Senin, 28 Desember 2015

[belajar-excel] Digest Number 3699

7 Messages

Digest #3699
1a
Re: pivot dari 2 sheet by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1c
Re: pivot dari 2 sheet [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: Aplikasi Excel yang menggunakan VBA by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: transport plan by "Yudi Dwiyono"
4a

Messages

Sun Dec 27, 2015 3:31 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Odong,

0. PivotTable values field adalah nilai agregat data hasil function yang
disediakan pada tab Summarize by. Jadi, silakan dicoba sendiri apa guna
setiap function yang telah disediakan. Jika suatu field yang dimasukkan ke
dalam values field area di summarize by Count, maka nilai sebuah cells
dalam pivot table dibaca sebagai hasil Count dari fields di area Rows
dengan nilai tertentu yang fields di area Columns bernilai tertentu adalah
sebanyak nilai di cells bagian Values tersebut.

1. Lihat nomor 0 untuk hasil uji coba Anda dengan function summarize yang
lainnya.
2. Formula untuk SAK tersebut hanyalah asumsi saja kok. Asumsinya, saldo
akhir = saldo awal + masuk - keluar. Nilai-nilai yang dibutuhkan untuk
mendapatkan saldo akhir sudah disediakan di dalam sumber data pivot table
(pivot table sata source). Kalau formulanya keliru, silakan disesuaikan
dengan keadaan setempat.
Kenapa SUM ? .... ? Kenapa tidak mencoba sendiri kalau bukan SUM ? Coba
saja, lalu pilih mana yang tepat menurut Anda. Cara baca setiap nilai cells
di bagian Values Field area ada di nomor 0.
Kenapa Running total ? .... ? Coba deh, dihitung di tabel sumber datanya
pada sebuah kolom baru (untuk 1 kritreria bagian rows yang sama) nilai
hasil formula saldo awal + masuk - keluar menghasilkan nilai seperti apa
saja. Kemudian dibuat kolom baru yang menghitung running totalnya. Itulah
yang dilakukan oleh running total di dalam pivot table.
Kenapa running total berdasar field bernama ID ? .... ? Karena ingin
menampilkan pergerakan saldo akhir dari setiap transaksi per item tertentu
yang setiap itemnya terdiri dari banyak childs (yang diwakili ID).
Kenapa dibuat field ID ? .... ? Karena dibutuhkan id baris yang harus
ditampilkan di hasil akhir agar sesuai kebutuhan.

3. Maksud dan fungsinya sesuai namanya, kalau running total, berarti akan
melakukan running total dari hasil summarize by.
Dimana contoh penggunaannya ? Kenapa tidak membuat sendiri saja... Karena
setiap item show values as bisa dipengaruhi base item-nya, sehingga
hasilnya pun akan berbeda-beda sesuai pemahaman dasar cara membaca nilai
dalam suatu pivot table (Pivot Table loh ya, bukan cuma Excel Pivot Table.
Jadi, pivot table di aplikasi atau sistem apapun).
Kalau mau mencoba, coba lihat disini
<http://www.contextures.com/xlPivot10.html>. Tapi tidak ada jaminan bahwa
hasil penerapan ke suatu kasus akan serta merta seperti yang diharapkan
dengan cara mengikuti seluruh langkahnya, karena yang dibutuhkan adalah
pemahaman cara membaca setiap nilai dalam pivot table dari hasil suatu
proses kalkulasi.
Penjelasan singkat tentang setiap item show values as bisa dilihat di Excel
Help. Kalau tidak punya Excel Help, install-lah Excel Help, supaya tidak
tergantung dengan jaringan internet alias bisa offline.

Wassalam,
Kid

On Fri, Dec 25, 2015 at 1:56 PM, odong nando odongnando@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> dear bos kid,
>
> trimakasih atas petunjuknya bos kid, saya sudah mampu menjalankan petunjuk
> bos kid dengan baik, namun saya menjadi bertanya lagi...
> 1. mengapa setiap fields yang di masukan dalam bagian value kecuali SAK,
> summaries value fieldnya MAX semua, kenapa saat saya coba dengan yang lain
> menjadi ngaco...?
> 2. mengapa dalam calculate field "SAK", diberi formula
> ='Saldo Awal'+Masuk-Keluar
> dan mengapa harus memilih SUM pada value field setting dalam summarize
> value by, dan show value as harus diisi "running total id"...?
> 3. dalam pilihan show value as, apa saja maksud dan funsinya...?
> dimana saya bisa mencari contoh penggunaannya masing2...
>
> sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih
>
> br,
>
> odong nando
>
>
> Pada Rabu, 23 Desember 2015 18:26, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Hai Odong,
>
> 1. SAK adalah calculated field. Lihat di pivot table -> menu PivotTools ->
> ribbon Options -> group Tools -> Formulas -> Calculated Field -> pilih
> salah satu calculated field yang sudah ada atau buat baru
>
> 2. Values Field bernama Saldo Akhir di dalam pivot table adalah field SAK
> (hasil calculated field di nomor 1) yang diletakkan di bagian Values dan
> di-rename nama tampilannya melalui Value Field Settings dengan Summarize by
> Sum dan diatur Show Values as Running Total in field bernama ID.
>
> 3. Values Field bernama Reff dari field bernama Reff yang diatur Number
> Format dan Summarize by nya
>
> 4. Values Field bernama Tanggal dari field tgl yang diatur Number Format
> dan Summarize by nya
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
> On Wed, Dec 23, 2015 at 10:03 AM, odong nando odongnando@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> dear all,
>
> saya ingin menanyakan untuk lampiran file yang dari bos kid shet mydata,
> ada yang saya bingung neh,
> 1. ada filds yang namanya SAK, tapi di source datanya tidak ada yang
> header SAK...tu buat or cara mengadakannya gmn ya...?
> 2. dalam pivot yang bos kid buat ada header namanya saldo akhir, itu
> maksudnya gmn ya, cara buatnya...?
>
> tolong di bantu untuk menjelaskannya trimakasih.
>
> br,
>
> odong nando
>
>
> Pada Selasa, 22 Desember 2015 20:02, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Hai Nando,
>
> Untuk kasus Anda,
> Pivot consolidation kurang fleksibel.
> Excel Pivot Table masih cukup fleksibel walau banyak batasannya.
>
> File terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
>
>
> 2015-12-21 14:57 GMT+07:00 odong nando odongnando@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> dear all,
>
> saya sedang membuat report dengan menggunakan 2 sheet sebagai data, hasil
> yang di inginkan seperti membuat pivot saja, namun ada beberapa tambahan
> sedikit yang membuat bingun saya sendiri, saya sudah menggunakan pivot
> wizart namun masih bingung untuk mendapat hasil yang diinginkan.
>
> untuk lebih jelas bisa dilihat dari lampiran berikut.
>
> br,
>
> odong nando
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Sun Dec 27, 2015 10:44 pm (PST) . Posted by:

"odong nando"

dear bos kid,
saya lg nyoba ganti ITEM menjadi CODE ITEM dan di samping header CODE ITEM dalam pivot saya akan memasukan NAMA ITEM ny dengan merujuk ke table yang sudah saya siapkan dalam sheet lain. saya menggunakan formula vlookup , tapi kok hasilnya #N/A, apakah formula yang dapat di masukan dalam calculated field hanya yang mengandung kali bagi tambah kurang..?bila tidak seharusnya saya seperti apa memasukan formula nya...
berikut saya lampirkan hasil uji coba. br,

odong nando


Pada Senin, 28 Desember 2015 6:31, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


  Hai Odong,

0. PivotTable values field adalah nilai agregat data hasil function yang disediakan pada tab Summarize by. Jadi, silakan dicoba sendiri apa guna setiap function yang telah disediakan. Jika suatu field yang dimasukkan ke dalam values field area di summarize by Count, maka nilai sebuah cells dalam pivot table dibaca sebagai hasil Count dari fields di area Rows dengan nilai tertentu yang fields di area Columns bernilai tertentu adalah sebanyak nilai di cells bagian Values tersebut.

1. Lihat nomor 0 untuk hasil uji coba Anda dengan function summarize yang lainnya.
2. Formula untuk SAK tersebut hanyalah asumsi saja kok. Asumsinya, saldo akhir = saldo awal + masuk - keluar. Nilai-nilai yang dibutuhkan untuk mendapatkan saldo akhir sudah disediakan di dalam sumber data pivot table (pivot table sata source). Kalau formulanya keliru, silakan disesuaikan dengan keadaan setempat.
Kenapa SUM ? .... ? Kenapa tidak mencoba sendiri kalau bukan SUM ? Coba saja, lalu pilih mana yang tepat menurut Anda. Cara baca setiap nilai cells di bagian Values Field area ada di nomor 0.
Kenapa Running total ? .... ? Coba deh, dihitung di tabel sumber datanya pada sebuah kolom baru (untuk 1 kritreria bagian rows yang sama) nilai hasil formula saldo awal + masuk - keluar menghasilkan nilai seperti apa saja. Kemudian dibuat kolom baru yang menghitung running totalnya. Itulah yang dilakukan oleh running total di dalam pivot table.
Kenapa running total berdasar field bernama ID ? .... ? Karena ingin menampilkan pergerakan saldo akhir dari setiap transaksi per item tertentu yang setiap itemnya terdiri dari banyak childs (yang diwakili ID).
Kenapa dibuat field ID ? .... ? Karena dibutuhkan id baris yang harus ditampilkan di hasil akhir agar sesuai kebutuhan.

3. Maksud dan fungsinya sesuai namanya, kalau running total, berarti akan melakukan running total dari hasil summarize by.
Dimana contoh penggunaannya ? Kenapa tidak membuat sendiri saja... Karena setiap item show values as bisa dipengaruhi base item-nya, sehingga hasilnya pun akan berbeda-beda sesuai pemahaman dasar cara membaca nilai dalam suatu pivot table (Pivot Table loh ya, bukan cuma Excel Pivot Table. Jadi, pivot table di aplikasi atau sistem apapun).
Kalau mau mencoba, coba lihat disini. Tapi tidak ada jaminan bahwa hasil penerapan ke suatu kasus akan serta merta seperti yang diharapkan dengan cara mengikuti seluruh langkahnya, karena yang dibutuhkan adalah pemahaman cara membaca setiap nilai dalam pivot table dari hasil suatu proses kalkulasi.
Penjelasan singkat tentang setiap item show values as bisa dilihat di Excel Help. Kalau tidak punya Excel Help, install-lah Excel Help, supaya tidak tergantung dengan jaringan internet alias bisa offline.

Wassalam,
Kid

On Fri, Dec 25, 2015 at 1:56 PM, odong nando odongnando@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

  dear bos kid,
trimakasih atas petunjuknya bos kid, saya sudah mampu menjalankan petunjuk bos kid dengan baik, namun saya menjadi bertanya lagi... 1. mengapa setiap fields yang di masukan dalam bagian value kecuali SAK, summaries value fieldnya MAX semua, kenapa saat saya coba dengan yang lain menjadi ngaco...?2. mengapa dalam calculate field "SAK", diberi formula     ='Saldo Awal'+Masuk-Keluar    dan mengapa harus memilih SUM pada value field setting dalam summarize value by, dan show value as harus diisi "running total id"...?
3. dalam pilihan show value as, apa saja maksud dan funsinya...?     dimana saya bisa mencari contoh penggunaannya masing2...

sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih br,

odong nando


Pada Rabu, 23 Desember 2015 18:26, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


  Hai Odong,

1. SAK adalah calculated field. Lihat di pivot table -> menu PivotTools -> ribbon Options -> group Tools -> Formulas -> Calculated Field -> pilih salah satu calculated field yang sudah ada atau buat baru

2. Values Field bernama Saldo Akhir di dalam pivot table adalah field SAK (hasil calculated field di nomor 1) yang diletakkan di bagian Values dan di-rename nama tampilannya melalui Value Field Settings dengan Summarize by Sum dan diatur Show Values as Running Total in field bernama ID.

3. Values Field bernama Reff dari field bernama Reff yang diatur Number Format dan Summarize by nya

4. Values Field bernama Tanggal dari field tgl yang diatur Number Format dan Summarize by nya

Wassalam,
Kid

On Wed, Dec 23, 2015 at 10:03 AM, odong nando odongnando@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

  dear all,
saya ingin menanyakan untuk lampiran file yang dari bos kid shet mydata, ada yang saya bingung neh, 1. ada filds yang namanya SAK, tapi di source datanya tidak ada yang header SAK...tu buat or cara mengadakannya gmn ya...?2. dalam pivot yang bos kid buat ada header namanya saldo akhir, itu maksudnya gmn ya, cara buatnya...?
tolong di bantu untuk menjelaskannya trimakasih. br,

odong nando


Pada Selasa, 22 Desember 2015 20:02, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


  Hai Nando,

Untuk kasus Anda,
Pivot consolidation kurang fleksibel.
Excel Pivot Table masih cukup fleksibel walau banyak batasannya.

File terlampir.

Wassalam,
Kid

2015-12-21 14:57 GMT+07:00 odong nando odongnando@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

  dear all,
saya sedang membuat report dengan menggunakan 2 sheet sebagai data, hasil yang di inginkan seperti membuat pivot saja, namun ada beberapa tambahan sedikit yang membuat bingun saya sendiri, saya sudah menggunakan pivot wizart namun masih bingung untuk mendapat hasil yang diinginkan.
untuk lebih jelas bisa dilihat dari lampiran berikut. br,

odong nando


#yiv3687450111 #yiv3687450111 -- #yiv3687450111ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-mkp #yiv3687450111hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-mkp #yiv3687450111ads {margin-bottom:10px;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-mkp .yiv3687450111ad {padding:0 0;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-mkp .yiv3687450111ad p {margin:0;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-mkp .yiv3687450111ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-sponsor #yiv3687450111ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-sponsor #yiv3687450111ygrp-lc #yiv3687450111hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-sponsor #yiv3687450111ygrp-lc .yiv3687450111ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv3687450111 #yiv3687450111actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv3687450111 #yiv3687450111activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv3687450111 #yiv3687450111activity span {font-weight:700;}#yiv3687450111 #yiv3687450111activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv3687450111 #yiv3687450111activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv3687450111 #yiv3687450111activity span span {color:#ff7900;}#yiv3687450111 #yiv3687450111activity span .yiv3687450111underline {text-decoration:underline;}#yiv3687450111 .yiv3687450111attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv3687450111 .yiv3687450111attach div a {text-decoration:none;}#yiv3687450111 .yiv3687450111attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv3687450111 .yiv3687450111attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv3687450111 .yiv3687450111attach label a {text-decoration:none;}#yiv3687450111 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv3687450111 .yiv3687450111bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv3687450111 .yiv3687450111bold a {text-decoration:none;}#yiv3687450111 dd.yiv3687450111last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv3687450111 dd.yiv3687450111last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv3687450111 dd.yiv3687450111last p span.yiv3687450111yshortcuts {margin-right:0;}#yiv3687450111 div.yiv3687450111attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv3687450111 div.yiv3687450111attach-table {width:400px;}#yiv3687450111 div.yiv3687450111file-title a, #yiv3687450111 div.yiv3687450111file-title a:active, #yiv3687450111 div.yiv3687450111file-title a:hover, #yiv3687450111 div.yiv3687450111file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv3687450111 div.yiv3687450111photo-title a, #yiv3687450111 div.yiv3687450111photo-title a:active, #yiv3687450111 div.yiv3687450111photo-title a:hover, #yiv3687450111 div.yiv3687450111photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv3687450111 div#yiv3687450111ygrp-mlmsg #yiv3687450111ygrp-msg p a span.yiv3687450111yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv3687450111 .yiv3687450111green {color:#628c2a;}#yiv3687450111 .yiv3687450111MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv3687450111 o {font-size:0;}#yiv3687450111 #yiv3687450111photos div {float:left;width:72px;}#yiv3687450111 #yiv3687450111photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv3687450111 #yiv3687450111photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv3687450111 #yiv3687450111reco-category {font-size:77%;}#yiv3687450111 #yiv3687450111reco-desc {font-size:77%;}#yiv3687450111 .yiv3687450111replbq {margin:4px;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-mlmsg select, #yiv3687450111 input, #yiv3687450111 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-mlmsg pre, #yiv3687450111 code {font:115% monospace;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-mlmsg #yiv3687450111logo {padding-bottom:10px;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-msg p#yiv3687450111attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-reco #yiv3687450111reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-sponsor #yiv3687450111ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-sponsor #yiv3687450111ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-sponsor #yiv3687450111ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv3687450111 #yiv3687450111ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv3687450111

Mon Dec 28, 2015 12:32 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Odong,

Wajarnya, hal seperti itu ditambahkan di data source-nya. Jadi di tabel
yang menjadi sumber pivot table ditambahkan 1 kolom berisi formula vlookup
tersebut.

Pivot Table Calculated Field untuk membuat field baru yang SELALU akan
diletakkan di Values Field Area. Area ini pasti akan menampilkan nilai
bertipe numerik saja karena akan dikenai fungsi-fungsi agregat seperti Sum
atau Count atau yang lainnya.

Pivot Table Calculated Item untuk membuat item baru di sebuah field.

PivotTable Calculated Field atau Calculated Item hanya bisa merujuk ke data
yang ada di dalam pivot table saja.

Wassalam,
Kid

2015-12-28 13:43 GMT+07:00 odong nando odongnando@yahoo.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> dear bos kid,
>
> saya lg nyoba ganti ITEM menjadi CODE ITEM dan di samping header CODE ITEM
> dalam pivot saya akan memasukan NAMA ITEM ny dengan merujuk ke table yang
> sudah saya siapkan dalam sheet lain. saya menggunakan formula vlookup ,
> tapi kok hasilnya #N/A, apakah formula yang dapat di masukan dalam
> calculated field hanya yang mengandung kali bagi tambah kurang..?
> bila tidak seharusnya saya seperti apa memasukan formula nya...
>
> berikut saya lampirkan hasil uji coba.
>
> br,
>
> odong nando
>
>
> Pada Senin, 28 Desember 2015 6:31, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Hai Odong,
>
> 0. PivotTable values field adalah nilai agregat data hasil function yang
> disediakan pada tab Summarize by. Jadi, silakan dicoba sendiri apa guna
> setiap function yang telah disediakan. Jika suatu field yang dimasukkan ke
> dalam values field area di summarize by Count, maka nilai sebuah cells
> dalam pivot table dibaca sebagai hasil Count dari fields di area Rows
> dengan nilai tertentu yang fields di area Columns bernilai tertentu adalah
> sebanyak nilai di cells bagian Values tersebut.
>
> 1. Lihat nomor 0 untuk hasil uji coba Anda dengan function summarize yang
> lainnya.
> 2. Formula untuk SAK tersebut hanyalah asumsi saja kok. Asumsinya, saldo
> akhir = saldo awal + masuk - keluar. Nilai-nilai yang dibutuhkan untuk
> mendapatkan saldo akhir sudah disediakan di dalam sumber data pivot table
> (pivot table sata source). Kalau formulanya keliru, silakan disesuaikan
> dengan keadaan setempat.
> Kenapa SUM ? .... ? Kenapa tidak mencoba sendiri kalau bukan SUM ? Coba
> saja, lalu pilih mana yang tepat menurut Anda. Cara baca setiap nilai cells
> di bagian Values Field area ada di nomor 0.
> Kenapa Running total ? .... ? Coba deh, dihitung di tabel sumber datanya
> pada sebuah kolom baru (untuk 1 kritreria bagian rows yang sama) nilai
> hasil formula saldo awal + masuk - keluar menghasilkan nilai seperti apa
> saja. Kemudian dibuat kolom baru yang menghitung running totalnya. Itulah
> yang dilakukan oleh running total di dalam pivot table.
> Kenapa running total berdasar field bernama ID ? .... ? Karena ingin
> menampilkan pergerakan saldo akhir dari setiap transaksi per item tertentu
> yang setiap itemnya terdiri dari banyak childs (yang diwakili ID).
> Kenapa dibuat field ID ? .... ? Karena dibutuhkan id baris yang harus
> ditampilkan di hasil akhir agar sesuai kebutuhan.
>
> 3. Maksud dan fungsinya sesuai namanya, kalau running total, berarti akan
> melakukan running total dari hasil summarize by.
> Dimana contoh penggunaannya ? Kenapa tidak membuat sendiri saja... Karena
> setiap item show values as bisa dipengaruhi base item-nya, sehingga
> hasilnya pun akan berbeda-beda sesuai pemahaman dasar cara membaca nilai
> dalam suatu pivot table (Pivot Table loh ya, bukan cuma Excel Pivot Table.
> Jadi, pivot table di aplikasi atau sistem apapun).
> Kalau mau mencoba, coba lihat disini
> <http://www.contextures.com/xlPivot10.html>. Tapi tidak ada jaminan bahwa
> hasil penerapan ke suatu kasus akan serta merta seperti yang diharapkan
> dengan cara mengikuti seluruh langkahnya, karena yang dibutuhkan adalah
> pemahaman cara membaca setiap nilai dalam pivot table dari hasil suatu
> proses kalkulasi.
> Penjelasan singkat tentang setiap item show values as bisa dilihat di
> Excel Help. Kalau tidak punya Excel Help, install-lah Excel Help, supaya
> tidak tergantung dengan jaringan internet alias bisa offline.
>
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
>
>
>
>
> On Fri, Dec 25, 2015 at 1:56 PM, odong nando odongnando@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> dear bos kid,
>
> trimakasih atas petunjuknya bos kid, saya sudah mampu menjalankan petunjuk
> bos kid dengan baik, namun saya menjadi bertanya lagi...
> 1. mengapa setiap fields yang di masukan dalam bagian value kecuali SAK,
> summaries value fieldnya MAX semua, kenapa saat saya coba dengan yang lain
> menjadi ngaco...?
> 2. mengapa dalam calculate field "SAK", diberi formula
> ='Saldo Awal'+Masuk-Keluar
> dan mengapa harus memilih SUM pada value field setting dalam summarize
> value by, dan show value as harus diisi "running total id"...?
> 3. dalam pilihan show value as, apa saja maksud dan funsinya...?
> dimana saya bisa mencari contoh penggunaannya masing2...
>
> sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih
>
> br,
>
> odong nando
>
>
> Pada Rabu, 23 Desember 2015 18:26, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Hai Odong,
>
> 1. SAK adalah calculated field. Lihat di pivot table -> menu PivotTools ->
> ribbon Options -> group Tools -> Formulas -> Calculated Field -> pilih
> salah satu calculated field yang sudah ada atau buat baru
>
> 2. Values Field bernama Saldo Akhir di dalam pivot table adalah field SAK
> (hasil calculated field di nomor 1) yang diletakkan di bagian Values dan
> di-rename nama tampilannya melalui Value Field Settings dengan Summarize by
> Sum dan diatur Show Values as Running Total in field bernama ID.
>
> 3. Values Field bernama Reff dari field bernama Reff yang diatur Number
> Format dan Summarize by nya
>
> 4. Values Field bernama Tanggal dari field tgl yang diatur Number Format
> dan Summarize by nya
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
> On Wed, Dec 23, 2015 at 10:03 AM, odong nando odongnando@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
> dear all,
>
> saya ingin menanyakan untuk lampiran file yang dari bos kid shet mydata,
> ada yang saya bingung neh,
> 1. ada filds yang namanya SAK, tapi di source datanya tidak ada yang
> header SAK...tu buat or cara mengadakannya gmn ya...?
> 2. dalam pivot yang bos kid buat ada header namanya saldo akhir, itu
> maksudnya gmn ya, cara buatnya...?
>
> tolong di bantu untuk menjelaskannya trimakasih.
>
> br,
>
> odong nando
>
>
> Pada Selasa, 22 Desember 2015 20:02, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:
>
>
>
> Hai Nando,
>
> Untuk kasus Anda,
> Pivot consolidation kurang fleksibel.
> Excel Pivot Table masih cukup fleksibel walau banyak batasannya.
>
> File terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
>
>
> 2015-12-21 14:57 GMT+07:00 odong nando odongnando@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> dear all,
>
> saya sedang membuat report dengan menggunakan 2 sheet sebagai data, hasil
> yang di inginkan seperti membuat pivot saja, namun ada beberapa tambahan
> sedikit yang membuat bingun saya sendiri, saya sudah menggunakan pivot
> wizart namun masih bingung untuk mendapat hasil yang diinginkan.
>
> untuk lebih jelas bisa dilihat dari lampiran berikut.
>
> br,
>
> odong nando
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Mon Dec 28, 2015 1:50 am (PST) . Posted by:

"odong nando"

OK...trimakasih penjelasannya bos kid.... br,

odong nando


Pada Senin, 28 Desember 2015 15:32, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


  Hai Odong,

Wajarnya, hal seperti itu ditambahkan di data source-nya. Jadi di tabel yang menjadi sumber pivot table ditambahkan 1 kolom berisi formula vlookup tersebut.

Pivot Table Calculated Field untuk membuat field baru yang SELALU akan diletakkan di Values Field Area. Area ini pasti akan menampilkan nilai bertipe numerik saja karena akan dikenai fungsi-fungsi agregat seperti Sum atau Count atau yang lainnya.

Pivot Table Calculated Item untuk membuat item baru di sebuah field.

PivotTable Calculated Field atau Calculated Item hanya bisa merujuk ke data yang ada di dalam pivot table saja.

Wassalam,
Kid

2015-12-28 13:43 GMT+07:00 odong nando odongnando@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

  dear bos kid,
saya lg nyoba ganti ITEM menjadi CODE ITEM dan di samping header CODE ITEM dalam pivot saya akan memasukan NAMA ITEM ny dengan merujuk ke table yang sudah saya siapkan dalam sheet lain. saya menggunakan formula vlookup , tapi kok hasilnya #N/A, apakah formula yang dapat di masukan dalam calculated field hanya yang mengandung kali bagi tambah kurang..?bila tidak seharusnya saya seperti apa memasukan formula nya...
berikut saya lampirkan hasil uji coba. br,

odong nando


Pada Senin, 28 Desember 2015 6:31, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


  Hai Odong,

0. PivotTable values field adalah nilai agregat data hasil function yang disediakan pada tab Summarize by. Jadi, silakan dicoba sendiri apa guna setiap function yang telah disediakan. Jika suatu field yang dimasukkan ke dalam values field area di summarize by Count, maka nilai sebuah cells dalam pivot table dibaca sebagai hasil Count dari fields di area Rows dengan nilai tertentu yang fields di area Columns bernilai tertentu adalah sebanyak nilai di cells bagian Values tersebut.

1. Lihat nomor 0 untuk hasil uji coba Anda dengan function summarize yang lainnya.
2. Formula untuk SAK tersebut hanyalah asumsi saja kok. Asumsinya, saldo akhir = saldo awal + masuk - keluar. Nilai-nilai yang dibutuhkan untuk mendapatkan saldo akhir sudah disediakan di dalam sumber data pivot table (pivot table sata source). Kalau formulanya keliru, silakan disesuaikan dengan keadaan setempat.
Kenapa SUM ? .... ? Kenapa tidak mencoba sendiri kalau bukan SUM ? Coba saja, lalu pilih mana yang tepat menurut Anda. Cara baca setiap nilai cells di bagian Values Field area ada di nomor 0.
Kenapa Running total ? .... ? Coba deh, dihitung di tabel sumber datanya pada sebuah kolom baru (untuk 1 kritreria bagian rows yang sama) nilai hasil formula saldo awal + masuk - keluar menghasilkan nilai seperti apa saja. Kemudian dibuat kolom baru yang menghitung running totalnya. Itulah yang dilakukan oleh running total di dalam pivot table.
Kenapa running total berdasar field bernama ID ? .... ? Karena ingin menampilkan pergerakan saldo akhir dari setiap transaksi per item tertentu yang setiap itemnya terdiri dari banyak childs (yang diwakili ID).
Kenapa dibuat field ID ? .... ? Karena dibutuhkan id baris yang harus ditampilkan di hasil akhir agar sesuai kebutuhan.

3. Maksud dan fungsinya sesuai namanya, kalau running total, berarti akan melakukan running total dari hasil summarize by.
Dimana contoh penggunaannya ? Kenapa tidak membuat sendiri saja... Karena setiap item show values as bisa dipengaruhi base item-nya, sehingga hasilnya pun akan berbeda-beda sesuai pemahaman dasar cara membaca nilai dalam suatu pivot table (Pivot Table loh ya, bukan cuma Excel Pivot Table. Jadi, pivot table di aplikasi atau sistem apapun).
Kalau mau mencoba, coba lihat disini. Tapi tidak ada jaminan bahwa hasil penerapan ke suatu kasus akan serta merta seperti yang diharapkan dengan cara mengikuti seluruh langkahnya, karena yang dibutuhkan adalah pemahaman cara membaca setiap nilai dalam pivot table dari hasil suatu proses kalkulasi.
Penjelasan singkat tentang setiap item show values as bisa dilihat di Excel Help. Kalau tidak punya Excel Help, install-lah Excel Help, supaya tidak tergantung dengan jaringan internet alias bisa offline.

Wassalam,
Kid

On Fri, Dec 25, 2015 at 1:56 PM, odong nando odongnando@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

  dear bos kid,
trimakasih atas petunjuknya bos kid, saya sudah mampu menjalankan petunjuk bos kid dengan baik, namun saya menjadi bertanya lagi... 1. mengapa setiap fields yang di masukan dalam bagian value kecuali SAK, summaries value fieldnya MAX semua, kenapa saat saya coba dengan yang lain menjadi ngaco...?2. mengapa dalam calculate field "SAK", diberi formula     ='Saldo Awal'+Masuk-Keluar    dan mengapa harus memilih SUM pada value field setting dalam summarize value by, dan show value as harus diisi "running total id"...?
3. dalam pilihan show value as, apa saja maksud dan funsinya...?     dimana saya bisa mencari contoh penggunaannya masing2...

sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih br,

odong nando


Pada Rabu, 23 Desember 2015 18:26, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


  Hai Odong,

1. SAK adalah calculated field. Lihat di pivot table -> menu PivotTools -> ribbon Options -> group Tools -> Formulas -> Calculated Field -> pilih salah satu calculated field yang sudah ada atau buat baru

2. Values Field bernama Saldo Akhir di dalam pivot table adalah field SAK (hasil calculated field di nomor 1) yang diletakkan di bagian Values dan di-rename nama tampilannya melalui Value Field Settings dengan Summarize by Sum dan diatur Show Values as Running Total in field bernama ID.

3. Values Field bernama Reff dari field bernama Reff yang diatur Number Format dan Summarize by nya

4. Values Field bernama Tanggal dari field tgl yang diatur Number Format dan Summarize by nya

Wassalam,
Kid

On Wed, Dec 23, 2015 at 10:03 AM, odong nando odongnando@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

  dear all,
saya ingin menanyakan untuk lampiran file yang dari bos kid shet mydata, ada yang saya bingung neh, 1. ada filds yang namanya SAK, tapi di source datanya tidak ada yang header SAK...tu buat or cara mengadakannya gmn ya...?2. dalam pivot yang bos kid buat ada header namanya saldo akhir, itu maksudnya gmn ya, cara buatnya...?
tolong di bantu untuk menjelaskannya trimakasih. br,

odong nando


Pada Selasa, 22 Desember 2015 20:02, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


  Hai Nando,

Untuk kasus Anda,
Pivot consolidation kurang fleksibel.
Excel Pivot Table masih cukup fleksibel walau banyak batasannya.

File terlampir.

Wassalam,
Kid

2015-12-21 14:57 GMT+07:00 odong nando odongnando@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

  dear all,
saya sedang membuat report dengan menggunakan 2 sheet sebagai data, hasil yang di inginkan seperti membuat pivot saja, namun ada beberapa tambahan sedikit yang membuat bingun saya sendiri, saya sudah menggunakan pivot wizart namun masih bingung untuk mendapat hasil yang diinginkan.
untuk lebih jelas bisa dilihat dari lampiran berikut. br,

odong nando


#yiv2452527713 #yiv2452527713 -- #yiv2452527713ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-mkp #yiv2452527713hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-mkp #yiv2452527713ads {margin-bottom:10px;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-mkp .yiv2452527713ad {padding:0 0;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-mkp .yiv2452527713ad p {margin:0;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-mkp .yiv2452527713ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-sponsor #yiv2452527713ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-sponsor #yiv2452527713ygrp-lc #yiv2452527713hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-sponsor #yiv2452527713ygrp-lc .yiv2452527713ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv2452527713 #yiv2452527713actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv2452527713 #yiv2452527713activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv2452527713 #yiv2452527713activity span {font-weight:700;}#yiv2452527713 #yiv2452527713activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv2452527713 #yiv2452527713activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv2452527713 #yiv2452527713activity span span {color:#ff7900;}#yiv2452527713 #yiv2452527713activity span .yiv2452527713underline {text-decoration:underline;}#yiv2452527713 .yiv2452527713attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv2452527713 .yiv2452527713attach div a {text-decoration:none;}#yiv2452527713 .yiv2452527713attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv2452527713 .yiv2452527713attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv2452527713 .yiv2452527713attach label a {text-decoration:none;}#yiv2452527713 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv2452527713 .yiv2452527713bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv2452527713 .yiv2452527713bold a {text-decoration:none;}#yiv2452527713 dd.yiv2452527713last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv2452527713 dd.yiv2452527713last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv2452527713 dd.yiv2452527713last p span.yiv2452527713yshortcuts {margin-right:0;}#yiv2452527713 div.yiv2452527713attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv2452527713 div.yiv2452527713attach-table {width:400px;}#yiv2452527713 div.yiv2452527713file-title a, #yiv2452527713 div.yiv2452527713file-title a:active, #yiv2452527713 div.yiv2452527713file-title a:hover, #yiv2452527713 div.yiv2452527713file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv2452527713 div.yiv2452527713photo-title a, #yiv2452527713 div.yiv2452527713photo-title a:active, #yiv2452527713 div.yiv2452527713photo-title a:hover, #yiv2452527713 div.yiv2452527713photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv2452527713 div#yiv2452527713ygrp-mlmsg #yiv2452527713ygrp-msg p a span.yiv2452527713yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv2452527713 .yiv2452527713green {color:#628c2a;}#yiv2452527713 .yiv2452527713MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv2452527713 o {font-size:0;}#yiv2452527713 #yiv2452527713photos div {float:left;width:72px;}#yiv2452527713 #yiv2452527713photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv2452527713 #yiv2452527713photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv2452527713 #yiv2452527713reco-category {font-size:77%;}#yiv2452527713 #yiv2452527713reco-desc {font-size:77%;}#yiv2452527713 .yiv2452527713replbq {margin:4px;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-mlmsg select, #yiv2452527713 input, #yiv2452527713 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-mlmsg pre, #yiv2452527713 code {font:115% monospace;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-mlmsg #yiv2452527713logo {padding-bottom:10px;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-msg p#yiv2452527713attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-reco #yiv2452527713reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-sponsor #yiv2452527713ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-sponsor #yiv2452527713ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-sponsor #yiv2452527713ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv2452527713 #yiv2452527713ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv2452527713

Sun Dec 27, 2015 3:37 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

Hai Hairul,

Adakah penjelasan yang lebih spesifik tentang 'berpengaruh pada file Excel
Lain yang sedang aktif' ?

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2015-12-23 10:27 GMT+07:00 HAIRUL ALAM ha_mj76@yahoo.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamualaikum
>
> Yth. Para Milis Excel
>
> Saya memiliki masalah Close aplikasi Excel yang menggunakan VBA,
> berpengaruh pada file Excel Lain yang sedang aktif
>
> Bagaimana mengatasinya agar file excel yang memiliki VBA tersebut bekerja
> sendiri dan bila di close file excel yang lain tidak berpengaruh
>
> Terimakasih Banyak
>
> Wassalamualaikum
> Hairul Alam
>
>
>

Sun Dec 27, 2015 4:59 pm (PST) . Posted by:

"Yudi Dwiyono"

Dear Mr Kid,

Terima kasih atas bantuaanya untuk menjelaskan hal ini ke be-exceller.
Mohon di bantu be-exceller untuk pemecahan case ini.
Thanks.

Regards,
Yudi

2015-12-23 18:47 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Wa'alaikumussalam wr wb
>

> Hai Matzen,
>
> Jadwal Tiba adalah data yang disediakan penanya. Barangkali maksudnya
> adalah tanggal tibanya suatu barang yang diminta atau ditentukan oleh
> client.
>
> Lead time adalah jumlah hari perjalanan penngiriman barang tersebut yang
> ditentukan oleh server (penyedia barang).
>
> Output pada tabel ber-header di baris 60 adalah proses penggabungan
> (concatenate menggunakan operator amphersand '&') dari tabel antara (tabel
> bantu) yang berada di atas tabel output (expand outline group yang ada agar
> bisa melihat alur komputasi nya).
>
> Outline group yang ada adalah alur komputasinya yang berupa tabel-tabel
> antara. Untuk kasus dengan kriteria yang berbeda dengan kasus yang ada,
> tetap memiliki struktur yang demikian, tetapi formulasinya disesuaikan
> dengan kondisi yang dibutuhkan. Jadi, apapun kasusnya, alur komputasi akan
> membentuk tabel antara yang demikian dengan struktur tabel dan formulasi
> yang berbeda.
> Artinya, adalah langkah-langkah :
> 1. menentukan tanggal acuan dimulainya proses beserta nilai-nilai batas
> setiap awal proses (pada kasus ini adalah tanggal keberangakan dan
> kapasitas target yang diminta client)
> 2. penyusunan tabel-tabel referensi pelengkap kondisi proses (pada kasus
> ini adalah tabel siklus sebuah truck akan siap digunakan lagi dan jenis
> truck sebagai kelompok dari object yang terlibat aktif dalam proses)
> 3. komputasi object yang akan terlibat di dalam proses (dalam kasus ini,
> menghitung jumlah truck yang akan terlibat di dalam proses dari
> keberangkatan sampai mencapai client untuk memenuhi permintaan client) ::
> pada tahap ini, tabel antara akan menjadi lebih besar dimensinya karena ada
> kombinasi object yang terlibat (setiap item kelompok truck dengan setiap
> item object target [dalam hal ini client yang diwakili oleh Location])
> 4. daftar object utama proses beserta properties proses (dalam kasus ini,
> berarti setiap truck bisa diketahui akan berangat kapan, mengangkut berapa,
> kemana [yang diminta penanya adalah daftar truck per object target
> <location>, maka properties yang ditampilkan adalah object targetnya <i.e.
> Location 1, Location 2, dsb>])
> :: Pada tahap ini, wujud nilai di dalam area values bisa berbeda-beda,
> seperti properti status keberangkatan setiap truck per tanggal, properties
> object target setiap truck per tanggal, dan sebagainya.
> :: Jadi, bisa disusun tabel antara nomor 4 yang lain dari proses yang sama
> di tahap ini. *Misal*, output ingin berupa tanggal-tanggal dari setiap
> truck sedang melakukan tugasnya, maka bisa disusun formula tersendiri yang
> menghasilkan suatu nilai mulai dari tanggal si truck berangkat sampai
> tanggal si truck sampai di tempat semula dengan membedakan nilainya sebagai
> informasi kapan proses dari server ke target client dan kapan proses dari
> target client ke server.
>

> Tabel output berisi proses untuk menampilkan hasil akhir. Jadi, bagian
> tabel output ini sepenuhnya disusun berdasar tabel antara tahap 4 yang
> telah spesifik mengarah ke bentuk output.
>
> *** Catatan :
> 1. Formula yang ada di dalam file tersebut tidak tetap karena harus
> disesuaikan dengan kondisi kasus beserta seluruh asumsinya.
> 2. Tahap-tahap proses yang 4 (nomor 1 sampai 4) relatif tetap, tetapi
> fokus bahasannya mengikuti dimensi dan measure dari setiap kasus.
>
> *** Simpulan :
> File tersebut bukan template, tetapi sekedar alur sederhana yang bisa
> menjadi salah satu alternatif untuk penyelesaian kasus yang berkaitan
> dengan proses planning.
> Mohon selalu diingat bahwa metode untuk menyusun suatu planning ada banyak
> sekali, dan salah satu alternatif sederhana yang tidak terlalu komplek
> adalah seperti file tersebut.
>
> Demikian disampaikan.
>
> ;)
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
> Kid
>
>
>
>
>
> 2015-12-23 11:00 GMT+07:00 'Subroto, Matzen' matzen.subroto@akzonobel.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Assalamu alaikum Mr.Kid
>>
>>
>>
>> Semoga selalu dalam Lindungan Allah SWT. Mr.Kid bisa dibuatkan step untuk
>> mendapatkan data seperti table yang paling terakhir, karena saya masih
>> bingung step yang mana terlebih dahulu di kerjakan dan untuk jadwal tiba,
>> apakah tiba di loksai tujuan bongkar muat atau tiba di tujuan loading.
>>
>>
>>
>>
>>
>> Wassalamu alaikum
>>
>> *Terima Kasih*
>>
>>
>>
>> *Matzen*
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>

>>
>>
>>
>>
>> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
>> belajar-excel@yahoogroups.com]
>> *Sent:* 22 Desember 2015 20:04
>> *To:* BeExcel
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] transport plan [1 Attachment]
>>
>>
>>
>>
>>
>> hmmm...
>>
>> masih belum ada yang reply...
>>
>> File terlampir adalah contoh dengan banyak asumsi.
>>
>>
>>
>> Wassalam,
>>
>> Kid
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2015-12-21 9:37 GMT+07:00 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>:
>>
>> Dear BeExceller,
>>
>> Thread ini sudah dilengkapi dengan informasi sebagai berikut :
>>
>> 1. Target kapasitas yang perlu diantar oleh Truck(s) per location untuk
>> sampai dilokasi disuatu tanggal tertentu.
>>
>> > ada banyak tanggal target dengan kapasitas permintaan yang bisa
>> berbeda-beda.
>>

>> > data disusun per location (sisi baris) dan per tanggal (sisi kolom)
>> dengan nilai kapasitas target per location per tanggal
>>
>> 2. Location :
>> > ada banyak location,
>> > data yang tersedia adalah nama location dan jumlah hari untuk
>> mencapai location
>>
>> > Misal, location bernama Location1 ditempuh dalam 1 hari.
>> > Artinya, jadwal truck untuk Location1 adalah 1 hari sebelum tanggal
>> target dengan kapasitas permintaan sesuai tanggal tersebut.
>>
>> 3. Daftar Truck
>>
>> > ada banyak truck dengan berbagai kapasitas
>>
>> > data yang tersedia adalah nama Truck dan kapasitas angkut truck
>> tersebut
>>
>> 4. Kondisi
>>
>> > untuk memenuhi sebuah target permintaan (nomor 1), bisa memerlukan
>> banyak truck.
>>
>> > truck yang sudah berangkat menuju location tertentu tidak dapat
>> digunakan lagi, karena belum tersedia informasi kapan truck yang sudah
>> selesai mencapai suatu target bisa digunakan kembali (jika membutuhkan
>> waktu untuk mencapai suatu location, maka akan ada waktu untuk kembali ke
>> location, dan akan ada waktu untuk bongkar muat).
>>
>> 5. File lampiran
>>
>> > Pak Yudi telah menyertakan file lampiran pada email yang lalu di
>> thread ini.
>>
>> Selamat mencoba...
>>
>> Regards,
>>
>> Kid
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2015-12-21 9:00 GMT+07:00 Yudi Dwiyono yudidwiyono@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>
>> Dear Master Kid,
>>
>>
>>
>> pada tanggal 4 kita memakai truck 1 dengan kapasitas 1200, pada tanggal 5
>> seharusnya pakai truck 2 dengan kapasitas 1200 karena truk 1 dengan
>> kapasitas 1200 sudah beroperasi, maaf file yang saya lampirkan tadi adalah
>> file dengan formula coba coba dari saya..tpo nimbulnya kok truck 1 terus..
>>
>> Demikian Mr kid.
>>
>>
>>
>> Regards,
>>
>> Yudi
>>
>>
>>
>> 2015-12-21 8:51 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>
>> Oh gitu...
>>
>> Kapan pakai Truck1 atau Truck2 atau truck lainnya selain dengan batasan
>> kapasitas yang dibutuhkan ?
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2015-12-21 8:26 GMT+07:00 Yudi Dwiyono yudidwiyono@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>
>> Dear Mr Kid,
>>
>>
>>
>> Ya, Terima kasih atas sarannya.
>>
>>
>>
>> 1. Saya mau merencana kan keberangkatan barang yang akan di supply
>>
>> 2. Lead time untuk samai ke lokasi 1 adalah 1 hari, lokasi 2 adalah 3
>> hari dst.
>>
>> 3. Let say saya mempunyai armada sebanyak 22 truck dengan kapasitas
>> sampai 1200 kg dan 1200 - 2000 kg
>>
>> 4. Jika pengiriman ke lokasi 1 yang di jadwalkan harus tiba di tanggal 5
>> jan , dengan berat barang 500 kg artinya memakai truck dengan kapasitas
>> 1200 kg maka truck haru berangkat 1 hari sebelumnya . seperti terlampir.
>>
>>
>>
>> Adakah formula otomatis yang dapat mengatur nya.
>>
>> Terima kasih master atas masukan nya.
>>
>>
>>
>> Regards,
>>
>> Yudi
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2015-12-20 11:10 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>
>> Sepertinya trit ini tidak ada yang merespon karena BeExceller kurang
>> mampu memahami kasusnya.
>>
>> Bagaimana jika dicontohkan dengan detil tentang langkah manual
>> pengerjaannya (misal kalau di entri data itu seperti apa prosesnya [bukan
>> hanya hasilnya])
>>
>> Contoh :
>>
>> saya mau plan keberangkatan yang ini. Langkah 1, lihat nilai ini. kalau
>> yang nilainya segini, berarti diletakkan disini bunyi begini
>>
>> dst
>>
>> xixixixi...
>>
>> sapa tahu terus ada respon yang memuaskan dari BeExceller yang bisa paham.
>>
>> Regards,
>>
>> Kid
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2015-12-15 15:01 GMT+07:00 Yudi Dwiyono yudidwiyono@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>
>>
>> Dear para Master Excel,
>>
>>
>>
>> Saya mau bertanya untuk Transport Plan terlampir, bagaimana cara untuk
>> merencanakan keberangkatan armada. filte terlampir.
>>
>> Thanks.
>>
>>
>>
>> Regards,
>>
>> Yudi
>>

>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> __________________________________________________________
>> This email has been scanned by AkzoNobel for Viruses and Spam.
>> For more information please contact your local IT Service Desk.
>>
>> __________________________________________________________
>>
>>
>
>

Sun Dec 27, 2015 5:10 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Tio,

Ternyata masalahnya ada di coding di login form. Setelah saya non aktifkan
> buka login form, masalah selesai. Untuk login form , saya cari coding lain.
> Syukur deh. Terima kasih teman2 atas perhatiannya.
>

Yang jadi masalah adalah baris yang memproteksi kok yang diganti seluruh
kode untuk login ?
Bukannya baris untuk memproteksi itu bisa di non aktifkan saja ?

Wassalam,
Kid

2015-12-24 21:34 GMT+07:00 Tio Ali tioali2011@yahoo.co.id [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Ternyata masalahnya ada di coding di login form. Setelah saya non aktifkan
> buka login form, masalah selesai. Untuk login form , saya cari coding lain.
> Syukur deh. Terima kasih teman2 atas perhatiannya.
>
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
> ------------------------------
> *Dari*:"Tio Ali tioali2011@yahoo.co.id [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Tanggal*:Kam, 24 Des 2015 pada 15:59
> *Judul*:[belajar-excel] Semua file excel yang terbuka jadi terprotek semua
>
>
>
> Salam para Excel Expert
> Saya bingung dengan file excel saya, kok terprotek semua ya, padahal saya
> sdh di unprotek, masih saja terprotek , gak bisa input data ?
> Apakah saya pernah salah bikin coding ? Padahal codingnya coding sederhana
> , yaitu activeworkbook.unprotectsharing dan protek sheet.
> Soalnya itu bermula waktu saya bikin coding protek sheet. Tapi kok jadi
> terprotek di semua file excel yg saya buka ? Saya sudah di disable semua
> coding protek di file excel yg saya bikin coding protek, tetap tidak ada
> hasilnya.
> Mohon pencerahannya para Excel Expert , apapun masukannya, saya
> mengucapkan terima kasih sekali. Semoga Tuhan YME membalasnya.
>
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
> ------------------------------
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar