Sabtu, 21 Maret 2015

[belajar-excel] Digest Number 3352

12 Messages

Digest #3352
1a
Menggantikan Formla INDEX by "Zulfikar N" zulfikar_route66
1b
Re: Menggantikan Formla INDEX by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
array formula by "Fahmi Syaifullah" fahmisyaifullah20
2b
Re: array formula by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Memunculkan nama sheet dalam combobox by "Danny Prasetyo" danny_06791
5b
Re: VBA xls to ppt [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5d
Re: VBA xls to ppt by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Fri Mar 20, 2015 4:37 am (PDT) . Posted by:

"Zulfikar N" zulfikar_route66

Dear Excel Master,Mohon bantuannya, apakah ada fungsi lain untuk menggatikan fungsi INDEX pada formula berikut:
{=IFERROR(INDEX(BOSNET!$AM:$AM,SMALL(IF((BOSNET!$A:$A='db Retur'!$E$2)*(BOSNET!$B:$B='db Retur'!$E$3),ROW(BOSNET!$AM:$AM)-ROW(BOSNET!$AM$2)+2),ROWS($A$2:$A2))),"")}

SalamZulfikarPalopo, Sulsel

Fri Mar 20, 2015 5:08 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hmmm...

formulanya lemot karena karena diminta bekerja terhadap seluruh cells dalam
suatu kolom.
=IFERROR(INDEX(BOSNET!$AM:$AM,SMALL(IF((BOSNET!$A:$A='db
Retur'!$E$2)*(BOSNET!$B:$B='db Retur'!$E$3),ROW(BOSNET!$AM:$AM
)-ROW(BOSNET!$AM$2)+2),ROWS($A$2:$A2))),"")

Kesalahan utama dalam menggunakan array formula, terutama pada inputan
berupa array adalah seperti yang dikuning di atas, yaitu merujuk ke semua
cells dalam kolom tersebut.

Pada array formula atau formula yang diberi inputan array, berapapun jumlah
cells nya akan dikomputasi.
Pada formula di atas, jika menggunakan Excel 2003 yang berisi 65000 baris,
maka formula di atas akan mengkomputasi 65000 baris di setiap kolom yang
dikuning, walau cells yang terisi data baru 1 bijik record saja.

Bagaimana dengan Excel 2007 ke atas yang ada 1juta baris ?

Tentu Excel akan terkesan lemot dalam bekerja. dan berulang kali, selalu
ditekankan bahwa yang lemot bukan Excel-nya, tapi user yang membuat formula
tersebut.

Bagaimana supaya menjadi lebih cepat ?
1. ganti semua rujukan yang dikuning agar merujuk ke baris yang ada datanya
saja. Jika data mulai baris 2 dan baru ada 3 data, berarti rujukannya dari
baris 2 sampai baris 4 saja. bunyi rujukan $am:$am akan menjadi $am$2:$am$4.
Kalau recordnya berubah menjadi sampai baris 10 Excel bagaimana ?
>> ya tentu saja ubah lagi formulanya agar merujuk sampai baris 10

Gak praktis dong.
>> iya, memang gak praktis kalau begitu terus menerus. Kalau mau lebih
praktis, buatlah nama range yang merujuk secara dinamis.

2. ganti rujukan yang dikuning agar merujuk ke suatu nama range yang
dinamis.
Misal untuk kolom AM dibuat nama range bernama KolomAM yang dirujuk
dengan formula =$AM$2:index( $AM:$AM , counta( $a:$a ) )
dengan asumsi, bahwa kolom A selalu terisi alias kolom kunci yang tidak
boleh kosong disetiap record data.
Jadi nanti di array formula, semua bunyi yang merujuk ke range AM:AM
diubah menjadi KolomAM (nama range yang dirujuk dinamis alias nama range
yang dinamis)

Wah... nama range-nya harus dibuat dulu dong per kolom yang dipakai.
Ada banyak sheet dan per sheet ada banyak kolom nih... Jadi capek bikin
nama range-nya. Mana gak mudeng pula...
>> hmmm... capek juga ngasih saran solusinya kellezz...

3. Pakailah fitur List (xl2003) atau Excel Table (xl2007 ke atas) supaya
rujukan formula bisa dinamis.
>> gak pakai bikin nama range dinamis lagi kan... jadi gak ada alasan bakal
capek bikin nama range...
>> alasannya apa lagi ?

4. Walau sudah dirujuk gak sekolom (alias ke baris berdata saja) atau sudah
pakai nama range dinamis ataupun pakai object excel table, suatu saat array
formula tersebut akan membuat kesan Excel bekerja lemot lagi, yaitu ketika
record datanya sangat banyak. Cobalah manfaatkan kolom-kolom bantu atau
tabel-tabel bantu yang disusun dengan formula sederhana.

5. solusi nomor 4 itu pun suatu saat akan membuat Excel terkesan lemot
lagi... Kalau bisa, tabel bantu atau kolom bantu nya pakai fitur Pivot
Table.
>> yaaaa..... harus belajar lagi... capek ah belajarnya
>> hehehe... capek juga ngajak belajarnya

6. suatu saat, tabel bantu atau kolom bantu pakai pivot table menjadi gak
efisien dan Excel terkesan ada lag output... Andai memungkinkan, ubah
sedikit layout outputnya supaya bisa tanpa tabel bantu dan langsung disusun
dengan pivot table.

7. solusi 6 akan ada maksimumnya, yaitu ketika datanya sangat banyak dan
pivot tablenya mulai terasa berat dalam loading data. Mulailah memanfaatkan
fitur Get External Data untuk memilah data yang pokok dan membentuknya
menjadi tabel sumber data pivot table yang siap pakai dengan jumlah record
yang khusus per layout output.

8. solusi 7 masih bisa menjadi lambat suatu saat nanti, maka mulailah
memindahkan data ke database, seperti ke Access, MySQL, Oracle, MS SQL
Server, PostgreSQL, dsb, lalu manfaatkan fitur Get External Data lagi. Tapi
kali ini yang disuruh kerja keras adalah si database dan bukan Excel lagi.

9. solusi 8 masih bisa lemot lagi (percaya deh), maka mulailah membuat
sistem database pengolahan data. Excel bisa dijadikan area output jadinya
saja.

10. kalau nomor 9 ini masih lemot juga, maka ganti developer yang membangun
sistem databasenya, karena ndak memberi peringatan akan keseimbangan antara
infrastruktur dan data yang harus diolah.

11. kalau nomor 10 gagal juga. duduk manis di meja kerja dan nikmatilah
masa menunggu setiap proses kerja yang dilakukan. Alihkan waktu menunggu
dengan sesuatu yang lebih bermanfaat, seperti chating dengan gadget, online
di sosmed, atau belajar.... (prioritasnya mengikuti kebanyakan manusia loh
ya, jadi jangan protes). Tapi kayanya lebih bagus kalau prioritasnya ndak
begitu.

12. sudah capek ngetiknya dan kayanya ndak ada pokok benang merahnya
wakakkakaka....

ups... VBA nya dimana ya ? jangan-jangan terselip n jatuh entah dimana...
Barang Siapa yang menemukannya, mohon dipasang di nomor 1 sampai 9 sebagai
pelengkap solusi setiap nomornya.

;)

jangan diambil ati ya...
tulisan di atas itu cuman iseng manasin jari malem-malem di temperatur 9
derajat :]

Wassalam,
Kid

On Fri, Mar 20, 2015 at 9:35 PM, Zulfikar N zulfikar_route66@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Dear Excel Master,
> Mohon bantuannya, apakah ada fungsi lain untuk menggatikan fungsi INDEX
> pada formula berikut:
>
> {=IFERROR(INDEX(BOSNET!$AM:$AM,SMALL(IF((BOSNET!$A:$A='db
> Retur'!$E$2)*(BOSNET!$B:$B='db
> Retur'!$E$3),ROW(BOSNET!$AM:$AM)-ROW(BOSNET!$AM$2)+2),ROWS($A$2:$A2))),"")}
>
>
> Salam
> Zulfikar
> Palopo, Sulsel
>
>
>

Fri Mar 20, 2015 12:29 pm (PDT) . Posted by:

"Fahmi Syaifullah" fahmisyaifullah20



Yang terhormat Mr.Kid

Slamat malem Mr.kid

Assalamualaikum wr.wb

Mhn maaf sblmnya Mr. Saya masih newbie masih kurang disana sini tapi saya berkemauan bisa. Apalagi kalau saya dpet melampaui mr.kid hehehe :D

Saya sering berkunjung di web mr.kid saya masih gaptek dalam koment lgsng diblog mr.kid. mhn maaf sblmnya.

Lgsng ajh yaa.

tentang array formula saya masih kurang paham mr.kid array formula dlm blog mr.kid array formula adalah formula yg bkerja u/ input sbuah array atau mengkalkulasi setiap item array. 

Tapi pada coretan mr.kid tentang "formula pnyusun data unique" dsto terdapat 2 formula 

=sum((len(A2:A18)>0)/countif(A2:A18;A2:A18)) => array formula

 dengan 

=SUMPRODUCTm((len(A2:A18)>0)/countif(A2:A18;A2:A18))=>bukan array formula.

mohon bantuannya mr.kid pnjelasannya tntang array formula (kalau boleh sama contohnya mr. :D )

Wassalam

Fahmi

Dikirim dari Yahoo Mail pada Android

Fri Mar 20, 2015 1:54 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

met malem mas Fahmi,

0. Mhn maaf sblmnya Mr. Saya masih newbie masih kurang disana sini tapi
saya berkemauan bisa. Apalagi kalau saya dpet melampaui mr.kid hehehe :D
> Amin setulus-tulusnya Amin dan penuh semangat Amin nya.
> Semoga tidak cuma mas Fahmi yang berkemauan keras menjadi lebih baik dari
newbie seperti saya...
(udah 15 tahun [lebihnya ndak usah disebut yak] tetep saja newbie nih...
soalnya masih buanyak bingitz seluk beluk Excel yang belum dipahami...
pokoke terus belajar. Yuk belajar bersama)

--- Insya Allah bermanfaat buat yang penuh semangat belajar ---
[perlahan saja dan ndak perlu dibaca sampai selesai dalam satu waktu. Satu
bagian per satu bagian secara bertahap saja]

1. array formula adalah formula yg bkerja u/ input sbuah array atau
mengkalkulasi setiap item array.
> Jadi, suatu formula yang ketika diberi inputan berupa array lalu di-enter
tidak menghasilkan nilai yang benar berarti formula tersebut mengerjakan
(memproses atau setidaknya melakukan proses penyusunan) setiap item array
[asumsinya susunan formula sudah sesuai alur proses loh]. Hal ini
mengindikasikan adanya fungsi dalam formula tersebut yang pada dasarnya
tidak dapat menerima suatu inputan berupa array.

> Jadi, bingung deh...

> Pakai bahasa sederhananya :
Kalau suatu formula ditulis lalu di-Enter dengan ENTER kok kliru hasilnya,
dan ketika di-Enter dengan CTRL SHIFT ENTER kok benar hasilnya, maka itulah
array formula.

> Formula harus jadi array formula (alias di-Enter dengan CTRL SHIFT ENTER)
ketika ada inputan berupa array dan fungsi yang menerimanya tidak bisa
menerima data berupa array
Contoh : fungsi Len. Kalau dimasukkan Len(A1:A5) hasilnya akan mengolah
Len(A1) saja. Supaya langsung mengolah
Len(A1);Len(A2);Len(A3);Len(A4);Len(A5) sekaligus maka harus dijadikan
array formula.

2. Untuk formula :
=sum( (len(*A2:A18*)>0) / countif(A2:A18;*A2:A18*) )

> inputan berupa array adalah :
*A2:A18* (yang biru doang yak) -> di-input-ken ke fungsi Len dan
bagian kriteria dari fungsi CountIF
> fungsi Len dan CountIF tidak bisa menerima inputan berupa array tersebut.
> fungsi sum *tidak bisa mengolah inputan agar terbentuk array*. Jadi
fungsi Sum hanya bisa terima jadi saja. Kalau ada inputan berupa array
nilai yang akan di-sum, maka fungsi sum tahunya sudah ada array yang akan
di-sum tersebut. Sum tidak mau disuruh membentuk si array.
Contoh :
=Sum( {1,2,3,4} ) -> bisa diterima si Sum karena Sum ndak perlu
membentuk array nilai dari 1 sampai 4 alias sudah disediakan berupa array
oleh bunyi {1,2,3,4}
=Sum( Row(1:4) ) -> tidak mau diterima si Sum karena si Sum harus
menyusun array dari hasil-hasil fungsi Row.
Jadi, terhadap inputan dengan Len dan CountIF di atas, si Sum juga ndak mau
diminta membentuknya menjadi suatu array.
> Karena Sum diberi inputan berupa array (tapi belum siap pakai), maka Sum
tidak bisa bekerja ketika di-Enter dengan ENTER. Berarti si Sum harus
diminta bekerja sebagai array formula, yaitu harus di-Enter dengan CTRL
SHIFT ENTER

*Simpulan :=sum( (len(A2:A18)>0) / countif(*
*A2:A18;A2:A18) )*
*Array formula, pastikan enter dengan CTRL SHIFT ENTER*
*** sampai sini dah ok ya...

3. Formula berikutnya :
=SUMPRODUCT((len(*A2:A18*)>0)/countif(A2:A18;*A2:A18*))
> inputan berupa array adalah :
*A2:A18* (yang biru doang yak) -> di-input-ken ke fungsi Len dan
bagian kriteria dari fungsi CountIF
> fungsi Len dan CountIF tidak bisa menerima inputan berupa array tersebut.
> fungsi SumProduct *mampu mengolah data agar terbentuk suatu array*.
Berarti, inputan dengan fungsi Len yang diberi inputan array akan diolah
oleh si SumProduct (si SumProduct akan menghitungkan Len dari setiap
inputan ke fungsi Len) dan fungsi Len bersedia dikomando oleh si SumProduct.
> begitu pula sikap SumProduct terhadap fungsi CountIF dan sikap CountIF
yang juga diberi inputan array di bagian kriterianya terhadap SumProduct.
> berhubung dari fungsi terdalam sampai fungsi terluar sudah terbentuk
kesepakatan bahwa masalah array dan pembentukan array inputan akan
diselesaikan secara internal oleh formula itu sendiri, maka formula itu
tidak perlu di-input sebagai array formula. Jadi formulanya bukan array
formula.
> Meskipun formulanya bukan array formula, proses didalamnya ada proses
pengerjaan sebagai suatu komputasi array, yaitu pada saat memproses fungsi
Len dan juga fungsi CountIF, yang proses tersebut di-handle oleh si fungsi
SumProduct.

*Simpulan :*

*=SUMPRODUCT((len(A2:A18)>0)/countif(A2:A18;A2:A18))*

*formula biasa alias bukan array formula alias cukup di-enter dengan ENTER
saja*
*** sampai disini dah ok juga ya...

4. Ada lagi begini :
=SUMPRODUCT( * IF(*(len(*A2:A18*)>0)*,1,0**) * / countif(A2:A18;
*A2:A18*) )
(yang dilatar kuning adalah perbedaan dengan formula di nomor 3 di atas)

> inputan berupa array adalah :
*A2:A18* (yang biru doang yak) -> di-input-ken ke fungsi Len dan
bagian kriteria dari fungsi CountIF
> fungsi Len dan CountIF tidak bisa menerima inputan berupa array tersebut.
> fungsi IF tidak bisa menerima inputan berupa array, maka fungsi Len yang
ada dalam fungsi IF harus bekerja sendiri membentuk array dari inputan yang
datang kepadanya (si fungsi Len).

*Sampai disini, ada masalah pembentukan array yang tidak bisa diselesaikan
secara internal oleh formula itu sendiri.*
> Fungsi SumProduct memiliki kontrak kerja langsung dengan fungsi IF dan
fungsi CountIF. si Len adalah pihak ke-3 yang disewa oleh si IF. Jadi,
fungsi Len bukan diarea wewenang si SumProduct, sehingga si SumProduct
hanya bisa duduk manyun meratapi ketidakmampuannya untuk campur tangan
dalam masalah internal si IF dengan si Len.
* :( *kasihan si SumProduct, karena dia yang dapet masalah dari konflik
internal yang ada dalam IF.
> Karena sampai fungsi terluarnya tetap ada masalah internal terhadap
inputan array (berupa membentuk array nilai dari data array yang
di-input-ken), maka formula di atas harus diubah menjadi array formula,
yaitu dengan meng-Enter-nya dengan menekan bersamaan tombol-tombol CTRL
SHIFT ENTER

*Simpulan :*
*=SUMPRODUCT( IF( (len(A2:A18)>0) ,1,0) /
countif(A2:A18;A2:A18) )*

*adalah array formula alias harus di-Enter dengan CTRL SHIFT ENTER*
*** Sampai disini tetap ok kan ya...

5. :( mode bingung masih on ya ?
> jadi....
a. Array formula atau bukan array formula bisa diketahui jika dilakukan
pelacakan seperti langkah-langkah di atas.
b. Fungsi-fungsi bawaan Excel memiliki banyak karakteristik. Antara lain :
> Ada fungsi bawaan Excel yang bisa menerima inputan berupa array jadi
dan ada yang tidak bisa menerima inputan array jadi sekalipun. Contohnya,
Sum bisa menerima inputan berupa array jadi. Fungsi Len tidak bisa menerima
inputan array jadi sekalipun.
> Ada fungsi bawaan Excel yang bisa membentuk array dari inputan berupa
array. Contohnya SumProduct, Index, LookUp
> Ada fungsi bawaan Excel yang bisanya hanya menerima inputan berupa
array (sudah jadi atau harus dibentuk lebih dulu) tapi tetap ogah
mengerjakannya sendiri (alias harus tetap di-Enter sebagai array formula).
Contohnya Frequency
>Ada fungsi bawaan Excel yang bisanya menerima inputan bukan array
walau dipaksa-paksa dijadikan array formula sekalipun. Contohnya fungsi N
c. Array formula dibentuk dengan cara meng-enter melalui penekanan
tombol-tombol CTRL SHIFT ENTER secara bersamaan.
d. Array formula berisi proses terhadap suatu data array.
e. Formula biasa (bukan array formula) yang menggunakan fungsi-fungsi yang
mampu membentuk array seperti SumProduct, Index, LookUp bisa jadi berisi
proses terhadap suatu array walau tidak dibentuk sebagai array formula.
f. Tidak selalu formula yang menggunakan SumProduct, Index, atau LookUp
cukup di-Enter sebagai formula biasa, karena keberadaan fungsi-fungsi yang
memiliki karakteristik seperti IF akan menuntut pembentukan array formula.
g. Hindari penggunaan fungsi-fungsi yang anti terhadap inputan ataupun
proses array dalam suatu array formula. Contohnya tidak menggunakan fungsi
N dalam menyusun suatu array formula

*;)*
met belajar

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid

2015-03-21 3:00 GMT+11:00 Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> Yang terhormat Mr.Kid
> Slamat malem Mr.kid
> Assalamualaikum wr.wb
>
> Mhn maaf sblmnya Mr. Saya masih newbie masih kurang disana sini tapi saya
> berkemauan bisa. Apalagi kalau saya dpet melampaui mr.kid hehehe :D
> Saya sering berkunjung di web mr.kid saya masih gaptek dalam koment lgsng
> diblog mr.kid. mhn maaf sblmnya.
>
> Lgsng ajh yaa.
> tentang array formula saya masih kurang paham mr.kid array formula dlm
> blog mr.kid array formula adalah formula yg bkerja u/ input sbuah array
> atau mengkalkulasi setiap item array.
> Tapi pada coretan mr.kid tentang "formula pnyusun data unique" dsto
> terdapat 2 formula
> =sum((len(A2:A18)>0)/countif(A2:A18;A2:A18)) => array formula
> dengan
> =SUMPRODUCTm((len(A2:A18)>0)/countif(A2:A18;A2:A18))=>bukan array formula.
>
> mohon bantuannya mr.kid pnjelasannya tntang array formula (kalau boleh
> sama contohnya mr. :D )
> Wassalam
> Fahmi
>
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
>
>
>

Fri Mar 20, 2015 9:53 pm (PDT) . Posted by:

"Nang Agus"

Asalamualaikumwarahmatullah.
Omez, coba
Di C3 ketik formula:
=IF(LEFT(B3,2)="RT",MID(B3,13,50),LEFT(B3,MIN(FIND("RT",B3,1),FIND("RW",B3,1))-1))

di D3 ketik formula:
=MID(B3,FIND("RT",B3,1)+3,3)

di E3 ketik Formula:
=MID(B3,FIND("RW",B3,1)+3,3)

buat masing-masing cell dengan format sesuai keinginan.
BTW contoh pertama kenapa RT nya tertulis 17 dan RW 1?
padahal di data yang diambil kebalikannya? mana yang benar?

Kalau masih tidak bisa, coba buka lampiran!

salam
NangAgus

2015-03-20 13:18 GMT+07:00 omeza icat_omez@ymail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Siang Master,
>
> sy ingin bertanya bagaimana mengambil nama dusun dan rt dan rw.
> dari file yg sy sertakan berikut ini..
> terima kasih
> Book1.xlsx
> <http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5729647/Book1.xlsx>
>
>
> --
> View this message in context:
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Memisahkan-alamat-yg-berbeda2-tp5729647.html
> Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.
>
>

Fri Mar 20, 2015 10:30 pm (PDT) . Posted by:

"Danny Prasetyo" danny_06791

body { font-family: "Calibri","Slate Pro","sans-serif";
color:#262626 } ‎Selamat siang para master.Saya mau minta
tolong, bagaimana caranya untuk memunculkan semua nama sheet yang
ada dalam combobox pada user form?Tolong disertakan filenya yaa
master hehee.Terima kasih.

Fri Mar 20, 2015 11:24 pm (PDT) . Posted by:

"SUYONO"

Siang Danny

Coba seperti ini.

Private Sub UserForm_Initialize()
Dim wks As Worksheet
For Each wks In ThisWorkbook.Worksheets
ComboBox1.AddItem wks.Name
Next wks
End Sub


From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Saturday, March 21, 2015 12:17 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Memunculkan nama sheet dalam combobox


‎Selamat siang para master.
Saya mau minta tolong, bagaimana caranya untuk memunculkan semua nama sheet yang ada dalam combobox pada user form?
Tolong disertakan filenya yaa master hehee.
Terima kasih.

Fri Mar 20, 2015 11:32 pm (PDT) . Posted by:

"SUYONO"

File menyusul.

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Saturday, March 21, 2015 1:25 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: RE: [belajar-excel] Memunculkan nama sheet dalam combobox


Siang Danny

Coba seperti ini.

Private Sub UserForm_Initialize()
Dim wks As Worksheet
For Each wks In ThisWorkbook.Worksheets
ComboBox1.AddItem wks.Name
Next wks
End Sub


From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: Saturday, March 21, 2015 12:17 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Memunculkan nama sheet dalam combobox


‎Selamat siang para master.
Saya mau minta tolong, bagaimana caranya untuk memunculkan semua nama sheet yang ada dalam combobox pada user form?
Tolong disertakan filenya yaa master hehee.
Terima kasih.

Fri Mar 20, 2015 11:36 pm (PDT) . Posted by:

"ke2t"

Dh,

Sdh sy coba tp masih belum bisa jalan.
- sdh add: microsoft powerpoint 14.0 object library
- file sy simpan di drive d:\
- set pptpres eror, jadi sy ganti posisi file dengan mnggunakan tanda petik
- setelah running : mode paste eror gak bisa jalan

Mohon bimbingan selanjutnya.

Tks
Keket

"'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


>
>Hai Keket,
>
>coba :
>
>0. save as workbook -> type setting pilih macro enabled xlsm -> beri nama file -> save
>1. ke VBE -> menu References -> centang MS Office Powerpoint blabla object library -> OK -> save workbook
>
>2. ke VBE -> menu insert -> module
>
>3. copas prosedur ini : (sesuaikan dengan kondisi setempat : nama file, nama sheet, range yang di-copy dsb)
>
>
>public sub CopasXL2PPT()
>
>    'deklarasi variabel untuk object application (aplikasi power point) dan presentation (file ppt)
>
>    dim pptApp as powerpoint.application, pptPres as presentation
>
>    'buka aplikasi powerpoint
>
>    set pptApp=new powerpoint.application
>
>    pptapp.visible=true
>
>    'buka file ppt
>
>    set pptpres=ppt.presentations.open( drive:\folder\subfolder\namafile.ekstensipptfile )
>
>
>    'copy data dari excel
>
>    sheets("nama sheet").range("alamat range").copy
>
>    'paste as bitmap ke slide pertama yang ada dalam file ppt yang dibuka
>
>    pptpres.slides(1).shapes.pastespecial pppastebitmap
>
>    'paste as text ke slide pertama yang ada dalam file ppt yang dibuka
>
>    pptpres.slides(1).shapes.pastespecial pppastetext
>   
>
>end sub
>
>
>4. save workbook -> tutup workbook -> buka lagi -> enable security macro -> jalankan prosedur CopasXL2PPT
>
>
>Wassalam,
>
>Kid
>
>
>
>
>2015-03-20 16:29 GMT+11:00 ke2t keket.psr@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>

>
>Dh,
>
>Apakah bisa VBA excel bisa nyambung ke file powerpoint? Contoh:
>- Di file .xls saya copy range A1:A4 trus inginnya paste special "bitmap" & "text" ke file .ppt
>Jika bisa apa kode VBA ny ya?
>
>Terimakasih.
>
>Hs,
>Keket.
>
>
>
>
><!-- #ygrp-mkp { border: 1px solid #d8d8d8; font-family: Arial; margin: 10px 0; padding: 0 10px; } #ygrp-mkp hr { border: 1px solid #d8d8d8; } #ygrp-mkp #hd { color: #628c2a; font-size: 85%; font-weight: 700; line-height: 122%; margin: 10px 0; } #ygrp-mkp #ads { margin-bottom: 10px; } #ygrp-mkp .ad { padding: 0 0; } #ygrp-mkp .ad p { margin: 0; } #ygrp-mkp .ad a { color: #0000ff; text-decoration: none; } #ygrp-sponsor #ygrp-lc { font-family: Arial; } #ygrp-sponsor #ygrp-lc #hd { margin: 10px 0px; font-weight: 700; font-size: 78%; line-height: 122%; } #ygrp-sponsor #ygrp-lc .ad { margin-bottom: 10px; padding: 0 0; } #actions { font-family: Verdana; font-size: 11px; padding: 10px 0; } #activity { background-color: #e0ecee; float: left; font-family: Verdana; font-size: 10px; padding: 10px; } #activity span { font-weight: 700; } #activity span:first-child { text-transform: uppercase; } #activity span a { color: #5085b6; text-decoration: none; } #activity span span { color: #ff7900; } #activity span .underline { text-decoration: underline; } .attach { clear: both; display: table; font-family: Arial; font-size: 12px; padding: 10px 0; width: 400px; } .attach div a { text-decoration: none; } .attach img { border: none; padding-right: 5px; } .attach label { display: block; margin-bottom: 5px; } .attach label a { text-decoration: none; } blockquote { margin: 0 0 0 4px; } .bold { font-family: Arial; font-size: 13px; font-weight: 700; } .bold a { text-decoration: none; } dd.last p a { font-family: Verdana; font-weight: 700; } dd.last p span { margin-right: 10px; font-family: Verdana; font-weight: 700; } dd.last p span.yshortcuts { margin-right: 0; } div.attach-table div div a { text-decoration: none; } div.attach-table { width: 400px; } div.file-title a, div.file-title a:active, div.file-title a:hover, div.file-title a:visited { text-decoration: none; } div.photo-title a, div.photo-title a:active, div.photo-title a:hover, div.photo-title a:visited { text-decoration: none; } div#ygrp-mlmsg #ygrp-msg p a span.yshortcuts { font-family: Verdana; font-size: 10px; font-weight: normal; } .green { color: #628c2a; } .MsoNormal { margin: 0 0 0 0; } o { font-size: 0; } #photos div { float: left; width: 72px; } #photos div div { border: 1px solid #666666; height: 62px; overflow: hidden; width: 62px; } #photos div label { color: #666666; font-size: 10px; overflow: hidden; text-align: center; white-space: nowrap; width: 64px; } #reco-category { font-size: 77%; } #reco-desc { font-size: 77%; } .replbq { margin: 4px; } #ygrp-actbar div a:first-child { /* border-right: 0px solid #000;*/ margin-right: 2px; padding-right: 5px; } #ygrp-mlmsg { font-size: 13px; font-family: Arial, helvetica,clean, sans-serif; *font-size: small; *font: x-small; } #ygrp-mlmsg table { font-size: inherit; font: 100%; } #ygrp-mlmsg select, input, textarea { font: 99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif; } #ygrp-mlmsg pre, code { font:115% monospace; *font-size:100%; } #ygrp-mlmsg * { line-height: 1.22em; } #ygrp-mlmsg #logo { padding-bottom: 10px; } #ygrp-msg p a { font-family: Verdana; } #ygrp-msg p#attach-count span { color: #1E66AE; font-weight: 700; } #ygrp-reco #reco-head { color: #ff7900; font-weight: 700; } #ygrp-reco { margin-bottom: 20px; padding: 0px; } #ygrp-sponsor #ov li a { font-size: 130%; text-decoration: none; } #ygrp-sponsor #ov li { font-size: 77%; list-style-type: square; padding: 6px 0; } #ygrp-sponsor #ov ul { margin: 0; padding: 0 0 0 8px; } #ygrp-text { font-family: Georgia; } #ygrp-text p { margin: 0 0 1em 0; } #ygrp-text tt { font-size: 120%; } #ygrp-vital ul li:last-child { border-right: none !important; } -->

Fri Mar 20, 2015 11:40 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

oh iya, ada yang salah pada email yang lalu. thanks sudah mengingatkan.

yang baris ini :
set pptpres=ppt.presentations.open(
drive:\folder\subfolder\namafile.ekstensipptfile )

harusnya :
set pptpres=pptapp.presentations.open( "
drive:\folder\subfolder\namafile.ekstensipptfile" )

Sepertinya sebaris ini saja penyebabnya.

;)

Wassalam,
Kid

2015-03-21 16:52 GMT+11:00 ke2t keket.psr@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dh,
>
> Sdh sy coba tp masih belum bisa jalan.
> - sdh add: microsoft powerpoint 14.0 object library
> - file sy simpan di drive d:\
> - set pptpres eror, jadi sy ganti posisi file dengan mnggunakan tanda petik
> - setelah running : mode paste eror gak bisa jalan
>
> Mohon bimbingan selanjutnya.
>
> Tks
> Keket
>
> "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> Hai Keket,
>
> coba :
> 0. save as workbook -> type setting pilih macro enabled xlsm -> beri nama
> file -> save
> 1. ke VBE -> menu References -> centang MS Office Powerpoint blabla object
> library -> OK -> save workbook
> 2. ke VBE -> menu insert -> module
> 3. copas prosedur ini : (sesuaikan dengan kondisi setempat : nama file,
> nama sheet, range yang di-copy dsb)
>
> public sub CopasXL2PPT()
> 'deklarasi variabel untuk object application (aplikasi power point)
> dan presentation (file ppt)
> dim pptApp as powerpoint.application, pptPres as presentation
>
> 'buka aplikasi powerpoint
> set pptApp=new powerpoint.application
> pptapp.visible=true
>
> 'buka file ppt
> set pptpres=ppt.presentations.open(
> drive:\folder\subfolder\namafile.ekstensipptfile )
>
> 'copy data dari excel
> sheets("nama sheet").range("alamat range").copy
>
> 'paste as bitmap ke slide pertama yang ada dalam file ppt yang dibuka
> pptpres.slides(1).shapes.pastespecial pppastebitmap
>
> 'paste as text ke slide pertama yang ada dalam file ppt yang dibuka
> pptpres.slides(1).shapes.pastespecial pppastetext
>
> end sub
>
> 4. save workbook -> tutup workbook -> buka lagi -> enable security macro
> -> jalankan prosedur CopasXL2PPT
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
>
> 2015-03-20 16:29 GMT+11:00 ke2t keket.psr@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Dh,
>>
>> Apakah bisa VBA excel bisa nyambung ke file powerpoint? Contoh:
>> - Di file .xls saya copy range A1:A4 trus inginnya paste special "bitmap"
>> & "text" ke file .ppt
>> Jika bisa apa kode VBA ny ya?
>>
>> Terimakasih.
>>
>> Hs,
>> Keket.
>>
>
>
>

Sat Mar 21, 2015 1:56 am (PDT) . Posted by:

"ke2t"

Dh,

Tadinya jg pas running tetap eror di kode paste as bitmap. Jadi saya coba2 ganti dari: pptApp jadi: pptPres ternyata berhasil.

Terimakasih Mr. Kid atas ilmunya.
Mudulnya sdh bs jalan :-)

Hs,
Keket

"'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:


>
>oh iya, ada yang salah pada email yang lalu. thanks sudah mengingatkan.
>
>yang baris ini :
>     set pptpres=ppt.presentations.open( drive:\folder\subfolder\namafile.ekstensipptfile )
>
>harusnya :
>     set pptpres=pptapp.presentations.open( "drive:\folder\subfolder\namafile.ekstensipptfile" )
>
>
>Sepertinya sebaris ini saja penyebabnya.
>
>;)
>
>Wassalam,
>
>Kid
>
>
>
>
>2015-03-21 16:52 GMT+11:00 ke2t keket.psr@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>

>
>Dh,
>
>Sdh sy coba tp masih belum bisa jalan.
>- sdh add: microsoft powerpoint 14.0 object library
>- file sy simpan di drive d:\
>- set pptpres eror, jadi sy ganti posisi file dengan mnggunakan tanda petik
>- setelah running : mode paste eror gak bisa jalan
>
>Mohon bimbingan selanjutnya.
>
>Tks
>Keket
>
>"'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>

>
>Hai Keket,
>
>coba :
>
>0. save as workbook -> type setting pilih macro enabled xlsm -> beri nama file -> save
>1. ke VBE -> menu References -> centang MS Office Powerpoint blabla object library -> OK -> save workbook
>
>2. ke VBE -> menu insert -> module
>
>3. copas prosedur ini : (sesuaikan dengan kondisi setempat : nama file, nama sheet, range yang di-copy dsb)
>
>
>public sub CopasXL2PPT()
>
>    'deklarasi variabel untuk object application (aplikasi power point) dan presentation (file ppt)
>
>    dim pptApp as powerpoint.application, pptPres as presentation
>
>    'buka aplikasi powerpoint
>
>    set pptApp=new powerpoint.application
>
>    pptapp.visible=true
>
>    'buka file ppt
>
>    set pptpres=ppt.presentations.open( drive:\folder\subfolder\namafile.ekstensipptfile )
>
>
>    'copy data dari excel
>
>    sheets("nama sheet").range("alamat range").copy
>
>    'paste as bitmap ke slide pertama yang ada dalam file ppt yang dibuka
>
>    pptpres.slides(1).shapes.pastespecial pppastebitmap
>
>    'paste as text ke slide pertama yang ada dalam file ppt yang dibuka
>
>    pptpres.slides(1).shapes.pastespecial pppastetext
>   
>
>end sub
>
>
>4. save workbook -> tutup workbook -> buka lagi -> enable security macro -> jalankan prosedur CopasXL2PPT
>
>
>Wassalam,
>
>Kid
>
>
>
>
>2015-03-20 16:29 GMT+11:00 ke2t keket.psr@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>

>
>Dh,
>
>Apakah bisa VBA excel bisa nyambung ke file powerpoint? Contoh:
>- Di file .xls saya copy range A1:A4 trus inginnya paste special "bitmap" & "text" ke file .ppt
>Jika bisa apa kode VBA ny ya?
>
>Terimakasih.
>
>Hs,
>Keket.
>
>
>
>
>
><!-- #ygrp-mkp { border: 1px solid #d8d8d8; font-family: Arial; margin: 10px 0; padding: 0 10px; } #ygrp-mkp hr { border: 1px solid #d8d8d8; } #ygrp-mkp #hd { color: #628c2a; font-size: 85%; font-weight: 700; line-height: 122%; margin: 10px 0; } #ygrp-mkp #ads { margin-bottom: 10px; } #ygrp-mkp .ad { padding: 0 0; } #ygrp-mkp .ad p { margin: 0; } #ygrp-mkp .ad a { color: #0000ff; text-decoration: none; } #ygrp-sponsor #ygrp-lc { font-family: Arial; } #ygrp-sponsor #ygrp-lc #hd { margin: 10px 0px; font-weight: 700; font-size: 78%; line-height: 122%; } #ygrp-sponsor #ygrp-lc .ad { margin-bottom: 10px; padding: 0 0; } #actions { font-family: Verdana; font-size: 11px; padding: 10px 0; } #activity { background-color: #e0ecee; float: left; font-family: Verdana; font-size: 10px; padding: 10px; } #activity span { font-weight: 700; } #activity span:first-child { text-transform: uppercase; } #activity span a { color: #5085b6; text-decoration: none; } #activity span span { color: #ff7900; } #activity span .underline { text-decoration: underline; } .attach { clear: both; display: table; font-family: Arial; font-size: 12px; padding: 10px 0; width: 400px; } .attach div a { text-decoration: none; } .attach img { border: none; padding-right: 5px; } .attach label { display: block; margin-bottom: 5px; } .attach label a { text-decoration: none; } blockquote { margin: 0 0 0 4px; } .bold { font-family: Arial; font-size: 13px; font-weight: 700; } .bold a { text-decoration: none; } dd.last p a { font-family: Verdana; font-weight: 700; } dd.last p span { margin-right: 10px; font-family: Verdana; font-weight: 700; } dd.last p span.yshortcuts { margin-right: 0; } div.attach-table div div a { text-decoration: none; } div.attach-table { width: 400px; } div.file-title a, div.file-title a:active, div.file-title a:hover, div.file-title a:visited { text-decoration: none; } div.photo-title a, div.photo-title a:active, div.photo-title a:hover, div.photo-title a:visited { text-decoration: none; } div#ygrp-mlmsg #ygrp-msg p a span.yshortcuts { font-family: Verdana; font-size: 10px; font-weight: normal; } .green { color: #628c2a; } .MsoNormal { margin: 0 0 0 0; } o { font-size: 0; } #photos div { float: left; width: 72px; } #photos div div { border: 1px solid #666666; height: 62px; overflow: hidden; width: 62px; } #photos div label { color: #666666; font-size: 10px; overflow: hidden; text-align: center; white-space: nowrap; width: 64px; } #reco-category { font-size: 77%; } #reco-desc { font-size: 77%; } .replbq { margin: 4px; } #ygrp-actbar div a:first-child { /* border-right: 0px solid #000;*/ margin-right: 2px; padding-right: 5px; } #ygrp-mlmsg { font-size: 13px; font-family: Arial, helvetica,clean, sans-serif; *font-size: small; *font: x-small; } #ygrp-mlmsg table { font-size: inherit; font: 100%; } #ygrp-mlmsg select, input, textarea { font: 99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif; } #ygrp-mlmsg pre, code { font:115% monospace; *font-size:100%; } #ygrp-mlmsg * { line-height: 1.22em; } #ygrp-mlmsg #logo { padding-bottom: 10px; } #ygrp-msg p a { font-family: Verdana; } #ygrp-msg p#attach-count span { color: #1E66AE; font-weight: 700; } #ygrp-reco #reco-head { color: #ff7900; font-weight: 700; } #ygrp-reco { margin-bottom: 20px; padding: 0px; } #ygrp-sponsor #ov li a { font-size: 130%; text-decoration: none; } #ygrp-sponsor #ov li { font-size: 77%; list-style-type: square; padding: 6px 0; } #ygrp-sponsor #ov ul { margin: 0; padding: 0 0 0 8px; } #ygrp-text { font-family: Georgia; } #ygrp-text p { margin: 0 0 1em 0; } #ygrp-text tt { font-size: 120%; } #ygrp-vital ul li:last-child { border-right: none !important; } -->

Sat Mar 21, 2015 2:07 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

eh pptApp yang mana yang diubah jadi pptPres ?
saya pikir ndak ada pptApp yang bisa diubah jadi pptPres deh dalam script
di email lalu : (yang di latar hijau adalah perbaikan)

public sub CopasXL2PPT()
'deklarasi variabel untuk object application (aplikasi power point) dan
presentation (file ppt)
dim pptApp as powerpoint.application, pptPres as presentation

'buka aplikasi powerpoint
set pptApp=new powerpoint.application
pptapp.visible=true

'buka file ppt
set pptpres=pptapp.presentations.open("
drive:\folder\subfolder\namafile.ekstensipptfile")

'copy data dari excel
sheets("nama sheet").range("alamat range").copy

'paste as bitmap ke slide pertama yang ada dalam file ppt yang dibuka
pptpres.slides(1).shapes.pastespecial pppastebitmap

'paste as text ke slide pertama yang ada dalam file ppt yang dibuka
pptpres.slides(1).shapes.pastespecial pppastetext

end sub

object pptApp tertulis di 4 baris saja. Bagian mana yang diubah jadi
pptPres ya ?

2015-03-21 18:23 GMT+11:00 ke2t keket.psr@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dh,
>
> Tadinya jg pas running tetap eror di kode paste as bitmap. Jadi saya coba2
> ganti dari: pptApp jadi: pptPres ternyata berhasil.
>
> Terimakasih Mr. Kid atas ilmunya.
> Mudulnya sdh bs jalan :-)
>
> Hs,
>
> Keket
>
> "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>
>
> oh iya, ada yang salah pada email yang lalu. thanks sudah mengingatkan.
>
> yang baris ini :
> set pptpres=ppt.presentations.open(
> drive:\folder\subfolder\namafile.ekstensipptfile )
>
> harusnya :
> set pptpres=pptapp.presentations.open( "
> drive:\folder\subfolder\namafile.ekstensipptfile" )
>
> Sepertinya sebaris ini saja penyebabnya.
>
> ;)
>
> Wassalam,
> Kid
>
>
>
>
> 2015-03-21 16:52 GMT+11:00 ke2t keket.psr@gmail.com [belajar-excel] <
> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Dh,
>>
>> Sdh sy coba tp masih belum bisa jalan.
>> - sdh add: microsoft powerpoint 14.0 object library
>> - file sy simpan di drive d:\
>> - set pptpres eror, jadi sy ganti posisi file dengan mnggunakan tanda
>> petik
>> - setelah running : mode paste eror gak bisa jalan
>>
>> Mohon bimbingan selanjutnya.
>>
>> Tks
>> Keket
>>
>> "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <
>> belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>
>>
>>
>> Hai Keket,
>>
>> coba :
>> 0. save as workbook -> type setting pilih macro enabled xlsm -> beri nama
>> file -> save
>> 1. ke VBE -> menu References -> centang MS Office Powerpoint blabla
>> object library -> OK -> save workbook
>> 2. ke VBE -> menu insert -> module
>> 3. copas prosedur ini : (sesuaikan dengan kondisi setempat : nama file,
>> nama sheet, range yang di-copy dsb)
>>
>> public sub CopasXL2PPT()
>> 'deklarasi variabel untuk object application (aplikasi power point)
>> dan presentation (file ppt)
>> dim pptApp as powerpoint.application, pptPres as presentation
>>
>> 'buka aplikasi powerpoint
>> set pptApp=new powerpoint.application
>> pptapp.visible=true
>>
>> 'buka file ppt
>> set pptpres=ppt.presentations.open(
>> drive:\folder\subfolder\namafile.ekstensipptfile )
>>
>> 'copy data dari excel
>> sheets("nama sheet").range("alamat range").copy
>>
>> 'paste as bitmap ke slide pertama yang ada dalam file ppt yang dibuka
>> pptpres.slides(1).shapes.pastespecial pppastebitmap
>>
>> 'paste as text ke slide pertama yang ada dalam file ppt yang dibuka
>> pptpres.slides(1).shapes.pastespecial pppastetext
>>
>> end sub
>>
>> 4. save workbook -> tutup workbook -> buka lagi -> enable security macro
>> -> jalankan prosedur CopasXL2PPT
>>
>> Wassalam,
>> Kid
>>
>>
>>
>> 2015-03-20 16:29 GMT+11:00 ke2t keket.psr@gmail.com [belajar-excel] <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>:
>>
>>>
>>>
>>> Dh,
>>>
>>> Apakah bisa VBA excel bisa nyambung ke file powerpoint? Contoh:
>>> - Di file .xls saya copy range A1:A4 trus inginnya paste special
>>> "bitmap" & "text" ke file .ppt
>>> Jika bisa apa kode VBA ny ya?
>>>
>>> Terimakasih.
>>>
>>> Hs,
>>> Keket.
>>>
>>
>>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar