Rabu, 11 Februari 2015

[belajar-excel] Digest Number 3299

15 Messages

Digest #3299
1b
Re: Re[3]: Re[2]: [belajar-excel] Kapan Kopi Darat ? by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1c
3a
Re: Kapan Kopi Darat ? by "sofyan mujit"
6a
Re: tanya formula rentang waktu [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
Re: Data GL to Rekap [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Wed Feb 11, 2015 1:07 am (PST) . Posted by:

"Aliif Akbar" aliif.akbar

Mantap ini, kalau mau kodpar lagi oke,
Saya bersedia saja, rencana kapan, kalau jadi ketua bisa saja, nanti di arrange, ada yg bisa bantu?
Kebetulan milis masih ada dana sekitar 1.3jtn,
Yg mau jadi ketua panitia atau bantu2 sibuk, bisa huubungi sy,
Salam,

Sent from my Microsoft Mobile Device Lumia 535 best Smartphone

-----Original Message-----
From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: ‎11/‎02/‎2015 15:01
To: "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: Re: Re[3]: Re[2]: [belajar-excel] Kapan Kopi Darat ?

hehehe....

silakan dirembug bersama BeExceller yang bersedia memperjuangkan kopdar.

Saya ngikut aja kok..

Tentu kalo bisa ditetapkan hari H nya jauh hari, maka banyak BeExceller yang bisa merencanakan waktunya dengan lebih matang.

Regards,

Kid.

2015-02-11 18:46 GMT+11:00 Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Mr Kid, kalau memang ada rencana kopdar bisa jadwalnya sudah keluar 2 atau 3 bulan sebelumnya? Biar bisa di atur waktu cutinya sekalian merapat. Maklum menjadi pekerja yang terikat.
--
Salam Sehat Selalu Dari Papua Timika
Jack

Rabu, 11 Februari 2015, 02:12PM +0900 dari "Yulianti Agustina yuli.if09@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>:
Wahhhh.. asikk nih kalo ada kopdar.. mau dong gabung.. :D
tapi jangan jauh jauh ya tempat nya..
2015-02-11 7:37 GMT+07:00 Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id [belajar-excel] < belajar-excel@yahoogroups.com > :
>
>Wduh, klo wktunya pas kyaknya dari Papua boleh merapat juga ne.
>--
>Salam Sehat Selalu Dari Papua Timika
>Jack
>Rabu, 11 Februari 2015, 09:21AM +0900 dari "Hendrik Karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" < belajar-excel@yahoogroups.com >:
>Ga jauh dari Jakarta kan Mas Agus?
>Kalo boleh saran.....biaya makannya sebaiknya dipikul bersama....
>Salam,
>HK
>Sent from Samsung Mobile
>-------- Original message --------
>From: "Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel]"
>Date:11/02/2015 06:46 (GMT+07:00)
>To: BExcel
>Subject: Re: [belajar-excel] Kapan Kopi Darat ?
>Mas Kid kalau di tempat saya, saya bersedia menanggung semuanya.
>2015-02-10 19:21 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] < belajar-excel@yahoogroups.com > :
>>
>>Pak Alif masih bersedia menjadi ketua panitiakah ? Atau ada member lain yang bersedia membantu atau berdiskusi tentang kepanitiannya ?
>>
>>2015-02-07 22:06 GMT+11:00 idz.iman@yahoo.com [belajar-excel] < belajar-excel@yahoogroups.com > :
>>>
>>>Dear Administrator :)
>>>
>>>Kapan nih ada acara Kopi Darat?
>>>siapa tau sudah ada yang haus ilmu seperti saya...
>>>
>>>hehehe..
>>>
>>>Salam
>>>Iman DZ
>>

Wed Feb 11, 2015 1:31 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

siiip.... kasnya milis masih ada tuh....
jadi sisa acara kopdar yang kemarin ndak dimakan panitia loh, tapi disimpen
untuk kegiatan milis berikutnya.
kalau kegiatan berikutnya adalah kopdar lagi, berarti dananya dipakai juga
dalam kopdar selanjutnya.

moga-moga BeExceller jadi tambah mantab hatinya untuk berusaha ikutan aktif
membuat lebih baik milis kita ini.
dari member, oleh member, untuk member

kalo ndak salah, setiap member bisa minta detil rekapan dananya kan ya pak
Aliif... biar transparan.

pokoke rugi kalo ndak ikut andil dalam kebaikan

2015-02-11 20:07 GMT+11:00 Aliif Akbar aliif.akbar@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Mantap ini, kalau mau kodpar lagi oke,
> Saya bersedia saja, rencana kapan, kalau jadi ketua bisa saja, nanti di
> arrange, ada yg bisa bantu?
> Kebetulan milis masih ada dana sekitar 1.3jtn,
> Yg mau jadi ketua panitia atau bantu2 sibuk, bisa huubungi sy,
> Salam,
>
> Sent from my Microsoft Mobile Device Lumia 535 best Smartphone
> ------------------------------
> From: 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Sent: ‎11/‎02/‎2015 15:01
> To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Subject: Re: Re[3]: Re[2]: [belajar-excel] Kapan Kopi Darat ?
>
>
>
> hehehe....
>
> silakan dirembug bersama BeExceller yang bersedia memperjuangkan kopdar.
> Saya ngikut aja kok..
>
> Tentu kalo bisa ditetapkan hari H nya jauh hari, maka banyak BeExceller
> yang bisa merencanakan waktunya dengan lebih matang.
>
> Regards,
> Kid.
>
>
>
>
> 2015-02-11 18:46 GMT+11:00 Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Mr Kid, kalau memang ada rencana kopdar bisa jadwalnya sudah keluar 2
>> atau 3 bulan sebelumnya? Biar bisa di atur waktu cutinya sekalian merapat.
>> Maklum menjadi pekerja yang terikat.
>>
>> --
>> Salam Sehat Selalu Dari Papua Timika
>> Jack
>>
>> Rabu, 11 Februari 2015, 02:12PM +0900 dari "Yulianti Agustina
>> yuli.if09@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>> Wahhhh.. asikk nih kalo ada kopdar.. mau dong gabung.. :D
>> tapi jangan jauh jauh ya tempat nya..
>> 2015-02-11 7:37 GMT+07:00 Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id
>> [belajar-excel] < belajar-excel@yahoogroups.com > :
>> >
>> >Wduh, klo wktunya pas kyaknya dari Papua boleh merapat juga ne.
>> >--
>> >Salam Sehat Selalu Dari Papua Timika
>> >Jack
>> >Rabu, 11 Februari 2015, 09:21AM +0900 dari "Hendrik Karnadi
>> hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" < belajar-excel@yahoogroups.com
>> >:
>> >Ga jauh dari Jakarta kan Mas Agus?
>> >Kalo boleh saran.....biaya makannya sebaiknya dipikul bersama....
>> >Salam,
>> >HK
>> >Sent from Samsung Mobile
>> >-------- Original message --------
>> >From: "Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel]"
>> >Date:11/02/2015 06:46 (GMT+07:00)
>> >To: BExcel
>> >Subject: Re: [belajar-excel] Kapan Kopi Darat ?
>> >Mas Kid kalau di tempat saya, saya bersedia menanggung semuanya.
>> >2015-02-10 19:21 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>> [belajar-excel] < belajar-excel@yahoogroups.com > :
>> >>
>> >>Pak Alif masih bersedia menjadi ketua panitiakah ? Atau ada member lain
>> yang bersedia membantu atau berdiskusi tentang kepanitiannya ?
>> >>
>> >>2015-02-07 22:06 GMT+11:00 idz.iman@yahoo.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com > :
>> >>>
>> >>>Dear Administrator :)
>> >>>
>> >>>Kapan nih ada acara Kopi Darat?
>> >>>siapa tau sudah ada yang haus ilmu seperti saya...
>> >>>
>> >>>hehehe..
>> >>>
>> >>>Salam
>> >>>Iman DZ
>> >>
>>
>>
>
>

Wed Feb 11, 2015 1:39 am (PST) . Posted by:

"Yulianti Agustina" lie_evil_4

Usul nih.. gimana kalau ditunjuk koordinator per regional nya.. misalkan
berdasarkan provinsi atau wilayah waktu ( barat, tengah, timur).. biar
lebih terkoordinir peserta dan informasinya..
On Feb 11, 2015 4:31 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> siiip.... kasnya milis masih ada tuh....
> jadi sisa acara kopdar yang kemarin ndak dimakan panitia loh, tapi
> disimpen untuk kegiatan milis berikutnya.
> kalau kegiatan berikutnya adalah kopdar lagi, berarti dananya dipakai juga
> dalam kopdar selanjutnya.
>
> moga-moga BeExceller jadi tambah mantab hatinya untuk berusaha ikutan
> aktif membuat lebih baik milis kita ini.
> dari member, oleh member, untuk member
>
> kalo ndak salah, setiap member bisa minta detil rekapan dananya kan ya pak
> Aliif... biar transparan.
>
> pokoke rugi kalo ndak ikut andil dalam kebaikan
>
>
>
> 2015-02-11 20:07 GMT+11:00 Aliif Akbar aliif.akbar@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Mantap ini, kalau mau kodpar lagi oke,
>> Saya bersedia saja, rencana kapan, kalau jadi ketua bisa saja, nanti di
>> arrange, ada yg bisa bantu?
>> Kebetulan milis masih ada dana sekitar 1.3jtn,
>> Yg mau jadi ketua panitia atau bantu2 sibuk, bisa huubungi sy,
>> Salam,
>>
>> Sent from my Microsoft Mobile Device Lumia 535 best Smartphone
>> ------------------------------
>> From: 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
>> <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> Sent: ‎11/‎02/‎2015 15:01
>> To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> Subject: Re: Re[3]: Re[2]: [belajar-excel] Kapan Kopi Darat ?
>>
>>
>>
>> hehehe....
>>
>> silakan dirembug bersama BeExceller yang bersedia memperjuangkan kopdar.
>> Saya ngikut aja kok..
>>
>> Tentu kalo bisa ditetapkan hari H nya jauh hari, maka banyak BeExceller
>> yang bisa merencanakan waktunya dengan lebih matang.
>>
>> Regards,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>> 2015-02-11 18:46 GMT+11:00 Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Mr Kid, kalau memang ada rencana kopdar bisa jadwalnya sudah keluar 2
>>> atau 3 bulan sebelumnya? Biar bisa di atur waktu cutinya sekalian merapat.
>>> Maklum menjadi pekerja yang terikat.
>>>
>>> --
>>> Salam Sehat Selalu Dari Papua Timika
>>> Jack
>>>
>>> Rabu, 11 Februari 2015, 02:12PM +0900 dari "Yulianti Agustina
>>> yuli.if09@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>>

>>> Wahhhh.. asikk nih kalo ada kopdar.. mau dong gabung.. :D
>>> tapi jangan jauh jauh ya tempat nya..
>>> 2015-02-11 7:37 GMT+07:00 Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id
>>> [belajar-excel] < belajar-excel@yahoogroups.com > :
>>> >
>>> >Wduh, klo wktunya pas kyaknya dari Papua boleh merapat juga ne.
>>> >--
>>> >Salam Sehat Selalu Dari Papua Timika
>>> >Jack
>>> >Rabu, 11 Februari 2015, 09:21AM +0900 dari "Hendrik Karnadi
>>> hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <
>>> belajar-excel@yahoogroups.com >:
>>> >Ga jauh dari Jakarta kan Mas Agus?
>>> >Kalo boleh saran.....biaya makannya sebaiknya dipikul bersama....
>>> >Salam,
>>> >HK
>>> >Sent from Samsung Mobile

>>> >-------- Original message --------
>>> >From: "Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel]"
>>> >Date:11/02/2015 06:46 (GMT+07:00)
>>> >To: BExcel
>>> >Subject: Re: [belajar-excel] Kapan Kopi Darat ?
>>> >Mas Kid kalau di tempat saya, saya bersedia menanggung semuanya.
>>> >2015-02-10 19:21 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>> [belajar-excel] < belajar-excel@yahoogroups.com > :
>>> >>
>>> >>Pak Alif masih bersedia menjadi ketua panitiakah ? Atau ada member
>>> lain yang bersedia membantu atau berdiskusi tentang kepanitiannya ?
>>> >>
>>> >>2015-02-07 22:06 GMT+11:00 idz.iman@yahoo.com [belajar-excel] <
>>> belajar-excel@yahoogroups.com > :
>>> >>>
>>> >>>Dear Administrator :)
>>> >>>
>>> >>>Kapan nih ada acara Kopi Darat?
>>> >>>siapa tau sudah ada yang haus ilmu seperti saya...
>>> >>>
>>> >>>hehehe..
>>> >>>
>>> >>>Salam
>>> >>>Iman DZ
>>> >>
>>>
>>>
>>
>
>

Wed Feb 11, 2015 11:52 am (PST) . Posted by:

"Fathir"

Sy juga ikut mr kid klo di jakarta

"Yulianti Agustina yuli.if09@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


>
>Usul nih.. gimana kalau ditunjuk koordinator per regional nya.. misalkan berdasarkan provinsi atau wilayah waktu ( barat, tengah, timur).. biar lebih terkoordinir peserta dan informasinya..
>
>On Feb 11, 2015 4:31 PM, "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>

>
>siiip.... kasnya milis masih ada tuh....
>
>jadi sisa acara kopdar yang kemarin ndak dimakan panitia loh, tapi disimpen untuk kegiatan milis berikutnya.
>kalau kegiatan berikutnya adalah kopdar lagi, berarti dananya dipakai juga dalam kopdar selanjutnya.
>
>moga-moga BeExceller jadi tambah mantab hatinya untuk berusaha ikutan aktif membuat lebih baik milis kita ini.
>
>dari member, oleh member, untuk member
>
>
>kalo ndak salah, setiap member bisa minta detil rekapan dananya kan ya pak Aliif... biar transparan.
>
>pokoke rugi kalo ndak ikut andil dalam kebaikan
>
>
>
>2015-02-11 20:07 GMT+11:00 Aliif Akbar aliif.akbar@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>

>
>Mantap ini, kalau mau kodpar lagi oke,
>Saya bersedia saja, rencana kapan, kalau jadi ketua bisa saja,  nanti di arrange, ada yg bisa bantu?
>Kebetulan milis masih ada dana sekitar 1.3jtn,
>Yg mau jadi ketua panitia atau bantu2 sibuk, bisa huubungi sy,
>Salam,
>
>Sent from my Microsoft Mobile Device Lumia 535 best Smartphone
>
>From: 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
>Sent: ‎11/‎02/‎2015 15:01
>To: BeExcel
>Subject: Re: Re[3]: Re[2]: [belajar-excel] Kapan Kopi Darat ?
>

>
>hehehe....
>
>silakan dirembug bersama BeExceller yang bersedia memperjuangkan kopdar.
>
>Saya ngikut aja kok..
>
>Tentu kalo bisa ditetapkan hari H nya jauh hari, maka banyak BeExceller yang bisa merencanakan waktunya dengan lebih matang.
>
>
>Regards,
>
>Kid.
>
>
>
>
>2015-02-11 18:46 GMT+11:00 Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>

>
>Mr Kid, kalau memang ada rencana kopdar bisa jadwalnya sudah keluar 2 atau 3 bulan sebelumnya? Biar bisa di atur waktu cutinya sekalian merapat. Maklum menjadi pekerja yang terikat.
>
>--
>Salam Sehat Selalu Dari Papua Timika
>Jack
>
>Rabu, 11 Februari 2015, 02:12PM +0900 dari "Yulianti Agustina yuli.if09@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>Wahhhh.. asikk nih kalo ada kopdar.. mau dong gabung.. :D
>tapi jangan jauh jauh ya tempat nya..
>2015-02-11 7:37 GMT+07:00 Jack Carmelo  jackcarmelo@yahoo.co.id [belajar-excel]  < belajar-excel@yahoogroups.com > :
>>
>>Wduh, klo wktunya pas kyaknya dari Papua boleh merapat juga ne.
>>--
>>Salam Sehat Selalu Dari Papua Timika
>>Jack
>>Rabu, 11 Februari 2015, 09:21AM +0900 dari "Hendrik Karnadi  hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" < belajar-excel@yahoogroups.com >:
>>Ga jauh dari Jakarta kan Mas Agus?
>>Kalo boleh saran.....biaya makannya sebaiknya dipikul bersama....
>>Salam,
>>HK
>>Sent from Samsung Mobile
>>-------- Original message --------
>>From: "Nang Agus  nangagus@gmail.com [belajar-excel]"
>>Date:11/02/2015  06:46  (GMT+07:00)
>>To: BExcel
>>Subject: Re: [belajar-excel] Kapan Kopi Darat ?
>>Mas Kid kalau di tempat saya, saya bersedia menanggung semuanya.
>>2015-02-10 19:21 GMT+07:00 'Mr. Kid'   mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]  <  belajar-excel@yahoogroups.com > :
>>>
>>>Pak Alif masih bersedia menjadi ketua panitiakah ? Atau ada member lain yang bersedia membantu atau berdiskusi tentang kepanitiannya ?
>>>
>>>2015-02-07 22:06 GMT+11:00   idz.iman@yahoo.com [belajar-excel]  <  belajar-excel@yahoogroups.com > :
>>>>
>>>>Dear Administrator :)
>>>>
>>>>Kapan nih ada acara Kopi Darat?
>>>>siapa tau sudah ada yang haus ilmu seperti saya...
>>>>
>>>>hehehe..
>>>>
>>>>Salam
>>>>Iman DZ
>>>
>
>
>
>
>
><!-- #ygrp-mkp { border: 1px solid #d8d8d8; font-family: Arial; margin: 10px 0; padding: 0 10px; } #ygrp-mkp hr { border: 1px solid #d8d8d8; } #ygrp-mkp #hd { color: #628c2a; font-size: 85%; font-weight: 700; line-height: 122%; margin: 10px 0; } #ygrp-mkp #ads { margin-bottom: 10px; } #ygrp-mkp .ad { padding: 0 0; } #ygrp-mkp .ad p { margin: 0; } #ygrp-mkp .ad a { color: #0000ff; text-decoration: none; } #ygrp-sponsor #ygrp-lc { font-family: Arial; } #ygrp-sponsor #ygrp-lc #hd { margin: 10px 0px; font-weight: 700; font-size: 78%; line-height: 122%; } #ygrp-sponsor #ygrp-lc .ad { margin-bottom: 10px; padding: 0 0; } #actions { font-family: Verdana; font-size: 11px; padding: 10px 0; } #activity { background-color: #e0ecee; float: left; font-family: Verdana; font-size: 10px; padding: 10px; } #activity span { font-weight: 700; } #activity span:first-child { text-transform: uppercase; } #activity span a { color: #5085b6; text-decoration: none; } #activity span span { color: #ff7900; } #activity span .underline { text-decoration: underline; } .attach { clear: both; display: table; font-family: Arial; font-size: 12px; padding: 10px 0; width: 400px; } .attach div a { text-decoration: none; } .attach img { border: none; padding-right: 5px; } .attach label { display: block; margin-bottom: 5px; } .attach label a { text-decoration: none; } blockquote { margin: 0 0 0 4px; } .bold { font-family: Arial; font-size: 13px; font-weight: 700; } .bold a { text-decoration: none; } dd.last p a { font-family: Verdana; font-weight: 700; } dd.last p span { margin-right: 10px; font-family: Verdana; font-weight: 700; } dd.last p span.yshortcuts { margin-right: 0; } div.attach-table div div a { text-decoration: none; } div.attach-table { width: 400px; } div.file-title a, div.file-title a:active, div.file-title a:hover, div.file-title a:visited { text-decoration: none; } div.photo-title a, div.photo-title a:active, div.photo-title a:hover, div.photo-title a:visited { text-decoration: none; } div#ygrp-mlmsg #ygrp-msg p a span.yshortcuts { font-family: Verdana; font-size: 10px; font-weight: normal; } .green { color: #628c2a; } .MsoNormal { margin: 0 0 0 0; } o { font-size: 0; } #photos div { float: left; width: 72px; } #photos div div { border: 1px solid #666666; height: 62px; overflow: hidden; width: 62px; } #photos div label { color: #666666; font-size: 10px; overflow: hidden; text-align: center; white-space: nowrap; width: 64px; } #reco-category { font-size: 77%; } #reco-desc { font-size: 77%; } .replbq { margin: 4px; } #ygrp-actbar div a:first-child { /* border-right: 0px solid #000;*/ margin-right: 2px; padding-right: 5px; } #ygrp-mlmsg { font-size: 13px; font-family: Arial, helvetica,clean, sans-serif; *font-size: small; *font: x-small; } #ygrp-mlmsg table { font-size: inherit; font: 100%; } #ygrp-mlmsg select, input, textarea { font: 99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif; } #ygrp-mlmsg pre, code { font:115% monospace; *font-size:100%; } #ygrp-mlmsg * { line-height: 1.22em; } #ygrp-mlmsg #logo { padding-bottom: 10px; } #ygrp-msg p a { font-family: Verdana; } #ygrp-msg p#attach-count span { color: #1E66AE; font-weight: 700; } #ygrp-reco #reco-head { color: #ff7900; font-weight: 700; } #ygrp-reco { margin-bottom: 20px; padding: 0px; } #ygrp-sponsor #ov li a { font-size: 130%; text-decoration: none; } #ygrp-sponsor #ov li { font-size: 77%; list-style-type: square; padding: 6px 0; } #ygrp-sponsor #ov ul { margin: 0; padding: 0 0 0 8px; } #ygrp-text { font-family: Georgia; } #ygrp-text p { margin: 0 0 1em 0; } #ygrp-text tt { font-size: 120%; } #ygrp-vital ul li:last-child { border-right: none !important; } -->

Wed Feb 11, 2015 1:27 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

oalah... trit ini bukan kuis to... ternyata kasus... maaf ya, mode oon lagi
on nih (padahal on terus n jarang off wakakaka)

baiklah...

Bagian ini :
With ActiveWorkbook.Names("Data")
.RefersToR1C1 = "=OFFSET(Database!R2C1,0,0,COUNTA(Database!C1)-1,5)"
End With
*With ListData*
* .RowSource = "Data"*
* End With*
prosesnya kan membuat nama range lalu nama range itu dijadikan sumber
rowsource.

Coba perhatikan, yang diset ke properti rowsource itu teks nama range nya,
tapi yang dipakai adalah item-item dalam nama range itu.
Artinya, yang dibutuhkan properti RowSource adalah alamat lengkap item-item
untuk listnya.

Nama range merujuk ke suatu range dengan lengkap. Ada nama sheetnya, alamat
range dari dan sampainya.
Berarti, kalau properti rowsource diberi alamat lengkap langsung juga bisa.

Untuk blok di atas bisa begini :

With ActiveWorkbook.sheets("Database").range("a1").currentregion 'data
header mulai a1 sebanyak 1 baris kan ya
*ListData**.RowSource* = .offset(1).resize( .rows.count-1 ).address(
external:=true )
end with

atau mau pakai nama range sementara :
With ActiveWorkbook.sheets("Database").range("a1").currentregion 'data
header mulai a1 sebanyak 1 baris kan ya
.offset(1).resize( .rows.count-1 ).name="_myData_" 'buat nama range
*ListData**.RowSource* = "_myData_" 'pake nama
rangenya untuk rowsource
.parent.parent.names("_myData_").delete 'hapus nama
rangenya
'catatan :
' .parent ke-1 dari range naik 1 level ke sheet
' .parent ke-2 dari hasil .parent ke-1 alias posisi level object
sheet naik 1 level ke workbook
'nah... karena disini pakai activeworkbook, alias yang kerja adalah
workbook yang aktif, maka bunyi :
' .parent.parent.names("_myData_").delete bisa diganti dengan
bunyi :
' activeworkbook.names("_myData_").delete
'tapi hati-hati dan beneran serius memperhatikan workbook mana yang
aktif ya
end with

Kalau baris with blabla ndak merujuk ke workbook aktif, ya sebutkan saja
nama workbooknya
workbooks("namanya").names("_myData_").delete

ya gitulah, diatur-atur saja object mana yang punya anak yang dituju untuk
digunakan.

moga-moga ndak buat pening ya...
kalo pening, jangan minum obat, tapi jauhilah komputer dan bermainlah
bersama keluarga masing-masing.

Wassalam,
Kid.

2015-02-11 19:33 GMT+11:00 Hendrik Karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Hai Jack,
> Hirarkinya begini...
> Workbook FrmInput_Edit....terdiri dari 2 sheets, yaitu
> - Product
> - Database (disembunyikan)
> Dalam sheet Database ada range bernama Data.
> Jadi ActiveWorkbook.Names ("Data") = Range("Data"), walaupun
> tidak menyebutkan nama Sheetnya.
> Inti pertanyaannya adalah bagaimana menuliskan/menjadikan Range("Data")
> sebagai RowSource untuk ListData...tanpa mendefiniskannya terlebih dahulu
> melalui Worksheet (Formulas, Manager),
>
> Salam,
> HK
>
> Sent from Samsung Mobile
>
>
> -------- Original message --------
> From: "Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id [belajar-excel]"
> Date:11/02/2015 14:31 (GMT+07:00)
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Subject: Re[2]: [belajar-excel] Menentukan Row Source pada ListBox dalam
> USerForm
>
>
>
> Mr Kid dan Mas Hendrik
> Waduh,mas Hendrik saja bingung...
> Saya coba perhatikan dari tadi malah puyeng...
> Jadi ceritanya itu ada workbook yang lain yang sedang aktif dengan nama
> Data ya. Ataukah workbook yang bersangkutan namanya Data? Soalnya saya
> lihat ada
> With activeworkbook.Names = "Data"
> Datanya yang akan di isi pada ListData diambil data workbook Data tadi
> yang ada pada sheet Database.
> Sory saya coba hubungkan dengan tulisan mr Kid tentang ComboBox.
> Kayaknya seru juga untuk bahan pembelajaran. Kalau saya salah mohon maaf
> dan mohon penjelasannya. Hahaha,, masih belum paham benar tentang excel.
> Maklum kerjaan tidak ada hubungannya dengan excel jadi hanya mencari
> masalah excel untuk dipertanyakan dan dipelajari.
> --
> Salam Sehat Selalu Dari Papua Timika
> Jack
> Rabu, 11 Februari 2015, 04:19PM +0900 dari "Hendrik Karnadi
> hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>:
> Sama2 Mr. Kid....
> Sebenarnya itu pertanyaan dari teman yg blm bisa saya jwb....
> Krn saya baru main UserForm di permukaan....
> Sebenarnya ada pertanyaan lain yang juga blm bisa saya jawab, apa bedanya
> UserForm_lnitialize dan Activate.
> Terima kasih.
> Salam,
> HK
> Sent from Samsung Mobile
> -------- Original message --------
> From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]"
> Date:11/02/2015 12:54 (GMT+07:00)
> To: BeExcel
> Subject: Re: [belajar-excel] Menentukan Row Source pada ListBox dalam
> USerForm
> Dear BeExceller,
> ayo yang suka VBA...
> semangat untuk me-reply kuis ini ya...
> makasih Pak HK, kuisnya bisa menjadi salah satu cara untuk belajar
> Wassalam,
> Kid.
> 2015-02-11 14:10 GMT+11:00 hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
> [belajar-excel] < belajar-excel@yahoogroups.com > :
> >
> >Rakan-rekan Be-Excellers,
> >
> >Terlampir adalah hasil utak atik UserForm yang menjadi salah satu bahasan
> pada Kopdar 2 (msh perlu perbaikan disana sini).
> >Dalam menentukan Row Source pada ListBox dalam UserForm tersebut saya
> masih mengacu pada Worksheet Range dengan menggunakan menu Formulas, Name
> Manager (Data), mis, :
> >=OFFSET(Database!$A$2,0,0,COUNTA(Database!$A:$A)-1,5)
> >
> >Krn ada kemungkinan isi data dihapus hingga tinggal judulnya saja maka
> dalam UserForm_Activate saya buat macro seperti ini:
> >Private Sub UserForm_Activate()
> > If Sheets("Database").Range("A2").Value = "" Then
> > Me.Hide
> > MsgBox "Data BLM ADA", vbInformation + vbOKOnly, "PESAN"
> > Exit Sub
> > End If
> > With ActiveWorkbook.Names("Data")
> > .RefersToR1C1 =
> "=OFFSET(Database!R2C1,0,0,COUNTA(Database!C1)-1,5)"
> > End With
> > With ListData
> > .RowSource = "Data"
> > End With
> > REC_NO.Value = 1
> > SpinButton1.Value = REC_NO.Value
> > ListData.ListIndex = REC_NO.Value - 1
> >End Sub
> >
> >Tentunya akan lebih baik jika dalam menentukan Range("Data") bisa kita
> gunakan macro, seperti ini :
> >Dim Dat as Range
> >Set Dat = Sheets("Database").Range("A1").CurrentRegion
> >Set Dat = Dat.Offset(1,0).Resize(Dat.Rows.Count-1, Dat.Columns.Count)
> >
> >Pertanyaan saya:
> >Bagaimana penulisan "Data" pada code yang berwarna hijau?
> >
> >Terima kasih.
> >
> >Salam,
> >HK
> >
> >NB: password untuk buka macro dan worksheet "Database";nya adalah
> "hk"(tanpa spasi)
> >
> >
>
>
>

Wed Feb 11, 2015 2:30 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Terima ksih M. Kid...sdh pasti jalan (wong sdh dites).
Mau nanya sedikit Mr. Kid,pengertian address(external:=true), apakah berarti Form tsb mengambil address dari luar dirinya ?
Satu lagi yang saya masih belum mudeng :Apa bedanya antara UserForm_Initialize dan Activate ?Kapan seharusnya menggunakan UserForm_Initialize dan kapan harus menggunakan UserForm_Activate ?
Terima kasih.
Salam,HK

From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 11 February 2015, 16:25
Subject: Re: Re[2]: [belajar-excel] Menentukan Row Source pada ListBox dalam USerForm

  oalah... trit ini bukan kuis to... ternyata kasus... maaf ya, mode oon lagi on nih (padahal on terus n jarang off wakakaka)

baiklah...

Bagian ini :
    With ActiveWorkbook.Names("Data")       .RefersToR1C1 = "=OFFSET(Database!R2C1,0,0,COUNTA(Database!C1)-1,5)"    End With    With ListData        .RowSource = "Data"    End Withprosesnya kan membuat nama range lalu nama range itu dijadikan sumber rowsource.

Coba perhatikan, yang diset ke properti rowsource itu teks nama range nya, tapi yang dipakai adalah item-item dalam nama range itu.
Artinya, yang dibutuhkan properti RowSource adalah alamat lengkap item-item untuk listnya.

Nama range merujuk ke suatu range dengan lengkap. Ada nama sheetnya, alamat range dari dan sampainya.
Berarti, kalau properti rowsource diberi alamat lengkap langsung juga bisa.

Untuk blok di atas bisa begini :

With ActiveWorkbook.sheets("Database").range("a1").currentregion   'data header mulai a1 sebanyak 1 baris kan ya
     ListData.RowSource = .offset(1).resize( .rows.count-1 ).address( external:=true )
end with

atau mau pakai nama range sementara :
With ActiveWorkbook.sheets("Database").range("a1").currentregion   'data header mulai a1 sebanyak 1 baris kan ya
     .offset(1).resize( .rows.count-1 ).name="_myData_"     'buat nama range
     ListData.RowSource = "_myData_"                   'pake nama rangenya untuk rowsource
     .parent.parent.names("_myData_").delete            'hapus nama rangenya
     'catatan :
     '    .parent ke-1 dari range naik 1 level ke sheet
    '    .parent ke-2 dari hasil .parent ke-1 alias posisi level object sheet naik 1 level ke workbook
     'nah... karena disini pakai activeworkbook, alias yang kerja adalah workbook yang aktif, maka bunyi :
    '    .parent.parent.names("_myData_").delete   bisa diganti dengan bunyi :
    '    activeworkbook.names("_myData_").delete
    'tapi hati-hati dan beneran serius memperhatikan workbook mana yang aktif ya
end with

Kalau baris with blabla ndak merujuk ke workbook aktif, ya sebutkan saja nama workbooknya
   workbooks("namanya").names("_myData_").delete

ya gitulah, diatur-atur saja object mana yang punya anak yang dituju untuk digunakan.

moga-moga ndak buat pening ya...
kalo pening, jangan minum obat, tapi jauhilah komputer dan bermainlah bersama keluarga masing-masing.

Wassalam,
Kid.

2015-02-11 19:33 GMT+11:00 Hendrik Karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

  Hai Jack,Hirarkinya begini...Workbook FrmInput_Edit....terdiri dari 2 sheets, yaitu- Product- Database (disembunyikan)Dalam sheet Database ada range bernama Data.Jadi ActiveWorkbook.Names ("Data") = Range("Data"), walaupuntidak menyebutkan nama Sheetnya.Inti pertanyaannya adalah bagaimana menuliskan/menjadikan Range("Data") sebagai RowSource untuk ListData...tanpa mendefiniskannya terlebih dahulu melalui Worksheet (Formulas, Manager),
Salam,HK
Sent from Samsung Mobile

-------- Original message --------From: "Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id [belajar-excel]" Date:11/02/2015 14:31 (GMT+07:00) To: belajar-excel@yahoogroups.com Subject: Re[2]: [belajar-excel] Menentukan Row Source pada ListBox dalam USerForm
  Mr Kid dan Mas Hendrik
Waduh,mas Hendrik saja bingung...
Saya coba perhatikan dari tadi malah puyeng...
Jadi ceritanya itu ada workbook yang lain yang sedang aktif dengan nama Data ya. Ataukah workbook yang bersangkutan namanya Data? Soalnya saya lihat ada
With activeworkbook.Names = "Data"
Datanya yang akan di isi pada ListData diambil data workbook Data tadi yang ada pada sheet Database.
Sory saya coba hubungkan dengan tulisan mr Kid tentang ComboBox.
Kayaknya seru juga untuk bahan pembelajaran. Kalau saya salah mohon maaf dan mohon penjelasannya. Hahaha,, masih belum paham benar tentang excel. Maklum kerjaan tidak ada hubungannya dengan excel jadi hanya mencari masalah excel untuk dipertanyakan dan dipelajari.
--
Salam Sehat Selalu Dari Papua Timika
Jack
Rabu, 11 Februari 2015, 04:19PM +0900 dari "Hendrik Karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>:
Sama2 Mr. Kid....
Sebenarnya itu pertanyaan dari teman yg blm bisa saya jwb....
Krn saya baru main UserForm di permukaan....
Sebenarnya ada pertanyaan lain yang juga blm bisa saya jawab, apa bedanya UserForm_lnitialize dan Activate.
Terima kasih.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
-------- Original message --------
From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]"
Date:11/02/2015  12:54  (GMT+07:00)
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Menentukan Row Source pada ListBox dalam USerForm
Dear BeExceller,
ayo yang suka VBA...
semangat untuk me-reply kuis ini ya...
makasih Pak HK, kuisnya bisa menjadi salah satu cara untuk belajar
Wassalam,
Kid.
2015-02-11 14:10 GMT+11:00 hendrik karnadi  hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]  < belajar-excel@yahoogroups.com > :
>
>Rakan-rekan Be-Excellers,
>
>Terlampir adalah hasil utak atik UserForm yang menjadi salah satu bahasan pada Kopdar 2 (msh perlu perbaikan disana sini).
>Dalam menentukan Row Source pada ListBox dalam UserForm tersebut saya masih mengacu pada Worksheet Range dengan menggunakan menu Formulas,  Name Manager (Data), mis, :
>=OFFSET(Database!$A$2,0,0,COUNTA(Database!$A:$A)-1,5)
>
>Krn ada kemungkinan isi data dihapus hingga tinggal judulnya saja maka dalam UserForm_Activate saya buat macro seperti ini:
>Private Sub UserForm_Activate()
>    If Sheets("Database").Range("A2").Value = "" Then
>        Me.Hide
>        MsgBox "Data BLM ADA", vbInformation + vbOKOnly, "PESAN"
>        Exit Sub
>    End If
>    With ActiveWorkbook.Names("Data")
>       .RefersToR1C1 = "=OFFSET(Database!R2C1,0,0,COUNTA(Database!C1)-1,5)"
>    End With
>     With ListData
>        .RowSource = "Data"
>    End With
>    REC_NO.Value = 1
>    SpinButton1.Value = REC_NO.Value
>    ListData.ListIndex = REC_NO.Value - 1
>End Sub
>
>Tentunya akan lebih baik jika dalam menentukan Range("Data") bisa kita gunakan macro, seperti ini :
>Dim Dat as Range
>Set Dat = Sheets("Database").Range("A1").CurrentRegion
>Set Dat = Dat.Offset(1,0).Resize(Dat.Rows.Count-1, Dat.Columns.Count)
>
>Pertanyaan saya:
>Bagaimana penulisan "Data" pada code yang berwarna hijau?
>
>Terima kasih.
>
>Salam,
>HK
>
>NB: password untuk buka macro dan worksheet "Database";nya adalah "hk"(tanpa spasi)
>
>


#yiv0502242561 #yiv0502242561 -- #yiv0502242561ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-mkp #yiv0502242561hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-mkp #yiv0502242561ads {margin-bottom:10px;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-mkp .yiv0502242561ad {padding:0 0;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-mkp .yiv0502242561ad p {margin:0;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-mkp .yiv0502242561ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-sponsor #yiv0502242561ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-sponsor #yiv0502242561ygrp-lc #yiv0502242561hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-sponsor #yiv0502242561ygrp-lc .yiv0502242561ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv0502242561 #yiv0502242561actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv0502242561 #yiv0502242561activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv0502242561 #yiv0502242561activity span {font-weight:700;}#yiv0502242561 #yiv0502242561activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv0502242561 #yiv0502242561activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv0502242561 #yiv0502242561activity span span {color:#ff7900;}#yiv0502242561 #yiv0502242561activity span .yiv0502242561underline {text-decoration:underline;}#yiv0502242561 .yiv0502242561attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv0502242561 .yiv0502242561attach div a {text-decoration:none;}#yiv0502242561 .yiv0502242561attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv0502242561 .yiv0502242561attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv0502242561 .yiv0502242561attach label a {text-decoration:none;}#yiv0502242561 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv0502242561 .yiv0502242561bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv0502242561 .yiv0502242561bold a {text-decoration:none;}#yiv0502242561 dd.yiv0502242561last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv0502242561 dd.yiv0502242561last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv0502242561 dd.yiv0502242561last p span.yiv0502242561yshortcuts {margin-right:0;}#yiv0502242561 div.yiv0502242561attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv0502242561 div.yiv0502242561attach-table {width:400px;}#yiv0502242561 div.yiv0502242561file-title a, #yiv0502242561 div.yiv0502242561file-title a:active, #yiv0502242561 div.yiv0502242561file-title a:hover, #yiv0502242561 div.yiv0502242561file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv0502242561 div.yiv0502242561photo-title a, #yiv0502242561 div.yiv0502242561photo-title a:active, #yiv0502242561 div.yiv0502242561photo-title a:hover, #yiv0502242561 div.yiv0502242561photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv0502242561 div#yiv0502242561ygrp-mlmsg #yiv0502242561ygrp-msg p a span.yiv0502242561yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv0502242561 .yiv0502242561green {color:#628c2a;}#yiv0502242561 .yiv0502242561MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv0502242561 o {font-size:0;}#yiv0502242561 #yiv0502242561photos div {float:left;width:72px;}#yiv0502242561 #yiv0502242561photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv0502242561 #yiv0502242561photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv0502242561 #yiv0502242561reco-category {font-size:77%;}#yiv0502242561 #yiv0502242561reco-desc {font-size:77%;}#yiv0502242561 .yiv0502242561replbq {margin:4px;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-mlmsg select, #yiv0502242561 input, #yiv0502242561 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-mlmsg pre, #yiv0502242561 code {font:115% monospace;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-mlmsg #yiv0502242561logo {padding-bottom:10px;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-msg p#yiv0502242561attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-reco #yiv0502242561reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-sponsor #yiv0502242561ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-sponsor #yiv0502242561ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-sponsor #yiv0502242561ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv0502242561 #yiv0502242561ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv0502242561

Wed Feb 11, 2015 3:28 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak HK,

1. tentang parameter external dalam properti address milik range
properti address memiliki definisi resmi begini :
Returns a *String* value that represents the range reference in the
language of the macro.

*Syntax*

*expression.Address(RowAbsolute, ColumnAbsolute, ReferenceStyle, External,
RelativeTo)*

*expression* A variable that represents a *Range* object.

*Parameters*
*Name* *Required/Optional* *Data Type* *Description* *RowAbsolute*
Optional *Variant* *True* to return the row part of the reference as an
absolute reference. The default value is *True*. *ColumnAbsolute* Optional
*Variant* *True* to return the column part of the reference as an absolute
reference. The default value is *True*. *ReferenceStyle* Optional
*XlReferenceStyle
<HV10072529.htm>* The reference style. The default value is *xlA1*.
*External* Optional *Variant* *True* to return an external reference.
*False* to return a local reference. The default value is *False*.
*RelativeTo* Optional *Variant* If *RowAbsolute* and *ColumnAbsolute* are
*False*, and *ReferenceStyle* is *xlR1C1*, you must include a starting
point for the relative reference. This argument is a *Range
<HV10036198.htm>* object that defines the starting point.

*Remarks*

If the reference contains more than one cell, *RowAbsolute* and
*ColumnAbsolute* apply to all rows and columns.

Untuk parameter bernama *External* secara singkat adalah ingin menyertakan
nama workbook dan sheetnya si alamat range tersebut atau tidak. Parameter
ini sering juga diartikan dengan akan menyebut alamat lengkap range atau
tidak. Kalau ya, maka beri nilai TRUE. Alamat lengkap sebuah range adalah
sebagai berikut :
'[nama workbook.ekstensi workbook]nama
sheet'!alamat_cell_awal:alamat_cell_akhir

Coba saja di sebuah prosedur dalam general module diberi script :
debug.print range("a1:c5").address( external:=true ) 'di run dan lihat
di intermediate window di VBE
atau
msgbox range("a1:c5").address(external:=true) 'di run dan lihat tampilan
msgbox yang muncul

2. event initialize alias event load dan event activate
setiap kali os akan membuat sebuah window (userform yang ditampilkan
termasuk sebuah window juga loh) akan mengikuti urutan pembentukan yang
garis besarnya adalah :
a. os membentuk object window (kotaknya, membuat object controlnya,
mengeset bawaan orok properti-propertinya, dsb) dan menyimpannya dalam
memori.
>> proses ini sering disebut proses load. perintah untuk melakukan load
bisa dengan load nama_userformnya
>> window yang terbentuk disimpan dalam memori tapi ndak ditampilkan ke user
>> coba saja baris perintah :
Load nama_userformnya 'sesuaikan nama_userformnya dengan nama userform
yang telah dibuat sebelumnya

b. proses inisialisasi oleh user melalui event initialize atau event load
(kalau ada event initialize atau event load yang digunakan user)
>> proses ini dijalankan pada kondisi si window (misal sebuah user form)
belum ditampakkan ke user tapi sudah ada di memori
>> event ini dijalankan sekali saja sepanjang hidupnya si window, kecuali
user memanggil ulang prosedur event ini

c. proses menampakkan ke window ke user
>> user jadi bisa melihat si window (misal si userform)

d. proses meletakkan window di urutan teratas alias menjadikannya aktif

e. proses menjalankan event activate (kalau ada event activate yang
digunakan user)

f. set focus ke control object yang memiliki index tab stop terendah yang
bisa menerima fokus

Penggunaan methods Show pada sebuah userform akan menjalankan poin a sampai
f di atas. Klausa (syntax) Load akan menjalankan poin a dan b saja.

Jadi, event initialize atau event load akan dijalankan terlebih dulu
sebelum event activate. Event initialize atau event load terpicu hanya
sekali sepanjang umur si window, kecuali user memanggil prosedur event
initialize dengan synatx call seperti Call userform_initialize

Event activate akan dijalankan ketika si window (misal userform)
dipindahkan urutannya menjadi urutan teratas alias di aktifkan. Pernah
membuka beberapa aplikasi dalam windows bukan ? Bukankah yang diwarna biru
system menunya hanya 1 aplikasi saja dan aplikasi lain dibawahnya dalam
keadaan grey ? Yang system menu-nya di-biru itulah yang ada diurutan
teratas alias aktif.

Jadi, setiap suatu window berubah system menu nya dari grey menjadi biru
allias diaktifkan atau diletakkan diurutan teratas, maka event activate
akan dijalankan.

Coba begini saja :
dalam sebuah userform (misal bernama userform1), buat event initialize dan
event activate. Dalam event initialize, isi dengan perintah :
msgbox "dalam event initialize"
kemudian dalam event activate, isi dengan perintah :
msgbox "dalam event activate"

kemudian di sebuah general module, buat sebuah prosedur (misal bernama
PakaiLoad) untuk mengaktifkan userform bernama userform1 tersebut. Isi
dengan baris perintah :
Load Userform1
msgbox "userform1 telah di-load"
unload userform1
msgbox "userform1 telah di-unload"
kemudian jalankan prosedur bernama PakaiLoad ini. Perhatikan yang tampak
dalam layar.

setelah itu, digeneral module dibuat lagi sebuah prosedur bernama PakaiShow
dan diisi perintah :
Userform1.show
lalu jalankan prosedur PakaiShow ini dan lihat yang tampak dalam layar.

Hasil run prosedur PakaiLoad dan PakaiShow menampakkan bedanya bukan ?

;)

Regards,
Kid.

2015-02-11 21:30 GMT+11:00 hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Terima ksih M. Kid...sdh pasti jalan (wong sdh dites).
>
> Mau nanya sedikit Mr. Kid,
> pengertian *address(**external:=true)*, apakah berarti Form tsb mengambil
> address dari luar dirinya ?
>
> Satu lagi yang saya masih belum mudeng :
> Apa bedanya antara UserForm_Initialize dan Activate ?
> Kapan seharusnya menggunakan UserForm_Initialize dan kapan harus
> menggunakan UserForm_Activate ?
>
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
>
> ------------------------------
> *From:* "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com>
> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Wednesday, 11 February 2015, 16:25
> *Subject:* Re: Re[2]: [belajar-excel] Menentukan Row Source pada ListBox
> dalam USerForm
>
>
> oalah... trit ini bukan kuis to... ternyata kasus... maaf ya, mode oon
> lagi on nih (padahal on terus n jarang off wakakaka)
>
> baiklah...
>
> Bagian ini :
> With ActiveWorkbook.Names("Data")
> .RefersToR1C1 = "=OFFSET(Database!R2C1,0,0,COUNTA(Database!C1)-1,5)"
> End With
> *With ListData*
> * .RowSource = "Data"*
> * End With*
> prosesnya kan membuat nama range lalu nama range itu dijadikan sumber
> rowsource.
>
> Coba perhatikan, yang diset ke properti rowsource itu teks nama range nya,
> tapi yang dipakai adalah item-item dalam nama range itu.
> Artinya, yang dibutuhkan properti RowSource adalah alamat lengkap
> item-item untuk listnya.
>
> Nama range merujuk ke suatu range dengan lengkap. Ada nama sheetnya,
> alamat range dari dan sampainya.
> Berarti, kalau properti rowsource diberi alamat lengkap langsung juga bisa.
>
> Untuk blok di atas bisa begini :
>
> With ActiveWorkbook.sheets("Database").range("a1").currentregion 'data
> header mulai a1 sebanyak 1 baris kan ya
> *ListData**.RowSource* = .offset(1).resize( .rows.count-1 ).address(
> external:=true )
> end with
>
> atau mau pakai nama range sementara :
> With ActiveWorkbook.sheets("Database").range("a1").currentregion 'data
> header mulai a1 sebanyak 1 baris kan ya
> .offset(1).resize( .rows.count-1 ).name="_myData_" 'buat nama
> range
> *ListData**.RowSource* = "_myData_" 'pake nama
> rangenya untuk rowsource
> .parent.parent.names("_myData_").delete 'hapus nama
> rangenya
> 'catatan :
> ' .parent ke-1 dari range naik 1 level ke sheet
> ' .parent ke-2 dari hasil .parent ke-1 alias posisi level object
> sheet naik 1 level ke workbook
> 'nah... karena disini pakai activeworkbook, alias yang kerja adalah
> workbook yang aktif, maka bunyi :
> ' .parent.parent.names("_myData_").delete bisa diganti dengan
> bunyi :
> ' activeworkbook.names("_myData_").delete
> 'tapi hati-hati dan beneran serius memperhatikan workbook mana yang
> aktif ya
> end with
>
> Kalau baris with blabla ndak merujuk ke workbook aktif, ya sebutkan saja
> nama workbooknya
> workbooks("namanya").names("_myData_").delete
>
> ya gitulah, diatur-atur saja object mana yang punya anak yang dituju untuk
> digunakan.
>
> moga-moga ndak buat pening ya...
> kalo pening, jangan minum obat, tapi jauhilah komputer dan bermainlah
> bersama keluarga masing-masing.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> 2015-02-11 19:33 GMT+11:00 Hendrik Karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
> Hai Jack,
> Hirarkinya begini...
> Workbook FrmInput_Edit....terdiri dari 2 sheets, yaitu
> - Product
> - Database (disembunyikan)
> Dalam sheet Database ada range bernama Data.
> Jadi ActiveWorkbook.Names ("Data") = Range("Data"), walaupun
> tidak menyebutkan nama Sheetnya.
> Inti pertanyaannya adalah bagaimana menuliskan/menjadikan Range("Data")
> sebagai RowSource untuk ListData...tanpa mendefiniskannya terlebih dahulu
> melalui Worksheet (Formulas, Manager),
>
> Salam,
> HK
>
> Sent from Samsung Mobile
>
>
> -------- Original message --------
> From: "Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id [belajar-excel]"
> Date:11/02/2015 14:31 (GMT+07:00)
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Subject: Re[2]: [belajar-excel] Menentukan Row Source pada ListBox dalam
> USerForm
>
>
> Mr Kid dan Mas Hendrik
> Waduh,mas Hendrik saja bingung...
> Saya coba perhatikan dari tadi malah puyeng...
> Jadi ceritanya itu ada workbook yang lain yang sedang aktif dengan nama
> Data ya. Ataukah workbook yang bersangkutan namanya Data? Soalnya saya
> lihat ada
> With activeworkbook.Names = "Data"
> Datanya yang akan di isi pada ListData diambil data workbook Data tadi
> yang ada pada sheet Database.
> Sory saya coba hubungkan dengan tulisan mr Kid tentang ComboBox.
> Kayaknya seru juga untuk bahan pembelajaran. Kalau saya salah mohon maaf
> dan mohon penjelasannya. Hahaha,, masih belum paham benar tentang excel.
> Maklum kerjaan tidak ada hubungannya dengan excel jadi hanya mencari
> masalah excel untuk dipertanyakan dan dipelajari.
> --
> Salam Sehat Selalu Dari Papua Timika
> Jack
> Rabu, 11 Februari 2015, 04:19PM +0900 dari "Hendrik Karnadi
> hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>:
> Sama2 Mr. Kid....
> Sebenarnya itu pertanyaan dari teman yg blm bisa saya jwb....
> Krn saya baru main UserForm di permukaan....
> Sebenarnya ada pertanyaan lain yang juga blm bisa saya jawab, apa bedanya
> UserForm_lnitialize dan Activate.
> Terima kasih.
> Salam,
> HK
> Sent from Samsung Mobile
> -------- Original message --------
> From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]"
> Date:11/02/2015 12:54 (GMT+07:00)
> To: BeExcel
> Subject: Re: [belajar-excel] Menentukan Row Source pada ListBox dalam
> USerForm
> Dear BeExceller,
> ayo yang suka VBA...
> semangat untuk me-reply kuis ini ya...
> makasih Pak HK, kuisnya bisa menjadi salah satu cara untuk belajar
> Wassalam,
> Kid.
> 2015-02-11 14:10 GMT+11:00 hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
> [belajar-excel] < belajar-excel@yahoogroups.com > :
> >
> >Rakan-rekan Be-Excellers,
> >
> >Terlampir adalah hasil utak atik UserForm yang menjadi salah satu bahasan
> pada Kopdar 2 (msh perlu perbaikan disana sini).
> >Dalam menentukan Row Source pada ListBox dalam UserForm tersebut saya
> masih mengacu pada Worksheet Range dengan menggunakan menu Formulas, Name
> Manager (Data), mis, :
> >=OFFSET(Database!$A$2,0,0,COUNTA(Database!$A:$A)-1,5)
> >
> >Krn ada kemungkinan isi data dihapus hingga tinggal judulnya saja maka
> dalam UserForm_Activate saya buat macro seperti ini:
> >Private Sub UserForm_Activate()
> > If Sheets("Database").Range("A2").Value = "" Then
> > Me.Hide
> > MsgBox "Data BLM ADA", vbInformation + vbOKOnly, "PESAN"
> > Exit Sub
> > End If
> > With ActiveWorkbook.Names("Data")
> > .RefersToR1C1 =
> "=OFFSET(Database!R2C1,0,0,COUNTA(Database!C1)-1,5)"
> > End With
> > With ListData
> > .RowSource = "Data"
> > End With
> > REC_NO.Value = 1
> > SpinButton1.Value = REC_NO.Value
> > ListData.ListIndex = REC_NO.Value - 1
> >End Sub
> >
> >Tentunya akan lebih baik jika dalam menentukan Range("Data") bisa kita
> gunakan macro, seperti ini :
> >Dim Dat as Range
> >Set Dat = Sheets("Database").Range("A1").CurrentRegion
> >Set Dat = Dat.Offset(1,0).Resize(Dat.Rows.Count-1, Dat.Columns.Count)
> >
> >Pertanyaan saya:
> >Bagaimana penulisan "Data" pada code yang berwarna hijau?
> >
> >Terima kasih.
> >
> >Salam,
> >HK
> >
> >NB: password untuk buka macro dan worksheet "Database";nya adalah
> "hk"(tanpa spasi)
> >
> >
>
>
>
>
>
>

Wed Feb 11, 2015 4:41 am (PST) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Terima kasih Mr.Kid atas penjelasannya yang sangat detail.

Salam,
HK

Sent from Samsung Mobile

<div>-------- Original message --------</div><div>From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> </div><div>Date:11/02/2015 18:21 (GMT+07:00) </div><div>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com> </div><div>Subject: Re: Re[2]: [belajar-excel] Menentukan Row Source pada ListBox dalam USerForm </div><div>
</div>Pak HK,

1. tentang parameter external dalam properti address milik range
properti address memiliki definisi resmi begini :
Returns a String value that represents the range reference in the language of the macro.
Syntax

expression.Address(RowAbsolute, ColumnAbsolute, ReferenceStyle, External, RelativeTo)

expression A variable that represents a Range object.

Parameters

Name Required/Optional Data Type Description
RowAbsolute Optional Variant True to return the row part of the reference as an absolute reference. The default value is True.
ColumnAbsolute Optional Variant True to return the column part of the reference as an absolute reference. The default value is True.
ReferenceStyle Optional XlReferenceStyle The reference style. The default value is xlA1.
External Optional Variant True to return an external reference. False to return a local reference. The default value is False.
RelativeTo Optional Variant If RowAbsolute and ColumnAbsolute are False, and ReferenceStyle is xlR1C1, you must include a starting point for the relative reference. This argument is a Range object that defines the starting point.
Remarks
If the reference contains more than one cell, RowAbsolute and ColumnAbsolute apply to all rows and columns.

Untuk parameter bernama External secara singkat adalah ingin menyertakan nama workbook dan sheetnya si alamat range tersebut atau tidak. Parameter ini sering juga diartikan dengan akan menyebut alamat lengkap range atau tidak. Kalau ya, maka beri nilai TRUE. Alamat lengkap sebuah range adalah sebagai berikut :
'[nama workbook.ekstensi workbook]nama sheet'!alamat_cell_awal:alamat_cell_akhir

Coba saja di sebuah prosedur dalam general module diberi script :
debug.print range("a1:c5").address( external:=true ) 'di run dan lihat di intermediate window di VBE
atau
msgbox range("a1:c5").address(external:=true) 'di run dan lihat tampilan msgbox yang muncul

2. event initialize alias event load dan event activate
setiap kali os akan membuat sebuah window (userform yang ditampilkan termasuk sebuah window juga loh) akan mengikuti urutan pembentukan yang garis besarnya adalah :
a. os membentuk object window (kotaknya, membuat object controlnya, mengeset bawaan orok properti-propertinya, dsb) dan menyimpannya dalam memori.
>> proses ini sering disebut proses load. perintah untuk melakukan load bisa dengan load nama_userformnya
>> window yang terbentuk disimpan dalam memori tapi ndak ditampilkan ke user
>> coba saja baris perintah :
Load nama_userformnya 'sesuaikan nama_userformnya dengan nama userform yang telah dibuat sebelumnya

b. proses inisialisasi oleh user melalui event initialize atau event load (kalau ada event initialize atau event load yang digunakan user)
>> proses ini dijalankan pada kondisi si window (misal sebuah user form) belum ditampakkan ke user tapi sudah ada di memori
>> event ini dijalankan sekali saja sepanjang hidupnya si window, kecuali user memanggil ulang prosedur event ini

c. proses menampakkan ke window ke user
>> user jadi bisa melihat si window (misal si userform)

d. proses meletakkan window di urutan teratas alias menjadikannya aktif

e. proses menjalankan event activate (kalau ada event activate yang digunakan user)

f. set focus ke control object yang memiliki index tab stop terendah yang bisa menerima fokus

Penggunaan methods Show pada sebuah userform akan menjalankan poin a sampai f di atas. Klausa (syntax) Load akan menjalankan poin a dan b saja.

Jadi, event initialize atau event load akan dijalankan terlebih dulu sebelum event activate. Event initialize atau event load terpicu hanya sekali sepanjang umur si window, kecuali user memanggil prosedur event initialize dengan synatx call seperti Call userform_initialize

Event activate akan dijalankan ketika si window (misal userform) dipindahkan urutannya menjadi urutan teratas alias di aktifkan. Pernah membuka beberapa aplikasi dalam windows bukan ? Bukankah yang diwarna biru system menunya hanya 1 aplikasi saja dan aplikasi lain dibawahnya dalam keadaan grey ? Yang system menu-nya di-biru itulah yang ada diurutan teratas alias aktif.

Jadi, setiap suatu window berubah system menu nya dari grey menjadi biru allias diaktifkan atau diletakkan diurutan teratas, maka event activate akan dijalankan.

Coba begini saja :
dalam sebuah userform (misal bernama userform1), buat event initialize dan event activate. Dalam event initialize, isi dengan perintah :
msgbox "dalam event initialize"
kemudian dalam event activate, isi dengan perintah :
msgbox "dalam event activate"

kemudian di sebuah general module, buat sebuah prosedur (misal bernama PakaiLoad) untuk mengaktifkan userform bernama userform1 tersebut. Isi dengan baris perintah :
Load Userform1
msgbox "userform1 telah di-load"
unload userform1
msgbox "userform1 telah di-unload"
kemudian jalankan prosedur bernama PakaiLoad ini. Perhatikan yang tampak dalam layar.

setelah itu, digeneral module dibuat lagi sebuah prosedur bernama PakaiShow dan diisi perintah :
Userform1.show
lalu jalankan prosedur PakaiShow ini dan lihat yang tampak dalam layar.

Hasil run prosedur PakaiLoad dan PakaiShow menampakkan bedanya bukan ?

;)

Regards,
Kid.

2015-02-11 21:30 GMT+11:00 hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Terima ksih M. Kid...sdh pasti jalan (wong sdh dites).

Mau nanya sedikit Mr. Kid,
pengertian address(external:=true), apakah berarti Form tsb mengambil address dari luar dirinya ?

Satu lagi yang saya masih belum mudeng :
Apa bedanya antara UserForm_Initialize dan Activate ?
Kapan seharusnya menggunakan UserForm_Initialize dan kapan harus menggunakan UserForm_Activate ?

Terima kasih.

Salam,
HK

From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 11 February 2015, 16:25
Subject: Re: Re[2]: [belajar-excel] Menentukan Row Source pada ListBox dalam USerForm

oalah... trit ini bukan kuis to... ternyata kasus... maaf ya, mode oon lagi on nih (padahal on terus n jarang off wakakaka)

baiklah...

Bagian ini :
With ActiveWorkbook.Names("Data")
.RefersToR1C1 = "=OFFSET(Database!R2C1,0,0,COUNTA(Database!C1)-1,5)"
End With
With ListData
.RowSource = "Data"
End With
prosesnya kan membuat nama range lalu nama range itu dijadikan sumber rowsource.

Coba perhatikan, yang diset ke properti rowsource itu teks nama range nya, tapi yang dipakai adalah item-item dalam nama range itu.
Artinya, yang dibutuhkan properti RowSource adalah alamat lengkap item-item untuk listnya.

Nama range merujuk ke suatu range dengan lengkap. Ada nama sheetnya, alamat range dari dan sampainya.
Berarti, kalau properti rowsource diberi alamat lengkap langsung juga bisa.

Untuk blok di atas bisa begini :

With ActiveWorkbook.sheets("Database").range("a1").currentregion 'data header mulai a1 sebanyak 1 baris kan ya
ListData.RowSource = .offset(1).resize( .rows.count-1 ).address( external:=true )
end with

atau mau pakai nama range sementara :
With ActiveWorkbook.sheets("Database").range("a1").currentregion 'data header mulai a1 sebanyak 1 baris kan ya
.offset(1).resize( .rows.count-1 ).name="_myData_" 'buat nama range
ListData.RowSource = "_myData_" 'pake nama rangenya untuk rowsource
.parent.parent.names("_myData_").delete 'hapus nama rangenya
'catatan :
' .parent ke-1 dari range naik 1 level ke sheet
' .parent ke-2 dari hasil .parent ke-1 alias posisi level object sheet naik 1 level ke workbook
'nah... karena disini pakai activeworkbook, alias yang kerja adalah workbook yang aktif, maka bunyi :
' .parent.parent.names("_myData_").delete bisa diganti dengan bunyi :
' activeworkbook.names("_myData_").delete
'tapi hati-hati dan beneran serius memperhatikan workbook mana yang aktif ya
end with

Kalau baris with blabla ndak merujuk ke workbook aktif, ya sebutkan saja nama workbooknya
workbooks("namanya").names("_myData_").delete

ya gitulah, diatur-atur saja object mana yang punya anak yang dituju untuk digunakan.

moga-moga ndak buat pening ya...
kalo pening, jangan minum obat, tapi jauhilah komputer dan bermainlah bersama keluarga masing-masing.

Wassalam,
Kid.

2015-02-11 19:33 GMT+11:00 Hendrik Karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Hai Jack,
Hirarkinya begini...
Workbook FrmInput_Edit....terdiri dari 2 sheets, yaitu
- Product
- Database (disembunyikan)
Dalam sheet Database ada range bernama Data.
Jadi ActiveWorkbook.Names ("Data") = Range("Data"), walaupun
tidak menyebutkan nama Sheetnya.
Inti pertanyaannya adalah bagaimana menuliskan/menjadikan Range("Data") sebagai RowSource untuk ListData...tanpa mendefiniskannya terlebih dahulu melalui Worksheet (Formulas, Manager),

Salam,
HK

Sent from Samsung Mobile

-------- Original message --------
From: "Jack Carmelo jackcarmelo@yahoo.co.id [belajar-excel]"
Date:11/02/2015 14:31 (GMT+07:00)
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re[2]: [belajar-excel] Menentukan Row Source pada ListBox dalam USerForm

Mr Kid dan Mas Hendrik
Waduh,mas Hendrik saja bingung...
Saya coba perhatikan dari tadi malah puyeng...
Jadi ceritanya itu ada workbook yang lain yang sedang aktif dengan nama Data ya. Ataukah workbook yang bersangkutan namanya Data? Soalnya saya lihat ada
With activeworkbook.Names = "Data"
Datanya yang akan di isi pada ListData diambil data workbook Data tadi yang ada pada sheet Database.
Sory saya coba hubungkan dengan tulisan mr Kid tentang ComboBox.
Kayaknya seru juga untuk bahan pembelajaran. Kalau saya salah mohon maaf dan mohon penjelasannya. Hahaha,, masih belum paham benar tentang excel. Maklum kerjaan tidak ada hubungannya dengan excel jadi hanya mencari masalah excel untuk dipertanyakan dan dipelajari.
--
Salam Sehat Selalu Dari Papua Timika
Jack
Rabu, 11 Februari 2015, 04:19PM +0900 dari "Hendrik Karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>:
Sama2 Mr. Kid....
Sebenarnya itu pertanyaan dari teman yg blm bisa saya jwb....
Krn saya baru main UserForm di permukaan....
Sebenarnya ada pertanyaan lain yang juga blm bisa saya jawab, apa bedanya UserForm_lnitialize dan Activate.
Terima kasih.
Salam,
HK
Sent from Samsung Mobile
-------- Original message --------
From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]"
Date:11/02/2015 12:54 (GMT+07:00)
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Menentukan Row Source pada ListBox dalam USerForm
Dear BeExceller,
ayo yang suka VBA...
semangat untuk me-reply kuis ini ya...
makasih Pak HK, kuisnya bisa menjadi salah satu cara untuk belajar
Wassalam,
Kid.
2015-02-11 14:10 GMT+11:00 hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel] < belajar-excel@yahoogroups.com > :
>
>Rakan-rekan Be-Excellers,
>
>Terlampir adalah hasil utak atik UserForm yang menjadi salah satu bahasan pada Kopdar 2 (msh perlu perbaikan disana sini).
>Dalam menentukan Row Source pada ListBox dalam UserForm tersebut saya masih mengacu pada Worksheet Range dengan menggunakan menu Formulas, Name Manager (Data), mis, :
>=OFFSET(Database!$A$2,0,0,COUNTA(Database!$A:$A)-1,5)
>
>Krn ada kemungkinan isi data dihapus hingga tinggal judulnya saja maka dalam UserForm_Activate saya buat macro seperti ini:
>Private Sub UserForm_Activate()
> If Sheets("Database").Range("A2").Value = "" Then
> Me.Hide
> MsgBox "Data BLM ADA", vbInformation + vbOKOnly, "PESAN"
> Exit Sub
> End If
> With ActiveWorkbook.Names("Data")
> .RefersToR1C1 = "=OFFSET(Database!R2C1,0,0,COUNTA(Database!C1)-1,5)"
> End With
> With ListData
> .RowSource = "Data"
> End With
> REC_NO.Value = 1
> SpinButton1.Value = REC_NO.Value
> ListData.ListIndex = REC_NO.Value - 1
>End Sub
>
>Tentunya akan lebih baik jika dalam menentukan Range("Data") bisa kita gunakan macro, seperti ini :
>Dim Dat as Range
>Set Dat = Sheets("Database").Range("A1").CurrentRegion
>Set Dat = Dat.Offset(1,0).Resize(Dat.Rows.Count-1, Dat.Columns.Count)
>
>Pertanyaan saya:
>Bagaimana penulisan "Data" pada code yang berwarna hijau?
>
>Terima kasih.
>
>Salam,
>HK
>
>NB: password untuk buka macro dan worksheet "Database";nya adalah "hk"(tanpa spasi)
>
>

Wed Feb 11, 2015 1:52 am (PST) . Posted by:

"sofyan mujit"

Klo g salah domisili nang agus di kudus y...
Pada 11 Feb 2015 06:46, "Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel]" <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Mas Kid kalau di tempat saya, saya bersedia menanggung semuanya.
>
> 2015-02-10 19:21 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Pak Alif masih bersedia menjadi ketua panitiakah ? Atau ada member lain
>> yang bersedia membantu atau berdiskusi tentang kepanitiannya ?
>>
>> 2015-02-07 22:06 GMT+11:00 idz.iman@yahoo.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Dear Administrator :)
>>>
>>>
>>> Kapan nih ada acara Kopi Darat?
>>>
>>> siapa tau sudah ada yang haus ilmu seperti saya...
>>>
>>>
>>> hehehe..
>>>
>>>
>>> Salam
>>>
>>> Iman DZ
>>>
>>>
>>
>
>

Wed Feb 11, 2015 7:47 am (PST) . Posted by:

"odong nando"

Wah klo biasa biaya ny cuma 100-200 ribu per peserta, wah klo harus ke kudus, ongkosny brp itu jdny...  

br,

odong nando

Dari:"sofyan mujit sofyan.mr@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal:Rab, 11 Feb 2015 pada 16:52
Judul:Re: [belajar-excel] Kapan Kopi Darat ?

 

Klo g salah domisili nang agus di kudus y...

Pada 11 Feb 2015 06:46, "Nang Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

 

Mas Kid kalau di tempat saya, saya bersedia menanggung semuanya.

2015-02-10 19:21 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

 

Pak Alif masih bersedia menjadi ketua panitiakah ? Atau ada member lain yang bersedia membantu atau berdiskusi tentang kepanitiannya ?

2015-02-07 22:06 GMT+11:00 idz.iman@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

 

Dear Administrator :)

Kapan nih ada acara Kopi Darat?

siapa tau sudah ada yang haus ilmu seperti saya...

hehehe..

Salam

Iman DZ

Wed Feb 11, 2015 1:52 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Yulianti Agustina (tebakan, lahirnya bulan Juli atau Agustus hayo...
kayanya bukan dua-duanya deh),

Conditional Formatting (CF) dengan memanfaatkan formula (opsi Use Formula
[xl2007 ke atas] atau Formula Is [xl2003]) dapat merujuk ke sheet lain
dengan bantuan nama range. Maksudnya, data-data di sheet lain tersebut
diberi nama range. Kemudian nama range tersebut digunakan dalam formula
kriteria si CF.

File terlampir sekedar contoh.

Wassalam,
Kid.

2015-02-11 16:09 GMT+11:00 Yulianti Agustina yuli.if09@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Master Excel,
> Saya perlu bantuan untuk kasus saya berikut.
> Saya perlu menandai dengan warna pada cell di Worksheet 2 sesuai dengan
> kondisi di Worksheet 1.
>
> lengkapnya terlampir.
>
> Regards,
> ulatjahil
>
>
>

Wed Feb 11, 2015 5:32 pm (PST) . Posted by:

"Yulianti Agustina" lie_evil_4

hahaha.. tebakan nya jitu.. perpindahan waktu dari juli ke agustus sih
tepatnya.. wekekekek..

oya mr. kid, kalau range_name tersebut kita ganti berdasarkan
table_column_name bisa tidak?

salam,
ulatjahil

2015-02-11 16:52 GMT+07:00 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Hai Yulianti Agustina (tebakan, lahirnya bulan Juli atau Agustus hayo...
> kayanya bukan dua-duanya deh),
>
> Conditional Formatting (CF) dengan memanfaatkan formula (opsi Use Formula
> [xl2007 ke atas] atau Formula Is [xl2003]) dapat merujuk ke sheet lain
> dengan bantuan nama range. Maksudnya, data-data di sheet lain tersebut
> diberi nama range. Kemudian nama range tersebut digunakan dalam formula
> kriteria si CF.
>
> File terlampir sekedar contoh.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2015-02-11 16:09 GMT+11:00 Yulianti Agustina yuli.if09@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Dear Master Excel,
>> Saya perlu bantuan untuk kasus saya berikut.
>> Saya perlu menandai dengan warna pada cell di Worksheet 2 sesuai dengan
>> kondisi di Worksheet 1.
>>
>> lengkapnya terlampir.
>>
>> Regards,
>> ulatjahil
>>
>>
>
>

Wed Feb 11, 2015 12:05 pm (PST) . Posted by:

"surya sampurna" wagiman777

Mr Kid saya menghaturkan terimakasih sekali atas pencerahan yang begitu
detail dan problem saya bisa teratasi.
Semula aku mencari-cari di Internet ga ada yang pas formulanya bahkan
membinungkan dan dicobanya ternyata
gagal maning, gagal maning begitu Mr. Nah dengan kegagalan saya dalam
mencoba dan kemudian saya kirimkan
ke belajar-excel Alhamdulillah ada yang menuntunya dalam masalah saya
tersebut.
Baik Mr Kid semoga ilmu anda semakin bertambah dan berkembang dan amal
ibadah anda banyak bermanfaat
buat para exceler yang masih awam dan masih banyak bimbingannya.
Mr Kid, saya yakin untuk kalender pop tersebut vba scriptnya Mr Kid lah
yang banyak pengalamannya untuk
menjadikan sebuah tabel benar-benar bisa lebih efisien dan terkesan
tampilannya menjadi tampil beda.
Ok Mr Kid sekali lagi diucapkan terimakasih atas saran dan pencerahannya
tersebut.

Salam,
Surya Sampurna

Pada 9 Februari 2015 08.27, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:

>
>
> Hai Surya,
>
> Dengan data apa adanya dan pengolahan dengan formula bisa dilihat pada
> file terlampir sheet bernama Sheet1. Kemungkinan besar, formula akan terasa
> berat bagi proses kalkulasi Excel jika jumlah record data nya banyak.
>
> Tentang calendar control yang dimanfaatkan dengan suatu script VBA tidak
> disertakan dalam file lampiran. Calendar control membutuhkan file mscal.ocx
> (adanya hanya 32bit) yang harus teregister di komputer setempat. Pada
> komputer dengan office 64 bit, calendar control dengan mscal.ocx tidak
> dapat digunakan karena tidak dapat di-register. Pada komputer dengan office
> 32 bit harus dipastikan telah me-register file mscal.ocx pada os komputer
> setempat yang umumnya membutuhkan akses administrator komputer. Pada
> komputer perusahaan, proses register ke os komputer umumnya membutuhkan
> ijin bagian IT.
>
> Jadi, penggunaan calendar control dengan mscal.ocx tidak dapat dipastikan
> akan bisa bekerja di seluruh Excel 2010 ke atas. Pilihan lainnya adalah
> dengan membuat sendiri calendar dengan userform (hmmm... cari module
> userform calendar yang ada di internet saja dan pasang di file tersebut ya).
>
> imho,
> Tabel data pada kasus ini umumnya dipecah menjadi 2 tabel. Tetapi, pada
> proses pengolahan data dengan Excel umumnya dijadikan 1 tabel. Hal ini
> sebagian besar didasarkan pada alasan agar tabel tersebut bisa menjadi
> tempat meng-input data.
>
> Kolom bernama 'PERMASALAHAN KODE BRG' wajarnya di-input 1 cell dikolom
> yang sama untuk 1 masalah, sedangkan pada kasus ini, tabel awalnya 1 cell
> berisi lebih dari 1 masalah. Jadi, jika ada 3 masalah pada kode barang yang
> sama di tanggal dan kode kirim yang sama, akan menjadi 3 record data karena
> setiap masalah menjadi 1 cell di kolom yang sama.
>
> Pada file terlampir di sheet bernama 'data' terdapat tabel data yang
> sangat lebar, yaitu dari kolom A sampai dengan kolom AB. Banyaknya kolom
> ini disebabkan karena ingin memenuhi kebutuhan bahwa tabel data juga
> menjadi area input data.
> Kolom A sampai C biasanya digunakan untuk proses otomasi (dengan VBA)
> menyimpan data inputan yang sudah diubah agar sesuai dengan struktur tabel
> data simpanan ditempat lain.
>
> Kolom warna kuning (D:E,K) adalah kolom-kolom utama.
> Kolom warna hijau (F:J,L:N) dan bisa ditambah kolom C jika diperlukan,
> adalah kolom informasi untuk tabel masalah pengiriman
> Kolom warna biru (O:Q) adalah kolom informasi untuk tabel masalah barang
>
> Jadi, ada 2 buah tabel yang umumnya terbentuk dari tabel seperti di kasus
> ini, yaitu :
> 1. tabel masalah pengiriman berisi kolom-kolom utama (D:E,K) dan kolom
> warna hijau (F:J,L:N)
> 2. tabel masalah barang berisi kolom-kolom utama (D:E,K) dan kolom warna
> biru (O:Q) dengan nilai di kolom utama (D:E,K) terisi penuh (tidak ada yang
> kosong yang dimaksudkan berarti 'sama dengan atasnya'), yaitu seperti isian
> kolom (R:S,Y).
>
> Ketika tabel tersebut disusun menjadi 1 tabel saja dan bisa dijadikan area

> input (tidak direkomendasikan), maka data inputan kolom D:N yang tidak
> penuh terisi membuat baris-baris data yang bernilai kosong di kolom D:N
> tersebut tidak memiliki arti apapun karena yang berasumsi bahwa nilai
> kosong tersebut berarti 'sama dengan nilai atasnya' hanyalah user yang
> melihat dengan mata tapi tidak memegang data secara nyata.
>
> Itu sebabnya kolom R:AB disusun dengan formula agar setiap nilai di kolom
> D:N disalinkan isian yang benar dan berkaidah tabel databasenya. Maka
> terbentuklah tabel berkaidah database untuk kolom A:C,O:AB.
>
> User bisa melakukan input di kolom D:Q seperti biasa. Jika user akan
> meng-input record pengiriman baru, maka di-inputlah di kolom D:Q. Sedangkan
> untuk masalah barang yang berbeda tetapi pada pengiriman yang sama (sama
> dengan atasnya), user menginput di kolom O:Q.
>
> Pemecahan kolom dilakukan agar bisa diperoleh banyak informasi. Contohnya
> kolom 'PERMASALAHAN KODE BRG' yang dipecah menjadi kolom-kolom :
> A. 'KODE BARANG' -> karena berupa kolom utama, maka kolom kode barang
> mengikuti kolom utama kode barang.
> B. 'KODE MASALAH' -> dalam kasus ini, penanya memberi contoh dengan kode
> J,M,B, dsb. Dengan berdiri sendirinya sebagai sebuah kolom, maka bisa
> disummary berapa masalah J, berapa masalah M, dsb.
> C. 'KETERANGAN' -> detil bunyi permasalahan setiap barang. Kolom ini bisa
> dikembangkan agar memiliki grup standar jenis kerusakan, sehingga bisa
> didapat informasi tentang jumlah masalah logo (entah rusak, tidak ada,
> salah logo,dsb) atau jumlah yang karung rusak (entah sobek, jahitan lepas,
> tidak dijahit, dsb)
>
> Jadi, membuat inputan semakin compact seperti kolom 'PERMASALAHAN KODE
> BRG' justru membuat banyak informasi menjadi hilang. Umumnya, alasan
> membuat compact inputan seperti ini adalah agar mudah proses inputnya.
> Padahal, mengetik isian inputan yang harus berstruktur tetap dalam sebuah
> cell seperti bunyi : (akan tampak rapi kalau sudah di-wrap text, tetapi
> beginilah bunyi ketikan inputannya)
> GG-1023J / KARUNG JAHITAN LEPAS GG-1023M / KARUNG ROBEK 40KG GG-1023B
> / KARUNG BASAH/KOTOR
> yang akan tampak di tabel menjadi :
> PERMASALAHAN KODE BRG GG-1023J / KARUNG JAHITAN LEPAS GG-1023M /
> KARUNG ROBEK 40KG GG-1023B / KARUNG BASAH/KOTOR
> Inputan seperti di atas lebih beresiko salah input dan lebih lama proses
> inputnya.
> Bandingkan dengan menginput seperti ini :
> KODE MASALAH KETERANGAN J KARUNG JAHITAN LEPAS M KARUNG ROBEK 40KG B KARUNG
> BASAH/KOTOR
> Apalagi jika 'KODE MASALAH' ditampilkan sebagai pilihan melalui fitur Data
> Validation List karena terstandarisasi, sehingga user cukup memilih salah
> satu. Kemudian 'KETERANGAN' juga terstandarisasi dan dibuatkan fitur Data
> Validation List yang membuat user cukup memilih dari daftar yang ada.
>
> Selain itu, tampaknya tabel data akan membutuhkan kolom tentang tanggal
> selesainya temuan dan tanggal selesainya masalah barang. Bisa jadi akan
> dirasa cukup salah satu dari dua kolom tersebut. Kolom tanggal tersebut
> digunakan untuk mengisi tanggal dinyatakan tidak ada masalah lagi. Walau
> pada umumnya histori seperti ini akan menjadi sebuah tabel sendiri.
>
> Tabel data yang telah disusun untuk bisa memberi banyak informasi dan
> mengikuti kaidah tabel database bisa disummary dengan fitur Excel Pivot
> Table. Bahkan untuk menyusun output dengan berbagai formula atau otomasipun
> akan menjadi lebih mudah dan simpel.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2015-02-07 10:49 GMT+11:00 surya sampurna suryasampurna5@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Dear All Master Excel
>>
>> Dh,
>> Mohon bantuannya para master yang lebih piawai dalam meracik dan mengatur
>> tampilan data atas pencerahannya. Oleh karena itu saya perlulah kirannya
>> untuk mendapatkan pencerahan para master yang senantiasa mau berbagi dengan
>> para exceler. Data terlampir.
>> Demikian disampaikan diucapkan terimaksih atas pencerahannya.
>>
>> Salam,
>> Surya Sampurna
>>
>>
>>
>>
>
>

Wed Feb 11, 2015 4:49 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Ribowo,

*** letakkan file terlampir pada drive D di root directory-nya (bukan di
dalam folder tertentu) ***

Output yang diinginkan berupa summary yang disusun dari 4 dataset, yaitu
data set tentang :
a. Severity
b. Response Time
c. Recovery Time
d. TT Age
Seluruh sumber data dari keempat dataset diatas berasal dari sebuah tabel
data.

Excel pivot table tidak dapat bekerja layaknya pivot table dalam aplikasi
BI seperti cognos atau semacamnya. Excel pivot table bekerja dengan satu
hirarki saja alias dengan satu dataset saja. Dengan demikian, untuk
kebutuhan penampilan output yang terdiri dari 4 dataset seperti di atas
diperlukan proses untuk membuatnya menjadi 1 dataset. Contohnya seperti
file terlampir di sheet 'pivot_via_get_external_data' yang data source-nya
adalah hasil penyusunan sebuah dataset dari 4 dataset yang akan menjadi
output.

hmmm.... malah bingung kan...

imho,
pada kasus ini sepertinya lebih pas jika menggunakan formula saja (lihat
sheet formula dalam file terlampir). Andaikan suatu saat formula terasa
berat, maka saatnya beralih ke fitur get external data untuk memanfaatkan
SQL dalam membentuk tabel output dan ditampilkan sebagai sebuah object
table (bukan pivot table).

btw,
andaikan telanjur cinta buta dengan pivot table, sheet bernama pivot
blablabla dalam file terlampir adalah contoh penyusunan data source-nya.

oh iya,
Pada penggunaan fungsi CountIF, CountIFs, SumIF, SumIFs, dan semacamnya,
jika nilai batas kriterianya berupa data numerik dengan pecahan, sebaiknya
dirujuk sebagai sebuah nilai numerik dan bukan teks.
Contoh :
=CountIF( $a$1:$a$7 , "0.25" )
sebaiknya
=CountIF( $a$1:$a$7 , 0.25 )

atau
=CountIF( $a$1:$a$7 , ">0.25" )
sebaiknya
=CountIF( $a$1:$a$7 , ">" & 0.25 )

Hal ini untuk mengantisipasi ketika user membuka file tersebut dikomputer
dengan regional setting komputer yang berbeda-beda.

hal lainnya,
Suatu tabel referensi yang lengkap sesuai bunyi kriterianya akan membuat
formula lebih bersifat universal (lihat sheet ref yang mempengaruhi
formulasi di sheet formula).

File terlampir diharapkan diletakkan di drive D pada root directory dan
bukan dalam folder tertentu karena dalam file tersebut berisi sebuah sheet
yang memanfaatkan fitur get external data. Andaikan Anda sudah familiar
dengan kalimat connection string dan kalimat query (SQL), maka silakan
disesuaikan dengan lokasi peletakan filenya.

Dari beberapa cara yang ada dalam file lampiran, sebaiknya dipilih yang
lebih nyaman dan mantab untuk Anda gunakan.

Wassalam,
Kid.

2015-02-11 16:27 GMT+11:00 'ribowo .' ribowo25@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Exceller:
> Mohon Bantuannya untuk file terlampir
> 1. Apakah bisa data di buat Pivot tapi dengan Hasil yang sama
> 2. Untuk Mengambil data Recovery yang Comply & Not Comply bagaimana
> caranya karena disini ada ketentuan Critical, Major dan Minor (maritical,
> Major dan Minor)
> 3. Mohon Info apabila ada Cara yang Lebih mudah dari Formula yang sudah
> saya buat
> 4. Formula TT Age dipisahkan berdasarkan rentang 0-30, 30-60, 60-90, >90
>
> Terimakasih
>
> Ribowo
>
>
>

Wed Feb 11, 2015 5:15 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

*** :( sejak tanggal 3 februari 2015 belum ada yang nyenggol trit ini...
ada apa gerangan ya... ***

Hai ASL,

File terlampir dengan dua buah kolom bantu di sisi sumber data. Output
dikomputasi dengan fungsi SumProduct (untuk semua versi Excel) atau SumIFs
(khusus xl2007 ke atas). Kolom COA dan keterangannya dikomputasi dengan
fungsi Index dan Small.

Silakan dikembangkan dan disesuaikan dengan keadaan setempat.

Wassalam,
Kid.

2015-02-03 19:49 GMT+11:00 Ahmad Syaifullah Lubis syaifullah@hotmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear BeExceller,
>
> Mohon bantuannya, saya sedang mengaudit buku besar (G/L). Ada sekitar 200
> GL yang ingin saya rekapitulasikan ke Sheet REKAP. Analisanya sih,
> bagaimana memindahkan setiap Code Of Account; Name Of Account; Beginning
> Balance Debet Kredit; This Transactions Debet Kredit dan Ending Balance
> Debet Kredit ke dalam Sheet REKAP.
>
> Terima kasih atas perhatian dan bantuan dari BeExceller dan Master2 di
> sini.
>
> salam,
> ASL
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar