berisi 49 elemen.
> > Proses loop berisi :
> 1. membuka text file yang di loop dengan workbooks.opentext
> 2. melakukan copas value dari hasil workbooks.opentext ke workbook
> lokasi sheet tujuannya. Misal ke sheet 'kumpulan data'
> 3. menutup workbooks hasil workbooks.opentext tanpa di-save agar
> isi text file tidak berubah.
>
> 3. Membaca setiap baris text file dan melakukan parse (split text)
> > Proses loop berisi :
> 1. membuka text file dengan Open filenya for input as blabla dan
> seterusnya
> 2. loop setiap baris isi text file dengan do while not eof blabla
> 3. menyimpan isi baris ke sebuah variabel string
> 4. melakukan split text dan menyimpannya ke sebuah variabel array
> bertipe string dengan split( variabel_isi_baris , delimiternya )
> 5. menulis array hasil split text ke worksheet tujuan
> 6. menutup text file dengan close blabla
>
> --- Kembali ke kasus ---
> Pada kasus Anda ini, yang digunakan adalah fitur Get External Data (untuk
> membentuk query table) tapi memanfaatkan opentext (Anda record macro nya
> dengan ribbon Get External Data -> pilih From Text File).
> Proses membuat query table disetiap kali membaca text file baru yang
> di-loop adalah kegiatan yang mubazir.
> Proses split text oleh opentext yang dilakukan berulang dengan ditentukan
> array fieldinfo datatype nya yang terlalu banyak karena jumlah kom yang
> berbeda-beda antar text file juga menambah beban.
> Ada baiknya, Anda beralih untuk menggunakan cara 1.
> --------------------------------
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
> 2017-04-20 11:43 GMT+07:00 him mah himmah.mlg@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> kalau wadah sheet nya sih ngga masalah pak, berapapun kolomnya
>>
>> yang masalah adalah jumlah kolom yang ada di text filenya
>> terkait dengan TextFileColumnDataTypes
>>
>> kalau 8 kolom seperti ini
>> Array(1,1,1,1,1,1,1,1)
>>
>> kalau 10 kolom seperti ini
>> Array(1,1,1,1,1,1,1,1,1,1)
>>
>> kalau 15 kolom seperti ini
>> Array(1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1,1)
>>
>>
>> jadi gimana mencuat array nya menjadi dinamis sesuai dengan jumlah kolom
>> yang ada di text filenya
>>
>> terima kasih
>>
>>
>>
>> Pada 20 April 2017 10.23, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>>
>>>
>>>
>>> hmmm....
>>>
>>> 1. Berarti a.txt yang berisi 8 kolom (misalnya) dengan b.txt yang berisi
>>> 17 kolom (misalnya) memiliki 8 kolom pertama yang sama ?
>>> 2. Sedang c.txt yang berisi 23 kolom (misalnya) akan memiliki 8 kolom
>>> pertama yang sama dengan a.txt dan b.txt, dan 17 kolom pertama yang sama
>>> dengan b.txt ?
>>> 3. Wadah data (sebuah sheet tempat menyimpan data dari kedua .txt file
>>> tersebut) berisi banyak kolom mengikuti jumlah kolom terbanyak yang sudah
>>> diketahui ? (misal 49 kolom, karena terkadang atau pernah ada z.txt yang
>>> berisi 49 kolom)
>>>
>>> Demikiankah ?
>>>
>>> Regards,
>>> Kid
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2017-04-18 14:25 GMT+07:00 him mah himmah.mlg@gmail.com [belajar-excel]
>>> <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Seperti itu pak kid. Cuma sheet hasilnya cuma satu. Data akan
>>>> ditambahkan dibaris selanjutnya.
>>>>
>>>> Yang jadi masalah adalah jumlah kolom yang ada di text file
>>>>
>>>> Pada tanggal 18 Apr 2017 12:54, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> hmmm....
>>>>> Setiap file txt yang dibaca akan di copy menambahkan di sheet tertentu
>>>>> yang sesuai ya.
>>>>> Jadi ada 3 txt file :
>>>>> a.txt akan di-copy menambahkan data di sheet dtA,
>>>>> b.txt akan di-copy menambahkan data di sheet dtB,
>>>>> c.txt akan di-copy menambahkan data di sheet dtC.
>>>>>
>>>>> Tapi nama txt filenya tidak tetap, seperti bulan ini namanya
>>>>> a-Apr17.txt, b-Apr17.txt, c-Apr17.txt
>>>>> Jumlah kolom di a.txt berbeda dengan di b.txt dan berbeda dengan c.txt.
>>>>>
>>>>> Begitu ya ?
>>>>>
>>>>>
>>>>> 2017-04-18 7:18 GMT+07:00 him mah himmah.mlg@gmail.com
>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> sebenarnya tujuannya akan dibuat database excel dari beberapa file txt
>>>>>> jadi untuk file D:\aku.txt
>>>>>> akan dibuat dinamis sesuai dengan lsit file yang ada di sheet
>>>>>>
>>>>>> mungkin ada cara lain pak kid
>>>>>>
>>>>>> Pada 17 April 2017 19.35, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Boleh tahu kenapa pakai VBA?
>>>>>>> Bagaimana kalau pakai data connection saja yang tanpa VBA?
>>>>>>>
>>>>>>> Regards,
>>>>>>> Kid
>>>>>>> Sent from my smart enough phone
>>>>>>>
>>>>>>> On Apr 17, 2017, at 13:10, him mah himmah.mlg@gmail.com
>>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> dear all
>>>>>>>
>>>>>>> maaf mau tanya lagi terkait dengan
>>>>>>> impor data dari text file ke excel
>>>>>>>
>>>>>>> kalau dari menu record macro
>>>>>>> terbentuk kode seperti ini
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> With ActiveSheet.QueryTables.Add(Connection:= _
>>>>>>> "TEXT;" & D:\aku.txt"; _
>>>>>>> , Destination:=Worksheets("Sheet 1").Range("$A$1"))
>>>>>>> .Name = "ImportingFileName"
>>>>>>> .FieldNames = False
>>>>>>> .RowNumbers = False
>>>>>>> .FillAdjacentFormulas = False
>>>>>>> .PreserveFormatting = True
>>>>>>> .RefreshOnFileOpen = False
>>>>>>> .RefreshStyle = xlInsertDeleteCells
>>>>>>> .SavePassword = False
>>>>>>> .SaveData = True
>>>>>>> .AdjustColumnWidth = True
>>>>>>> .RefreshPeriod = 0
>>>>>>> .TextFilePromptOnRefresh = False
>>>>>>> .TextFilePlatform = 437
>>>>>>> .TextFileStartRow = 2
>>>>>>> .TextFileParseType = xlDelimited
>>>>>>> .TextFileTextQualifier = xlTextQualifierDoubleQuote
>>>>>>> .TextFileConsecutiveDelimiter = False
>>>>>>> .TextFileTabDelimiter = False
>>>>>>> .TextFileSemicolonDelimiter = False
>>>>>>> .TextFileCommaDelimiter = True
>>>>>>> .TextFileSpaceDelimiter = False
>>>>>>> .TextFileColumnDataTypes = Array(1,1,1,1,1,1,1,1)
>>>>>>> .TextFileTrailingMinusNumbers = True
>>>>>>> .Refresh BackgroundQuery:=False
>>>>>>> End With
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> yang masih menjadi kendala adalah di baris
>>>>>>>
>>>>>>> .TextFileColumnDataTypes = Array(2,2,2,2,2,2,2,2)
>>>>>>>
>>>>>>> kalau seperti yang diatas kan jumlah kolomnya ada 8
>>>>>>> misal kita tidak tahu jumlah kolomnya ada berapa
>>>>>>> bisa 8 bisa lebih kecil atau bisa lebih besar
>>>>>>>
>>>>>>> kira-kira untuk
>>>>>>>
>>>>>>> baris tersebut modifikasi seperti apa ya
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> terima kasih
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>
>>>>>
>>>
>>
>
>

Wed Apr 19, 2017 10:02 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Heru,

1. Proses data connection akan menghasilkan sebuah object connetion (lihat
di ribbon Data -> group Connections -> klik Connections -> muncul dialog
box -> lihat daftar connection).

2. Hasil data connection dapat ditampilkan dalam bentuk Excel Tables
(disebut QueryTable) ataupun PivotTable

3. Number format di Excel Table maupun PivotTable bisa diatur sesuai
kebutuhan melalui fitur Format Cells.

4. byDefault, hasil pertama dari data connection (saat pembuatan pertama
kali), data datetime (ada nilai tanggal dan waktunya) akan diformat short
date.
byDefault juga, format yang digunakan selanjutnya adalah format
terakhir yang diatur oleh user.
*** Artinya :: Jika kemudian, hasil pembuatan data connection tersebut
(Excel table atau pivot table) diubah formatnya sesuai kebutuhan dengan
mengatur number format pada fitur Format Cells, maka proses refresh
berikutnya akan menggunakan format yang sudah diubah oleh user tersebut
(sesuai format terakhir yang dimiliki si hasil).
*** Walau tampilannya dalam format short date, nilai data tetaplah berisi
data datetime (ada tanggal dan jam) jika memang sumber datanya memiliki
data lengkap datetime.

5. Hasil refresh berikutnya, format number akan mengikuti hasil number
format yang telah diatur (diubah menjadi sesuai kebutuhan tersebut).

6. [bila perlu] untuk memastikan bahwa defaultnya adalah menggunakan format
terakhir yang diterapkan pada si hasil (menggunakan format terakhir kali
yang dibuat oleh user) dapat dilakukan dengan cara :
>> Hasil data connection berupa Excel Table :
klik kanan sebuah cells dalam Excel Table -> pilih Table -> pilih
External Data Properties -> muncul dialog window
-> centang item Preserve cells formatting blabla -> OK
>> Hasil data connection berupa Pivot Table :
klik kanan sebuah cells dalam Pivot Table -> pilih Pivot Table
Options -> ke tab Layout & Format -> centang item Preserve cells formatting
blabla -> OK

Regards,
Kid

2017-04-18 8:26 GMT+07:00 'Heru Safrudin' fcprocessing.bisikediri@bisi.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Yth. B-Exceller,
>
>
>
> Kenapa format data jam (seharusnya hh:mm:ss) yang diambil lewat Data
> Connection kok selalu berformat date (dd-mm-yyyy) ??
>
>
>
> Mohon penjelasannya, dan apakah harus selalu memformat ulang ketika data
> direfresh
>
>
>
> Terima kasih
>
> Heru Safarudin
>
>
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar