Selasa, 10 Maret 2015

[belajar-excel] Digest Number 3336

11 Messages

Digest #3336
1a
Re: vlookup dengan kriteria warna by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1b
1c
Re: vlookup dengan kriteria warna by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1d
2a
Re: Absensi Ronda RT by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
3b
Re: Mohon bantuan perhitungan (Count) [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3d
Re: Mohon bantuan perhitungan (Count) by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: Backup Mysql database dengan VBA by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Mon Mar 9, 2015 11:07 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hmmm...
kenapa kok cell cell tertentu itu diberi warna ?
apakah pewarnaannya sesuai kondisi kebahagiaan user saat itu ?
atau pewarnaannya berdasar suatu kriteria yang dapat dijabarkan bunyi
logikanya ?

kalau memang berdasar kondisi kebahagiaan user saat itu, sepertinya butuh
VBA, setidaknya untuk menyusun UDF pembaca warna.
kalau ternyata berdasar suatu kriteria tertentu, berarti bisa dijabarkan
kriterianya dan disusunlah formulasi untuk menentukan status berdasar
kriteria tersebut. Lalu dilakukanlah filter atau filter (termasuk array
formula filtering) berdasar status kriteria tersebut.

hehehe...
sayangnya, sering kali, pada kasus memfilter warna seperti ini, saran untuk
menggunakan definisi kriteria pemberian warna daripada membaca warna itu
sendiri selalu dikesampingkan alias ndak ada yang mau. Pengennya tetep
keukeuh harus baca warnanya... :(
ya wis lah... monggo dilanjut sajah...

Wassalam,
Kid.

2015-03-10 14:40 GMT+11:00 BOBY CHUA boby66_chua@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Salam sejahtera para pakar
>
> Saya ingin bertanya apakah di excel fungsi vloopup memungkinkan digunakan
> untuk mencari atau memanggil yang dengan kriteria warna highlight
>
> misalnya =vlookup(range;warna highlight)
>
> jadi hanya akan mencari data yang dihighlight dengan warna tertentu saja
>
> Salam sejahtera
> Boby
>
>
>

Mon Mar 9, 2015 11:13 pm (PDT) . Posted by:

"Subroto, Matzen"

Assalamu alaikum Mr. Kid

Semoga Allah selalu melimpajkan keberkahan NYA

Kalau sekiranya tanpa VBA gimana tuh ?


Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya, dan saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan


Terima Kasih
Wassaalam

Matzen



From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 10 Maret 2015 13:07
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] vlookup dengan kriteria warna


hmmm...
kenapa kok cell cell tertentu itu diberi warna ?
apakah pewarnaannya sesuai kondisi kebahagiaan user saat itu ?
atau pewarnaannya berdasar suatu kriteria yang dapat dijabarkan bunyi logikanya ?
kalau memang berdasar kondisi kebahagiaan user saat itu, sepertinya butuh VBA, setidaknya untuk menyusun UDF pembaca warna.
kalau ternyata berdasar suatu kriteria tertentu, berarti bisa dijabarkan kriterianya dan disusunlah formulasi untuk menentukan status berdasar kriteria tersebut. Lalu dilakukanlah filter atau filter (termasuk array formula filtering) berdasar status kriteria tersebut.
hehehe...
sayangnya, sering kali, pada kasus memfilter warna seperti ini, saran untuk menggunakan definisi kriteria pemberian warna daripada membaca warna itu sendiri selalu dikesampingkan alias ndak ada yang mau. Pengennya tetep keukeuh harus baca warnanya... :(
ya wis lah... monggo dilanjut sajah...
Wassalam,
Kid.


2015-03-10 14:40 GMT+11:00 BOBY CHUA boby66_chua@yahoo.com<mailto:boby66_chua@yahoo.com> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:

Salam sejahtera para pakar

Saya ingin bertanya apakah di excel fungsi vloopup memungkinkan digunakan untuk mencari atau memanggil yang dengan kriteria warna highlight

misalnya =vlookup(range;warna highlight)

jadi hanya akan mencari data yang dihighlight dengan warna tertentu saja

Salam sejahtera
Boby



__________________________________________________________
This email has been scanned for Viruses and Spam. For more information
please contact your local Business Unit Information Security representative.
__________________________________________________________

Mon Mar 9, 2015 11:36 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

Amin.
Semoga keberkahan-Nya selalu tercurah untuk Anda dan keluarga serta seluruh
BeExceller sekalian.

Warna muncul karena memenuhi kriteria tertentu. Jadi, kasus ini sebenarnya
berbunyi :
"Bagaimana cara menghitung jumlah record yang memenuhi buaaanyaaak sekali
kriteria tertentu (yang saat ini, setiap kriteria tertentu tersebut saya
wakilkan dengan warna, sehingga seakan-akan akan menghitung jumlah record
berdasar warna tertentu) ?"

Tanpa VBA bisa dilakukan jika ada definisi jelas kriteria pewarnaan. Jadi
yang digunakan adalah kriteria pewarnaan dan bukan warnanya. Tentu sering
kali mendengar fitur Conditional Formatting bukan ? Fitur itu bisa memberi
warna jika diketahui kriteria pewarnaannya. Misal kalau begini diwarnai
merah ya... Nah formula juga bisa tahu kalau itu warna merah jika tahu
kenapa kok diberi warna merah. O... ternyata karena begini. Jadi bisa
disusun formula (misal dengan IF) kalau yang itu begini, maka diberi status
nilai 1. Kalau oleh conditional formatting, kalau yang itu begini, maka
diberi status warna merah. Artinya, nilai 1 hasil formula dengan warna
merah hasil conditional formatting bernilai sama, yaitu mewakili suatu
kriteria tertentu.

Gambaran umumnya demikian.
Seberapa banyak kriteria tersebut ?
Biasanya, dengan formulasi yang menggunakan lookup bisa disusun kriteria
berdasar banyak hal dengan jumlah kombinasi yang mungkin juga banyak sekali.

Dari hasil formulasi yang menghasilkan suatu nilai status tersebut, maka
bisa dikomputasi suatu output summary berdasarkan kriteria tersebut.

Kira-kira demikianlah

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid.

2015-03-10 17:11 GMT+11:00 'Subroto, Matzen' matzen.subroto@akzonobel.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamu alaikum Mr. Kid
>
>
>
> Semoga Allah selalu melimpajkan keberkahan NYA
>
>
>
> Kalau sekiranya tanpa VBA gimana tuh ?
>
>
>
>
>
> Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya, dan saya mohon maaf apabila
> ada kata-kata yang kurang berkenan
>
>
>
>
>
> *Terima Kasih*
>
> *Wassaalam*
>
>
>
> *Matzen*
>
>
>
>
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 10 Maret 2015 13:07
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] vlookup dengan kriteria warna
>
>
>
>
>
> hmmm...
>
> kenapa kok cell cell tertentu itu diberi warna ?
>
> apakah pewarnaannya sesuai kondisi kebahagiaan user saat itu ?
>
> atau pewarnaannya berdasar suatu kriteria yang dapat dijabarkan bunyi
> logikanya ?
>
> kalau memang berdasar kondisi kebahagiaan user saat itu, sepertinya butuh
> VBA, setidaknya untuk menyusun UDF pembaca warna.
>
> kalau ternyata berdasar suatu kriteria tertentu, berarti bisa dijabarkan
> kriterianya dan disusunlah formulasi untuk menentukan status berdasar
> kriteria tersebut. Lalu dilakukanlah filter atau filter (termasuk array
> formula filtering) berdasar status kriteria tersebut.
>
> hehehe...
>
> sayangnya, sering kali, pada kasus memfilter warna seperti ini, saran
> untuk menggunakan definisi kriteria pemberian warna daripada membaca warna
> itu sendiri selalu dikesampingkan alias ndak ada yang mau. Pengennya tetep
> keukeuh harus baca warnanya... :(
>
> ya wis lah... monggo dilanjut sajah...
>
> Wassalam,
>
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2015-03-10 14:40 GMT+11:00 BOBY CHUA boby66_chua@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Salam sejahtera para pakar
>
>
>
> Saya ingin bertanya apakah di excel fungsi vloopup memungkinkan digunakan
> untuk mencari atau memanggil yang dengan kriteria warna highlight
>
>
>
> misalnya =vlookup(range;warna highlight)
>
>
>
> jadi hanya akan mencari data yang dihighlight dengan warna tertentu saja
>
>
>
> Salam sejahtera
>
> Boby
>
>
>
>
>
> __________________________________________________________
> This email has been scanned for Viruses and Spam. For more information
> please contact your local Business Unit Information Security
> representative.
>
> __________________________________________________________
>
>
>

Tue Mar 10, 2015 12:01 am (PDT) . Posted by:

"Subroto, Matzen"

Syukron Mr. Kid atas pencerahannya

Semoga jadi kebajikan yang tidak terputus


Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya, dan saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan


Terima Kasih

Matzen



From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 10 Maret 2015 13:36
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] vlookup dengan kriteria warna


Wa'alaikumussalam wr wb
Amin.
Semoga keberkahan-Nya selalu tercurah untuk Anda dan keluarga serta seluruh BeExceller sekalian.
Warna muncul karena memenuhi kriteria tertentu. Jadi, kasus ini sebenarnya berbunyi :
"Bagaimana cara menghitung jumlah record yang memenuhi buaaanyaaak sekali kriteria tertentu (yang saat ini, setiap kriteria tertentu tersebut saya wakilkan dengan warna, sehingga seakan-akan akan menghitung jumlah record berdasar warna tertentu) ?"

Tanpa VBA bisa dilakukan jika ada definisi jelas kriteria pewarnaan. Jadi yang digunakan adalah kriteria pewarnaan dan bukan warnanya. Tentu sering kali mendengar fitur Conditional Formatting bukan ? Fitur itu bisa memberi warna jika diketahui kriteria pewarnaannya. Misal kalau begini diwarnai merah ya... Nah formula juga bisa tahu kalau itu warna merah jika tahu kenapa kok diberi warna merah. O... ternyata karena begini. Jadi bisa disusun formula (misal dengan IF) kalau yang itu begini, maka diberi status nilai 1. Kalau oleh conditional formatting, kalau yang itu begini, maka diberi status warna merah. Artinya, nilai 1 hasil formula dengan warna merah hasil conditional formatting bernilai sama, yaitu mewakili suatu kriteria tertentu.
Gambaran umumnya demikian.
Seberapa banyak kriteria tersebut ?
Biasanya, dengan formulasi yang menggunakan lookup bisa disusun kriteria berdasar banyak hal dengan jumlah kombinasi yang mungkin juga banyak sekali.
Dari hasil formulasi yang menghasilkan suatu nilai status tersebut, maka bisa dikomputasi suatu output summary berdasarkan kriteria tersebut.

Kira-kira demikianlah
Wassalamu'alaikum wr wb
Kid.


2015-03-10 17:11 GMT+11:00 'Subroto, Matzen' matzen.subroto@akzonobel.com<mailto:matzen.subroto@akzonobel.com> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:

Assalamu alaikum Mr. Kid

Semoga Allah selalu melimpajkan keberkahan NYA

Kalau sekiranya tanpa VBA gimana tuh ?


Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya, dan saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan


Terima Kasih
Wassaalam

Matzen



From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>]
Sent: 10 Maret 2015 13:07
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] vlookup dengan kriteria warna


hmmm...
kenapa kok cell cell tertentu itu diberi warna ?
apakah pewarnaannya sesuai kondisi kebahagiaan user saat itu ?
atau pewarnaannya berdasar suatu kriteria yang dapat dijabarkan bunyi logikanya ?
kalau memang berdasar kondisi kebahagiaan user saat itu, sepertinya butuh VBA, setidaknya untuk menyusun UDF pembaca warna.
kalau ternyata berdasar suatu kriteria tertentu, berarti bisa dijabarkan kriterianya dan disusunlah formulasi untuk menentukan status berdasar kriteria tersebut. Lalu dilakukanlah filter atau filter (termasuk array formula filtering) berdasar status kriteria tersebut.
hehehe...
sayangnya, sering kali, pada kasus memfilter warna seperti ini, saran untuk menggunakan definisi kriteria pemberian warna daripada membaca warna itu sendiri selalu dikesampingkan alias ndak ada yang mau. Pengennya tetep keukeuh harus baca warnanya... :(
ya wis lah... monggo dilanjut sajah...
Wassalam,
Kid.


2015-03-10 14:40 GMT+11:00 BOBY CHUA boby66_chua@yahoo.com<mailto:boby66_chua@yahoo.com> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>>:

Salam sejahtera para pakar

Saya ingin bertanya apakah di excel fungsi vloopup memungkinkan digunakan untuk mencari atau memanggil yang dengan kriteria warna highlight

misalnya =vlookup(range;warna highlight)

jadi hanya akan mencari data yang dihighlight dengan warna tertentu saja

Salam sejahtera
Boby


__________________________________________________________
This email has been scanned for Viruses and Spam. For more information
please contact your local Business Unit Information Security representative.
__________________________________________________________



__________________________________________________________
This email has been scanned for Viruses and Spam. For more information
please contact your local Business Unit Information Security representative.
__________________________________________________________

Mon Mar 9, 2015 11:11 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

wakakakakaka...
masih kinyis-kinyis gini udah ditempeli sepuh...
ati-ati loh, bisa kualat...

;)
coretan tentang pivot table (tapi belum ada ocehannya) bisa dilihat mulai dari
sini <http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>.

tetap semangat belajar...
jangan lupa berbagi walau mulai dari dikit

Wassalam,
Kid.

2015-03-10 17:05 GMT+11:00 'Agus Widodo' agus_1194@yahoo.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Sendiko dawuh Suhu Sesepuh Mr. Kid,
>
>
>
> Terima kasih matur nuwun sesepuh sudah mau turun gunung untuk membantu
> murid yg lagi pusing & galau.
>
> Sangat bermanfaat sekali Pivot Table yang sudah suhu turunkan kepada murid
> ini.
>
> Mudah-mudahan case ini bisa menjadikan Motivasi belajar Pivot table
> khususnya buat murid pribadi dan umumnya buat para milis belajar excel
> semua.
>
> Dan Mudah-mudahan pula case ini bisa di jadikan patokan dan tentunya bisa
> di aplikasikan buat warga RT di tempat kami.
>
>
>
> Salam Kompak Selalu,
>
> Guswi
>
>
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com]
> *Sent:* 10 Maret 2015 12:50
> *To:* BeExcel
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Absensi Ronda RT [1 Attachment]
>
>
>
>
>
> walah...
>
> filenya ketinggalan
>
> mangap yak...
>
>
>
>
>
> 2015-03-10 16:49 GMT+11:00 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>:
>
> Hai Agus,
>
> File terlampir tanpa VBA (Macro), tapi, setelah selesai menambah atau
> mengubah data jadwal maupun mengisi data absensi tiap selesai ronda di
> sheet jadwal dilakukan refresh data dengan cara :
>
> ribbon Data -> group Connections -> Refresh All
>
> supaya data yang ditampilkan di sheet-sheet output bisa terbarui.
>
>
>
> Berbagai macam output lainnya bisa Anda buat dengan meng-copy salah satu
> contoh output yang ada ke sheet baru, kemudian menggeser, memindahkan,
> mengubah filter itemnya agar membentuk sebuah layout output yang Anda
> butuhkan.
>
> Silakan diatur dan dipercantik sendiri bentuk outputnya ya...
>
> hehehe...
>
>
>
> Wassalam,
>
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
> 2015-03-09 20:07 GMT+11:00 'Agus Widodo' agus_1194@yahoo.co.id
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Dear All Master,
>
>
>
> Mohon Bantuannya terkait dengan Problem yang sedang saya alami ini :
>
> Bagaimana Caranya supaya di sheet TIDAK HADIR INI muncul secara otomatis
>
> nama beserta semua data absensi dan juga denda karena saya harus Input
> data sampai ratusan ke bawah
>
> dan kalau saya buat manual satu persatu masih ada data yang kembar / doble
> antara sheet hadir dan sheet tidak hadir
>
>
>
> Mohon sekiranya para master menyempatkan waktunya untuk membantu masalah
> saya ini.
>
> Sekian Atas perhatiannya saya ucapkan Matur Nuwun Sanget.
>
>
>
> Salam,
>
> Guswi
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Mon Mar 9, 2015 11:13 pm (PDT) . Posted by:

"Seto Adi" setoadi

Assalamu'alaikum wr.wb.
Yang terhormat para Master & para guru,
Terlampir adalah contoh data penduduk suatu kelurahan dengan 2 sheet data
Sheet pertama , pertanyaannya sama dengan pertanyaan terdahulu.Sheet kedua , membuat COUNTIF dengan kriteria panjang data (LEN)

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bentuannya.
WassalamSeto

Mon Mar 9, 2015 11:29 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

Sheet pertama , pertanyaannya sama dengan pertanyaan terdahulu.

>> menghitung jumlah keluarga lagi ya...
> pakai pivot table lalau hitung dengan counta -> gak setuju
> pakai sumproduct -> katanya ndak bisa (udah dicoba)

> kalau gitu pakai formula Sumproduct berikut : Ikuti langkahnya dengan
teliti dan seksama
1. buka file yang Anda lampirkan
2. klik cell G1
3. ketik diformula bar bunyi fomula berikut :
> kalau kompi Anda pakai regional setting English, bunyinya begini
=SUMPRODUCT(1/COUNTIF(Criteria,Criteria))
> kalau kompi Anda pakai regional setting Indonesian, bunyinya begini
=SUMPRODUCT(1/COUNTIF(Criteria;Criteria))
4. tekan ENTER saja
5. mestinya muncul angka 186 kalau memang datany seperti data yang dulu

kalau punya prasangka bahwa formula sumproduct salah hitung, coba langkah
berikut untuk membuktikannya : (lakukan step by step dengan teliti ya)
1. buka file lampiran Anda
2. copy kolom No KK (seluruh kolom saja) dan paste ke sheet lain di kolom A
3. ke sheet hasil paste
4. blok hasil paste dari header no KK sampai data terakhir no KK
5. klik ribbon Data -> lihat Group Tools -> klik Remove Duplicate -> klik
tombol OK sampai kembali ke worksheet
6. klik cell pertama nomor KK (tepat dibawah header)
7. tekan tombol shift terus menerus (JANGAN DILEPAS) -> klik panah ke bawah
(klik 1 kali saja) -> lepas semua tombol -> lihat di sisi kanan area status
bar ada hasil Count data yang diblok bernilai 186 (tahukan status bar ?
lihat slider untuk zoom di pojok kanan bawah ? -> nah, sisi kanan status
bar tepat dikiri slider zoom tersebut)

mau mendapatkan daftar no KK yang unique (jadi masing-masing no KK hanya
ditulis 1 kali) ?
> cara pertama pakai pivot table
> cara kedua pakai remove duplicate seperti langkah di atas
> cara ketiga pakai advanced filter copy to another place yang di set unique
> cara keempat pakai array formula unique values (bakalan rada lemot
kalkulasinya kalau banyak records)
> cara kelima pakai UDF unique values (seperti buatan mbah Siti atau UDF
leksikal) -> ini butuh enable security macro
> cara keenam, salah satu cara pertama sampai kelima di otomasi dengan VBA
> cara ketujuh, membuat proses loop seluruh record data dengan VBA lalu
menulis yang unique-nya kalau dicek memang unique (bakalan lemot kalau
datanya banyak)

btw,
bisa jadi semua cara di atas ndak cocok..
andai demikian, alangkah baiknya disertakan sebuah sheet hasil kerja
manualnya. Jadi dalam lampiran ada sheet sumber data dan ada sheet hasil
kerja manual.

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid.

2015-03-10 17:04 GMT+11:00 Seto Adi setoadi@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamu'alaikum wr.wb.
>
> Yang terhormat para Master & para guru,
>
> Terlampir adalah contoh data penduduk suatu kelurahan dengan 2 sheet data
>
> Sheet pertama , pertanyaannya sama dengan pertanyaan terdahulu.
> Sheet kedua , membuat COUNTIF dengan kriteria panjang data (LEN)
>
>
> Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bentuannya.
>
> Wassalam
> Seto
>
>
>

Tue Mar 10, 2015 1:32 am (PDT) . Posted by:

setoadi

Okay, sudah jalan sekarang pakai =SUMPRODUCT(1/COUNTIF(Criteria,Criteria)) , dengan catatan tidak boleh ada blank.

Kalau ada blank maka terjadi #DIV/0, maka dari itu, range-nya harus dibuat dynamic range.

Terima kasih banyak atas bantuannya.

Yang sheet kedua belum ya Pak Guru?

Wassalam
Seto

Tue Mar 10, 2015 2:03 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

nah kan.... pakai sumproduct bisa....

1. supaya bisa merujuk secara dinamis, maka jadikanlah tabel data sebagai
object Excel Table. Kenal gak ?
> gini saja
a. buka file lampiran Anda -> buat sebuah sheet baru
b. ke sheet data -> blok kolom data (kolom A:C) -> copy (klik kanan pilih
Copy atau tekan CTRL C)
c. ke sheet baru -> klik kanan cell A1 -> pilih paste special -> pilih
Values -> tekan OK (supaya nama range yang ada gak ikutan ke copy)

d. blok data (termasuk header) yang ada di sheet baru itu -> ribbon Home ->
lihat group Styles -> klik Format As Table -> pilih salah satu styles yang
ada (apa aja) -> muncul dialog window -> centang my table has header ->
tekan OK

e. klik cell G1 di sheet baru itu dan mari mulai membuat formula sumproduct
nya (kalau pakai regional setting Indonesia, ganti koma dengan titik koma)
1. di formula bar tulis =SumProduct( 1 / countif( c2 , c2 ) ) [ganti
koma dengan titik koma kalau Indonesian, lalu tekan enter]
2. edit formula dan blok rujukan C2 yang pertama
-> tunjuk cell pertama kolom No KK yang ada dalam object table
hasil poin d
-> blok seluruh cell data di kolom No KK tersebut
3. copy bunyi hasil nomor 2 dan ganti teks C2 yang kedua dalam formula
dengan bunyi hasil nomor 2 tersebut
4. tekan ENTER
*** itulah cara menulis rujukan ke suatu kolom dalam object Excel
Table. Excel Table bersifat dinamis.
f. coba tambah data

Kalau data bisa jadi berisi nullstring atau blank atau karakter kosong,
1. setelah koma (atau titik koma jika pakai Indonesian) dalam fungsi
CountIF, tambahkan bunyi "" &
2. tambahkan bunyi - ( CountBlank( c2 ) <> 0 ) [ingat, teks C2 dalam
formula bisa diganti cara merujuk data satu kolom milik excel table]

jadi formula utuhnya :
=SumProduct( 1 / countif( c2 , "" & c2 ) ) - ( CountBlank( c2 ) <> 0 )
*** [ingat, setiap teks C2 dalam formula bisa diganti dengan cara merujuk
data satu kolom milik excel table agar menjadi dinamis]

Yang sheet kedua gak jelas mau diapakan.
Maksudnya kriteria Len itu apa ?
Mau hitung jumlah record yang Len nya tertentu ? Mau len berapa ? misal 15
gitu mau gak ?
=CountIF( range_data , Rept( "?" , 15 ) )
*** jika regional setting komputer setempat adalah Indonesian, ganti
karakter koma dengan titik koma
*** range_data bisa dirujukkan ke satu kolom object Excel Table jika akan
dibuat dinamis mengikuti record dalam Excel Table

Cara lainnya adalah dengan sebuah kolom bantu berisi formula Len lalu
hitung CountIF dengan range data berupa kolom bantu tersebut.

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid.

2015-03-10 19:29 GMT+11:00 setoadi@yahoo.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Okay, sudah jalan sekarang pakai =SUMPRODUCT(1/COUNTIF(Criteria,Criteria))
> , dengan catatan tidak boleh ada blank.
>
> Kalau ada blank maka terjadi #DIV/0, maka dari itu, range-nya harus dibuat
> dynamic range.
>
> Terima kasih banyak atas bantuannya.
>
> Yang sheet kedua belum ya Pak Guru?
>
> Wassalam
> Seto
>
>

Tue Mar 10, 2015 2:52 am (PDT) . Posted by:

setoadi

Untuk Sheet1, Top sudah, dynamic range pakai table ok

Sekali lagi Terima kasih, Sukron Katsiron atas pencerahannya.

Lha yang Sheet2, maksudnya, misalnya; data dihitung kalau panjang datanya / len(data) >=15

Terima kasih sebelumnya.


Mr.Kid, mohon maaf kalau saya sering mengganggu kesibukan anda. Maklum umur saya sudah cukup senja (66 taun). Untung masih bisa mikir, daripada pikun, cari kesibukan sambil cari amal.

Yang penting semangat

Wassalam
Seto

Tue Mar 10, 2015 12:00 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehe...

ini baru beneran masalah

gini, mysqldump biasanya dilakukan oleh DBA (DB Admin). Biasanya, yang
menggunakan MySQL, DB Admin akan mendapat hak akses penuh ke kompi server
(minimal ke foldernya MySQL), sehingga si DBA bisa menggunakan seluruh
fitur yang disediakan MySQL.

Asumsikan saja yang akan memBackup mendapat hak akses ke kompi server
tersebut juga secara penuh terhadap aplikasi MySQL.
1. set agar foldernya MySQL dalam keadaan ter-shared ke pelaku backup
(supaya bisa mengakses MySQLDump.exe)
2. buat sebuah folder penyimpan file backupan (selain di drive C) di kompi
manapun dan set agar shared folder juga
3. lihat di windows explorer kompi lainnya alamat lengkap shared folder
lokasi file backupan itu saat diakses oleh kompi lain dan catat alamat
lengkapnya.
4. ke kompi client dengan user kompi (login kompi) adalah user pembackup
yang punya hak akses ke server
5. lihat windows explorer dan cari file mysqldump.exe di kompi server
(lihat di kompi client ya)
6. catat alamat lengkapnya (full path yang ditunjukkan oleh si windows
explorer)
7. alamat itulah yang menjadi isi bagian fullname mysqldump.exe pada bagian
yang berbunyi ""fullname mysqldump.exe""
8. bagian fullname output dari bagian yang berbunyi ""fullname output""
diisi dengan alamat lengkap hasil nomor 3.
9. jika diketahui nomor port dan nama host nya, bisa ditambahkan sebelum
bunyi --user dengan bunyi :
--port=#### --host-name=hostnya
ganti #### dengan nomor port instansi MySQL yang dituju seperti 3310 dsb
hostnya dengan nama host instansi MySQL yang dituju, seperti
bunyi host atau localhost atau mungkin blabla@blibli.blu atau tcpip nya

Jadi, selain dengan interface untuk DBAdmin seperti phpmyadmin, workbench,
dsb, proses backup MySQL bisa dilakukan dengan mysqldump (via cmd atau
telnet) atau membuat rangkaian queries untuk membentuk seluruh object dalam
db tujuan dan queries penulisan isi tabel ke flatfile. Biasanya queries ini
disusun jadi tool kecil untuk backup yang bisa dicari di-internet.

btw,
kalau bisa pakai mysqldump akan lebih sederhana karena cukup menggunakan
fungsi Shell milik VB/VBA
kalau ndak bisa pakai mysqldump tapi punya bunyi-bunyi queries penyusunan
backup, maka bisa dicoba pembuatan koneksi ke mysql lalu menjalankan
queries tersebut.
nah.... kalau punya file php yang bisa melakukan backup tersebut dengan
cara kerja si php :
a. cara 1 : dibuatkan sebuah webpage yang menjalankan script php tersebut,
lalu gunakan VB/VBA untuk membuka webpage file tersebut
b. cara 2 : kompi di-install php maka bisa pakai shell (pakai cmd lagi)
untuk jalankan script php itu dengan memanggil aplikasi php.exe seperti
php.exe -q scriptphpnya.php (jangan lupa cara pakai "" dibagian merujuk
nama file di dongengan yang lalu ya).

bisa jadi ada cara lain yang lebih simpel...
moga-moga ada BeExceller yang udah biasa mainan MySQL dengan VB/VBA atau
VB.Net (kayanya pakai .net di visual studio lebih mudah deh) yang bisa
berbagi.

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid.

2015-03-10 10:23 GMT+11:00 abduhsuryadi@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Mr. Kid....ternyata ada masalah...minta solusinya ya...
>
> bagaimana membackup mysql dari komputer client yang tidak memiliki
> mysqldump? terima kasih.
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar