Selasa, 14 Februari 2012

[belajar-excel] Digest Number 1513

Messages In This Digest (25 Messages)

1a.
Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d From: zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
1b.
Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook denga From: zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
1c.
Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d From: jkssxls Sudarsono
1d.
Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d From: Zainul Ulum
1e.
Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d From: jkssxls Sudarsono
2a.
Transpose data berdimensi baris dan kolom yang diinginkan From: Imam Sinurat
2b.
Re: Transpose data berdimensi baris dan kolom yang diinginkan From: o' Seno
2c.
Re: Transpose data berdimensi baris dan kolom yang diinginkan From: i Haps
3a.
jadwal pelajaran sekolah From: Suherman Al-Ghazi
3b.
Re: jadwal pelajaran sekolah From: o' Seno
4a.
bagaimana membuat rumus Akumulasi Penjualan From: A. Hendri Bp. Algar
4b.
Re: bagaimana membuat rumus Akumulasi Penjualan From: i Haps
4c.
Re: bagaimana membuat rumus Akumulasi Penjualan From: M. Ferdiansyah
4d.
Re: bagaimana membuat rumus Akumulasi Penjualan From: i Haps
5.1.
Bls: Bls: [belajar-excel] membuat file expired From: neza ibaneza
5.2.
Re: Bls: Bls: [belajar-excel] membuat file expired From: hendrik karnadi
5.3.
Re: Bls: [belajar-excel] membuat file expired From: Ki Semprul
5.4.
Re: membuat file expired From: neza ibaneza
5.5.
Re: membuat file expired From: hendrik karnadi
6a.
Bagaimana rumusnya From: Agus Ramiyanto
6b.
Re: Bagaimana rumusnya From: Ki Semprul
6c.
Re: Bagaimana rumusnya From: Agus Ramiyanto
7a.
Re: Fw: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan. From: Imma nullah
8a.
bertanya (diganti -> Tab Developer pada Excel 2007) From: Agus Wahyudi
8b.
Re: bertanya (diganti -> Tab Developer pada Excel 2007) From: o' Seno

Messages

1a.

Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d

Posted by: "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Tue Feb 14, 2012 12:49 am (PST)



Terimakasih Pak,
Ternyata ada kesalahan di procedure buat tabelnya.
Procedurenya diedit menjadi :
'===========================================================================

Private Sub CreateAndUpdateQueryTable(rgTarget As Range, strNamaTabel As
String, _
sConn As String, ssql As String)
Dim oQt As QueryTable, shtTarget As Worksheet
Set shtTarget = rgTarget.Parent
'cek jika query table sudah ada
On Error Resume Next
Set oQt = shtTarget.QueryTables(1) 'hanya boleh satu query dalam satu
sheet
If Err.Number = 0 Then 'query table sudah ada
oQt.CommandText = ssql
oQt.Delete 'hapus object querytable jika ada
End If
'buat object baru
Set oQt = rgTarget.Parent.QueryTables.Add( _
Connection:=sConn, _
Destination:=rgTarget, _
Sql:=ssql)
oQt.Name = strNamaTabel
Err.Number = 0
oQt.Refresh
End Sub
'===========================================================================

Untuk pivot table, saya coba buat procedurenya, nanti kalo ada masalah lagi,
jangan bosen ditanyain ya....
Wassalam
-zainul-

-----Original Message-----
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of jkssxls Sudarsono
Sent: Tuesday, February 14, 2012 11:04 AM
To: Belajar-Excel Yahoo Groups
Subject: RE: [belajar-excel] Pivot Table hasil query dari beberap table
dalam satu workbook dengan VBA

Kalau sudah ada ( Err.number = 0 ) , maka yang dijalankan adalah yang
Refresh Set oQt = shtTarget.QueryTables(1) 'hanya boleh satu query dalam
satu sheet If Err.Number = 0 Then 'query table sudah ada
oQt.CommandText = ssql
oQt.Refreshjadi tergantung pada letak file ( excel ) . Jika
Ada , maka tak muncul error ... '====untuk Pivotcache :Dim pvChace As
PivotCache Set pvChace = rgTarget.PivotCaches.Add(xlExternal)
With pvChace
.Connection = sConn
.CommandText = ssql
.CommandType = xlCmdSql
End With
Jika QueryTable tak ada , maka hasil kosong. Jika Sudah Ada , hasil akan
muncul sesuai yang diinginkan

1b.

Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook denga

Posted by: "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Tue Feb 14, 2012 12:50 am (PST)



Terlampir adalah file yang sudah saya revisi.
Dalam sheet [PlanVsActual$] terdapat 3 command button:

CommandButton1: menghasilkan querytable hasil query dari tiga sheets,
[Task$], [Plan$] dan [Actual$]

CommandButton2: menghasilkan object pivot table dengan mengambil data hasil
query dari CommangButton1. Jadi untuk mendapatkan pivot table, object
querytable harus ada.

CommandButton3: Saat dijalankan masih ada error. Harapan saya bisa membuat
object pivot table, tanpa melalu query seperti di commandbutton1 karena
query sudah di set di PivotChace.

Mohon petunjuknya

Wassalam
-zainul-

-----Original Message-----
From: zainul_ulum[at]yahoo[dot]com [mailto:zainul_ulum@yahoo.com]
Sent: Tuesday, February 14, 2012 1:00 PM
To: 'belajar-excel@yahoogroups.com'
Subject: RE: [belajar-excel] Pivot Table hasil query dari beberap table
dalam satu workbook dengan VBA

Terimakasih Pak,
Ternyata ada kesalahan di procedure buat tabelnya.
Procedurenya diedit menjadi :
'===========================================================================
====
Private Sub CreateAndUpdateQueryTable(rgTarget As Range, strNamaTabel As
String, _
sConn As String, ssql As String)
Dim oQt As QueryTable, shtTarget As Worksheet
Set shtTarget = rgTarget.Parent
'cek jika query table sudah ada
On Error Resume Next
Set oQt = shtTarget.QueryTables(1) 'hanya boleh satu query dalam satu
sheet
If Err.Number = 0 Then 'query table sudah ada
oQt.CommandText = ssql
oQt.Delete 'hapus object querytable jika ada
End If
'buat object baru
Set oQt = rgTarget.Parent.QueryTables.Add( _
Connection:=sConn, _
Destination:=rgTarget, _
Sql:=ssql)
oQt.Name = strNamaTabel
Err.Number = 0
oQt.Refresh
End Sub
'===========================================================================
====
Untuk pivot table, saya coba buat procedurenya, nanti kalo ada masalah lagi,
jangan bosen ditanyain ya....
Wassalam
-zainul-

1c.

Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Tue Feb 14, 2012 3:01 am (PST)




Antara Data ( sumber dari PivotTable ) dan file excel dimana PivotTable berada , jika merupakan file yang sama akan timbul error : 'The Connection for viewing your linked ... was lost' untuk itu sumber data pivottable sebaiknya dibuat file tersendiri, misal DataPivot.xls Saya sudah beberapa kali mencoba, baik cara :1. QueryTable , lalu data dipakai untuk pivotTable. Ini yang umumnya dipakai 2. Koneksi ke Excel yang berbeda, lalu buat PivotTable ( PivotCache ) . Ini tak ada Error3. Koneksi ke Excel yang sama , lalu buat PivotTable ( PivotCache ) . Ini ada Error Jadi pakailah cara 1 atau 2.
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: zainul_ulum@yahoo.com
Date: Tue, 14 Feb 2012 15:43:52 +0700
Subject: [belajar-excel] Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook dengan VBA

Terlampir adalah file yang sudah saya revisi.

Dalam sheet [PlanVsActual$] terdapat 3 command button:

CommandButton1: menghasilkan querytable hasil query dari tiga sheets,

[Task$], [Plan$] dan [Actual$]

CommandButton2: menghasilkan object pivot table dengan mengambil data hasil

query dari CommangButton1. Jadi untuk mendapatkan pivot table, object

querytable harus ada.

CommandButton3: Saat dijalankan masih ada error. Harapan saya bisa membuat

object pivot table, tanpa melalu query seperti di commandbutton1 karena

query sudah di set di PivotChace.

Mohon petunjuknya

Wassalam

-zainul-

-----Original Message-----

From: zainul_ulum[at]yahoo[dot]com [mailto:zainul_ulum@yahoo.com]

Sent: Tuesday, February 14, 2012 1:00 PM

To: 'belajar-excel@yahoogroups.com'

Subject: RE: [belajar-excel] Pivot Table hasil query dari beberap table

dalam satu workbook dengan VBA

Terimakasih Pak,

Ternyata ada kesalahan di procedure buat tabelnya.

Procedurenya diedit menjadi :

'===========================================================================

====

Private Sub CreateAndUpdateQueryTable(rgTarget As Range, strNamaTabel As

String, _

sConn As String, ssql As String)

Dim oQt As QueryTable, shtTarget As Worksheet

Set shtTarget = rgTarget.Parent

'cek jika query table sudah ada

On Error Resume Next

Set oQt = shtTarget.QueryTables(1) 'hanya boleh satu query dalam satu

sheet

If Err.Number = 0 Then 'query table sudah ada

oQt.CommandText = ssql

oQt.Delete 'hapus object querytable jika ada

End If

'buat object baru

Set oQt = rgTarget.Parent.QueryTables.Add( _

Connection:=sConn, _

Destination:=rgTarget, _

Sql:=ssql)

oQt.Name = strNamaTabel

Err.Number = 0

oQt.Refresh

End Sub

'===========================================================================

====

Untuk pivot table, saya coba buat procedurenya, nanti kalo ada masalah lagi,

jangan bosen ditanyain ya....

Wassalam

-zainul-

1d.

Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d

Posted by: "Zainul Ulum" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Tue Feb 14, 2012 7:12 am (PST)



Terimakasih mas Sudarsono,

berarti cara nomer 3 nggak bisa ya...
padahal inginnya memakai yang nomer 3 sesuai dengan judul email saya "Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook dengan VBA" 

Tetapi kalo pakai querytable dengan sumber table dr bebera sheet di file yang sama kok bisa ya...?

wassalam
-zainul-

===================================
ModsNote
maaf delay karena masuk folder spam,
gak kelihatan
===================================

________________________________
From: jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com>
Sent: Tuesday, 14 February 2012, 17:18
 
Antara Data ( sumber dari PivotTable  ) dan  file excel dimana PivotTable berada , jika merupakan file yang sama akan timbul error :
 'The Connection for viewing your linked ... was lost'
untuk itu sumber data pivottable sebaiknya dibuat file tersendiri, misal DataPivot.xls
 
Saya sudah beberapa kali mencoba, baik cara :
1. QueryTable , lalu data dipakai untuk pivotTable. Ini yang umumnya dipakai
2. Koneksi ke Excel yang berbeda, lalu buat PivotTable ( PivotCache ) . Ini tak ada Error
3. Koneksi ke Excel yang sama , lalu buat PivotTable ( PivotCache ) . Ini ada Error
 
Jadi pakailah cara 1 atau 2.

1e.

Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d

Posted by: "jkssxls Sudarsono" jkssxls@hotmail.com   jkssbma

Tue Feb 14, 2012 7:09 pm (PST)




Saya tidak tahu berkaitan tatacara koneksi ( ini bawahan excel , khan excel dibuat dengan bahasa C++ ) . Jadi setiap program memiliki karakteristik dari tatacara sub-rutin atau library itu dibuat. Jadi kita hanya perlu memanfaatkan semaksimal mungkin. Cara pertama , yaitu lewat Query - Table , mungkin bersifat disconnected ( seperti JQuery pada javascript ) , artinya hubungan terputus , lalu terhubung jika diperlukan saja.Ini perlu pengetahuan ttg Tehnologi Komputer , dan diluar jangkauan saya. To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: zainul_ulum@yahoo.com
Date: Tue, 14 Feb 2012 04:24:50 -0800
Subject: Re: [belajar-excel] Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook dengan VBA

Terimakasih mas Sudarsono,

berarti cara nomer 3 nggak bisa ya...

padahal inginnya memakai yang nomer 3 sesuai dengan judul email saya "Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook dengan VBA"

Tetapi kalo pakai querytable dengan sumber table dr bebera sheet di file yang sama kok bisa ya...?

wassalam

-zainul-

===================================

ModsNote

maaf delay karena masuk folder spam,

gak kelihatan

===================================

________________________________

From: jkssxls Sudarsono <jkssxls@hotmail.com>

Sent: Tuesday, 14 February 2012, 17:18

Antara Data ( sumber dari PivotTable ) dan file excel dimana PivotTable berada , jika merupakan file yang sama akan timbul error :

'The Connection for viewing your linked ... was lost'

untuk itu sumber data pivottable sebaiknya dibuat file tersendiri, misal DataPivot.xls

Saya sudah beberapa kali mencoba, baik cara :

1. QueryTable , lalu data dipakai untuk pivotTable. Ini yang umumnya dipakai

2. Koneksi ke Excel yang berbeda, lalu buat PivotTable ( PivotCache ) . Ini tak ada Error

3. Koneksi ke Excel yang sama , lalu buat PivotTable ( PivotCache ) . Ini ada Error

Jadi pakailah cara 1 atau 2.

2a.

Transpose data berdimensi baris dan kolom yang diinginkan

Posted by: "Imam Sinurat" sin.ur4t@yahoo.com   sin.ur4t

Tue Feb 14, 2012 12:57 am (PST)



Dear para pakar, mohon maaf sering2 nanya, maklum masih awam bgt dan lagi getol2-nya belajar excel :)
Simplifikasi persoalan (data yang sebenarnya terdiri dari kumpulan angkapada ribuan baris dan puluhan kolom) :
Data pada range A3:C10, ingin ditranspose menjadi satu kolom, dan sel-sel yang berisi data tertentu (dalam hal ini "xxxx") tidak diikutsertakan, sehingga hasil akhirnya tampil seperti pada kolom F.  Mohon dibantu..
Salam hormatSinurat - Sumut
2b.

Re: Transpose data berdimensi baris dan kolom yang diinginkan

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Tue Feb 14, 2012 3:56 am (PST)



Punten... bukan pakar mohon perkenan ikut belajar-menjawab...

*Pertama: *
Perubahan struktur tabel seperti itu bukan TRANSPOSE murni, jika transpose
(murni) gambarannya seperti ini
[image: Transpose MURNI.PNG]

*Kedua:*
Salah satu *jalan menuju hasil* seperti yg diinginkan tentunya
bertahap-tahap. (pentahapan mempermudah pemahaman dan pencarian jalannya)
Oleh para pakar (para "formula composser" handal) bisanya "tidak sempat"
menggambarkan TAHAP-TAHAP tsb, tetapi langsung menyajikan 1 formula
mandiri, kadang bersifat array formula.
Di dalam formula itu terlibat banyak KOMPONEN formula dan berbagai fungsi
(ini sering disebut Mega Formula) yg mengagumkan.

Jika kita ingin belajar, tentunya harus mengurai Mega Formula tsb menjadi
komponen demi komponen, tetapi itupun (jika kurang sobar..) kadang sulit
dan kita gagal mengurainya.
(Dlm praktek pembuatan formula, sebenarnya prosesnya = membuat komponen2
dulu baru kemudian di GABUNG menjadi Mega Formula.)

Berikut ini disajikan *6 tahap* dimana tahap terakhir berhasil menyajikan
data yg sesuai dengan kehendak pak Sinurat.
[image: 6 tahap menuju Keinginan Pak Sin.PNG]

Rumus tiap tahap
Tahap1: =MOD(ROW(),3)+1
Tahap2: =FLOOR(ROW(),3)/3
Tahap3: =INDEX($A$3:$C$10,I3,H3)
Tahap4: =IF(J3:J26<>"xxxx",ROW(1:24))
Tahap5: =SMALL(K3:K26,ROW(1:24))
Tahap6: =IF(ISNUMBER(L3), INDEX($J$3:$J$26,L3), "")

Tahap terakhir terlihat sederhana karena dibantu oleh kolom2 lain.
Untuk membuat 1 formula mandiri bila memungkinkan) , rumus tahap6 itu tetap
kita pakai tetapi bagian-bagian yg merujuk kolom-bantu, kita ganti dengan
TEXT-FORMULA yg ada di kolom-bantu tsb

Dlm workbook terlampir kita praktekkan juga *penyelesaian dengan 2
Kolom_Bantu*

Rumus KolomBantu_1
konversi 3 kolom menjadi 1 kolom
=INDEX(A3:C10,FLOOR(ROW(),3)/3,MOD(ROW(),3)+1)

Rumus KolomBantu_2
mencari nomor index ex tabel hasil konversi yg sudah difilter
=SMALL(IF(INDEX(A3:C10, FLOOR(ROW(),3)/3, MOD(ROW(),3)+1)<>"xxxx",
ROW(1:24)), ROW(1:24))

Rumus Hasil Akhir
meLookUp data ex KolomBantu_1, dengan IndexBaris yg sudah difilter
(kolomBantu_2
=IF(ISNUMBER(S3),INDEX($R$3:$R$26,S3),"")

Jalan paling logis untuk memahami, tentunya dengan membaca HELP tentang
semua FUNGSI yg dilibatkan dlm formula-formula tsb di atas.... (FLOOR,
MOD, IF, ROW, INDEX, SMALL, ISNUMBER)
Jika dlm membaca HELP tersandung hal yg menyulitkan pemahamannya, barulah
bertanya ke milis..

CMIIW
dan mohon koreksi bila ada yg masih mengsle...

*o'Seno*

*2012/2/14 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com>
> Dear para pakar, mohon maaf sering2 nanya, maklum masih awam bgt dan lagi
getol2-nya belajar excel :)
> Simplifikasi persoalan (data yang sebenarnya terdiri dari kumpulan angka
> pada ribuan baris dan puluhan kolom) :
> Data pada range A3:C10, ingin ditranspose menjadi satu kolom, dan sel-sel
yang berisi data tertentu *
*> (dalam hal ini "xxxx") tidak diikutsertakan, sehingga hasil akhirnya
tampil seperti pada kolom F. Mohon dibantu..
> Salam hormat
> Sinurat - Sumut*
2c.

Re: Transpose data berdimensi baris dan kolom yang diinginkan

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Tue Feb 14, 2012 6:52 am (PST)



Ini mumpung ada kesempatan bernafas, & kebetulan diberi tempat duduk & meja
yg ada PC-nya +koneksi internetnya ( huenake rek..!)..

Dari segi pemikiran algoritma ( cara/jalan menuju selesainya keinginan)
hal spt ini lebih mudah diimplementasikan dengan code VBA

Codingnya Kira kira seperti ini (tidak harus bapak pakai, hanya sebagai
altaernatif lain)

'( ditulis di module sheet - dimana data yg akan diproses berada )

Private Sub CommandButton1_Click()
' Transpose_3Col_to_1Col
' by iHaps / 14 feb 2012
'------------------------
Dim D As Range, H As Range
Dim c As Integer, r As Long, n As Long
Set D = Cells(2, 1).CurrentRegion.Offset(1, 0)
Set H = D(1, D.Columns.Count + 3)
* For n = 1 To D.Rows.Count*
* For c = 1 To D.Columns.Count*
* If Not D(n, c) = "xxxx" Then*
* If Not D(n, c) = vbNullString Then*
* r = r + 1: **H(r, 1) = D(n, c)*
* End If*
* End If*
* Next c*
* Next n*
End Sub

- i -

*2012/2/14 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com>
> Dear para pakar, mohon maaf sering2 nanya, maklum masih awam bgt dan lagi
getol2-nya belajar excel :)
> Simplifikasi persoalan (data yang sebenarnya terdiri dari kumpulan angka
> pada ribuan baris dan puluhan kolom) :
> Data pada range A3:C10, ingin ditranspose menjadi satu kolom, dan sel-sel
yang berisi data tertentu *
*> (dalam hal ini "xxxx") tidak diikutsertakan, sehingga hasil akhirnya
tampil seperti pada kolom F. Mohon dibantu..
> Salam hormat
> Sinurat - Sumut*
*
*
3a.

jadwal pelajaran sekolah

Posted by: "Suherman Al-Ghazi" hasan_alghazi@yahoo.com   hasan_alghazi

Tue Feb 14, 2012 3:01 am (PST)



adakah yang punya program excel jadwal pelajaran sekolah?
jika kita memasukkan guru dan mata pelajaran yang double akan ketahuan
3b.

Re: jadwal pelajaran sekolah

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Tue Feb 14, 2012 4:37 am (PST)



sementara belum ada tanggapan langsung, coba di lihat-lihat dulu posting
lama
antara lain dua threads ini

http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-membuat-penempatan-sel-dalam-satu-baris-yang-sama-akan-muncul-peringatan-atau-menolak-td5122513.html#a5124019

http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/12158

*o'Seno*

*
2012/2/14 Suherman Al-Ghazi <hasan_alghazi@yahoo.com>
>
> adakah yang punya program excel jadwal pelajaran sekolah?
> jika kita memasukkan guru dan mata pelajaran yang double akan ketahuan*
4a.

bagaimana membuat rumus Akumulasi Penjualan

Posted by: "A. Hendri Bp. Algar" mni.agush@gmail.com

Tue Feb 14, 2012 2:02 pm (PST)



Dear Master Excel, saya punya problem untuk membuat rumus data akumulasi
penjualan dari Bulan januari s/d Bulan yang kita inginkan. Filenya seperti
di attachment. File tersebut memiliki 2 sheet. yaitu Sheet Data yang
merupakan data budget penjualan beberapa produk dari Jan - Des 2011, serta
data aktual penjualan dari Jan-Des 2011. kedua data tesebut tidak urut.
Sementara sheet satunya lagi adalah sheet Summary, dimana sheet ini ingin
menampilkan data aktual penjualan dan budgetnya berdasarkan bulan yang
kita yang kita minta (ditulis di sel C5). serta data akumulasi aktual
penjualan dan budgetnya dari Bulan januari 2011 s/d bulan yang kita input.
Jadi kalau C5 = 9 Maka kolom G dan H terisi data jumlah penjulan
masing-masing barang dari Januari hingga September. Mohon bantuannya. dan
Jika Sel C5 kita ganti menjadi 10, maka kolom G dan H terisi data jumlah
penjulan masing-masing barang dari Januari hingga Oktober.

Terima kasih sebelumnya

Salam,
Agus H
4b.

Re: bagaimana membuat rumus Akumulasi Penjualan

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Tue Feb 14, 2012 4:57 pm (PST)



Ada kemudahan yg sudah dibuat oleh pak Agus, antara lain:
Range yg datanya ingin dijumlah selalu dimulai dari Bulan JANUARI (angka
bulan = 1) dan
penulisan header Bulan sudah wajar (urut Jan -to- Des ) walaupun hanya
berupa data Text bukan data Date.
Terima kasih pak Agus.

Rumus yg menjawab keinginan pak Agus cukup sederhana:
=*SUM(*OFFSET(data!$C$20,MATCH($B10,data!$B$21:$B$35,0),1,1,*$C$5*)*)*

OFFSET <http://www.box.com/shared/m8xzyafe5g> akan menghasilkan RANGE
setinggi 1 baris (menggambarkan 1 item) yg selalu dimulai dari Kolom
Ke1(Januari) & selebar
(C5) kolom (Nilai AngkaBulan).
Kolom Jan kok dianggap Kolom ke 1, Apa sampeyan ndak ngawurr ??
Bisa !, kalau kita nongkronginya dari cell C20 (di sheet data)

*Kalau mauk tauk ceritaknya begini:*
(kalau ndak mauk tauk??... ya ndak usah dibaca !! ...gitu aja kok repot! )

* =MATCH($B10, data!$B$21:$B$35, *0*)
Mencari AngkaPosisiBaris (indexBaris) KodeBarang yg ada di B10 dilihat di
Kolom (data!$B$21:$B$35) dengan cara *exact* (*0*).
Yg dimaksud dng *cara exact *di sini adalah, kalau ketemu (persis seperti
yg dicari, Tampilkan nomorUrutPosisi-nya!, kalau ndak ketemu ndak usah
macem-macem, jangan pakai acara mengira-kira sendiri, terus terang saja
bilang *#N/A* (not available) !

Pada contoh (KodeBarang di cell B10 = *"A15"*) hasilnya 2, maksudnya A15
berada di Records yg ber-IndexbBaris *2* (=urutan ke 2 dari data yg ada /
pada tabel yg dirujuk.

* =$C$5 : dlm contoh saat ini = *9*
Ini akan digunakan untuk memberi *lebar (cacah Kolom)* pada Range yg akan
dihasilkan oleh fungsi OFFSET nantinya.

* jadi, bagian: OFFSET(data!$C$20, MATCH($B10,data!$B$21:$B$35,0), 1, 1,
$C$5)
untuk sementara dapat dibaca sebagai : *OFFSET(Data!C20, 2, 1, 1, 9)*
yang dlm "bahasa manusia", mungkin spt ini:

*Rujuk (refer) lah sebuah Range: *

***1*: Yang Jika dilihat dari *C20* (di sheet data)
*Letak Range itu dimulai dari:*
***2*: Jarak vertikalnya (jika *+* = kebawah /jika *- *= ke atas) =* 2*
***3*: Jarak horisontalnya (jika *+* = kebawah /jika *- *= ke atas) = *1*
*Dimensi Range tsb adalah:*
***4*: Tinggi (cacah Baris) nya = *1*
***5*: Lebar (cacah Kolom) nya = *9*

( mudah-mudahan terlihat bahwa fungsi OFFSET punya 5 arguments ! )

Walhatsil = range yg berhasil dirujuk dengan
OFFSET(data!$C$20,MATCH($B10,data!$B$21:$B$35,0),1,1,$C$5)
adalah Range(yg berada di sheet data) * D22:L22*

Formula belum selesai temans, dia masih ingin menjumlah bilangan yg ada di
Range tsb
=*SUM(*OFFSET(data!$C$20,MATCH($B10,data!$B$21:$B$35,0),1,1,$C$5)*)*
dapat dapat dianggap =SUM(data!D22:L22)
Jadi kalau *C5 sedang berisi : 9* ; dan * B10 sedang berisi kode barang
"A15"*.
(dua variable ini akan sering berubah lho!); Kita ndak ferlu heran kalau
hasilnya = *49171*

-i-

oops ada yg lupa:
untuk hasil kolom H (Budget); kalau yg dimaksud dengan *budget *adalah
tabel Target Penjualan, maka...
rumusnya ditambah IFERROR berhubung tidak semua Kode Barang di tabel
Summary ada di Tabel Data
Jika rumus menghasilkan error, tampilkan nilai 0 !
=IFERROR ( SUM(OFFSET(data!$C$5,MATCH($B10,data!$B$6:$B$15,0),1,1,$C$5)), 0
)

*

2012/2/15 A. Hendri Bp. Algar <mni.agush@gmail.com>
>
> Dear Master Excel, saya punya problem untuk membuat rumus data akumulasi
penjualan dari Bulan januari s/d Bulan yang kita inginkan. Filenya seperti
di attachment. File tersebut memiliki 2 sheet. yaitu Sheet Data yang
merupakan data budget penjualan beberapa produk dari Jan - Des 2011, serta
data aktual penjualan dari Jan-Des 2011. kedua data tesebut tidak urut.
Sementara sheet satunya lagi adalah sheet Summary, dimana sheet ini ingin
menampilkan data aktual penjualan dan budgetnya berdasarkan bulan yang
kita yang kita minta (ditulis di sel C5). serta data akumulasi aktual
penjualan dan budgetnya dari Bulan januari 2011 s/d bulan yang kita input.
Jadi kalau C5 = 9 Maka kolom G dan H terisi data jumlah penjulan
masing-masing barang dari Januari hingga September. Mohon bantuannya. dan
Jika Sel C5 kita ganti menjadi 10, maka kolom G dan H terisi data jumlah
penjulan masing-masing barang dari Januari hingga Oktober.
>
> Terima kasih sebelumnya
> Salam,
> Agus H*
4c.

Re: bagaimana membuat rumus Akumulasi Penjualan

Posted by: "M. Ferdiansyah" muh_ferdy@pusri.co.id   muh_f3rdi4n5yah

Tue Feb 14, 2012 5:07 pm (PST)



Hasil coba-coba,

Semoga seperti yang diharapkan.

Wassalam,

Fdy

> Dear Master Excel, saya punya problem untuk membuat rumus data akumulasi
> penjualan dari Bulan januari s/d Bulan yang kita inginkan. Filenya seperti
> di attachment. File tersebut memiliki 2 sheet. yaitu Sheet Data yang
> merupakan data budget penjualan beberapa produk dari Jan - Des 2011, serta
> data aktual penjualan dari Jan-Des 2011. kedua data tesebut tidak urut.
> Sementara sheet satunya lagi adalah sheet Summary, dimana sheet ini ingin
> menampilkan data aktual penjualan dan budgetnya berdasarkan bulan yang
> kita yang kita minta (ditulis di sel C5). serta data akumulasi aktual
> penjualan dan budgetnya dari Bulan januari 2011 s/d bulan yang kita input.
> Jadi kalau C5 = 9 Maka kolom G dan H terisi data jumlah penjulan
> masing-masing barang dari Januari hingga September. Mohon bantuannya. dan
> Jika Sel C5 kita ganti menjadi 10, maka kolom G dan H terisi data jumlah
> penjulan masing-masing barang dari Januari hingga Oktober.
>
> Terima kasih sebelumnya
>
> Salam,
> Agus H
>

____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
Notice : This e-mail (and any attachment) is strictly confidential and
is intended only for the addressee(s)above. Is strictly prohibited to
forward, print, copy, or otherwise reproduce this message that would
allow it to be viewed by any individual not originally listed as
a recipient(s). If you have received this e-mail in error, please
immediately notify the sender and delete this message. The opinions
expressed in this e-mail (and any attachment) are those of the individual
sender and may not necessarily reflect the views of PT Pusri.
____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
4d.

Re: bagaimana membuat rumus Akumulasi Penjualan

Posted by: "i Haps" hapsari.stlizbeth@gmail.com   liz_indri_haps

Tue Feb 14, 2012 5:15 pm (PST)



maafkan, koreksi salah tulis...

tertulis
***3*: Jarak horisontalnya (jika *+* = kebawah /jika *- *= ke atas) = *1*

seharusnya
***3*: Jarak horisontalnya (jika *+* = keKANAN /jika *- *= ke KIRI) = *1*

[image: arg fungsi offset.PNG]

2012/2/15 i Haps <hapsari.stlizbeth@gmail.com>

> yang dlm "bahasa manusia", mungkin spt ini:
>
> *Rujuk (refer) lah sebuah Range: *
>
> ***1*: Yang Jika dilihat dari *C20* (di sheet data)
> *Letak Range itu dimulai dari:*
> ***2*: Jarak vertikalnya (jika *+* = kebawah /jika *- *= ke atas) =* 2*
> ***3*: Jarak horisontalnya (jika *+* = kebawah /jika *- *= ke atas) = *1
> *
> *Dimensi Range tsb adalah:*
> ***4*: Tinggi (cacah Baris) nya = *1*
> ***5*: Lebar (cacah Kolom) nya = *9*
>
> ( mudah-mudahan terlihat bahwa fungsi OFFSET punya 5 arguments ! )
>
> Walhatsil = range yg berhasil dirujuk dengan
> OFFSET(data!$C$20,MATCH($B10,data!$B$21:$B$35,0),1,1,$C$5)
> adalah Range(yg berada di sheet data) * D22:L22*
>
5.1.

Bls: Bls: [belajar-excel] membuat file expired

Posted by: "neza ibaneza" nezaibaneza@yahoo.co.id   nezaibaneza

Tue Feb 14, 2012 7:14 pm (PST)



dear all be-xl
sy pernah unduh file yg dikirmkan mas hendrik sprti lampiran, tetapi ketika saya nyari dimana makronya tersimpan
sprti ini sy tidak dapatkan? saya coba klik macro di ribbon cuma muncul makro "buka" tp isinya lain, mohon pencerahannya bingung nyarinya :
Private Sub Workbook_Open()
Dim exdate As Date
exdate = "01/31/2012"
If Date > exdate Then
MsgBox ("WAKTU anda telah HABIS"), vbInformation, "P E S A N"
ActiveWorkbook.Close
End If
MsgBox ("Anda punya kesempatan " & exdate - Date + 1 & " Hari lagi"), vbInformation, "P E S A N"
End Sub

passwod "hk", saya pake xl 2007

salam
neza

________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Dikirim: Kamis, 12 Januari 2012 10:38
Judul: Re: [belajar-excel] membuat file expired

Ok, saya kirim kembali file yang expirednya 31 Jan 2012.
Anda dapat memodifikasi tanggal expirednya pada Macro di level workbook dengan menggunakan password
Macronya adalah sbb:
Private Sub Workbook_Open()
Dim exdate As Date
exdate = "01/31/2012"
If Date > exdate Then
MsgBox ("WAKTU anda telah HABIS"), vbInformation, "P E S A N"
ActiveWorkbook.Close
End If
MsgBox ("Anda punya kesempatan " & exdate - Date + 1 & " Hari lagi"), vbInformation, "P E S A N"
End Sub

Salam,
Hendrik Karnadi
5.2.

Re: Bls: Bls: [belajar-excel] membuat file expired

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Tue Feb 14, 2012 7:52 pm (PST)



Ini saya lampirkan file yang sdh diupdate exdatenya s/d tgl 10 Maret 2012 krn tgl 11 Maret .. sdh ganti Pimpinan.

Salam,
Hendrik Karnadi

Buka VBA nya pakai password yang sama

________________________________
From: neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 15 February 2012, 9:49
Subject: Bls: Bls: [belajar-excel] membuat file expired


 
dear all be-xl
sy pernah unduh file yg dikirmkan mas hendrik sprti lampiran, tetapi ketika saya nyari dimana makronya tersimpan
sprti ini sy tidak dapatkan? saya coba klik macro di ribbon cuma muncul makro "buka" tp isinya lain, mohon pencerahannya bingung nyarinya :
Private Sub Workbook_Open()
Dim exdate As Date
exdate = "01/31/2012"
If Date > exdate Then
MsgBox ("WAKTU anda telah HABIS"), vbInformation, "P E S A N"
ActiveWorkbook.Close
End If
MsgBox ("Anda punya kesempatan " & exdate - Date + 1 & " Hari lagi"), vbInformation, "P E S A N"
End Sub

passwod "hk", saya pake xl 2007

salam
neza

________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Dikirim: Kamis, 12 Januari 2012 10:38
Judul: Re: [belajar-excel] membuat file expired

Ok, saya kirim kembali file yang expirednya 31 Jan 2012.
Anda dapat memodifikasi tanggal expirednya pada Macro di level workbook dengan menggunakan password
Macronya adalah sbb:
Private Sub Workbook_Open()
Dim exdate As Date
exdate = "01/31/2012"
If Date > exdate Then
MsgBox ("WAKTU anda telah HABIS"), vbInformation, "P E S A N"
ActiveWorkbook.Close
End If
MsgBox ("Anda punya kesempatan " & exdate - Date + 1 & " Hari lagi"), vbInformation, "P E S A N"
End Sub

Salam,
Hendrik Karnadi
5.3.

Re: Bls: [belajar-excel] membuat file expired

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Tue Feb 14, 2012 7:59 pm (PST)



makronya bukan tak ada, melainkan tersembunyi
( module² makro dapat disembunyikan (locked for viewing) dan diberi
password.

pak hendrik (dan members lain) melocked VBA-project-nya bukan tanpa maksud
tetapi beliau mengharapkan anda menulis sendiri makronya seperti contoh yg
*sudah di dituliskan* di badan emailnya
Bukan workbook baru buka VBA tulis makro... (gitu loch..)

jika semua diberikan dlm bentuk siap pakai, biasanya murid sulit maju-nya
suatu maksud yg mulia demi temans yg sedang giat belajar-excel tetapi sering
tidak diterima sebagai maksud baik.....

2012/2/15 neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id>

> **
>
> dear all be-xl
> sy pernah unduh file yg dikirmkan mas hendrik sprti lampiran, tetapi
> ketika saya nyari dimana makronya tersimpan
> sprti ini sy tidak dapatkan? saya coba klik macro di ribbon cuma muncul
> makro "buka" tp isinya lain, mohon pencerahannya bingung nyarinya :
> Private Sub Workbook_Open()
> Dim exdate As Date
> exdate = "01/31/2012"
> If Date > exdate Then
> MsgBox ("WAKTU anda telah HABIS"), vbInformation, "P E S A N"
> ActiveWorkbook.Close
> End If
> MsgBox ("Anda punya kesempatan " & exdate - Date + 1 & " Hari lagi"),
> vbInformation, "P E S A N"
> End Sub
>
> passwod "hk", saya pake xl 2007
>
> salam
> neza
>
> ________________________________
> Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> Dikirim: Kamis, 12 Januari 2012 10:38
> Judul: Re: [belajar-excel] membuat file expired
>
> Ok, saya kirim kembali file yang expirednya 31 Jan 2012.
> Anda dapat memodifikasi tanggal expirednya pada Macro di level workbook
> dengan menggunakan password
> Macronya adalah sbb:
> Private Sub Workbook_Open()
> Dim exdate As Date
> exdate = "01/31/2012"
> If Date > exdate Then
> MsgBox ("WAKTU anda telah HABIS"), vbInformation, "P E S A N"
> ActiveWorkbook.Close
> End If
> MsgBox ("Anda punya kesempatan " & exdate - Date + 1 & " Hari lagi"),
> vbInformation, "P E S A N"
> End Sub
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
5.4.

Re: membuat file expired

Posted by: "neza ibaneza" nezaibaneza@yahoo.co.id   nezaibaneza

Tue Feb 14, 2012 9:38 pm (PST)



terima kasih ^10000 nih mas hendrik, saya cuba lagi pelajari dan mengetahui kebodohan saya..
excel + VB rumit, beda penulisan tanda sedikit pasti error..

salam
neza

________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Dikirim: Rabu, 15 Februari 2012 11:52
Judul: Re:[belajar-excel] membuat file expired

Ini saya lampirkan file yang sdh diupdate exdatenya s/d tgl 10 Maret 2012 krn tgl 11 Maret .. sdh ganti Pimpinan.

Salam,
Hendrik Karnadi

Buka VBA nya pakai password yang sama

5.5.

Re: membuat file expired

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Tue Feb 14, 2012 10:08 pm (PST)



Terima kasih kembali.
Belajar VBA sebenarnya tidak terlalu rumit. Untuk menulis VBA memang perlu ketelitian dan ketekunan, oleh karena itu mulailah dengan cara merekam. Pelajari, edit dan kombinasikan hasil rekaman tersebut pasti lama kelamaan kita akan bisa menulis VBA sendiri.

Saya lihat di TB Gramedia sudah ada beberapa buku baru mengenai VBA tesebut.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 15 February 2012, 12:28
Subject: Re: [belajar-excel] membuat file expired


 
terima kasih ^10000 nih mas hendrik, saya cuba lagi pelajari dan mengetahui kebodohan saya..
excel + VB rumit, beda penulisan tanda sedikit pasti error..

salam
neza

________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Dikirim: Rabu, 15 Februari 2012 11:52
Judul: Re:[belajar-excel] membuat file expired

Ini saya lampirkan file yang sdh diupdate exdatenya s/d tgl 10 Maret 2012 krn tgl 11 Maret .. sdh ganti Pimpinan.

Salam,
Hendrik Karnadi

Buka VBA nya pakai password yang sama

6a.

Bagaimana rumusnya

Posted by: "Agus Ramiyanto" aramiyanto@gmail.com

Tue Feb 14, 2012 7:20 pm (PST)



Assalamu 'alaikum wr. Wb.

Sobat pakar excel yang baik hati,
TOlong ya, bagaimana rumusnya (tanpa makro) untuk kasus terlampir .
Rumus di kolom start dan finish agar tidak diisi manual.

Terima kasih banyak.
Salam,

Agus Ramiyanto

=====================================================
Mods Note:
Inti masalah TIDAK dituliskan di badan email !
kena : pasal (c) Bab "Lain-Lain"/ UU Milis BeExcel..
mohon disempatkan baca
=====================================================
6b.

Re: Bagaimana rumusnya

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Tue Feb 14, 2012 7:50 pm (PST)



*start*
=MIN(IF(F20:Q20 > 0, $F$16:$Q$16))
dan:
*finish*:
=EOMONTH(MAX(IF(F20:Q20 > 0, $F$16:$Q$16)), 0)

Kedua-nya adalah *Array Formula ! * sekali lagi: *Array Formula*
Pada formula tsb, tanda pemisah argument dlm fungsi: , (KOMA), mungkin
harus anda ganti dengan ; (titik koma), sesuai regional setting pc anda..

hormat kami:
*Semprull.. Ki !!*
*

*
*2012/2/15 Agus Ramiyanto <aramiyanto@gmail.com>
*
>
> * *
>
> *Assalamu 'alaikum wr. Wb.
> Sobat pakar excel yang baik hati,
> TOlong ya, bagaimana rumusnya (tanpa makro) untuk kasus terlampir .
> Rumus di kolom start dan finish agar tidak diisi manual.
>
> Terima kasih banyak.
> Salam,
>
> Agus Ramiyanto
> *
> =====================================================
> Mods Note:
> Inti masalah TIDAK dituliskan di badan email !
> kena : pasal (c) Bab "Lain-Lain"/ UU Milis BeExcel..
> mohon disempatkan baca
> =====================================================
>
6c.

Re: Bagaimana rumusnya

Posted by: "Agus Ramiyanto" aramiyanto@gmail.com

Tue Feb 14, 2012 8:27 pm (PST)



Terima kasih atas responnya, tapi kok hasilnya #value!
Adakah hal lain yang harus kuperhatikan.
Terima kasih.

Salam,
Agus R

=====================================================
Mods Note:
Halo pak Agus R...
Ki Semprul sudah menuliskan bahwa ITU = Array Formula
dan diulang dua kali, maksudnya supaya Bp tidak lupa
bahwa yg diberikan adalah Array Formula ! (yg ada
upacara khusus-nya (diakhiri dgn penekanan tombol:
[Ctrl] + [Shift], [ENTER] )

Sempatkan Lihat² posting lama (salah satunya ini):
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/14979

======================================================

---------------------------------
From: belajar-excel@yahoogroups.com
On Behalf Of Ki Semprul
Sent: Wednesday, February 15, 2012 11:50

start
=MIN(IF(F20:Q20 > 0, $F$16:$Q$16))

dan:
finish:
=EOMONTH(MAX(IF(F20:Q20 > 0, $F$16:$Q$16)), 0)

Kedua-nya adalah Array Formula ! sekali lagi: Array Formula
Pada formula tsb, tanda pemisah argument dlm fungsi: , (KOMA), mungkin

harus anda ganti dengan ; (titik koma), sesuai regional setting pc anda..


hormat kami:
Semprull.. Ki !!

7a.

Re: Fw: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan.

Posted by: "Imma nullah" kinantan_31@yahoo.com   kinantan_31

Tue Feb 14, 2012 7:35 pm (PST)



Terima kasih banyak Mr. Kid n' Mas Hendrik, ini sangat bermanfaat sekali.

Salam sukses selalu,

Im

________________________________
From: mr.nmkid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, February 13, 2012 6:00 PM
Subject: Re: Fw: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan..??


 
Ini saya lampirkan saja contohnya, mumpung bisa melampirkan.

Kid.

On Mon, Feb 13, 2012 at 17:56, mr.nmkid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

Bukannya vba dari mas hendrik ini bisa dipenuhi oleh data validation ?
>
>Kid.
>
>
>
>On Mon, Feb 13, 2012 at 17:33, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
>
>
>> 
>>Tanggal tambahin perintah Target.ClearContents seperti contoh terlampir.
>>
>>
>>Salam,
>>Hendrik Karnadi
>>
>>
>>----- Forwarded Message -----
>>From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>
>>Sent: Monday, 13 February 2012, 15:02
>>Subject: Re: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan..??
>>
>>
>>
>>Bisa pakai Macro dengan memanfaatkan Event Worksheet_Change
>>File jawaban terlampir.
>>
>>
>>Salam,
>>Hendrik Karnadi
>>
>>
>>jangan lupa aktifkan macronya
>>
>>
>>
>>________________________________
>> From: Imma nullah <kinantan_31@yahoo.com>
>>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>Sent: Monday, 13 February 2012, 13:48
>>Subject: Re: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan..??
>>
>>
>> 
>>Dear Kid,
>>
>>
>>
>>Sebelumnya saya ucapkan terima kasih
banyak atas responnya.
>>Tapi f4 bukanlah angka yg langsung
diinput, tapi merupakan hasil penjumlahan (sum) dari beberapa kolom
disampingnya (A4,
B4,C4,D4,E4), seperti
contoh telampir.
>> 
>>Best regard,
>> 
>>Im
>>
>>
>>
>>________________________________
>> From: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Sent: Friday, February 10, 2012 5:57 PM
>>Subject: Re: [belajar-excel] bagaimana cara memunculkan pesan peringatan..??
>>
>>
>> 
>>Dear Imma,
>>
>>Coba manfaatkan fitur data validation, pilih allow-nya Custom, dan bagian Formula disi :
>>=$F4<=$G4
>>
>>Regards,
>>Kid.
>>
>>
>>2012/2/10 Imma nullah <kinantan_31@yahoo.com>
>>
>>
>>> 
>>>Dear Para Master dan Teman sekalian
>>>Kasusnya begini :
saya ingin membatasi jumlah di kolom F4 tidak boleh melebihi angka di kolom G4, sementara nilai yang ada di kolom F4 adalah hasil penjumlahan dari beberapa sel (A4, B4,C4,D4,E4). Nah pada saat kita input nilai di salah satu sel antara A4 s.d. E4 yang menyebabkan nilai dikolom F4 melebihi angka di kolom G4 maka akan muncul pesan peringatan. Contoh file terlmapir.
>>>Mohon Pecerahannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.
>>>
>>>
>>>Warm Regards
>>>Im
>>>
>>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>

8a.

bertanya (diganti -> Tab Developer pada Excel 2007)

Posted by: "Agus Wahyudi" wahyudi.agus39@yahoo.co.id

Tue Feb 14, 2012 9:13 pm (PST)



seblmnya asalamualaikum,.,,ada yang saya ingin tanyakan seputar macro exel dan VBA ketika saya mengaktifkan macro di exel 2007 show developer icon visual basic dan macro nya kok gak aktif permasalahannya dimana trimakasih sblumnya

=========================================================
Mods Note
untuk posting berikutnya, mohon Subject dibuat sehingga
menunjukkan masalah yg diajukan (jangan hanya "bertanya")
Mohon disempatkan baca Peraturan Milis
Tks.
=========================================================

8b.

Re: bertanya (diganti -> Tab Developer pada Excel 2007)

Posted by: "o' Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Tue Feb 14, 2012 10:12 pm (PST)



Mudah mudahan saya tidak salah mengerti atas pertanyaan ini, karena
sebeltulnya
frasa ini: *"show developer icon visual basic dan macro nya kok gak aktif"*
saya belum mampu mencerna artinya..

[image: Excel2007 Tab Developer.PNG]

*Kemungkinan/Dugaan 1*
Tab Developer sudah ada (sudah diset agar ada di Ribbon) tetapi "tidak
aktif" yg dimaksud tidak aktif
mungkin Disabled ('Greyed' /gambar menjadi abu² dan tidak berfungsi "
Selain itu icon Visual Basic, Icon Makro juga "tidak aktif"

*Kemungkinan/Dugaan 2*
Tab Developer belum ada di Ribbon
Oleh pak Agus *akan di-set agar ada*, tetapi di Excel Option > Popular: *
Checkbox* untuk menSet
Tab Developer ( "Show Developer Tab in the Ribbon") = Tidak aktif
(arti *Tidak Aktif *itu bgmana? CheckBoxnya tidak ada ? / CheckBox nya
tidak bisa diubah Enable/Disabled nya.\ ?)

*Pertanyaan kepada pak Agus Wahyudi*:
Manakah yg benar dari kedua DUGAAN itu?
Atau, bila keduanya salah, mohon tambahan penjelasan ...

*o'Seno*

*
2012/2/15 Agus Wahyudi <wahyudi.agus39@yahoo.co.id>
> seblmnya asalamualaikum,.,,ada yang saya ingin tanyakan seputar macro
exel dan VBA ketika saya mengaktifkan macro di exel 2007 show developer
icon visual basic dan macro nya kok gak aktif permasalahannya dimana
trimakasih sblumnya
>
> =========================================================
> Mods Note
> untuk posting berikutnya, mohon Subject dibuat sehingga
> menunjukkan masalah yg diajukan (jangan hanya "bertanya")
> Mohon disempatkan baca Peraturan Milis
> Tks.
> =========================================================*
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Small Business Group

Improve your business

by community exchange

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Resources and tips

for parents

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar