Jumat, 27 November 2015

[belajar-excel] Digest Number 3661

15 Messages

Digest #3661
1b
1d
2a
Mengambil data dari WB lain dengan Vba by "Warsito Ito" warsitoito14
2b
Re: Mengambil data dari WB lain dengan Vba by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
2c
Re: Mengambil data dari WB lain dengan Vba by "Warsito Ito" warsitoito14
2d
Re: Mengambil data dari WB lain dengan Vba by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3a
Re: Penjumlahan request by "Sri Wahyudi"
3b
Re: Penjumlahan request by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
4b
Re: Hide Row jika Cell Blank by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4c
4d
Re: Hide Row jika Cell Blank by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5

Messages

Thu Nov 26, 2015 6:40 pm (PST) . Posted by:

"Riki" ricky45chiesa

Maaf Mods, Lampiran kegedean :D

Ta' Lampirkan lagi

Trims

Riki

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Friday, November 27, 2015 9:20 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Gabungkan Chart Line type dengan Chart Stock type

Dear Masters,

Mohon solusi, gabungkan grafik tipe stock dengan tipe line, karena keterangan dari excel sendiri tidak bisa digabung.

Coba pakai line manual tapi sering geser sendiri, terlebih datanya bila di buka di PC berbeda.

Kira-kira ada solusi lain?

Contoh terlampir, monggo

Trims

Riki

--- Mods ---

File lampiran yang melebihi 250KB dilepas dari email. Silakan penanya melampirkan ulang file lampiran yang diusahakan berisi data contoh maksimal 250KB dengan cara me-reply email ini.

----------------

Thu Nov 26, 2015 10:25 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hmmm....

chart tipe stock bisa dibuat kesetaraannya dengan 2 series tipe (max dan
min) lalu di beri high-low line.
Kalau dilihat dari previewnya, data ada max, min, dan average. Jadi dari
data ini akan terbentuk 3 series bertipe Line.
Kalau dilihat dari hasil yang diinginkan, ada 4 garis yang diskontinyu.
Bagian ini berkaitan dengan kolom Up Limit dan Low Limit di data kan ya.
Karena ada 4 garis yang dikontinyu, berarti butuh 4 series. Karena butuh 4
series, berarti butuh 4 area data.

Kira-kira begini urutan pembuatannya :
1. menata sumber data chart
> data max, min, average, dan tanggal sudah ok, jadi dibiarkan saja.
> data Up limit butuh 2 garis diskontinyu, jadi buat kolom baru dengan
header Up85 dan Up80
di preview hanya tampak 85 dan 80 loh ya, kalau ada lagi nilai lainnya yang
membuat diskontinyu, maka setiap potongan yang dikontinyu harus jadi kolom
tersendiri. Contoh, data berurutan 85,85,90,90,85,85,90,90
akan membentuk 4 garis diskontinyu, maka butuh 4 kolom, misal up85a, up90a,
up85b, up90b

> data Low limit juga dibuat seperti up limit, butuh 2 kolom baru,
yaitu Low75 dan Low70
> mulai dari record pertama Up Limit, blok angka yang sama (85
misalnya), sampai 85 terakhir yang berurutan sebelum ganti jadi angka
lainnya. Nilai ini di Cut dan paste di Up85 record pertama. (misal yang 85
pertama ini dari record 1 sampai 100), jadi up85 berisi 100 record pertama
saja, dan sisanya kosong
> di Up Limit, mulai yang ada angkanya (karena tadi sudah di-cut), blok
lagi sampai ketemu angka yang beda, lalu cut dan paste ke Up80 di baris
yang sama dengan blok yang di-cut.
> lakukan juga untuk kolom Low Limit.

2. membuat chart mirip tipe stck dengan menggunakan tipe Line.
> klik sebuah cell diluar data -> ribbon Insert -> groups Charts ->
pilih Line (jangan yang stacked line)
> klik kanan area chart -> select data
a. series max :
klik add -> di data series : blok data di kolom Max (dari
record pertama sampai terakhir, misal 500 baris) -> OK
b. series min :
klik add -> di data series : blok data di kolom Min (dari
record pertama sampai terakhir, misal 500 baris) -> OK
c. series average
klik add -> di data series : blok data di kolom Average (dari
record pertama sampai terakhir, misal 500 baris) -> OK
> klik OK untuk kembali ke worksheet
> klik chart -> menu chart tools -> ribbon layout -> group analysis
kalo ndak salah -> klik segitiha Lines -> pilih high-end lines
> atur series max dan min supaya line color nya none dan markernya juga
none.
> atur series average supaya line colornya none, tetapi markernya
dibiarkan atau ubah dengan simbol lainnya.

3. membuat line up limit dan low limit via up85, up80, low75, low70
a. up85
klik kanan area chart -> select data -> klik add
-> di data series : blok data di kolom up85 dari record pertama
sampai terakhir, misal 500 baris (sama tingginya dengan series Max, Min,
Average)
-> OK -> OK sampai kembali ke worksheet
-> klik chart -> menu chart tools -> ribbon layout -> group
selection atau apa gitu -> pilih di combobox -> nama seriesnya si up85 tadi
-> klik format atau apa gitu dibawahnya combo tersebut -> muncul dialognya
data series
-> series : pilih secondary axis -> line color : pilih yang
bukan none -> markernya : pilih none -> OK atau close gitu
b. up80, low75, low70
klik kanan area chart -> select data
*-> klik nama series up85* -> klik add (buat yang up80)
-> di data series : blok data di kolom up80 (setinggi series
yang lainnya) -> OK
*-> klik nama series up80* -> klik add (buat yang low75)
-> di data series : blok data di kolom up75 (setinggi series
yang lainnya) -> OK
*-> klik nama series up80* -> klik add (buat yang low70)
-> di data series : blok data di kolom up75 (setinggi series
yang lainnya) -> OK -> OK sampai kembali ke worksheet
> klik chart -> menu chart tools -> ribbon layout -> group
selection atau apa gitu -> pilih di combobox
-> nama series up80 -> klik format -> atur line color dan
marker -> cek series nya sudah di secondary axis -> close
> lakukan untuk series low75 dan low70

4. atur axis
klik axis yang kiri -> atur minimum dan maksimumnya dengan nilai
tertentu -> terapkan nilai ini di axis yang kanan
*** kalau axis kanan sudah disamakan intervalnya dengan axis yang
kiri, axis yang kanan bisa di hapus (ndak perlu tampak)

5. save terus minum obat puyeng

Regards,
Kid

2015-11-27 9:28 GMT+07:00 'Riki' ricky45chiesa@yahoo.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Maaf Mods, Lampiran kegedean :D
>
> Ta' Lampirkan lagi
>
>
>
> Trims
>
> Riki
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* Friday, November 27, 2015 9:20 AM
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* [belajar-excel] Gabungkan Chart Line type dengan Chart Stock
> type
>
>
>
>
>
> Dear Masters,
>
>
>
> Mohon solusi, gabungkan grafik tipe stock dengan tipe line, karena
> keterangan dari excel sendiri tidak bisa digabung.
>
> Coba pakai line manual tapi sering geser sendiri, terlebih datanya bila di
> buka di PC berbeda.
>
> Kira-kira ada solusi lain?
>
>
>
> Contoh terlampir, monggo
>
>
>
> Trims
>
> Riki
>
>
>
> --- Mods ---
>
> File lampiran yang melebihi 250KB dilepas dari email. Silakan penanya
> melampirkan ulang file lampiran yang diusahakan berisi data contoh maksimal
> 250KB dengan cara me-reply email ini.
>
> ----------------
>
>
>

Fri Nov 27, 2015 12:57 am (PST) . Posted by:

"Riki" ricky45chiesa

Master Kid,

Udah coba tapi kurang sempurna, tinggal garis max-min-ave, jadi Cuma ada marker ave aja, kalo max & min jg kasih marker, Cuma titik-titik doang,

Nah garisnya pie Mas Kid.

Dari

Riki

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Friday, November 27, 2015 1:25 PM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Gabungkan Chart Line type dengan Chart Stock type

hmmm....

chart tipe stock bisa dibuat kesetaraannya dengan 2 series tipe (max dan min) lalu di beri high-low line.

Kalau dilihat dari previewnya, data ada max, min, dan average. Jadi dari data ini akan terbentuk 3 series bertipe Line.

Kalau dilihat dari hasil yang diinginkan, ada 4 garis yang diskontinyu. Bagian ini berkaitan dengan kolom Up Limit dan Low Limit di data kan ya. Karena ada 4 garis yang dikontinyu, berarti butuh 4 series. Karena butuh 4 series, berarti butuh 4 area data.

Kira-kira begini urutan pembuatannya :

1. menata sumber data chart

> data max, min, average, dan tanggal sudah ok, jadi dibiarkan saja.

> data Up limit butuh 2 garis diskontinyu, jadi buat kolom baru dengan header Up85 dan Up80

di preview hanya tampak 85 dan 80 loh ya, kalau ada lagi nilai lainnya yang membuat diskontinyu, maka setiap potongan yang dikontinyu harus jadi kolom tersendiri. Contoh, data berurutan 85,85,90,90,85,85,90,90

akan membentuk 4 garis diskontinyu, maka butuh 4 kolom, misal up85a, up90a, up85b, up90b

> data Low limit juga dibuat seperti up limit, butuh 2 kolom baru, yaitu Low75 dan Low70

> mulai dari record pertama Up Limit, blok angka yang sama (85 misalnya), sampai 85 terakhir yang berurutan sebelum ganti jadi angka lainnya. Nilai ini di Cut dan paste di Up85 record pertama. (misal yang 85 pertama ini dari record 1 sampai 100), jadi up85 berisi 100 record pertama saja, dan sisanya kosong

> di Up Limit, mulai yang ada angkanya (karena tadi sudah di-cut), blok lagi sampai ketemu angka yang beda, lalu cut dan paste ke Up80 di baris yang sama dengan blok yang di-cut.

> lakukan juga untuk kolom Low Limit.

2. membuat chart mirip tipe stck dengan menggunakan tipe Line.

> klik sebuah cell diluar data -> ribbon Insert -> groups Charts -> pilih Line (jangan yang stacked line)

> klik kanan area chart -> select data

a. series max :

klik add -> di data series : blok data di kolom Max (dari record pertama sampai terakhir, misal 500 baris) -> OK

b. series min :

klik add -> di data series : blok data di kolom Min (dari record pertama sampai terakhir, misal 500 baris) -> OK

c. series average

klik add -> di data series : blok data di kolom Average (dari record pertama sampai terakhir, misal 500 baris) -> OK

> klik OK untuk kembali ke worksheet

> klik chart -> menu chart tools -> ribbon layout -> group analysis kalo ndak salah -> klik segitiha Lines -> pilih high-end lines

> atur series max dan min supaya line color nya none dan markernya juga none.

> atur series average supaya line colornya none, tetapi markernya dibiarkan atau ubah dengan simbol lainnya.

3. membuat line up limit dan low limit via up85, up80, low75, low70

a. up85
klik kanan area chart -> select data -> klik add
-> di data series : blok data di kolom up85 dari record pertama sampai terakhir, misal 500 baris (sama tingginya dengan series Max, Min, Average)
-> OK -> OK sampai kembali ke worksheet

-> klik chart -> menu chart tools -> ribbon layout -> group selection atau apa gitu -> pilih di combobox -> nama seriesnya si up85 tadi -> klik format atau apa gitu dibawahnya combo tersebut -> muncul dialognya data series

-> series : pilih secondary axis -> line color : pilih yang bukan none -> markernya : pilih none -> OK atau close gitu

b. up80, low75, low70

klik kanan area chart -> select data
-> klik nama series up85 -> klik add (buat yang up80)

-> di data series : blok data di kolom up80 (setinggi series yang lainnya) -> OK
-> klik nama series up80 -> klik add (buat yang low75)
-> di data series : blok data di kolom up75 (setinggi series yang lainnya) -> OK
-> klik nama series up80 -> klik add (buat yang low70)
-> di data series : blok data di kolom up75 (setinggi series yang lainnya) -> OK -> OK sampai kembali ke worksheet
> klik chart -> menu chart tools -> ribbon layout -> group selection atau apa gitu -> pilih di combobox
-> nama series up80 -> klik format -> atur line color dan marker -> cek series nya sudah di secondary axis -> close
> lakukan untuk series low75 dan low70

4. atur axis

klik axis yang kiri -> atur minimum dan maksimumnya dengan nilai tertentu -> terapkan nilai ini di axis yang kanan

*** kalau axis kanan sudah disamakan intervalnya dengan axis yang kiri, axis yang kanan bisa di hapus (ndak perlu tampak)

5. save terus minum obat puyeng

Regards,

Kid

2015-11-27 9:28 GMT+07:00 'Riki' ricky45chiesa@yahoo.co.id <mailto:ricky45chiesa@yahoo.co.id> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> >:

Maaf Mods, Lampiran kegedean :D

Ta' Lampirkan lagi

Trims

Riki

From: belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> ]
Sent: Friday, November 27, 2015 9:20 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: [belajar-excel] Gabungkan Chart Line type dengan Chart Stock type

Dear Masters,

Mohon solusi, gabungkan grafik tipe stock dengan tipe line, karena keterangan dari excel sendiri tidak bisa digabung.

Coba pakai line manual tapi sering geser sendiri, terlebih datanya bila di buka di PC berbeda.

Kira-kira ada solusi lain?

Contoh terlampir, monggo

Trims

Riki

--- Mods ---

File lampiran yang melebihi 250KB dilepas dari email. Silakan penanya melampirkan ulang file lampiran yang diusahakan berisi data contoh maksimal 250KB dengan cara me-reply email ini.

----------------

Fri Nov 27, 2015 12:59 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Ya diatur line color dan marker nya sampai sesuai dengan kebutuhan.

2015-11-27 15:55 GMT+07:00 'Riki' ricky45chiesa@yahoo.co.id [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Master Kid,
>
>
>
> Udah coba tapi kurang sempurna, tinggal garis max-min-ave, jadi Cuma ada
> marker ave aja, kalo max & min jg kasih marker, Cuma titik-titik doang,
>
> Nah garisnya pie Mas Kid.
>
>
>
> Dari
>
> Riki
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* Friday, November 27, 2015 1:25 PM
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Gabungkan Chart Line type dengan Chart
> Stock type
>
>
>
>
>
> hmmm....
>
> chart tipe stock bisa dibuat kesetaraannya dengan 2 series tipe (max dan
> min) lalu di beri high-low line.
>
> Kalau dilihat dari previewnya, data ada max, min, dan average. Jadi dari
> data ini akan terbentuk 3 series bertipe Line.
>
> Kalau dilihat dari hasil yang diinginkan, ada 4 garis yang diskontinyu.
> Bagian ini berkaitan dengan kolom Up Limit dan Low Limit di data kan ya.
> Karena ada 4 garis yang dikontinyu, berarti butuh 4 series. Karena butuh 4
> series, berarti butuh 4 area data.
>
> Kira-kira begini urutan pembuatannya :
>
> 1. menata sumber data chart
>
> > data max, min, average, dan tanggal sudah ok, jadi dibiarkan saja.
>
> > data Up limit butuh 2 garis diskontinyu, jadi buat kolom baru dengan
> header Up85 dan Up80
>
> di preview hanya tampak 85 dan 80 loh ya, kalau ada lagi nilai lainnya
> yang membuat diskontinyu, maka setiap potongan yang dikontinyu harus jadi
> kolom tersendiri. Contoh, data berurutan 85,85,90,90,85,85,90,90
>
> akan membentuk 4 garis diskontinyu, maka butuh 4 kolom, misal up85a,
> up90a, up85b, up90b
>
>
>
> > data Low limit juga dibuat seperti up limit, butuh 2 kolom baru,
> yaitu Low75 dan Low70
>
> > mulai dari record pertama Up Limit, blok angka yang sama (85
> misalnya), sampai 85 terakhir yang berurutan sebelum ganti jadi angka
> lainnya. Nilai ini di Cut dan paste di Up85 record pertama. (misal yang 85
> pertama ini dari record 1 sampai 100), jadi up85 berisi 100 record pertama
> saja, dan sisanya kosong
>
> > di Up Limit, mulai yang ada angkanya (karena tadi sudah di-cut),
> blok lagi sampai ketemu angka yang beda, lalu cut dan paste ke Up80 di
> baris yang sama dengan blok yang di-cut.
>
> > lakukan juga untuk kolom Low Limit.
>
> 2. membuat chart mirip tipe stck dengan menggunakan tipe Line.
>
> > klik sebuah cell diluar data -> ribbon Insert -> groups Charts ->
> pilih Line (jangan yang stacked line)
>
> > klik kanan area chart -> select data
>
> a. series max :
>
> klik add -> di data series : blok data di kolom Max (dari
> record pertama sampai terakhir, misal 500 baris) -> OK
>
> b. series min :
>
> klik add -> di data series : blok data di kolom Min (dari
> record pertama sampai terakhir, misal 500 baris) -> OK
>
> c. series average
>
> klik add -> di data series : blok data di kolom Average (dari
> record pertama sampai terakhir, misal 500 baris) -> OK
>
> > klik OK untuk kembali ke worksheet
>
> > klik chart -> menu chart tools -> ribbon layout -> group analysis
> kalo ndak salah -> klik segitiha Lines -> pilih high-end lines
>
> > atur series max dan min supaya line color nya none dan markernya
> juga none.
>
> > atur series average supaya line colornya none, tetapi markernya
> dibiarkan atau ubah dengan simbol lainnya.
>
>
>
> 3. membuat line up limit dan low limit via up85, up80, low75, low70
>
> a. up85
> klik kanan area chart -> select data -> klik add
> -> di data series : blok data di kolom up85 dari record
> pertama sampai terakhir, misal 500 baris (sama tingginya dengan series Max,
> Min, Average)
> -> OK -> OK sampai kembali ke worksheet
>
> -> klik chart -> menu chart tools -> ribbon layout -> group
> selection atau apa gitu -> pilih di combobox -> nama seriesnya si up85 tadi
> -> klik format atau apa gitu dibawahnya combo tersebut -> muncul dialognya
> data series
>
> -> series : pilih secondary axis -> line color : pilih yang
> bukan none -> markernya : pilih none -> OK atau close gitu
>
> b. up80, low75, low70
>
> klik kanan area chart -> select data
> *-> klik nama series up85* -> klik add (buat yang up80)
>
> -> di data series : blok data di kolom up80 (setinggi series
> yang lainnya) -> OK
> *-> klik nama series up80* -> klik add (buat yang low75)
> -> di data series : blok data di kolom up75 (setinggi series
> yang lainnya) -> OK
> *-> klik nama series up80* -> klik add (buat yang low70)
> -> di data series : blok data di kolom up75 (setinggi series
> yang lainnya) -> OK -> OK sampai kembali ke worksheet
> > klik chart -> menu chart tools -> ribbon layout -> group
> selection atau apa gitu -> pilih di combobox
> -> nama series up80 -> klik format -> atur line color dan
> marker -> cek series nya sudah di secondary axis -> close
> > lakukan untuk series low75 dan low70
>
> 4. atur axis
>
> klik axis yang kiri -> atur minimum dan maksimumnya dengan nilai
> tertentu -> terapkan nilai ini di axis yang kanan
>
> *** kalau axis kanan sudah disamakan intervalnya dengan axis yang
> kiri, axis yang kanan bisa di hapus (ndak perlu tampak)
>
>
>
> 5. save terus minum obat puyeng
>
> Regards,
>
> Kid
>
>
>
>
>
> 2015-11-27 9:28 GMT+07:00 'Riki' ricky45chiesa@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Maaf Mods, Lampiran kegedean :D
>
> Ta' Lampirkan lagi
>
>
>
> Trims
>
> Riki
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* Friday, November 27, 2015 9:20 AM
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* [belajar-excel] Gabungkan Chart Line type dengan Chart Stock
> type
>
>
>
>
>
> Dear Masters,
>
>
>
> Mohon solusi, gabungkan grafik tipe stock dengan tipe line, karena
> keterangan dari excel sendiri tidak bisa digabung.
>
> Coba pakai line manual tapi sering geser sendiri, terlebih datanya bila di
> buka di PC berbeda.
>
> Kira-kira ada solusi lain?
>
>
>
> Contoh terlampir, monggo
>
>
>
> Trims
>
> Riki
>
>
>
> --- Mods ---
>
> File lampiran yang melebihi 250KB dilepas dari email. Silakan penanya
> melampirkan ulang file lampiran yang diusahakan berisi data contoh maksimal
> 250KB dengan cara me-reply email ini.
>
> ----------------
>
>
>
>
>

Thu Nov 26, 2015 6:44 pm (PST) . Posted by:

"Warsito Ito" warsitoito14

Assalamualaikum...
Dear All
Saya mau minta bantuan dan pencerahan kepada para master,Cara mengambil data dari workbook lain dengan Vba tanpa membuka workbook yang akan diambil datanya.
sebelumnya saya minta maaf bila pertanyaan terlalu singkat

Salam

ito

Thu Nov 26, 2015 7:18 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hai Ito,Coba file terlampir.
Salam,HK
Catatan :Setelah Down load file .rar nya....extract dulu ke suatu folder.
From: "Warsito Ito warsitoito14@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, 27 November 2015, 9:42
Subject: [belajar-excel] Mengambil data dari WB lain dengan Vba

  Assalamualaikum...
Dear All
Saya mau minta bantuan dan pencerahan kepada para master,Cara mengambil data dari workbook lain dengan Vba tanpa membuka workbook yang akan diambil datanya.
sebelumnya saya minta maaf bila pertanyaan terlalu singkat

Salam

ito
#yiv7676801911 #yiv7676801911 -- #yiv7676801911ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-mkp #yiv7676801911hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-mkp #yiv7676801911ads {margin-bottom:10px;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-mkp .yiv7676801911ad {padding:0 0;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-mkp .yiv7676801911ad p {margin:0;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-mkp .yiv7676801911ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-sponsor #yiv7676801911ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-sponsor #yiv7676801911ygrp-lc #yiv7676801911hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-sponsor #yiv7676801911ygrp-lc .yiv7676801911ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv7676801911 #yiv7676801911actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv7676801911 #yiv7676801911activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv7676801911 #yiv7676801911activity span {font-weight:700;}#yiv7676801911 #yiv7676801911activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv7676801911 #yiv7676801911activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv7676801911 #yiv7676801911activity span span {color:#ff7900;}#yiv7676801911 #yiv7676801911activity span .yiv7676801911underline {text-decoration:underline;}#yiv7676801911 .yiv7676801911attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv7676801911 .yiv7676801911attach div a {text-decoration:none;}#yiv7676801911 .yiv7676801911attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv7676801911 .yiv7676801911attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv7676801911 .yiv7676801911attach label a {text-decoration:none;}#yiv7676801911 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv7676801911 .yiv7676801911bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv7676801911 .yiv7676801911bold a {text-decoration:none;}#yiv7676801911 dd.yiv7676801911last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv7676801911 dd.yiv7676801911last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv7676801911 dd.yiv7676801911last p span.yiv7676801911yshortcuts {margin-right:0;}#yiv7676801911 div.yiv7676801911attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv7676801911 div.yiv7676801911attach-table {width:400px;}#yiv7676801911 div.yiv7676801911file-title a, #yiv7676801911 div.yiv7676801911file-title a:active, #yiv7676801911 div.yiv7676801911file-title a:hover, #yiv7676801911 div.yiv7676801911file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv7676801911 div.yiv7676801911photo-title a, #yiv7676801911 div.yiv7676801911photo-title a:active, #yiv7676801911 div.yiv7676801911photo-title a:hover, #yiv7676801911 div.yiv7676801911photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv7676801911 div#yiv7676801911ygrp-mlmsg #yiv7676801911ygrp-msg p a span.yiv7676801911yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv7676801911 .yiv7676801911green {color:#628c2a;}#yiv7676801911 .yiv7676801911MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv7676801911 o {font-size:0;}#yiv7676801911 #yiv7676801911photos div {float:left;width:72px;}#yiv7676801911 #yiv7676801911photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv7676801911 #yiv7676801911photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv7676801911 #yiv7676801911reco-category {font-size:77%;}#yiv7676801911 #yiv7676801911reco-desc {font-size:77%;}#yiv7676801911 .yiv7676801911replbq {margin:4px;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-mlmsg select, #yiv7676801911 input, #yiv7676801911 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-mlmsg pre, #yiv7676801911 code {font:115% monospace;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-mlmsg #yiv7676801911logo {padding-bottom:10px;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-msg p#yiv7676801911attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-reco #yiv7676801911reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-sponsor #yiv7676801911ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-sponsor #yiv7676801911ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-sponsor #yiv7676801911ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv7676801911 #yiv7676801911ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv7676801911

Thu Nov 26, 2015 11:11 pm (PST) . Posted by:

"Warsito Ito" warsitoito14

sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas responnya
berikut saya lampirkan contoh filenya.

terima kasih
ito


On Friday, November 27, 2015 10:19 AM, "hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


  Hai Ito,Coba file terlampir.
Salam,HK
Catatan :Setelah Down load file .rar nya....extract dulu ke suatu folder.
From: "Warsito Ito warsitoito14@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, 27 November 2015, 9:42
Subject: [belajar-excel] Mengambil data dari WB lain dengan Vba

  Assalamualaikum...
Dear All
Saya mau minta bantuan dan pencerahan kepada para master,Cara mengambil data dari workbook lain dengan Vba tanpa membuka workbook yang akan diambil datanya.
sebelumnya saya minta maaf bila pertanyaan terlalu singkat

Salam

ito


#yiv0631635485 #yiv0631635485 -- #yiv0631635485ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-mkp #yiv0631635485hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-mkp #yiv0631635485ads {margin-bottom:10px;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-mkp .yiv0631635485ad {padding:0 0;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-mkp .yiv0631635485ad p {margin:0;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-mkp .yiv0631635485ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-sponsor #yiv0631635485ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-sponsor #yiv0631635485ygrp-lc #yiv0631635485hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-sponsor #yiv0631635485ygrp-lc .yiv0631635485ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv0631635485 #yiv0631635485actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv0631635485 #yiv0631635485activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv0631635485 #yiv0631635485activity span {font-weight:700;}#yiv0631635485 #yiv0631635485activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv0631635485 #yiv0631635485activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv0631635485 #yiv0631635485activity span span {color:#ff7900;}#yiv0631635485 #yiv0631635485activity span .yiv0631635485underline {text-decoration:underline;}#yiv0631635485 .yiv0631635485attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv0631635485 .yiv0631635485attach div a {text-decoration:none;}#yiv0631635485 .yiv0631635485attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv0631635485 .yiv0631635485attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv0631635485 .yiv0631635485attach label a {text-decoration:none;}#yiv0631635485 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv0631635485 .yiv0631635485bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv0631635485 .yiv0631635485bold a {text-decoration:none;}#yiv0631635485 dd.yiv0631635485last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv0631635485 dd.yiv0631635485last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv0631635485 dd.yiv0631635485last p span.yiv0631635485yshortcuts {margin-right:0;}#yiv0631635485 div.yiv0631635485attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv0631635485 div.yiv0631635485attach-table {width:400px;}#yiv0631635485 div.yiv0631635485file-title a, #yiv0631635485 div.yiv0631635485file-title a:active, #yiv0631635485 div.yiv0631635485file-title a:hover, #yiv0631635485 div.yiv0631635485file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv0631635485 div.yiv0631635485photo-title a, #yiv0631635485 div.yiv0631635485photo-title a:active, #yiv0631635485 div.yiv0631635485photo-title a:hover, #yiv0631635485 div.yiv0631635485photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv0631635485 div#yiv0631635485ygrp-mlmsg #yiv0631635485ygrp-msg p a span.yiv0631635485yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv0631635485 .yiv0631635485green {color:#628c2a;}#yiv0631635485 .yiv0631635485MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv0631635485 o {font-size:0;}#yiv0631635485 #yiv0631635485photos div {float:left;width:72px;}#yiv0631635485 #yiv0631635485photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv0631635485 #yiv0631635485photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv0631635485 #yiv0631635485reco-category {font-size:77%;}#yiv0631635485 #yiv0631635485reco-desc {font-size:77%;}#yiv0631635485 .yiv0631635485replbq {margin:4px;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-mlmsg select, #yiv0631635485 input, #yiv0631635485 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-mlmsg pre, #yiv0631635485 code {font:115% monospace;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-mlmsg #yiv0631635485logo {padding-bottom:10px;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-msg p#yiv0631635485attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-reco #yiv0631635485reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-sponsor #yiv0631635485ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-sponsor #yiv0631635485ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-sponsor #yiv0631635485ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv0631635485 #yiv0631635485ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv0631635485

Fri Nov 27, 2015 12:47 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hai Ito,Maaf, saya ga mudeng mana file sumber mana file hasil (yang diinginkan).Kayaknya perlu pake macro yang mengandung SQL.Mungkin Mr Kid dan para pakar SQL yang bisa menjawabnya.
Salam,
HK
catatan:Judul kolom sebaiknya diletakkan pada baris pertama
From: "Warsito Ito warsitoito14@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, 27 November 2015, 14:11
Subject: Re: [belajar-excel] Mengambil data dari WB lain dengan Vba

  sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas responnya
berikut saya lampirkan contoh filenya.

terima kasih
ito


On Friday, November 27, 2015 10:19 AM, "hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


  Hai Ito,Coba file terlampir.
Salam,HK
Catatan :Setelah Down load file .rar nya....extract dulu ke suatu folder.
From: "Warsito Ito warsitoito14@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, 27 November 2015, 9:42
Subject: [belajar-excel] Mengambil data dari WB lain dengan Vba

  Assalamualaikum...
Dear All
Saya mau minta bantuan dan pencerahan kepada para master,Cara mengambil data dari workbook lain dengan Vba tanpa membuka workbook yang akan diambil datanya.
sebelumnya saya minta maaf bila pertanyaan terlalu singkat

Salam

ito


#yiv6863171718 #yiv6863171718 -- #yiv6863171718ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-mkp #yiv6863171718hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-mkp #yiv6863171718ads {margin-bottom:10px;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-mkp .yiv6863171718ad {padding:0 0;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-mkp .yiv6863171718ad p {margin:0;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-mkp .yiv6863171718ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-sponsor #yiv6863171718ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-sponsor #yiv6863171718ygrp-lc #yiv6863171718hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-sponsor #yiv6863171718ygrp-lc .yiv6863171718ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv6863171718 #yiv6863171718actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv6863171718 #yiv6863171718activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv6863171718 #yiv6863171718activity span {font-weight:700;}#yiv6863171718 #yiv6863171718activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv6863171718 #yiv6863171718activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv6863171718 #yiv6863171718activity span span {color:#ff7900;}#yiv6863171718 #yiv6863171718activity span .yiv6863171718underline {text-decoration:underline;}#yiv6863171718 .yiv6863171718attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv6863171718 .yiv6863171718attach div a {text-decoration:none;}#yiv6863171718 .yiv6863171718attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv6863171718 .yiv6863171718attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv6863171718 .yiv6863171718attach label a {text-decoration:none;}#yiv6863171718 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv6863171718 .yiv6863171718bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv6863171718 .yiv6863171718bold a {text-decoration:none;}#yiv6863171718 dd.yiv6863171718last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv6863171718 dd.yiv6863171718last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv6863171718 dd.yiv6863171718last p span.yiv6863171718yshortcuts {margin-right:0;}#yiv6863171718 div.yiv6863171718attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv6863171718 div.yiv6863171718attach-table {width:400px;}#yiv6863171718 div.yiv6863171718file-title a, #yiv6863171718 div.yiv6863171718file-title a:active, #yiv6863171718 div.yiv6863171718file-title a:hover, #yiv6863171718 div.yiv6863171718file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv6863171718 div.yiv6863171718photo-title a, #yiv6863171718 div.yiv6863171718photo-title a:active, #yiv6863171718 div.yiv6863171718photo-title a:hover, #yiv6863171718 div.yiv6863171718photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv6863171718 div#yiv6863171718ygrp-mlmsg #yiv6863171718ygrp-msg p a span.yiv6863171718yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv6863171718 .yiv6863171718green {color:#628c2a;}#yiv6863171718 .yiv6863171718MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv6863171718 o {font-size:0;}#yiv6863171718 #yiv6863171718photos div {float:left;width:72px;}#yiv6863171718 #yiv6863171718photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv6863171718 #yiv6863171718photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv6863171718 #yiv6863171718reco-category {font-size:77%;}#yiv6863171718 #yiv6863171718reco-desc {font-size:77%;}#yiv6863171718 .yiv6863171718replbq {margin:4px;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-mlmsg select, #yiv6863171718 input, #yiv6863171718 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-mlmsg pre, #yiv6863171718 code {font:115% monospace;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-mlmsg #yiv6863171718logo {padding-bottom:10px;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-msg p#yiv6863171718attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-reco #yiv6863171718reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-sponsor #yiv6863171718ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-sponsor #yiv6863171718ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-sponsor #yiv6863171718ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv6863171718 #yiv6863171718ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv6863171718

Thu Nov 26, 2015 6:46 pm (PST) . Posted by:

"Sri Wahyudi"

Dear Master Kid,

Saya coba masukkan formulanya, hasilnya #VALUE! Semua ya?
Berikut tampilan u/ formula dari saran yang pertama
[cid:image003.png@01D128F5.8B87B3C0]


Thanks
yudi
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Friday, 27 November 2015 12:15
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: Re: [belajar-excel] Penjumlahan request


Hai Yudi,
Tidak boleh pakai Adv Filter maupun Pivot Table ya... :(
Kalau begitu, sort sheet ALL berdasar kolom N secara Ascending atau apapun yang penting tanggal di N terurut ascending, entah per grup nama atau per grup apapun atau tanpa grup sekalipun.
di sheet hasil, record pertama hasil :
kolom A diberi array formula :
=INDEX(ALL!$AC$5:$AC$458,MATCH(1,(COUNTIFS($A$3:$A3,ALL!$AC$5:$AC$458,$B$3:$B3,ALL!$N$5:$N$458)=0)*(ALL!$N$5:$N$458<>"")*(ALL!$AC$5:$AC$458<>""),0))
kolom B diberi array formula :
=INDEX(ALL!$N$5:$N$458,MATCH(1,(COUNTIFS($A$3:$A3,ALL!$AC$5:$AC$458,$B$3:$B3,ALL!$N$5:$N$458)=0)*(ALL!$N$5:$N$458<>"")*(ALL!$AC$5:$AC$458<>""),0))

Semakin banyak jumlah record data di sheet ALL (mungkin sekitar 80ribu akan mulai terasa) dan semakin banyak cells berformula tersebut di sheet hasil, maka proses kalkulasi Excel akan terasa melambat, padahal tidak demikian. Tampak melamban dikarenakan proses yang harus dikalkulasi berlipat-lipat banyaknya seiring bertambahnya jumlah record (bukan kenaikan linear).

Jika ingin sedikit lebih cepat, buat kolom bantu (misal insert 1 kolom sebelum A).
Di kolom A diberi array formula :
=MATCH(1,(COUNTIFS($B$3:$B3,ALL!$AC$5:$AC$458,$C$3:$C3,ALL!$N$5:$N$458)=0)*(ALL!$N$5:$N$458<>"")*(ALL!$AC$5:$AC$458<>""),0)

di kolom B diberi formula :
=INDEX(ALL!$AC$5:$AC$458,$A3)
di kolom C diberi formula :
=INDEX(ALL!$N$5:$N$458,$A3)
*** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, ganti karakter koma dalam formula menjadi titik koma

Formula di kolom selainnya sudah ada di email yang lalu-lalu dari mas Nang Agus ya...
Jika ingin memahami apa yang dilakukan si array formula, pecah-pecah formulanya seperti yang ada disini<http://excel-mr-kid.blogspot.co.id/2011/03/formula-penyusun-data-unique-dan.html>.
Jika tidak suka dengan proses sort manual nya, ubah array formula di atas dengan konsep yang ada disini<http://excel-mr-kid.blogspot.co.id/2011/04/formula-penyusun-data-unique-yang.html> dan kalkulasi Excel akan semakin lebih cepat terasa lambat seiring kenaikan jumlah record data dan baris hasil.


Regards,
Kid.

2015-11-26 15:23 GMT+07:00 Sri Wahyudi SWahyudi@pacbrands.com.au<mailto:SWahyudi@pacbrands.com.au> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:

Dear Master Kid,
Terimakasih atas ke ikutannya,
Mohon pencerahan kembali,
Adakah formula untuk menarik data value untuk cel pada kolom A (user) dan value untuk cell pda kolom B dari sheet sebelumnya (ALL) selain menggunakan advance filter & pivot table?

Regards
Yudi
From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>]
Sent: Thursday, 26 November 2015 10:55
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>
Subject: Re: [belajar-excel] Penjumlahan request


Walau sudah OK menurut penanya, tetep ikutan ah...


Pinjam formula mas Nang, yang ini saja : (yang satunya lagi disesuaikan sendiri ya)
=SUMPRODUCT((A4=ALL!$AC$5:$AC$458)*('Hasil yang di inginkan'!B4=ALL!$N$5:$N$458))
atau
=SUMPRODUCT((A4=ALL!$AC$5:$AC$458)*(B4=ALL!$N$5:$N$458))

Ketika record datanya banyak sekali (misal lebih dari 100ribu atau terkadang belum sampai 100ribu juga mulai terasa dikomputer tertentu), SumProduct akan terasa berat dikalkulasi karena ada proses komputasi array. Artinya, sumproduct akan mengambil seluruh data yang dirujuk terlebih dulu (sebagai array), kemudian dikomputasi satu per satu, baru di-sum.
Yang sedikit lebih efisien adalah CountIFs (untuk kasus di atas targetnya adalah menghasilkan jumlah cacah data yang sesuai kriteria).
=CountIFs( ALL!$AC$5:$AC$458 , A4 , ALL!$N$5:$N$458 , B4 )

Regards,
Kid

2015-11-26 5:45 GMT+07:00 Nang Agus nangagus@gmail.com<mailto:nangagus@gmail.com> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:

Dear Sri Wahyudi,
Coba di C4 dimasukkan formula:
=SUMPRODUCT((A4=ALL!$AC$5:$AC$458)*('Hasil yang di inginkan'!B4=ALL!$N$5:$N$458))
sedangkan di D4 dimasukkan formula
=SUMPRODUCT((A4=ALL!$AC$5:$AC$458)*('Hasil yang di inginkan'!B4=ALL!$W$5:$W$458))
Salam
NangAgus

2015-11-25 18:56 GMT+07:00 Sri Wahyudi SWahyudi@pacbrands.com.au<mailto:SWahyudi@pacbrands.com.au> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:

Dear Master2

Mohon bantuannya untuk menyelesaikan kasus excel saya,

Saya ingin melihat summary dari jumlah Item/BOM yang di request dan jumlah item/BOM yang dihasilkan, berdasarkan tanggal dan nama usernya,
sepert file terlampir,

atas kurang dan lebihnya mohon maaf

Regards
Yudi




Thu Nov 26, 2015 10:56 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehe...

Sudah dijadikan array formula atau belum ?
Sudah kenal sama yang namanya array formula kan ya...

Diimil lalu ada pesanny loh...

kolom A diberi* array formula* :
=INDEX(ALL!$AC$5:$AC$458,MATCH(1,(COUNTIFS($A$3:$A3,ALL!$AC$5:$AC$458,$B$3:$B3,ALL!$N$5:$N$458)=0)*(ALL!$N$5:$N$458<>"")*(ALL!$AC$5:$AC$458<>""),0))

kalau yang tidak perlu array formula, pesannya akan berbunyi seperti
cuplikan imil lalu :

di kolom B diberi *formula* :
=INDEX(ALL!$AC$5:$AC$458,$A3)

kalau belum kenal array formula, coba kenalan dulu. Disini
<http://excel-mr-kid.blogspot.co.id/2011/03/array-formula-kenalan-yuuuk.html>
ada array formula yang bisa diajak kenalan.
kalau masih malu-malu untuk kenalan, sederhananya, kalau nulis bunyi
formula yang harus dijadikan array formula, jangan sekali-kali menekan
ENTER sendirian. Si Enter harus ditemenin sama CTRL dan SHIFT. Jadinya
menekan CTRL SHIFT ENTER dan bukan ENTER.

kalau masih error juga, kayanya perlu dicek lagi bunyi formulanya...
hehehe...

Regards,
Kid

2015-11-27 9:25 GMT+07:00 Sri Wahyudi SWahyudi@pacbrands.com.au
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Master Kid,
>
>
>
> Saya coba masukkan formulanya, hasilnya #VALUE! Semua ya?
>
> Berikut tampilan u/ formula dari saran yang pertama
>
>
>
>
>
> Thanks
>
> yudi
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* Friday, 27 November 2015 12:15
>
> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Penjumlahan request
>
>
>
>
>
> Hai Yudi,
>
> Tidak boleh pakai Adv Filter maupun Pivot Table ya... :(
>
> Kalau begitu, sort sheet ALL berdasar kolom N secara Ascending atau apapun
> yang penting tanggal di N terurut ascending, entah per grup nama atau per
> grup apapun atau tanpa grup sekalipun.
>
> di sheet hasil, record pertama hasil :
>
> kolom A diberi array formula :
>
> =INDEX(ALL!$AC$5:$AC$458,MATCH(1,(COUNTIFS($A$3:$A3,ALL!$AC$5:$AC$458,$B$3:$B3,ALL!$N$5:$N$458)=0)*(ALL!$N$5:$N$458<>"")*(ALL!$AC$5:$AC$458<>""),0))
>
> kolom B diberi array formula :
>
> =INDEX(ALL!$N$5:$N$458,MATCH(1,(COUNTIFS($A$3:$A3,ALL!$AC$5:$AC$458,$B$3:$B3,ALL!$N$5:$N$458)=0)*(ALL!$N$5:$N$458<>"")*(ALL!$AC$5:$AC$458<>""),0))
>
>
>
> Semakin banyak jumlah record data di sheet ALL (mungkin sekitar 80ribu
> akan mulai terasa) dan semakin banyak cells berformula tersebut di sheet
> hasil, maka proses kalkulasi Excel akan terasa melambat, padahal tidak
> demikian. Tampak melamban dikarenakan proses yang harus dikalkulasi
> berlipat-lipat banyaknya seiring bertambahnya jumlah record (bukan kenaikan
> linear).
>
>
>
> Jika ingin sedikit lebih cepat, buat kolom bantu (misal insert 1 kolom
> sebelum A).
>
> Di kolom A diberi array formula :
>
> =MATCH(1,(COUNTIFS($B$3:$B3,ALL!$AC$5:$AC$458,$C$3:$C3,ALL!$N$5:$N$458)=0)*(ALL!$N$5:$N$458<>"")*(ALL!$AC$5:$AC$458<>""),0)
>
>
>
> di kolom B diberi formula :
>
> =INDEX(ALL!$AC$5:$AC$458,$A3)
>
> di kolom C diberi formula :
> =INDEX(ALL!$N$5:$N$458,$A3)
>
> *** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, ganti
> karakter koma dalam formula menjadi titik koma
>
>
>
> Formula di kolom selainnya sudah ada di email yang lalu-lalu dari mas Nang
> Agus ya...
>
> Jika ingin memahami apa yang dilakukan si array formula, pecah-pecah
> formulanya seperti yang ada disini
> <http://excel-mr-kid.blogspot.co.id/2011/03/formula-penyusun-data-unique-dan.html>
> .
>
> Jika tidak suka dengan proses sort manual nya, ubah array formula di atas
> dengan konsep yang ada disini
> <http://excel-mr-kid.blogspot.co.id/2011/04/formula-penyusun-data-unique-yang.html>
> dan kalkulasi Excel akan semakin lebih cepat terasa lambat seiring kenaikan
> jumlah record data dan baris hasil.
>
>
>
>
>
> Regards,
>
> Kid.
>
>
>
> 2015-11-26 15:23 GMT+07:00 Sri Wahyudi SWahyudi@pacbrands.com.au
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear Master Kid,
> Terimakasih atas ke ikutannya,
>
> Mohon pencerahan kembali,
>
> Adakah formula untuk menarik data value untuk cel pada kolom A (user) dan
> value untuk cell pda kolom B dari sheet sebelumnya (ALL) selain menggunakan
> advance filter & pivot table?
>
>
>
> Regards
>
> Yudi
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* Thursday, 26 November 2015 10:55
> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Penjumlahan request
>
>
>
>
>
> Walau sudah OK menurut penanya, tetep ikutan ah...
>
>
>
> Pinjam formula mas Nang, yang ini saja : (yang satunya lagi disesuaikan
> sendiri ya)
> =SUMPRODUCT((A4=ALL!$AC$5:$AC$458)*('Hasil yang di
> inginkan'!B4=ALL!$N$5:$N$458))
>
> atau
> =SUMPRODUCT((*A4*=*ALL!$AC$5:$AC$458*)*(*B4*=*ALL!$N$5:$N$458*))
>
>
>
> Ketika record datanya banyak sekali (misal lebih dari 100ribu atau
> terkadang belum sampai 100ribu juga mulai terasa dikomputer tertentu),
> SumProduct akan terasa berat dikalkulasi karena ada proses komputasi array.
> Artinya, sumproduct akan mengambil seluruh data yang dirujuk terlebih dulu
> (sebagai array), kemudian dikomputasi satu per satu, baru di-sum.
>
> Yang sedikit lebih efisien adalah CountIFs (untuk kasus di atas targetnya
> adalah menghasilkan jumlah cacah data yang sesuai kriteria).
> =CountIFs( *ALL!$AC$5:$AC$458* , *A4* , *ALL!$N$5:$N$458* , *B4* )
>
>
>
> Regards,
>
> Kid
>
>
>
> 2015-11-26 5:45 GMT+07:00 Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear Sri Wahyudi,
>
> Coba di C4 dimasukkan formula:
> =SUMPRODUCT((A4=ALL!$AC$5:$AC$458)*('Hasil yang di
> inginkan'!B4=ALL!$N$5:$N$458))
>
> sedangkan di D4 dimasukkan formula
> =SUMPRODUCT((A4=ALL!$AC$5:$AC$458)*('Hasil yang di
> inginkan'!B4=ALL!$W$5:$W$458))
>
> Salam
>
> NangAgus
>
>
>
> 2015-11-25 18:56 GMT+07:00 Sri Wahyudi SWahyudi@pacbrands.com.au
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear Master2
>
> Mohon bantuannya untuk menyelesaikan kasus excel saya,
>
>
>
> Saya ingin melihat summary dari jumlah Item/BOM yang di request dan
> jumlah item/BOM yang dihasilkan, berdasarkan tanggal dan nama usernya,
> sepert file terlampir,
>
> atas kurang dan lebihnya mohon maaf
>
>
>
> Regards
>
> Yudi
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Thu Nov 26, 2015 8:41 pm (PST) . Posted by:

"Dede Sulaeman"

Dear Mr Kid…

Alhamdulillah…

Amazing, setelah diotak-atik dibolak-balik sukses 100%, terima kasih atas masukannya. File terlampir adalah bukti kesuksesannya.

Semoga Anda selalu diberi kesehatan khususnya dan seluruh member group ini umumnya.

Salam,

DD

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 27 November 2015 09:39
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Hide Row jika Cell Blank

hmmm...

No.1 data hanya dilihat dan tidak diinput
No.3 yang dilakukan user hanya memilih outline number saja dan angka di cell yang terlihat hanya ada angkanya

Coba begini :

1. disebuah cells bantu diberi formula =Now()
lalu di atur format number custom diisi ;;; (3 bijik titik koma).
letak cells bantu dalam sheet output tersebut adalah bebas alias dimana saja.
Kalau ingin lebih nyaman, jangan di area yang dikenai outline dan bila perlu di-hide kolom atau barisnya.

2. semua event milik worksheet tersebut, yang bukan event calculate, diberi tambahan baris kode :

> di baris pertama setelah baris deklarasi variabel di setiap prosedur event

application.enableevents=false

> di baris terakhir sebelum end sub di setiap prosedur event

application.enableevents=true

3. di event calculate milik si worksheet, diisi baris kode berikut :

Asumsi :
a. nama object dari worksheet bernama 'Sheet1' (di preview, tab sheet nya bertuliskan begitu) adalah Sheet1 (biasanya, sheet pertama yang masih ori peletakannya, akan diberi object name Sheet1) -> sesuaikan dengan keadaan setempat

b. kolom kuncinya adalah kolom C, misal range c1:c17 (di preview, data terakhir di c16, lalu dilewatkan 1) -> sesuaikan dengan keadaan setempat.

c. kriteria yang di-hide adalah yang blank cells dan bukan yang berisi nullstring alias hasil "" di formula

if activesheet.name=sheet1.name then 'yang dikalkulasi adalah sheet yang aktif [sesuaikan dengan keadaan setempat]

on error resume next 'abaikan error

application.enableevents=false 'turnoff responsif excel terhadap suatu tindakan

range("c1:c17").specialcells(xlcelltypeblanks).entirerow.hidden=true 'hide yang sesuai kriteria

application.enableevents=true 'turnon responsif excel terhadap suatu tindakan

err.clear 'hapus error

on error goto 0 'kembalikan trap error ke default setting nya

endif

Selamat mencoba.

Wassalamu'alaikum wr wb

Kid

2015-11-27 8:02 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Dear : Mr. Kid

Untuk pertanyaan :

No.1 data hanya dilihat dan tidak diinput

No.2 memilih outline karena file sudah berat dan untuk melihat cell yang ada isinya lebih simple dibanding pivot, dikarenakan form sudah baku dan memilih dengan outline lebih mudah untuk yang awam menggunakan excel ^_^.

No.3 yang dilakukan user hanya memilih outline number saja dan angka di cell yang terlihat hanya ada angkanya, karena Row terlalu banyak sehingga lebih mudah user melihat angka dengan menggunakan outline.

Mohon Bantuannya para suhu ^_^

Salam,

DD

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 27 November 2015 07:46

To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Hide Row jika Cell Blank

Hai DD,

hmm...

maaf ya, nambah nanyanya gpp kan ya...

1. sheet ini sebagai salah satu output untuk melihat-lihat data atau sebagai area input data ?

2. kenapa memilih outline ? apa tujuan awalnya, sehingga memilih menggunakan fitur outline ?

3. apa saja yang bisa dilakukan user terhadap outline tersebut ?

Bukan masalah bisa atau tidak bisa, tetapi diperkirakan ada yang tidak pas antara apa yang Anda inginkan dengan menfaat outline itu sendiri. Jadi, kasus ini bukan sekedar bisa hide blank cells yang bisa diatur dengan hide row. Pokok masalahnya justru bukan diproses hide/unhide nya.

btw, bisa jadi dugaan saya yang tersebut di atas justru keliru. Akhirnya, malah jadi kebanyakan bertanya daripada urun solusi. maaf ya.

pertanyaan pertama tentang penggunaan pivot table di email lalu bukanlah saran untuk menggunakan pivot table, tetapi lebih mengarah ke batasan struktur dan memastikan tujuan utama kasus yang menyebabkan penghindaran pemanfaatan proses yang lebih mudah dan lebih tepat guna.

sedangkan rangkaian pertanyaan yang ini akan mengarah kemana ya... wakakaka... mungkin karena kid lagi iseng...

Wassalam,

Kid

2015-11-27 7:23 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Dear Mr Kid,

File lampiran yang lalu adalah sebagai contoh dari form asli, sedangkan form asli sudah dibakukan sehingga tidak dapat untuk dirubah.

Apakah macro memungkinkan bekerja dengan form seprti itu (bekerja saat outline dipilih 2,3,dan4)

Note: form Asli sebenarnya mencapai level 4

Salam,

DD

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 26 November 2015 11:19
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Hide Row jika Cell Blank

Wa'alaikumussalam wr wb

Hai DD,

Boleh tahu kenapa tidak pakai Excel Pivot Table ?

Wassalamu'alaikum wr wb

Kid

2015-11-26 10:52 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Dear BeExceller,

Assalamu'alaikum Wr Wb...

Mohon koreksinya trhadap sricpt macro pada file terlampir.

Harapannya adalah pada saat saya klik Group OutLine no 2 dan 3, maka cell kosong (Blank) terhidden otomatis.

Wassalamu'alaikum Wr Wb...

Salam,

DD

Thu Nov 26, 2015 9:31 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Alhamdulillah.

btw,
itu kok ada angka-angka di kolom F ? angka apa ya ?

2015-11-27 11:18 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Mr Kid…
>
>
>
> Alhamdulillah…
>
> Amazing, setelah diotak-atik dibolak-balik sukses 100%, terima kasih atas
> masukannya. File terlampir adalah bukti kesuksesannya.
>
> Semoga Anda selalu diberi kesehatan khususnya dan seluruh member group ini
> umumnya.
>
>
>
> Salam,
>
> DD
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 27 November 2015 09:39
>
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Hide Row jika Cell Blank
>
>
>
>
>
> hmmm...
>
> No.1 data hanya dilihat dan tidak diinput
> No.3 yang dilakukan user hanya memilih outline number saja dan angka di
> cell yang terlihat hanya ada angkanya
>
> Coba begini :
>
> 1. disebuah cells bantu diberi formula =Now()
> lalu di atur format number custom diisi ;;; (3 bijik titik koma).
> letak cells bantu dalam sheet output tersebut adalah bebas alias
> dimana saja.
> Kalau ingin lebih nyaman, jangan di area yang dikenai outline dan bila
> perlu di-hide kolom atau barisnya.
>
> 2. semua event milik worksheet tersebut, yang bukan event calculate,
> diberi tambahan baris kode :
>
> > di baris pertama setelah baris deklarasi variabel di setiap
> prosedur event
>
> application.enableevents=false
>
> > di baris terakhir sebelum end sub di setiap prosedur event
>
> application.enableevents=true
>
> 3. di event calculate milik si worksheet, diisi baris kode berikut :
>
> Asumsi :
> a. nama object dari worksheet bernama 'Sheet1' (di preview, tab
> sheet nya bertuliskan begitu) adalah Sheet1 (biasanya, sheet pertama yang
> masih ori peletakannya, akan diberi object name Sheet1) -> sesuaikan dengan
> keadaan setempat
>
> b. kolom kuncinya adalah kolom C, misal range c1:c17 (di preview,
> data terakhir di c16, lalu dilewatkan 1) -> sesuaikan dengan keadaan
> setempat.
>
> c. kriteria yang di-hide adalah yang blank cells dan bukan yang
> berisi nullstring alias hasil "" di formula
>
> if activesheet.name=sheet1.name then 'yang dikalkulasi adalah
> sheet yang aktif [sesuaikan dengan keadaan setempat]
>
> on error resume next 'abaikan error
>
> application.enableevents=false 'turnoff responsif excel
> terhadap suatu tindakan
>
>
> range("c1:c17").specialcells(xlcelltypeblanks).entirerow.hidden=true
> 'hide yang sesuai kriteria
>
> application.enableevents=true 'turnon responsif excel
> terhadap suatu tindakan
>
> err.clear 'hapus error
>
> on error goto 0 'kembalikan trap error ke default setting
> nya
>
> endif
>
>
>
> Selamat mencoba.
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
>
> Kid
>
>
>
>
>
> 2015-11-27 8:02 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear : Mr. Kid
>
>
>
> Untuk pertanyaan :
>
> No.1 data hanya dilihat dan tidak diinput
>
> No.2 memilih outline karena file sudah berat dan untuk melihat cell yang
> ada isinya lebih simple dibanding pivot, dikarenakan form sudah baku dan
> memilih dengan outline lebih mudah untuk yang awam menggunakan excel ^_^.
>
> No.3 yang dilakukan user hanya memilih outline number saja dan angka di
> cell yang terlihat hanya ada angkanya, karena Row terlalu banyak sehingga
> lebih mudah user melihat angka dengan menggunakan outline.
>
>
>
> Mohon Bantuannya para suhu ^_^
>
>
>
> Salam,
>
> DD
>
>
>
>
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 27 November 2015 07:46
>
>
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Hide Row jika Cell Blank
>
>
>
>
>
> Hai DD,
>
> hmm...
>
> maaf ya, nambah nanyanya gpp kan ya...
>
> 1. sheet ini sebagai salah satu output untuk melihat-lihat data atau
> sebagai area input data ?
>
> 2. kenapa memilih outline ? apa tujuan awalnya, sehingga memilih
> menggunakan fitur outline ?
>
> 3. apa saja yang bisa dilakukan user terhadap outline tersebut ?
>
>
>
> Bukan masalah bisa atau tidak bisa, tetapi diperkirakan ada yang tidak pas
> antara apa yang Anda inginkan dengan menfaat outline itu sendiri. Jadi,
> kasus ini bukan sekedar bisa hide blank cells yang bisa diatur dengan hide
> row. Pokok masalahnya justru bukan diproses hide/unhide nya.
>
> btw, bisa jadi dugaan saya yang tersebut di atas justru keliru. Akhirnya,
> malah jadi kebanyakan bertanya daripada urun solusi. maaf ya.
>
> pertanyaan pertama tentang penggunaan pivot table di email lalu bukanlah
> saran untuk menggunakan pivot table, tetapi lebih mengarah ke batasan
> struktur dan memastikan tujuan utama kasus yang menyebabkan penghindaran
> pemanfaatan proses yang lebih mudah dan lebih tepat guna.
>
> sedangkan rangkaian pertanyaan yang ini akan mengarah kemana ya...
> wakakaka... mungkin karena kid lagi iseng...
>
>
>
>
>
> Wassalam,
>
> Kid
>
>
>
>
>
> 2015-11-27 7:23 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear Mr Kid,
>
>
>
> File lampiran yang lalu adalah sebagai contoh dari form asli, sedangkan
> form asli sudah dibakukan sehingga tidak dapat untuk dirubah.
>
> Apakah macro memungkinkan bekerja dengan form seprti itu (bekerja saat
> outline dipilih 2,3,dan4)
>
>
>
> Note: form Asli sebenarnya mencapai level 4
>
>
>
> Salam,
>
> DD
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 26 November 2015 11:19
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Hide Row jika Cell Blank
>
>
>
>
>
> Wa'alaikumussalam wr wb
>
> Hai DD,
>
> Boleh tahu kenapa tidak pakai Excel Pivot Table ?
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
>
> Kid
>
>
>
>
>
> 2015-11-26 10:52 GMT+07:00 'Dede Sulaeman'
> pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear BeExceller,
>
>
>
> Assalamu'alaikum Wr Wb...
>
>
>
> Mohon koreksinya trhadap sricpt macro pada file terlampir.
>
> Harapannya adalah pada saat saya klik Group OutLine no 2 dan 3, maka cell
> kosong (Blank) terhidden otomatis.
>
>
>
>
>
> Wassalamu'alaikum Wr Wb...
>
> Salam,
>
> DD
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Thu Nov 26, 2015 10:25 pm (PST) . Posted by:

"Dede Sulaeman"

Dear Mr Kid,

Oh iya, itu sebagai bahan data yang diambi saja, karena file aslinya data diambil dari sheet lain. Dan kolom C itu berformula semua makanya kondisi ini range("c1:c17").specialcells(xlcelltypeblanks).entirerow.hidden=true tidak bisa dipakai karena hanya meng-hide cell yang kosong.

Sedangkan kolom C yang sebenarnya berformula meskipun itu Blank/nullstring.

Banyak bertanya akhirnya banyak tahu saya, mudah2an sih kedepannya dengan banyak bertanya nggak malah bikin bingung yah.

Dan untuk semua member ayoo jangan malu untuk bertanya "Malu bertanya sesat dijalan" NGAK NYANYA-NANYA YA JALAN-JALAN. Hehehehe.

Terima kasih sekali lagi Mr atas responnya. Dan mudah-mudahan penjelasan saya tidak bikin bingung untuk para member lain yang ingin tahu.

Salam,

DD

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 27 November 2015 12:31
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Hide Row jika Cell Blank

Alhamdulillah.

btw,

itu kok ada angka-angka di kolom F ? angka apa ya ?

2015-11-27 11:18 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Dear Mr Kid…

Alhamdulillah…

Amazing, setelah diotak-atik dibolak-balik sukses 100%, terima kasih atas masukannya. File terlampir adalah bukti kesuksesannya.

Semoga Anda selalu diberi kesehatan khususnya dan seluruh member group ini umumnya.

Salam,

DD

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 27 November 2015 09:39

To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Hide Row jika Cell Blank

hmmm...

No.1 data hanya dilihat dan tidak diinput
No.3 yang dilakukan user hanya memilih outline number saja dan angka di cell yang terlihat hanya ada angkanya

Coba begini :

1. disebuah cells bantu diberi formula =Now()
lalu di atur format number custom diisi ;;; (3 bijik titik koma).
letak cells bantu dalam sheet output tersebut adalah bebas alias dimana saja.
Kalau ingin lebih nyaman, jangan di area yang dikenai outline dan bila perlu di-hide kolom atau barisnya.

2. semua event milik worksheet tersebut, yang bukan event calculate, diberi tambahan baris kode :

> di baris pertama setelah baris deklarasi variabel di setiap prosedur event

application.enableevents=false

> di baris terakhir sebelum end sub di setiap prosedur event

application.enableevents=true

3. di event calculate milik si worksheet, diisi baris kode berikut :

Asumsi :
a. nama object dari worksheet bernama 'Sheet1' (di preview, tab sheet nya bertuliskan begitu) adalah Sheet1 (biasanya, sheet pertama yang masih ori peletakannya, akan diberi object name Sheet1) -> sesuaikan dengan keadaan setempat

b. kolom kuncinya adalah kolom C, misal range c1:c17 (di preview, data terakhir di c16, lalu dilewatkan 1) -> sesuaikan dengan keadaan setempat.

c. kriteria yang di-hide adalah yang blank cells dan bukan yang berisi nullstring alias hasil "" di formula

if activesheet.name=sheet1.name then 'yang dikalkulasi adalah sheet yang aktif [sesuaikan dengan keadaan setempat]

on error resume next 'abaikan error

application.enableevents=false 'turnoff responsif excel terhadap suatu tindakan

range("c1:c17").specialcells(xlcelltypeblanks).entirerow.hidden=true 'hide yang sesuai kriteria

application.enableevents=true 'turnon responsif excel terhadap suatu tindakan

err.clear 'hapus error

on error goto 0 'kembalikan trap error ke default setting nya

endif

Selamat mencoba.

Wassalamu'alaikum wr wb

Kid

2015-11-27 8:02 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Dear : Mr. Kid

Untuk pertanyaan :

No.1 data hanya dilihat dan tidak diinput

No.2 memilih outline karena file sudah berat dan untuk melihat cell yang ada isinya lebih simple dibanding pivot, dikarenakan form sudah baku dan memilih dengan outline lebih mudah untuk yang awam menggunakan excel ^_^.

No.3 yang dilakukan user hanya memilih outline number saja dan angka di cell yang terlihat hanya ada angkanya, karena Row terlalu banyak sehingga lebih mudah user melihat angka dengan menggunakan outline.

Mohon Bantuannya para suhu ^_^

Salam,

DD

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 27 November 2015 07:46

To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Hide Row jika Cell Blank

Hai DD,

hmm...

maaf ya, nambah nanyanya gpp kan ya...

1. sheet ini sebagai salah satu output untuk melihat-lihat data atau sebagai area input data ?

2. kenapa memilih outline ? apa tujuan awalnya, sehingga memilih menggunakan fitur outline ?

3. apa saja yang bisa dilakukan user terhadap outline tersebut ?

Bukan masalah bisa atau tidak bisa, tetapi diperkirakan ada yang tidak pas antara apa yang Anda inginkan dengan menfaat outline itu sendiri. Jadi, kasus ini bukan sekedar bisa hide blank cells yang bisa diatur dengan hide row. Pokok masalahnya justru bukan diproses hide/unhide nya.

btw, bisa jadi dugaan saya yang tersebut di atas justru keliru. Akhirnya, malah jadi kebanyakan bertanya daripada urun solusi. maaf ya.

pertanyaan pertama tentang penggunaan pivot table di email lalu bukanlah saran untuk menggunakan pivot table, tetapi lebih mengarah ke batasan struktur dan memastikan tujuan utama kasus yang menyebabkan penghindaran pemanfaatan proses yang lebih mudah dan lebih tepat guna.

sedangkan rangkaian pertanyaan yang ini akan mengarah kemana ya... wakakaka... mungkin karena kid lagi iseng...

Wassalam,

Kid

2015-11-27 7:23 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Dear Mr Kid,

File lampiran yang lalu adalah sebagai contoh dari form asli, sedangkan form asli sudah dibakukan sehingga tidak dapat untuk dirubah.

Apakah macro memungkinkan bekerja dengan form seprti itu (bekerja saat outline dipilih 2,3,dan4)

Note: form Asli sebenarnya mencapai level 4

Salam,

DD

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 26 November 2015 11:19
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Hide Row jika Cell Blank

Wa'alaikumussalam wr wb

Hai DD,

Boleh tahu kenapa tidak pakai Excel Pivot Table ?

Wassalamu'alaikum wr wb

Kid

2015-11-26 10:52 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Dear BeExceller,

Assalamu'alaikum Wr Wb...

Mohon koreksinya trhadap sricpt macro pada file terlampir.

Harapannya adalah pada saat saya klik Group OutLine no 2 dan 3, maka cell kosong (Blank) terhidden otomatis.

Wassalamu'alaikum Wr Wb...

Salam,

DD

Thu Nov 26, 2015 10:48 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

oh gitu....

moga-moga masih semangat mengutak atik ya...

sudah pernah kenal datatype di cells Excel ? Kalau belum kenal, jalan-jalan
kesini
<http://excel-mr-kid.blogspot.co.id/2015/03/datatype-dalam-sebuah-cells.html>
yang gak pake nanya-nanya.

jadi, sampai disini, bisa diasumsikan sudah tahu tentang datatype di cells
excel ya...
coba diutak atik lagi yuk... sekalian praktek untuk mendapatkan keuntungan
memahami tipe data di cells Excel.
1. kolom C pakai formula semua kan ya (kecuali header nya kali ya)
> yang cells isi nama-nama, pastikan hasil formulanya bisa menghasilkan
2 tipe data, yaitu kalau *ada nilainya di sumber data, maka ambil nilai
numerik* (langsung ke sumber datanya). Kalau *di sumber data tidak ada, isi
dengan nilai bertipe text*.
Contoh : misal ambil dari sheet 'myData' dengan formula yang
puanjang ribet bikin mumet dan excel jadi lemot :
=if( *formula_panjang_ambil_data* ="" , *""* ,
*formula_panjang_ambil_data* )

> yang cells isi kata-kata kelas itu sepertinya sum-suman yang putih di
atasnya deh. Maka biarkan saja di sum begitu saja, ndak usah pakai sumif
apalagi ififan. Pokoke sum aja. Jadi, yang *kata-kata kelas ini akan pasti
menghasilkan tipe numerik*.

> yang cells isi rata-rata juga diisi formula sum-sum an saja. Jadi
yang *rata-rata ini juga bertipe numerik*.

Sampai disini, yang kolom F mestinya dah bisa dihapus

2. menyesuaikan kode VBA.
> ke VBE -> double click object sheet output tersebut -> ke blok
prosedur event calculate nya -> lihat baris yang bunyinya begini :
range("c1:c17").specialcells(*xlcelltypeblanks*
).entirerow.hidden=true
*** perhatikan yang di-merah (warnanya sama dengan yang nomor 1 kan
ya...)
yang dimerah ini diganti bunyinya jadi begini :
*xlcelltypeformulas , xltextvalues*
jadi : special cells yang isinya formula menghasilkan nilai berupa
text

gampang kan ya.... dah selesai... ya gak ?

ya tentu saja belum selesai, karena header nya adalah bertipe
text...
jadi, setelah baris :
range("c1:c17").specialcells(*xlcelltypeblanks*
).entirerow.hidden=true
berubah menjadi :
range("c1:c17").specialcells(*xlcelltypeformulas,
xltextvalues*).entirerow.hidden=true
maka sekarang area range nya jangan menyertakan baris header,
karena headernya bertipe text.
Berarti mulainya bukan di C1 tapi di C2. Akhirnya, si baris tadi
menjadi :
range("c*2*:c17").specialcells(*xlcelltypeformulas,
xltextvalues*).entirerow.hidden=true

3. sekarang boleh di-save

Sepertinya begitu deh...
Kalau ada yang kliru, silakan diutak atik sampe jadi akik yik...

Wassalam,
Kid

2015-11-27 13:06 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Mr Kid,
>
>
>
> Oh iya, itu sebagai bahan data yang diambi saja, karena file aslinya data
> diambil dari sheet lain. Dan kolom C itu berformula semua makanya kondisi
> ini range("c1:c17").specialcells(xlcelltypeblanks).entirerow.hidden=true tidak
> bisa dipakai karena hanya meng-hide cell yang kosong.
>
> Sedangkan kolom C yang sebenarnya berformula meskipun itu Blank/nullstring.
>
> Banyak bertanya akhirnya banyak tahu saya, mudah2an sih kedepannya dengan
> banyak bertanya nggak malah bikin bingung yah.
>
> Dan untuk semua member ayoo jangan malu untuk bertanya "Malu bertanya
> sesat dijalan" NGAK NYANYA-NANYA YA JALAN-JALAN. Hehehehe.
>
>
>
> Terima kasih sekali lagi Mr atas responnya. Dan mudah-mudahan penjelasan
> saya tidak bikin bingung untuk para member lain yang ingin tahu.
>
>
>
> Salam,
>
> DD
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 27 November 2015 12:31
>
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Hide Row jika Cell Blank
>
>
>
>
>
> Alhamdulillah.
>
> btw,
>
> itu kok ada angka-angka di kolom F ? angka apa ya ?
>
>
>
>
>
>
> 2015-11-27 11:18 GMT+07:00 'Dede Sulaeman'
> pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear Mr Kid…
>
>
>
> Alhamdulillah…
>
> Amazing, setelah diotak-atik dibolak-balik sukses 100%, terima kasih atas
> masukannya. File terlampir adalah bukti kesuksesannya.
>
> Semoga Anda selalu diberi kesehatan khususnya dan seluruh member group ini
> umumnya.
>
>
>
> Salam,
>
> DD
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 27 November 2015 09:39
>
>
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Hide Row jika Cell Blank
>
>
>
>
>
> hmmm...
>
> No.1 data hanya dilihat dan tidak diinput
> No.3 yang dilakukan user hanya memilih outline number saja dan angka di
> cell yang terlihat hanya ada angkanya
>
> Coba begini :
>
> 1. disebuah cells bantu diberi formula =Now()
> lalu di atur format number custom diisi ;;; (3 bijik titik koma).
> letak cells bantu dalam sheet output tersebut adalah bebas alias
> dimana saja.
> Kalau ingin lebih nyaman, jangan di area yang dikenai outline dan bila
> perlu di-hide kolom atau barisnya.
>
> 2. semua event milik worksheet tersebut, yang bukan event calculate,
> diberi tambahan baris kode :
>
> > di baris pertama setelah baris deklarasi variabel di setiap
> prosedur event
>
> application.enableevents=false
>
> > di baris terakhir sebelum end sub di setiap prosedur event
>
> application.enableevents=true
>
> 3. di event calculate milik si worksheet, diisi baris kode berikut :
>
> Asumsi :
> a. nama object dari worksheet bernama 'Sheet1' (di preview, tab
> sheet nya bertuliskan begitu) adalah Sheet1 (biasanya, sheet pertama yang
> masih ori peletakannya, akan diberi object name Sheet1) -> sesuaikan dengan
> keadaan setempat
>
> b. kolom kuncinya adalah kolom C, misal range c1:c17 (di preview,
> data terakhir di c16, lalu dilewatkan 1) -> sesuaikan dengan keadaan
> setempat.
>
> c. kriteria yang di-hide adalah yang blank cells dan bukan yang
> berisi nullstring alias hasil "" di formula
>
> if activesheet.name=sheet1.name then 'yang dikalkulasi adalah
> sheet yang aktif [sesuaikan dengan keadaan setempat]
>
> on error resume next 'abaikan error
>
> application.enableevents=false 'turnoff responsif excel
> terhadap suatu tindakan
>
>
> range("c1:c17").specialcells(xlcelltypeblanks).entirerow.hidden=true
> 'hide yang sesuai kriteria
>
> application.enableevents=true 'turnon responsif excel
> terhadap suatu tindakan
>
> err.clear 'hapus error
>
> on error goto 0 'kembalikan trap error ke default setting
> nya
>
> endif
>
>
>
> Selamat mencoba.
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
>
> Kid
>
>
>
>
>
> 2015-11-27 8:02 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear : Mr. Kid
>
>
>
> Untuk pertanyaan :
>
> No.1 data hanya dilihat dan tidak diinput
>
> No.2 memilih outline karena file sudah berat dan untuk melihat cell yang
> ada isinya lebih simple dibanding pivot, dikarenakan form sudah baku dan
> memilih dengan outline lebih mudah untuk yang awam menggunakan excel ^_^.
>
> No.3 yang dilakukan user hanya memilih outline number saja dan angka di
> cell yang terlihat hanya ada angkanya, karena Row terlalu banyak sehingga
> lebih mudah user melihat angka dengan menggunakan outline.
>
>
>
> Mohon Bantuannya para suhu ^_^
>
>
>
> Salam,
>
> DD
>
>
>
>
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 27 November 2015 07:46
>
>
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Hide Row jika Cell Blank
>
>
>
>
>
> Hai DD,
>
> hmm...
>
> maaf ya, nambah nanyanya gpp kan ya...
>
> 1. sheet ini sebagai salah satu output untuk melihat-lihat data atau
> sebagai area input data ?
>
> 2. kenapa memilih outline ? apa tujuan awalnya, sehingga memilih
> menggunakan fitur outline ?
>
> 3. apa saja yang bisa dilakukan user terhadap outline tersebut ?
>
>
>
> Bukan masalah bisa atau tidak bisa, tetapi diperkirakan ada yang tidak pas
> antara apa yang Anda inginkan dengan menfaat outline itu sendiri. Jadi,
> kasus ini bukan sekedar bisa hide blank cells yang bisa diatur dengan hide
> row. Pokok masalahnya justru bukan diproses hide/unhide nya.
>
> btw, bisa jadi dugaan saya yang tersebut di atas justru keliru. Akhirnya,
> malah jadi kebanyakan bertanya daripada urun solusi. maaf ya.
>
> pertanyaan pertama tentang penggunaan pivot table di email lalu bukanlah
> saran untuk menggunakan pivot table, tetapi lebih mengarah ke batasan
> struktur dan memastikan tujuan utama kasus yang menyebabkan penghindaran
> pemanfaatan proses yang lebih mudah dan lebih tepat guna.
>
> sedangkan rangkaian pertanyaan yang ini akan mengarah kemana ya...
> wakakaka... mungkin karena kid lagi iseng...
>
>
>
>
>
> Wassalam,
>
> Kid
>
>
>
>
>
> 2015-11-27 7:23 GMT+07:00 'Dede Sulaeman' pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear Mr Kid,
>
>
>
> File lampiran yang lalu adalah sebagai contoh dari form asli, sedangkan
> form asli sudah dibakukan sehingga tidak dapat untuk dirubah.
>
> Apakah macro memungkinkan bekerja dengan form seprti itu (bekerja saat
> outline dipilih 2,3,dan4)
>
>
>
> Note: form Asli sebenarnya mencapai level 4
>
>
>
> Salam,
>
> DD
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 26 November 2015 11:19
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Hide Row jika Cell Blank
>
>
>
>
>
> Wa'alaikumussalam wr wb
>
> Hai DD,
>
> Boleh tahu kenapa tidak pakai Excel Pivot Table ?
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
>
> Kid
>
>
>
>
>
> 2015-11-26 10:52 GMT+07:00 'Dede Sulaeman'
> pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear BeExceller,
>
>
>
> Assalamu'alaikum Wr Wb...
>
>
>
> Mohon koreksinya trhadap sricpt macro pada file terlampir.
>
> Harapannya adalah pada saat saya klik Group OutLine no 2 dan 3, maka cell
> kosong (Blank) terhidden otomatis.
>
>
>
>
>
> Wassalamu'alaikum Wr Wb...
>
> Salam,
>
> DD
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Thu Nov 26, 2015 8:42 pm (PST) . Posted by:

"Yudi Dwiyono"

Dear Masters,

Mohon bantuan untuk formula aga dapa menghasil kan service level yang benar

saya mempunyai contoh seperti terlampir
sekali lagi mohon bantuannya ya para master.
Thanks.

Regards,
Yudi
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar