Kamis, 16 Februari 2012

[belajar-excel] Digest Number 1515

Milis Belajar Microsoft Excel

Messages In This Digest (21 Messages)

Messages

1a.

Re: Fw: Fungsi IF

Posted by: "raya hidayat" raya.hidayat@gmail.com   raya.hidayat

Wed Feb 15, 2012 12:31 am (PST)



dear ibu tiny,

terlampir file yang mudah-mudahan sesuai dengan yang ibu inginkan.

terima kasih

Raya

On Wed, Feb 15, 2012 at 2:33 PM, <hartini_80@yahoo.co.id> wrote:

> Seperti ini kira2 hasil yg saya inginkan pak raya, semoga bisa dimengerti
> dan saya mendapat solusi Ơ̴̴͡.̮Ơ̴̴̴͡
> Salam
> Tiny
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ------------------------------
> *From: * Hartini FIN <hartini.fin@bukitmakmur.com>
> *Date: *Wed, 15 Feb 2012 07:28:45 +0000
> *To: *hartini_80@yahoo.co.id<hartini_80@yahoo.co.id>
> *Subject: *Fungsi IF
>
>
>
>
>
> Best Regard's
>
>
>
> Hartini
>
> Foreman Finance
>
> Project BUMA DWA-KPC
>
>
>
> "Tuhan merahasiakan masa depan, agar kita selalu berprasangka yang
> terbaik, berencana yang terbaik dan berusaha yang terbaik".
>
>
> CONFIDENTIAL NOTE: The information contained in this email is intended
> only for the use of the individual or entity named above and may contain
> information that is privileged, confidential and exempt from disclosure
> under applicable law. If the reader of this message is not the intended
> recipient, you are hereby notified that any dissemination, distribution or
> copying of this communication is strictly prohibited. If you have received
> this message in error, please immediately notify the sender and delete the
> mail. Thank you.
>

--
Terima kasih

Raya
1b.

Re: Fw: Fungsi IF

Posted by: "hartini_80@yahoo.co.id" hartini_80@yahoo.co.id   hartini_80

Wed Feb 15, 2012 12:41 am (PST)



Terima kasih pak, ada 2 solusi yg oke banget.
Terima kasih semua
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: raya hidayat <raya.hidayat@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 15 Feb 2012 15:31:58
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Fw: Fungsi IF

dear ibu tiny,

terlampir file yang mudah-mudahan sesuai dengan yang ibu inginkan.


terima kasih


Raya

On Wed, Feb 15, 2012 at 2:33 PM, <hartini_80@yahoo.co.id> wrote:

> Seperti ini kira2 hasil yg saya inginkan pak raya, semoga bisa dimengerti
> dan saya mendapat solusi Ơ̴̴͡.̮Ơ̴̴̴͡
> Salam
> Tiny
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ------------------------------
> *From: * Hartini FIN <hartini.fin@bukitmakmur.com>
> *Date: *Wed, 15 Feb 2012 07:28:45 +0000
> *To: *hartini_80@yahoo.co.id<hartini_80@yahoo.co.id>
> *Subject: *Fungsi IF
>
>
>
>
>
> Best Regard's
>
>
>
> Hartini
>
> Foreman Finance
>
> Project BUMA DWA-KPC
>
>
>
> "Tuhan merahasiakan masa depan, agar kita selalu berprasangka yang
> terbaik, berencana yang terbaik dan berusaha yang terbaik".
>
>
> CONFIDENTIAL NOTE: The information contained in this email is intended
> only for the use of the individual or entity named above and may contain
> information that is privileged, confidential and exempt from disclosure
> under applicable law. If the reader of this message is not the intended
> recipient, you are hereby notified that any dissemination, distribution or
> copying of this communication is strictly prohibited. If you have received
> this message in error, please immediately notify the sender and delete the
> mail. Thank you.
>



--
Terima kasih


Raya

2a.

Re: Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Wed Feb 15, 2012 12:38 am (PST)



Kalau cuma masalah judul, pakai Find and Replace(Ctrl F) saja.

Salam,
Hendrik

________________________________
From: Yan Novianto <yan.novianto@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 15 February 2012, 13:27
Subject: [belajar-excel] Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera multi


 
Dear member milis excel,

Bantu untuk data di bawah ini :
 
Saya inginkan adalah merubah Value Field setting berubah
dari COUNT menjadi SUM atau sebalinya secara MULTI / bersama.
Saya coba dengan BLOK dari D2:H2 terus di atus menjadi SUM
hasil yang ada adalah yang ada di D2 saja yang berubah menjadi SUM, dan jika di
balik dari H2:D2 maka yang berubah adalah yang di H2
Jadi mana yang pertama kali di select itu yang bakal
berubah.
 
Nah mumet sudah deh J,
Tolong di bantu cara supaya bisa merubah seperti yang saya
inginkan bagaimana, karena kerja 1 -1 luama, data di samping kanan udah pada
ngantri….
 
Terimakasih temans
2b.

Re: Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera

Posted by: "yan.novianto@yahoo.com" yan.novianto@yahoo.com   yan.novianto

Wed Feb 15, 2012 2:32 am (PST)



Dear pak hendrik,
Maaf pak, yg saya tanyakan adalah field seetingnya (jadi bukan merubah "tampilan" sehingga pasti beda jika field settingnya berupa sum/count/avg/max/ min, seperti terlampir dalam file gambar

Mohon di bantu
Salam

Yan Novianto
Phone: 085234345667 ®

-----Original Message-----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Date: Wed, 15 Feb 2012 00:38:41

Kalau cuma masalah judul, pakai Find and Replace(Ctrl F) saja.
Salam,
Hendrik
2c.

Re: Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Wed Feb 15, 2012 6:55 am (PST)



Coba dengan Macro, dengan memanfaatkan Event Worksheet (BeforeDoubleClick).

Salam,
Hendrik

________________________________
From: "yan.novianto@yahoo.com" <yan.novianto@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 15 February 2012, 16:52
Subject: Re: [belajar-excel] Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera multi


 
Dear pak hendrik,
Maaf pak, yg saya tanyakan adalah field seetingnya (jadi bukan merubah "tampilan" sehingga pasti beda jika field settingnya berupa sum/count/avg/max/ min, seperti terlampir dalam file gambar

Mohon di bantu
Salam

Yan Novianto
Phone: 085234345667 ®

-----Original Message-----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Date: Wed, 15 Feb 2012 00:38:41

Kalau cuma masalah judul, pakai Find and Replace(Ctrl F) saja.
Salam,
Hendrik

2d.

Fw: [belajar-excel] Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Wed Feb 15, 2012 6:58 am (PST)



Maaf, lampirannya ketinggalan.

Salam,
Hendrik Karnadi

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 15 February 2012, 21:55
Subject: Re: [belajar-excel] Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera multi


Coba dengan Macro, dengan memanfaatkan Event Worksheet (BeforeDoubleClick).

Salam,
Hendrik

________________________________
From: "yan.novianto@yahoo.com" <yan.novianto@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 15 February 2012, 16:52
Subject: Re: [belajar-excel] Mengubah value setting di data pivot menjadi SUM / COUNT secera multi


 
Dear pak hendrik,
Maaf pak, yg saya tanyakan adalah field seetingnya (jadi bukan merubah "tampilan" sehingga pasti beda jika field settingnya berupa sum/count/avg/max/ min, seperti terlampir dalam file gambar

Mohon di bantu
Salam

Yan Novianto
Phone: 085234345667 ®

-----Original Message-----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Date: Wed, 15 Feb 2012 00:38:41

Kalau cuma masalah judul, pakai Find and Replace(Ctrl F) saja.
Salam,
Hendrik

3a.

Re: Conditional Formatting yang sama

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Wed Feb 15, 2012 12:46 am (PST)



Berhubung Condit_Formatting (meskipun di excel 2007) = tidak mau merujuk ke
suatu range di SHEET LAIN
maka Range B1:B13 di Sheet2, *kita beri NAMA dulu *misalnya "ANGKAQu"
Blok B1:B13 (Sheet2) klik Formula > NameManager.. dst
atau bisa langsung nama dituliskan di NAME-BOX

Lha... sekarang tinggal membuat condit_Formattaing dengan FORMULA
(sebelumnya sheet 1 di aktifkan lalu A1:An di BLOK

Pada Tab HOME, lihat ke arah Group: STYLES, Ceklik Conditonal Formatting >
Manage Rules > New Rules > Pilih "Use Formula to Determine which cell to
format.."
pada kotak formula isikan
*=COUNTIF(ANGKAQu,A1)>0*
Atur formattingnya ( fill : Ijo Royo-Royo )
begitulah kira-kira

[image: image.png]

2012/2/15 Purnomo Sidi <pysa_2605@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Master "Belajar Excel" Mohonnya untuk kasus ini :
> saya memiliki dua Sheet, Bagaimana caranya agar angka yang ada pada Sheet1
> dan sama dengan Sheet2 bisa berwarna dengan menggunakan "CONDITIONAL
> FORMATTING" (seperti contoh). Informasi tambahan saya menggunakan Excel
> 2007. Terimakasih sebelumnya.
>
3b.

Re: Conditional Formatting yang sama

Posted by: "Purnomo Sidi" pysa_2605@yahoo.com   pysa_2605

Wed Feb 15, 2012 4:47 pm (PST)





terimakasih Ki atas bantuannya perjelasan sangat detai dan terperinci permasalahan terselesaikan

salam
pysa

________________________________
From: Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, February 15, 2012 4:45 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Conditional Formatting yang sama


Berhubung Condit_Formatting (meskipun di excel 2007) = tidak mau merujuk ke 
suatu range di SHEET LAIN
maka Range B1:B13 di Sheet2, kita beri NAMA dulu misalnya "ANGKAQu"
Blok B1:B13  (Sheet2)  klik Formula > NameManager..  dst
atau bisa langsung nama dituliskan di NAME-BOX

Lha... sekarang tinggal membuat condit_Formattaing dengan FORMULA
(sebelumnya sheet 1 di aktifkan lalu A1:An  di BLOK 

Pada Tab HOME, lihat ke arah Group: STYLES, Ceklik Conditonal Formatting >
Manage Rules > New Rules >  Pilih "Use Formula to Determine which cell to format.."
pada kotak formula isikan
=COUNTIF(ANGKAQu,A1)>0
Atur formattingnya ( fill : Ijo Royo-Royo )
begitulah kira-kira

2012/2/15 Purnomo Sidi <pysa_2605@yahoo.com>

 
>Dear Master "Belajar Excel" Mohonnya untuk kasus ini :
>
>saya memiliki dua Sheet, Bagaimana caranya agar angka yang ada pada Sheet1 dan sama dengan Sheet2 bisa berwarna dengan menggunakan "CONDITIONAL FORMATTING" (seperti contoh). Informasi tambahan saya menggunakan Excel 2007. Terimakasih sebelumnya.
4a.

Hide sheet yg dikehendaki

Posted by: "harbudiman@gmail.com" harbudiman@gmail.com   harbudiman

Wed Feb 15, 2012 3:45 am (PST)



Salam hormat,
Mungkin bisa dibantu bagaimana step2 jika kita mau menyembunyikan beberapa sheet dan yg lain tetap ada,

Terima kasih banyak

Salam

4b.

Re: Hide sheet yg dikehendaki

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Wed Feb 15, 2012 7:16 am (PST)



Setiap hal yang akan kita program tentunya harus jelas urutan ceritanya.
Perumpaannya begini :
Saya mempunyai 10 Sheet dalam satu workbook, 7 akan saya sembunyikan dan 3 akan saya tampilkan.
Si programmer tentu akan bertanya :
Sheet mana yang akan anda sembunyikan, apakah dapat dibuka tanpa atau harus dengan password ?

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: "harbudiman@gmail.com" <harbudiman@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 15 February 2012, 18:45
Subject: [belajar-excel] Hide sheet yg dikehendaki


 
Salam hormat,
Mungkin bisa dibantu bagaimana step2 jika kita mau menyembunyikan beberapa sheet dan yg lain tetap ada,

Terima kasih banyak

Salam

4c.

Re: Hide sheet yg dikehendaki

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Wed Feb 15, 2012 4:44 pm (PST)



Benar kata mas hendrik...
jika rencana suatu tindakan sudah jelas, maka tindakan akan dapat
dilaksanakan dengan benar pula (walaupun oleh pihak lain / bukan pembuat
rencara) seperti jendral membuat strategi, dan prajurit yg melaksanakan.

Tetapi mari kita coba menyederhanakan pertanyaan pak Harbudiman dengan
amar-amar sbb
- tidak memerlukan / tidak ingin bantuan makro untuk bertindak
- Jenis ketersembunyian (visible / invisible)-nya tiap sheet hanya batas
biasa-biasa saja (HIDDEN)
- ingin cara praktisnya

*(1) Workbook telah menyediakan fitures nya*
Jika workbook anda mempunyai BANYAK (misal 70 sheets seperti contoh
terlampir) ; anda dapat memilih BEBERAPA SHEETS yg ada di dalamnya.

Dilihat dari LETAK / POSISI Sheet yg akan dipilih, konfigurasinya bisa
berupa

*(a) BERJEJER / BERDEKATAN* misalnya Sheet7, Sheet8, Sheet9, dst sampai
Sheet39
Pemilihan bisa secara satu-persatu (dengan *menceklik tiap Tab dengan
Mouse-Pointer*, sambil tangan lain menekan *tombol Ctrl.*
Pemilihan bisa secara cepat : Tekan tombol *SHIFT* + Mouse-Pointer menunjuk
Tab Sheet7 lalu Sheet39

*(b) TERPENCAR* misal Sheet2, Sheet5, Sheet9, Sheet10, Sheet18 dst....
Cara pemilihannya mirip dengan amar (a) tetapi Tombol yg ditekan =* Ctr*l,
penunjukan *Tab Sheet*nya tetap pakai
*Mouse-Pointer*.

[image: MultiSelect terhadap TabSheets.PNG]

*(2) Apapun cara yg anda tempuh,* sekarang Anda telah berhasil *memilih
(menselect) TabSheets secara Multi Selection.*
*
*
*(3) Cara "MENYURUH" BEBERAPA sheets yg telah dipilih itu agar menjadi
HIDDEN:*
Ceklik-Kanan pada salah satu TabSheet, maka akan muncul Context-Menu /
PopUpMenu / ShotCut Menu
Di dalam menu itu ada tombol HIDE, dan itulah yg harus anda ceklik

[image: Multi Sheets Hiding.PNG]

Keadaan terakhir: dengan sekalli klik HIDE tsb, *semua Sheets yg
Tabsheetnya terselect* akan menjadi tersembunyi (status = Hidden); *Sheets
lain* tetap menampakkan sebagaimana biasa

*Kesimpulan Sementara*
» Jadi kata-kata dlm SUBJECT : *"Hide sheet yg dikehendaki"*
» *cara "MENGHENDAKI"*-nya adalah dengan: *memilih TabSheet-nya*
» Pemilihan TabSheet dapat dilakukan seccara INDIVIDUAL (hanya 1
sheet); dapat dilakukan secara MULTI SELECT
» Pemilihan secara Multi-Select dapat berupa sheet yg berkedakatan, dapat
pula sheet yg terpencar letak TabSheet-nya
» Cara memilih tab sheets secara Multi Select, paling gampang dengan
Mouse-Pointer yg dibantu dengan tombol Crtrl (terpencar atau satu persatu)
atau tombol Shift (berjejer / berdekatan / bergandengan tak terputus,
seperti dulu saat kita pacaran sama emaknya si entong..)

Jika nantinya keperluan pak Harbudiman berkembang:
pemilihan BEBERAPA sheets itu* bersyarat tertentu: *(misal semua sheeta yg
NAMA Tab Sheet-nya) mengandung kata "Report" di bagian depannya (sehingga
hasil yg tersaring bisa berupa BANYAK Sheets
"Report_Jan", Report_Feb", Report_Mar" dst
maka sepertinya makro tidak dapat dihindari, dan penjelasan maksud harus
lebih detail...

hormat kami

Semprul.. Ki!
*
*
*
*
*
*
*2012/2/15 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
*
>
> * *
> *Setiap hal yang akan kita program tentunya harus jelas urutan ceritanya.*
> *Perumpaannya begini :*
> *Saya mempunyai 10 Sheet dalam satu workbook, 7 akan saya sembunyikan dan
> 3 akan saya tampilkan.*
> *Si programmer tentu akan bertanya :*
> *Sheet mana yang akan anda sembunyikan, apakah dapat dibuka tanpa atau
> harus dengan password ?*
> *
> *
> *Salam,*
> *Hendrik Karnadi
> *
> *
> *
> *
> ------------------------------
> From: "harbudiman@gmail.com" <harbudiman@gmail.com>
> Sent: Wednesday, 15 February 2012, 18:45
> Subject: [belajar-excel] Hide sheet yg dikehendaki
> *
> * *
> *Salam hormat,
> Mungkin bisa dibantu bagaimana step2 jika kita mau menyembunyikan
> beberapa sheet dan yg lain tetap ada,
> Terima kasih banyak
> Salam
> *
>
4d.

Re: Hide sheet yg dikehendaki

Posted by: "harbudiman@gmail.com" harbudiman@gmail.com   harbudiman

Wed Feb 15, 2012 5:00 pm (PST)



Mohon maaf blm melampirkan filenya :)
Makasih utk pencerahannya..
File menyusul berhubung menggunakan hp..

Suwun
-----Original Message-----
From: Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 16 Feb 2012 07:44:10
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Hide sheet yg dikehendaki

Benar kata mas hendrik...
jika rencana suatu tindakan sudah jelas, maka tindakan akan dapat
dilaksanakan dengan benar pula (walaupun oleh pihak lain / bukan pembuat
rencara) seperti jendral membuat strategi, dan prajurit yg melaksanakan.

Tetapi mari kita coba menyederhanakan pertanyaan pak Harbudiman dengan
amar-amar sbb
- tidak memerlukan / tidak ingin bantuan makro untuk bertindak
- Jenis ketersembunyian (visible / invisible)-nya tiap sheet hanya batas
biasa-biasa saja (HIDDEN)
- ingin cara praktisnya

*(1) Workbook telah menyediakan fitures nya*
Jika workbook anda mempunyai BANYAK (misal 70 sheets seperti contoh
terlampir) ; anda dapat memilih BEBERAPA SHEETS yg ada di dalamnya.

Dilihat dari LETAK / POSISI Sheet yg akan dipilih, konfigurasinya bisa
berupa

*(a) BERJEJER / BERDEKATAN* misalnya Sheet7, Sheet8, Sheet9, dst sampai
Sheet39
Pemilihan bisa secara satu-persatu (dengan *menceklik tiap Tab dengan
Mouse-Pointer*, sambil tangan lain menekan *tombol Ctrl.*
Pemilihan bisa secara cepat : Tekan tombol *SHIFT* + Mouse-Pointer menunjuk
Tab Sheet7 lalu Sheet39

*(b) TERPENCAR* misal Sheet2, Sheet5, Sheet9, Sheet10, Sheet18 dst....
Cara pemilihannya mirip dengan amar (a) tetapi Tombol yg ditekan =* Ctr*l,
penunjukan *Tab Sheet*nya tetap pakai
*Mouse-Pointer*.

[image: MultiSelect terhadap TabSheets.PNG]

*(2) Apapun cara yg anda tempuh,* sekarang Anda telah berhasil *memilih
(menselect) TabSheets secara Multi Selection.*
*
*
*(3) Cara "MENYURUH" BEBERAPA sheets yg telah dipilih itu agar menjadi
HIDDEN:*
Ceklik-Kanan pada salah satu TabSheet, maka akan muncul Context-Menu /
PopUpMenu / ShotCut Menu
Di dalam menu itu ada tombol HIDE, dan itulah yg harus anda ceklik

[image: Multi Sheets Hiding.PNG]

Keadaan terakhir: dengan sekalli klik HIDE tsb, *semua Sheets yg
Tabsheetnya terselect* akan menjadi tersembunyi (status = Hidden); *Sheets
lain* tetap menampakkan sebagaimana biasa

*Kesimpulan Sementara*
� Jadi kata-kata dlm SUBJECT : *"Hide sheet yg dikehendaki"*
� *cara "MENGHENDAKI"*-nya adalah dengan: *memilih TabSheet-nya*
� Pemilihan TabSheet dapat dilakukan seccara INDIVIDUAL (hanya 1
sheet); dapat dilakukan secara MULTI SELECT
� Pemilihan secara Multi-Select dapat berupa sheet yg berkedakatan, dapat
pula sheet yg terpencar letak TabSheet-nya
� Cara memilih tab sheets secara Multi Select, paling gampang dengan
Mouse-Pointer yg dibantu dengan tombol Crtrl (terpencar atau satu persatu)
atau tombol Shift (berjejer / berdekatan / bergandengan tak terputus,
seperti dulu saat kita pacaran sama emaknya si entong..)

Jika nantinya keperluan pak Harbudiman berkembang:
pemilihan BEBERAPA sheets itu* bersyarat tertentu: *(misal semua sheeta yg
NAMA Tab Sheet-nya) mengandung kata "Report" di bagian depannya (sehingga
hasil yg tersaring bisa berupa BANYAK Sheets
"Report_Jan", Report_Feb", Report_Mar" dst
maka sepertinya makro tidak dapat dihindari, dan penjelasan maksud harus
lebih detail...

hormat kami

Semprul.. Ki!
*
*
*
*
*
*
*2012/2/15 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
*
>
> * *
> *Setiap hal yang akan kita program tentunya harus jelas urutan ceritanya.*
> *Perumpaannya begini :*
> *Saya mempunyai 10 Sheet dalam satu workbook, 7 akan saya sembunyikan dan
> 3 akan saya tampilkan.*
> *Si programmer tentu akan bertanya :*
> *Sheet mana yang akan anda sembunyikan, apakah dapat dibuka tanpa atau
> harus dengan password ?*
> *
> *
> *Salam,*
> *Hendrik Karnadi
> *
> *
> *
> *
> ------------------------------
> From: "harbudiman@gmail.com" <harbudiman@gmail.com>
> Sent: Wednesday, 15 February 2012, 18:45
> Subject: [belajar-excel] Hide sheet yg dikehendaki
> *
> * *
> *Salam hormat,
> Mungkin bisa dibantu bagaimana step2 jika kita mau menyembunyikan
> beberapa sheet dan yg lain tetap ada,
> Terima kasih banyak
> Salam
> *
>

5a.

Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Feb 15, 2012 8:57 am (PST)



Mungkin file terlampir bisa membantu menyusun imajinasi lainnya lagi. File
terlampir dibuat dengan Excel 2007. Moga-moga gak terlalu banyak errornya
di Excel 2003.
Mulai Excel 2007 muncul method Create pada object pivotcaches, tetapi pada
file terlampir digunakan method Add pada object PivotCaches.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

On Tue, Feb 14, 2012 at 10:33, zainul_ulum[at]yahoo[dot]com <
zainul_ulum@yahoo.com> wrote:

> **
>
>
> Makasih infonya�****
>
> Untuk querytable tidak ada masalah Pak.****
>
> Yang jadi problem adalah tanpa menggunakan query table tetapi langsung ke
> format pivot table.****
>
> Seharusnya bisa disetting di property CommandText di object PivotChace.
> Ini yang belum bisa saya lakukan****
>
> ** **
>
> Wassalam****
>
> -zainul-****
>
> ** **
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *jkssxls Sudarsono
> *Sent:* Tuesday, February 14, 2012 10:10 AM
> *To:* Belajar-Excel Yahoo Groups
> *Subject:* RE: [belajar-excel] Pivot Table hasil query dari beberap table
> dalam satu workbook dengan VBA****
>
> ** **
>
> ****
>
> coba ganti :
> Set oQt = shtTarget.QueryTables(1) 'hanya boleh satu query dalam satu sheet
> If Err.Number = 0 Then 'query table sudah ada
> oQt.CommandText = ssql
> oQt.Refresh
> Else
>
> menjadi
>
> If shtTarget.QueryTables.Count > 0 Then
> Set oQt = shtTarget.QueryTables(1) 'hanya boleh satu query dalam
> satu sheet
> oQt.CommandText = ssql
> oQt.Refresh
> Else ****
> ------------------------------
>
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> From: zainul_ulum@yahoo.com
> Date: Tue, 14 Feb 2012 09:40:44 +0700
> Subject: [belajar-excel] Pivot Table hasil query dari beberap table dalam
> satu workbook dengan VBA
>
> ****
>
> Be-Exceler,
> Sesuai dengan subject di atas, proses yang aku kerjakan saat ini adalah:
> 1. membuat object QueryTable dari dengan memasukkan syntax SQL di propery
> QueryTable.Commandtext
> 2. Hasil dari Query kemudian di buat pivot tablenya.
>
> Pertanyaan:
> 1. Bagaimanakah caranya agar bisa dibuat object pivot table tanpa
> menggunakan table bantuan berupa QueryTable (menghilangkan langkah nomer
> #1)
>
> Saya sdh mencoba membuat PivotCache dengan cara di bawah, tetapi tidak
> berhasil saat membuat PivotTable nya
>
> Dim pvChace As PivotCache
> Set pvChace = wbTarget.PivotCaches.Add(xlExternal)
> With pvChace
> .Connection = sConn
> .CommandText = ssql
> .CommandType = xlCmdSql
> End With
> 2. Apakah memang di excel 2007 .PivotCaches.Add diganti menjadi
> .PivotCaches.Create
>
> Wassalam
> -zainul-****
>
> ****
>
>
>
>
5b.

Re: Pivot Table hasil query dari beberap table dalam satu workbook d

Posted by: "zainul_ulum" zainul_ulum@yahoo.com   zainul_ulum

Wed Feb 15, 2012 6:37 pm (PST)



Terimakasih mas Kid,
Sudah saya downloaded dan dicoba di excel 2007, tetapi masih mencari source workbooknya atau muncul notification "..not a valid path".

Wassalam
-zainul-

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Kid Mr." <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Mungkin file terlampir bisa membantu menyusun imajinasi lainnya lagi. File
> terlampir dibuat dengan Excel 2007. Moga-moga gak terlalu banyak errornya
> di Excel 2003.
> Mulai Excel 2007 muncul method Create pada object pivotcaches, tetapi pada
> file terlampir digunakan method Add pada object PivotCaches.
>
> Wassalamualaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
> On Tue, Feb 14, 2012 at 10:33, zainul_ulum[at]yahoo[dot]com <
> zainul_ulum@...> wrote:
>
> > **
> >
> >
> > Makasih infonya…****
> >
> > Untuk querytable tidak ada masalah Pak.****
> >
> > Yang jadi problem adalah tanpa menggunakan query table tetapi langsung ke
> > format pivot table.****
> >
> > Seharusnya bisa disetting di property CommandText di object PivotChace.
> > Ini yang belum bisa saya lakukan****
> >
> > ** **
> >
> > Wassalam****
> >
> > -zainul-****
> >

6a.

Re: Bagaimana rumusnya

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Feb 15, 2012 10:05 am (PST)



Coba array formula :
Start :
=DATE(2012,MIN(IF(F20:Q20,COLUMN(F20:Q20)-*5*)),1)
Biru : indeks kolom sebelum kolom Jan

Finish :
=DATE(2012,MIN(IF(F20:Q20,COLUMN(F20:Q20)-*4*)),0)
Biru : indeks kolom dari 2 kolom sebelum kolom Jan

Kedua formula adalah array formula.
Tulis formula dan jangan Enter, tetapi tekan Ctrl Shift Enter

Kid.

On Wed, Feb 15, 2012 at 09:56, Agus Ramiyanto <aramiyanto@gmail.com> wrote:

> **
>
>
> Assalamu 'alaikum wr. Wb.
>
> Sobat pakar excel yang baik hati,
> TOlong ya, bagaimana rumusnya (tanpa makro) untuk kasus terlampir .
> Rumus di kolom start dan finish agar tidak diisi manual.
>
> Terima kasih banyak.
> Salam,
>
> Agus Ramiyanto
>
> =====================================================
> Mods Note:
> Inti masalah TIDAK dituliskan di badan email !
> kena : pasal (c) Bab "Lain-Lain"/ UU Milis BeExcel..
> mohon disempatkan baca
> =====================================================
>
>
6b.

Re: Bagaimana rumusnya

Posted by: "Agus Ramiyanto" aramiyanto@gmail.com

Wed Feb 15, 2012 7:58 pm (PST)



Terima kasih yang buanyak Mr Kid. Rumus Oke diaplikasikan.

Agus R

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Kid Mr.
Sent: Thursday, February 16, 2012 02:06
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Bagaimana rumusnya

Coba array formula :
Start :
=DATE(2012,MIN(IF(F20:Q20,COLUMN(F20:Q20)-5)),1)
Biru : indeks kolom sebelum kolom Jan

Finish :
=DATE(2012,MIN(IF(F20:Q20,COLUMN(F20:Q20)-4)),0)
Biru : indeks kolom dari 2 kolom sebelum kolom Jan

Kedua formula adalah array formula.
Tulis formula dan jangan Enter, tetapi tekan Ctrl Shift Enter

Kid.

On Wed, Feb 15, 2012 at 09:56, Agus Ramiyanto <aramiyanto@gmail.com> wrote:

Assalamu 'alaikum wr. Wb.

Sobat pakar excel yang baik hati,
TOlong ya, bagaimana rumusnya (tanpa makro) untuk kasus terlampir .
Rumus di kolom start dan finish agar tidak diisi manual.

Terima kasih banyak.
Salam,

Agus Ramiyanto

=====================================================
Mods Note:
Inti masalah TIDAK dituliskan di badan email !
kena : pasal (c) Bab "Lain-Lain"/ UU Milis BeExcel..
mohon disempatkan baca
=====================================================

6c.

Re: Bagaimana rumusnya

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Wed Feb 15, 2012 9:43 pm (PST)



lampiran..
tidak harus dipakai, just ingin bilang bahwa rumus tsb (dienter dgn Ctrl +
Shit, Enter) tidak ngaco....)
*
*
*start*
=MIN(IF(F20:Q20 > 0, $F$16:$Q$16))
dan:
*finish*:
=EOMONTH(MAX(IF(F20:Q20 > 0, $F$16:$Q$16)), 0)

Kedua-nya adalah *Array Formula ! * sekali lagi: *Array Formula*
*
*
*
*

2012/2/15 Ki Semprul <semprul.ki@gmail.com>

> *start*
> =MIN(IF(F20:Q20 > 0, $F$16:$Q$16))
> dan:
> *finish*:
> =EOMONTH(MAX(IF(F20:Q20 > 0, $F$16:$Q$16)), 0)
>
> Kedua-nya adalah *Array Formula ! * sekali lagi: *Array Formula*
> Pada formula tsb, tanda pemisah argument dlm fungsi: , (KOMA), mungkin
> harus anda ganti dengan ; (titik koma), sesuai regional setting pc anda..
>
> hormat kami:
> *Semprull.. Ki !!*
>
7.1.

Re: Bls: [belajar-excel] membuat file expired

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Wed Feb 15, 2012 6:29 pm (PST)



Bukankah dalam contoh yang ada, setiap kali dibuka hanya sheet utama yang tampak ?
Jika anda ingin membuka keseluruhan maka tinggal klik macroBuka dan masukkan passwordnya.
Kalau bisa lebih mudah mengapa harus mencari yang lebih sulit ?
Kalau belum perlu macro tambahan mengapa kita harus membuatnya ?

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 15 February 2012, 14:31
Subject: Bls: [belajar-excel] membuat file expired


 
masih ada satu case nih.. mas hendrik,
gimana model perintah VB kalau saya ingin :
>>> jika file ini dibuka dengan tanggal yang kurang dari datemodified terakhirnya, maka tinggal sheet utama yg dimunculkan (sisanya veryhidden)
karena kalau sheet dihapus nanti kebablasan percobaannya...
mohon pencerahannya

salam
neza

________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Dikirim: Rabu, 15 Februari 2012 14:08
Judul: Re: [belajar-excel] membuat file expired

Terima kasih kembali.
Belajar VBA sebenarnya tidak terlalu rumit. Untuk menulis VBA memang perlu ketelitian dan ketekunan, oleh karena itu mulailah dengan cara merekam. Pelajari, edit dan kombinasikan hasil rekaman tersebut pasti lama kelamaan kita akan bisa menulis VBA sendiri.

Saya lihat di TB Gramedia sudah ada beberapa buku baru mengenai VBA tesebut.

Salam,
Hendrik Karnadi

8a.

Re: bagaimana membuat rumus Akumulasi Penjualan

Posted by: "A. Hendri Bp. Algar" mni.agush@gmail.com

Wed Feb 15, 2012 6:38 pm (PST)



Ok. Terima kasih atas bantuan Ibu Hapsari dan Bp. Ferdiansyah. Butuh waktu
1/2 hari juga bagi saya memhami rumus yang kalian rekomendasikan. Terutama
untuk Fungsi OFFSET yang kebetulan saya memang kurang familiar. Ternyata
simple sekali rumusnya. Padahal saya sudah berfikir bahwa rumusnya akan
kompleks sekali sebagaimana rumus yang saya buat di kolom sebelumnya (kolom
penjualan per bulan).
Jadi saya memang harus banyak belajar lagi nih ttg. variasi-variasi rumus

Salam,
Agus Hendri
9a.

ask : mewarnai data menggunakan data validation

Posted by: "deni ramdhani" alkuninjaniy@yahoo.com   alkuninjaniy

Wed Feb 15, 2012 7:58 pm (PST)



bismillah,,

terlampir data tabel, yang mana saya menghendaki bahwa jika saya klik data validation di (sel V6)maka ditampilkan secara otomatis warna tertentu yang mewakili makna tertentu dari sel (B6:X6)..sebagai tambahan saya baru belajar excel, jadi tdk mengerti mengenai VBA/makro dst, jadi saya sangat berharap temen2 memberikan solusi dalam bentuk formula..terima kasih ats bantuannya...
9b.

Re: ask : mewarnai data menggunakan data validation

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Wed Feb 15, 2012 10:55 pm (PST)



Sumpah pocong deh sayah tidak tahu maksud kalimat ini soalnya pakai
"Tertentu",
itu kan hanya di ketahui di deni sendiri ?? lha.. orang lain disuruh nebak
?? ya sulit lah Nak Deni...

>> *jika saya klik data validation* di (sel V6)
>> maka ditampilkan secara otomatis warna tertentu yang mewakili makna
tertentu
>> dari sel (B6:X6).
*
*
dan SYARAT nya : warna "ditampilkan" *ketika "data validation" di KLIK saja,
*
dimana ditampilkannya ?
apakah setelah dilepas Kliknya lantas dikehendaki warna hilang ??)

Baiklah kita permudah saja: *Jika suatu cell di kolom V (missal V6) berisi
Kata Tertentu (*
entah dengan cara diketik maupun dipilih dari DropDownList..*) *>>
diinginkan menyebabkan *Barisnya* berwarna tertentu !

*kata jelasnya:*
Jika Cell V6 = "Pending" maka baris B6:X6 otomatis berwarna Coklat Muda
Jika Cell V6 = "Open" maka baris B6:X6 otomatis berwarna Coklat Kuning
dst.

Begitu - kah ??

[image: Status tertentu menyebabkan warna tertentu.PNG]

Kalau benar keinginannya spt itu, Gunakan Fitur * Conditional Format*
Di Excel 2007 Conditional Format ada di Tab: HOME > Group: Styles

*[image: Ribbon Tab ConditFOrmat.JPG]
*

[image: condit format status.JPG]

Klik > Pilih Rules Manager > New Rules,
Sebelum mengaplikasikan Conditional Formatting, *Range B6:X29* harus sudah
di blok / select !

[image: formatting rules.JPG]

lalu atur seperti di atas
karena status ada 4 item, maka rurles-nya jug aharus dibuat 4 "biji" !

cmiiw....
*Semprul Ki!*

*2012/2/16 deni ramdhani <alkuninjaniy@yahoo.com>
>
> bismillah,,
> terlampir data tabel, yang mana saya menghendaki bahwa jika saya klik
data validation di (sel V6)maka ditampilkan secara otomatis warna tertentu
yang mewakili makna tertentu dari sel (B6:X6)..sebagai tambahan saya baru
belajar excel, jadi tdk mengerti mengenai VBA/makro dst, jadi saya sangat
berharap temen2 memberikan solusi dalam bentuk formula..terima kasih ats
bantuannya...*
*
*
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups

Small Business Group

Improve your business

by community exchange

Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

1 komentar:

Anonim mengatakan...

SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA ISTRI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMALYANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASAH AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG MEMBERIKAN NOMOR MBAH SARTO,,SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI MBAH SARTO DAN AKHIRNYA MBAH SARTO MEMBERIKAN ANKA GHOIBNYA DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA MBAH SARTO SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN MBAH SARTO…BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI 082=378=607=111 MBAH SARTO.

Posting Komentar