Kamis, 26 Maret 2015

[belajar-excel] Digest Number 3361

15 Messages

Digest #3361
1a
1c
Re: memberikan peringatan pop up msg by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1e
Re: memberikan peringatan pop up msg by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1f
1g
Re: memberikan peringatan pop up msg by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: Memangil Data Di Localhost Mysql by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Insert row [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Menuju sheet tertentu by "Danny Prasetyo" danny_06791
5b
Re: Menuju sheet tertentu by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Thu Mar 26, 2015 5:30 am (PDT) . Posted by:

"monnalissa putra"

Dear Master Excel,
Saya punya penjagaan rental kaset, peminjaman kaset itu ada tanggal pinjam
dan tanggal kembali, saya mau muncul peringatan pop up msg tersebut muncul
1 hari sebelum tanggal kembali sehingga saya bisa memberi peringatan
customer untuk segera mengembalikan kaset, bagaimana ya master rumus VBA
nya? mohon pencerahan (file terlampir)

Thu Mar 26, 2015 12:56 pm (PDT) . Posted by:

"Fahmi Syaifullah" fahmisyaifullah20

Assalamualaikum.

Hy.putra

Cba bgini insya allah bisa.

klik cell D2 (atau dimana saja) ketikan rumus =today()

pindah ke cell yg ingin diformulakan 

ketikan formula =if(E4>=($D$2-1),"TAGIH","BELUM TAGIH")

untuk formula today diatas saya letakkan pada cell D2.

NB: tidak mau mendahului guru master, saya ingn bertrima kasih kpada mr.kid khususnya millis

Wass.

fahmi

Dikirim dari Yahoo Mail pada Android

Dari:"monnalissa putra monnalissa0809@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal:Kam, 26 Mar 2015 pada 19:30
Judul:[belajar-excel] memberikan peringatan pop up msg [1 Attachment]

 

Dear Master Excel,

Saya punya penjagaan rental kaset, peminjaman kaset itu ada tanggal pinjam dan tanggal kembali, saya mau muncul peringatan pop up msg tersebut muncul 1 hari sebelum tanggal kembali sehingga saya bisa memberi peringatan customer untuk segera mengembalikan kaset, bagaimana ya master rumus VBA nya? mohon pencerahan (file terlampir)

Thu Mar 26, 2015 4:02 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Menampilkan popup msg setiap record yang harus diberi peringatan tentulah
tidak masuk akal, karena jika ada 1000 client yang harus diberi peringatan
hari itu, akan muncul popup msg 1000 kali dan harus di klik 1000 kali.
Jadi, pasti bukan seperti ini yang diharapkan penanya.

Menampilkan popup msg berisi banyak client yang harus diperingatkan akan
membuat si popup msg menjadi penuh 1 layar dan bisa-bisa sampai membutuhkan
beberapa layar (bisa pinjem layar tetangga gak ya) dan repot mencetaknya.

Ide mas fahmi dengan membuat kolom berisi status pinjaman setiap record
bisa menjadi bahan (sumber data) untuk membentuk output (berupa tabel atau
layout output lainnya) yang bisa ditampilkan dengan mudah, informatif, dan
bisa dicetak dengan mudah.

Dari lembaran output yang terbentuk, maka setiap hari dan setiap saat
membuka file tersebut, bisa langsung melihat di sheet daftar yang harus
diberi peringatan dan lakukan refresh data atau semacamnya. Jika tabel
tersebut ada isinya, maka itulah popup msg nya. Proses print out bisa
dilakukan. Proses pengiriman email ke pelanggan bersangkutan bisa
dipelajari pembuatan prosesnya. dsb dsb

File terlampir melanjutkan ide mas Fahmi.

Kid.

2015-03-27 1:45 GMT+11:00 Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamualaikum.
> Hy.putra
>
> Cba bgini insya allah bisa.
> klik cell D2 (atau dimana saja) ketikan rumus =today()
> pindah ke cell yg ingin diformulakan
> ketikan formula =if(E4>=($D$2-1),"TAGIH","BELUM TAGIH")
> untuk formula today diatas saya letakkan pada cell D2.
>
>
> NB: tidak mau mendahului guru master, saya ingn bertrima kasih kpada
> mr.kid khususnya millis
>
> Wass.
> fahmi
>
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
> ------------------------------
> *Dari*:"monnalissa putra monnalissa0809@gmail.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Tanggal*:Kam, 26 Mar 2015 pada 19:30
> *Judul*:[belajar-excel] memberikan peringatan pop up msg [1 Attachment]
>
>
>
> Dear Master Excel,
> Saya punya penjagaan rental kaset, peminjaman kaset itu ada tanggal pinjam
> dan tanggal kembali, saya mau muncul peringatan pop up msg tersebut muncul
> 1 hari sebelum tanggal kembali sehingga saya bisa memberi peringatan
> customer untuk segera mengembalikan kaset, bagaimana ya master rumus VBA
> nya? mohon pencerahan (file terlampir)
>
>
>

Thu Mar 26, 2015 6:11 pm (PDT) . Posted by:

"Fahmi Syaifullah" fahmisyaifullah20

ass.

yth.mr.kid

Hehe.. maaf yak blm mengerti jauh tntg VBA lg mulai bljr diblog mr.kid.

ilmu baru nih..

kok bisa yaa mr. untuk kolom I4 (rumus D2-E4) ada penambahan kata "hari terlambat" .

dan untuk dijadikan relasi ke sheet brikutnya apa itu dgn pivot mr.?

 Blh mnta penjelasaannya mr :D

Wass.

Dikirim dari Yahoo Mail pada Android

Dari:"'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal:Jum, 27 Mar 2015 pada 6:03
Judul:Re: [belajar-excel] memberikan peringatan pop up msg [1 Attachment]

 

Menampilkan popup msg setiap record yang harus diberi peringatan tentulah tidak masuk akal, karena jika ada 1000 client yang harus diberi peringatan hari itu, akan muncul popup msg 1000 kali dan harus di klik 1000 kali. Jadi, pasti bukan seperti ini yang diharapkan penanya.

Menampilkan popup msg berisi banyak client yang harus diperingatkan akan membuat si popup msg menjadi penuh 1 layar dan bisa-bisa sampai membutuhkan beberapa layar (bisa pinjem layar tetangga gak ya) dan repot mencetaknya.

Ide mas fahmi dengan membuat kolom berisi status pinjaman setiap record bisa menjadi bahan (sumber data) untuk membentuk output (berupa tabel atau layout output lainnya) yang bisa ditampilkan dengan mudah, informatif, dan bisa dicetak dengan mudah.

Dari lembaran output yang terbentuk, maka setiap hari dan setiap saat membuka file tersebut, bisa langsung melihat di sheet daftar yang harus diberi peringatan dan lakukan refresh data atau semacamnya. Jika tabel tersebut ada isinya, maka itulah popup msg nya. Proses print out bisa dilakukan. Proses pengiriman email ke pelanggan bersangkutan bisa dipelajari pembuatan prosesnya. dsb dsb

File terlampir melanjutkan ide mas Fahmi.

Kid.

2015-03-27 1:45 GMT+11:00 Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

 

Assalamualaikum.

Hy.putra

Cba bgini insya allah bisa.

klik cell D2 (atau dimana saja) ketikan rumus =today()

pindah ke cell yg ingin diformulakan 

ketikan formula =if(E4>=($D$2-1),"TAGIH","BELUM TAGIH")

untuk formula today diatas saya letakkan pada cell D2.

NB: tidak mau mendahului guru master, saya ingn bertrima kasih kpada mr.kid khususnya millis

Wass.

fahmi

Dikirim dari Yahoo Mail pada Android

Dari:"monnalissa putra monnalissa0809@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal:Kam, 26 Mar 2015 pada 19:30
Judul:[belajar-excel] memberikan peringatan pop up msg [1 Attachment]

 

Dear Master Excel,

Saya punya penjagaan rental kaset, peminjaman kaset itu ada tanggal pinjam dan tanggal kembali, saya mau muncul peringatan pop up msg tersebut muncul 1 hari sebelum tanggal kembali sehingga saya bisa memberi peringatan customer untuk segera mengembalikan kaset, bagaimana ya master rumus VBA nya? mohon pencerahan (file terlampir)

Thu Mar 26, 2015 8:26 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

0. file lampiran tempo lalu tidak menggunakan VBA, btw, selamat belajar VBA.
1. data bertipe numerik (bukan sekedar berisi angka-angka maka pasti
bertipe numerik loh ya) bisa di-format agar tampak di mata user menjadi
sesuatu yang lebih informatif. Format ini ada di format cells -> tab Number
-> tab Custom, jadi bisa menyusun format sendiri.
2. output menggunakan pivot table dengan sumber data pivot table (pivot
table data source) dari tabel data di sheet sebelahnya. Pemanfaatan fitur
Excel Table akan membuat area data yang dinamis tetap terikat sebagai
sebuah object table. Maka pivot table akan terkena imbas baik berupa
dinamisnya pivot table data source.

;)

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid.

2015-03-27 11:23 GMT+11:00 Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> ass.
> yth.mr.kid
>
> Hehe.. maaf yak blm mengerti jauh tntg VBA lg mulai bljr diblog mr.kid.
> ilmu baru nih..
> kok bisa yaa mr. untuk kolom I4 (rumus D2-E4) ada penambahan kata "hari
> terlambat" .
> dan untuk dijadikan relasi ke sheet brikutnya apa itu dgn pivot mr.?
> Blh mnta penjelasaannya mr :D
>
> Wass.
>
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
> ------------------------------
> *Dari*:"'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Tanggal*:Jum, 27 Mar 2015 pada 6:03
> *Judul*:Re: [belajar-excel] memberikan peringatan pop up msg [1
> Attachment]
>
>
>
> Menampilkan popup msg setiap record yang harus diberi peringatan tentulah
> tidak masuk akal, karena jika ada 1000 client yang harus diberi peringatan
> hari itu, akan muncul popup msg 1000 kali dan harus di klik 1000 kali.
> Jadi, pasti bukan seperti ini yang diharapkan penanya.
>
> Menampilkan popup msg berisi banyak client yang harus diperingatkan akan
> membuat si popup msg menjadi penuh 1 layar dan bisa-bisa sampai membutuhkan
> beberapa layar (bisa pinjem layar tetangga gak ya) dan repot mencetaknya.
>
> Ide mas fahmi dengan membuat kolom berisi status pinjaman setiap record
> bisa menjadi bahan (sumber data) untuk membentuk output (berupa tabel atau
> layout output lainnya) yang bisa ditampilkan dengan mudah, informatif, dan
> bisa dicetak dengan mudah.
>
> Dari lembaran output yang terbentuk, maka setiap hari dan setiap saat
> membuka file tersebut, bisa langsung melihat di sheet daftar yang harus
> diberi peringatan dan lakukan refresh data atau semacamnya. Jika tabel
> tersebut ada isinya, maka itulah popup msg nya. Proses print out bisa
> dilakukan. Proses pengiriman email ke pelanggan bersangkutan bisa
> dipelajari pembuatan prosesnya. dsb dsb
>
> File terlampir melanjutkan ide mas Fahmi.
>
>
> Kid.
>
>
>
>
> 2015-03-27 1:45 GMT+11:00 Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>>
>>
>> Assalamualaikum.
>> Hy.putra
>>
>> Cba bgini insya allah bisa.
>> klik cell D2 (atau dimana saja) ketikan rumus =today()
>> pindah ke cell yg ingin diformulakan
>> ketikan formula =if(E4>=($D$2-1),"TAGIH","BELUM TAGIH")
>> untuk formula today diatas saya letakkan pada cell D2.
>>
>>
>> NB: tidak mau mendahului guru master, saya ingn bertrima kasih kpada
>> mr.kid khususnya millis
>>
>> Wass.
>> fahmi
>>
>> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
>> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
>> ------------------------------
>> *Dari*:"monnalissa putra monnalissa0809@gmail.com [belajar-excel]" <
>> belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *Tanggal*:Kam, 26 Mar 2015 pada 19:30
>> *Judul*:[belajar-excel] memberikan peringatan pop up msg [1 Attachment]
>>
>>
>>
>> Dear Master Excel,
>> Saya punya penjagaan rental kaset, peminjaman kaset itu ada tanggal
>> pinjam dan tanggal kembali, saya mau muncul peringatan pop up msg tersebut
>> muncul 1 hari sebelum tanggal kembali sehingga saya bisa memberi peringatan
>> customer untuk segera mengembalikan kaset, bagaimana ya master rumus VBA
>> nya? mohon pencerahan (file terlampir)
>>
>>
>
>

Thu Mar 26, 2015 9:12 pm (PDT) . Posted by:

"Fahmi Syaifullah" fahmisyaifullah20

assalamu'alaikum wr wb (Mods : jauh lebih baik daripada disingkat menjadi berarti sesuatu yang kurang pantas)
yth.mr.kid


penjelasan yg signifikan (au dah itu artinya apa) :D.Alhamdulillah ilmu bertambah


trima kasih mr.
Wassalamu'alaikum wr wb




Dikirim dari Yahoo Mail pada Android https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android
Dari:"'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]"
Tanggal:Jum, 27 Mar 2015 pada 10:26
Judul:Re: Re: [belajar-excel] memberikan peringatan pop up msg



Wa'alaikumussalam wr wb


0. file lampiran tempo lalu tidak menggunakan VBA, btw, selamat belajar VBA.

1. data bertipe numerik (bukan sekedar berisi angka-angka maka pasti bertipe numerik loh ya) bisa di-format agar tampak di mata user menjadi sesuatu yang lebih informatif. Format ini ada di format cells -> tab Number -> tab Custom, jadi bisa menyusun format sendiri.

2. output menggunakan pivot table dengan sumber data pivot table (pivot table data source) dari tabel data di sheet sebelahnya. Pemanfaatan fitur Excel Table akan membuat area data yang dinamis tetap terikat sebagai sebuah object table. Maka pivot table akan terkena imbas baik berupa dinamisnya pivot table data source.

;)


Wassalamu'alaikum wr wb

Kid.












2015-03-27 11:23 GMT+11:00 Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

ass. yth.mr.kid


Hehe.. maaf yak blm mengerti jauh tntg VBA lg mulai bljr diblog mr.kid.
ilmu baru nih..
kok bisa yaa mr. untuk kolom I4 (rumus D2-E4) ada penambahan kata "hari terlambat" .
dan untuk dijadikan relasi ke sheet brikutnya apa itu dgn pivot mr.?
Blh mnta penjelasaannya mr :D


Wass.

Dikirim dari Yahoo Mail pada Android https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android
Dari:"'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal:Jum, 27 Mar 2015 pada 6:03
Judul:Re: [belajar-excel] memberikan peringatan pop up msg [1 Attachment]



Menampilkan popup msg setiap record yang harus diberi peringatan tentulah tidak masuk akal, karena jika ada 1000 client yang harus diberi peringatan hari itu, akan muncul popup msg 1000 kali dan harus di klik 1000 kali. Jadi, pasti bukan seperti ini yang diharapkan penanya.


Menampilkan popup msg berisi banyak client yang harus diperingatkan akan membuat si popup msg menjadi penuh 1 layar dan bisa-bisa sampai membutuhkan beberapa layar (bisa pinjem layar tetangga gak ya) dan repot mencetaknya.


Ide mas fahmi dengan membuat kolom berisi status pinjaman setiap record bisa menjadi bahan (sumber data) untuk membentuk output (berupa tabel atau layout output lainnya) yang bisa ditampilkan dengan mudah, informatif, dan bisa dicetak dengan mudah.


Dari lembaran output yang terbentuk, maka setiap hari dan setiap saat membuka file tersebut, bisa langsung melihat di sheet daftar yang harus diberi peringatan dan lakukan refresh data atau semacamnya. Jika tabel tersebut ada isinya, maka itulah popup msg nya. Proses print out bisa dilakukan. Proses pengiriman email ke pelanggan bersangkutan bisa dipelajari pembuatan prosesnya. dsb dsb

File terlampir melanjutkan ide mas Fahmi.



Kid.








2015-03-27 1:45 GMT+11:00 Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Assalamualaikum. Hy.putra


Cba bgini insya allah bisa.
klik cell D2 (atau dimana saja) ketikan rumus =today() pindah ke cell yg ingin diformulakan
ketikan formula =if(E4>=($D$2-1),"TAGIH","BELUM TAGIH")
untuk formula today diatas saya letakkan pada cell D2.




NB: tidak mau mendahului guru master, saya ingn bertrima kasih kpada mr.kid khususnya millis

Wass.
fahmi
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android
Dari:"monnalissa putra monnalissa0809@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal:Kam, 26 Mar 2015 pada 19:30
Judul:[belajar-excel] memberikan peringatan pop up msg [1 Attachment]



Dear Master Excel, Saya punya penjagaan rental kaset, peminjaman kaset itu ada tanggal pinjam dan tanggal kembali, saya mau muncul peringatan pop up msg tersebut muncul 1 hari sebelum tanggal kembali sehingga saya bisa memberi peringatan customer untuk segera mengembalikan kaset, bagaimana ya master rumus VBA nya? mohon pencerahan (file terlampir)













































Thu Mar 26, 2015 9:55 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

wa'alaikumussalam wr wb

Untuk number format, biasanya kalau sebuah cells diklik kanan lalu pilih
Format Cells lalu klik tab Number (yang di atas window baru) lalu pilih
opsi Custom, akan muncul textbox untuk mengisi bunyi format number yang
ingin dipakai untuk cells tersebut. Coba saja sendiri deh.

Bahan belajar penyusunan bunyi format numbernya, alias yang harus ditulis
di textbox itu, bisa dilihat disini :
http://www.ozgrid.com/Excel/CustomFormats.htm

Excel Table adalah fitur Excel untuk membentuk sebuah tabel yang utuh.
Fitur ini ada di ribbon Home -> group Styles -> Format As Table. Contoh
cara buatnya :
1. siapkan data dengan header di baris 1 saja (tidak boleh lebih dari 1
baris), tidak ada kolom kosong, baris data mulai baris 2.
2. blok data yang sudah disiapkan (header beserta seluruh recordnya)
3. ribbon Home -> group Styles -> klik Format As Table -> pilih salah satu
styles yang ada -> muncul dialog window baru
4. centang my table has header (karena yang diblok termasuk header) ->
tekan OK
5. klik sebuah cell dalam Excel table yang baru saja terbentuk -> lihat
jejeran menu -> ada menu baru bernama Table Tools
6. klik menu Table Tools -> klik ribbon Design -> lihat group Properties
(di paling kiri) -> perhatikan item Table Name -> tulis nama tabel yang
baru saja dibuat itu tanpa spasi (misal : KidGuanteng) -> hafalkan
7. nama tabel itu bisa dipakai sebagai rujukan ke data yang ada dalam tabel
tersebut.

Pivot table bisa dilihat mulai dari sini
<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>. Pada
saat membuat pivot table, pada bagian dialog window Create blabla di item
Select table blabla, tulis nama excel table yang akan dijadikan sumber data
bagi si pivot table.

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid.

2015-03-27 14:55 GMT+11:00 Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> assalamu'alaikum wr wb (Mods : jauh lebih baik daripada disingkat menjadi
> berarti sesuatu yang kurang pantas)
> yth.mr.kid
>
> penjelasan yg signifikan (au dah itu artinya apa) :D.Alhamdulillah ilmu
> bertambah
>
> trima kasih mr.
> Wassalamu'alaikum wr wb
>
>
>
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
> ------------------------------
> *Dari*:"'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]"
> *Tanggal*:Jum, 27 Mar 2015 pada 10:26
> *Judul*:Re: Re: [belajar-excel] memberikan peringatan pop up msg
>
>
>
> Wa'alaikumussalam wr wb
>
> 0. file lampiran tempo lalu tidak menggunakan VBA, btw, selamat belajar
> VBA.
> 1. data bertipe numerik (bukan sekedar berisi angka-angka maka pasti
> bertipe numerik loh ya) bisa di-format agar tampak di mata user menjadi
> sesuatu yang lebih informatif. Format ini ada di format cells -> tab Number
> -> tab Custom, jadi bisa menyusun format sendiri.
> 2. output menggunakan pivot table dengan sumber data pivot table (pivot
> table data source) dari tabel data di sheet sebelahnya. Pemanfaatan fitur
> Excel Table akan membuat area data yang dinamis tetap terikat sebagai
> sebuah object table. Maka pivot table akan terkena imbas baik berupa
> dinamisnya pivot table data source.
>
> ;)
>
> Wassalamu'alaikum wr wb
> Kid.
>
>
>
>
>
>
> 2015-03-27 11:23 GMT+11:00 Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> ass.
> yth.mr.kid
>
> Hehe.. maaf yak blm mengerti jauh tntg VBA lg mulai bljr diblog mr.kid.
> ilmu baru nih..
> kok bisa yaa mr. untuk kolom I4 (rumus D2-E4) ada penambahan kata "hari
> terlambat" .
> dan untuk dijadikan relasi ke sheet brikutnya apa itu dgn pivot mr.?
> Blh mnta penjelasaannya mr :D
>
> Wass.
>
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
> ------------------------------
> *Dari*:"'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Tanggal*:Jum, 27 Mar 2015 pada 6:03
> *Judul*:Re: [belajar-excel] memberikan peringatan pop up msg [1
> Attachment]
>
>
>
> Menampilkan popup msg setiap record yang harus diberi peringatan tentulah
> tidak masuk akal, karena jika ada 1000 client yang harus diberi peringatan
> hari itu, akan muncul popup msg 1000 kali dan harus di klik 1000 kali.
> Jadi, pasti bukan seperti ini yang diharapkan penanya.
>
> Menampilkan popup msg berisi banyak client yang harus diperingatkan akan
> membuat si popup msg menjadi penuh 1 layar dan bisa-bisa sampai membutuhkan
> beberapa layar (bisa pinjem layar tetangga gak ya) dan repot mencetaknya.
>
> Ide mas fahmi dengan membuat kolom berisi status pinjaman setiap record
> bisa menjadi bahan (sumber data) untuk membentuk output (berupa tabel atau
> layout output lainnya) yang bisa ditampilkan dengan mudah, informatif, dan
> bisa dicetak dengan mudah.
>
> Dari lembaran output yang terbentuk, maka setiap hari dan setiap saat
> membuka file tersebut, bisa langsung melihat di sheet daftar yang harus
> diberi peringatan dan lakukan refresh data atau semacamnya. Jika tabel
> tersebut ada isinya, maka itulah popup msg nya. Proses print out bisa
> dilakukan. Proses pengiriman email ke pelanggan bersangkutan bisa
> dipelajari pembuatan prosesnya. dsb dsb
>
> File terlampir melanjutkan ide mas Fahmi.
>
>
> Kid.
>
>
>
>
> 2015-03-27 1:45 GMT+11:00 Fahmi Syaifullah fahmisyaifullah20@yahoo.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:
>
>
>
> Assalamualaikum.
> Hy.putra
>
> Cba bgini insya allah bisa.
> klik cell D2 (atau dimana saja) ketikan rumus =today()
> pindah ke cell yg ingin diformulakan
> ketikan formula =if(E4>=($D$2-1),"TAGIH","BELUM TAGIH")
> untuk formula today diatas saya letakkan pada cell D2.
>
>
> NB: tidak mau mendahului guru master, saya ingn bertrima kasih kpada
> mr.kid khususnya millis
>
> Wass.
> fahmi
>
> Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
> <https://overview.mail.yahoo.com/mobile/?.src=Android>
> ------------------------------
> *Dari*:"monnalissa putra monnalissa0809@gmail.com [belajar-excel]" <
> belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Tanggal*:Kam, 26 Mar 2015 pada 19:30
> *Judul*:[belajar-excel] memberikan peringatan pop up msg [1 Attachment]
>
>
>
> Dear Master Excel,
> Saya punya penjagaan rental kaset, peminjaman kaset itu ada tanggal pinjam
> dan tanggal kembali, saya mau muncul peringatan pop up msg tersebut muncul
> 1 hari sebelum tanggal kembali sehingga saya bisa memberi peringatan
> customer untuk segera mengembalikan kaset, bagaimana ya master rumus VBA
> nya? mohon pencerahan (file terlampir)
>
>
>
>
>

Thu Mar 26, 2015 3:25 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Omez,

Replt dari mas Zain ndak perlu gambarnya dan gak ada file yang bisa
diunduh. Semuanya berupa teks yang tampak di body-email saja. Coba lihat di
:
a. inbox akun email icat_omez@ymail.com
atau di
b. website milis di trit ini di :
https://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/topics/36038

Wassalam,
Kid.

2015-03-25 11:51 GMT+11:00 omeza icat_omez@ymail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Maz Zain+ koq gambarnya..kosong ya mas..bsa di uplod ulang mas zain..terima
> kasih slm Omez
>
> --
> View this message in context:
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Memangil-Data-Di-Localhost-Mysql-tp5729702p5729709.html
> Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.
>
>

Thu Mar 26, 2015 3:47 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam wr wb

mas Bagus,

imho,
data andai memungkinkan dijaga tetap rapat seperti demikian. Kemudian
dibuatkan sebuah sheet output dari data tersebut. Jadi, proses input
biarkan rapat saja. Jika ingin lihat hasil input sebagai report yang ada
blank line antar kelompok, bisa dilihat di bagian output. Salinan bagian
output juga bisa diletakkan di sheet yang sama agar penginput data bisa
melihat pengubahan yang telah dilakukan dan dampaknya terhadap output.

File terlampir sekedar contoh.
Kolom yang di-input user adalah kolom A dan B.
User dilarang menginput di kolom C.
Kolom C adalah pembentuk kelompok data (setiap ketemu 1 berarti membentuk
sebuah kelompok data baru kan ya). Kolom C disusun dengan formula sederhana
berdasar kolom A. Tabel diubah menjadi Excel Object Table supaya ndak repot
copy formula kolom C ke baris-baris data baru karena sudah di-copy-ken oleh
si Excel.

Wassalamu'alaikum wr wb
Kid.

2015-03-25 18:23 GMT+11:00 Bagus bagus4bls@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Assalamu'alaykum..
>
> Minta tolong kepada be-exceller untuk kasus terlampir.
>
> bagaimana ketika ketemu nomor satu yang kedua dan seterusnya maka akan
> insert row.
>
> Matur nuwun;
>
>
> Wassalam
> Bagus
>
>
>

Thu Mar 26, 2015 8:38 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi


----- Forwarded Message -----
From: Hendrik <noreply-comment@blogger.com>
To: hendrikkarnadi@yahoo.com
Sent: Friday, 27 March 2015, 10:31
Subject: [Komunitas Belajar Excel] Komentar baru di Belajar Ribbon-X 03.

Hendrik telah membuat komentar baru pada posting Anda "Belajar Ribbon-X 03"

Artikelnya bagus mas Agus.
Apakah default tabs Ms Office bisa disembunyikan (khusus file terkait)?
Terima kasih.

Salam,
HK

Diposkan oleh Hendrik ke Komunitas Belajar Excel pada 27 Maret 2015 10.31

Thu Mar 26, 2015 9:07 pm (PDT) . Posted by:

"Nang Agus"

Bisa pak hendrik, lain waktu saya buatkan contohnya.

2015-03-27 10:38 GMT+07:00 hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> ----- Forwarded Message -----
> *From:* Hendrik <noreply-comment@blogger.com>
> *To:* hendrikkarnadi@yahoo.com
> *Sent:* Friday, 27 March 2015, 10:31
> *Subject:* [Komunitas Belajar Excel] Komentar baru di Belajar Ribbon-X 03.
>
> Hendrik <http://www.blogger.com/profile/08212887563956111339> telah
> membuat komentar baru pada posting Anda "Belajar Ribbon-X 03
> <http://b-excel.blogspot.com/2014/08/belajar-ribbon-x-03.html>"
>
> Artikelnya bagus mas Agus.
> Apakah default tabs Ms Office bisa disembunyikan (khusus file terkait)?
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
>
>
> Diposkan oleh Hendrik ke Komunitas Belajar Excel
> <http://b-excel.blogspot.com/> pada 27 Maret 2015 10.31
>
>
>
>

Thu Mar 26, 2015 9:41 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak HK,

Kalau sudah dicoba untuk membuat customized ribbon, pastilah sudah pernah
bertemu tag berbunyi ribbon. Tag ini bisa diberi atribut bernama
startFromScratch, yang kalau di-set bernilai true, maka default ribbon akan
disembunyikan.
Biasanya susunannya begini :
<!-- jangan lupa, xml memperlakukan case sensitive -->
<ribbon startFromScratch="true">

Kalau memang banyak yang belajar ribbon, saya bukaken akses file contoh
yang bisa dipelajari xml dan script vba-nya (kalau pas sudah butuh script
vba untuk callback) nya...
tapi dikit dulu ya..
1. untuk kenalan awal tentang bentuk dasar xml untuk ribbon, bedanya antara
xl2007 dengan xl2010 keatas : start scratch
<https://app.box.com/s/j9uwb6h0jyqi74w2kq18uc5gbycxgal2>
2. untuk combobox yang tempo hari pada ribut ditrit kapan tuh : combobox
<https://app.box.com/s/i2jry3g9bf10k8yx6wz618y5tlpe72vt>

Jangan lupa, itu adalah contoh file. Jadi, penggunaannya jangan membabi
buta. Pahami dan ambil yang dibutuhkan saja, karena ndak semuanya yang ada
dalam contoh pasti dibutuhkan karena contoh tersebut hasil kerjaannya orang
yang kurang kerjaan.

Belajar ribbon nya bisa dilihat di blog milis dari tulisannya mas Nang Agus
yang dimulai dari sini
<http://b-excel.blogspot.com/2014/06/belajar-ribbonx-01-perkenalan.html>.

2015-03-27 14:38 GMT+11:00 hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> ----- Forwarded Message -----
> *From:* Hendrik <noreply-comment@blogger.com>
> *To:* hendrikkarnadi@yahoo.com
> *Sent:* Friday, 27 March 2015, 10:31
> *Subject:* [Komunitas Belajar Excel] Komentar baru di Belajar Ribbon-X 03.
>
> Hendrik <http://www.blogger.com/profile/08212887563956111339> telah
> membuat komentar baru pada posting Anda "Belajar Ribbon-X 03
> <http://b-excel.blogspot.com/2014/08/belajar-ribbon-x-03.html>"
>
> Artikelnya bagus mas Agus.
> Apakah default tabs Ms Office bisa disembunyikan (khusus file terkait)?
> Terima kasih.
>
> Salam,
> HK
>
>
>
> Diposkan oleh Hendrik ke Komunitas Belajar Excel
> <http://b-excel.blogspot.com/> pada 27 Maret 2015 10.31
>
>
>
>

Thu Mar 26, 2015 10:05 pm (PDT) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Terima kasih Mr.Kid.
Tadi saya nulisnya True (T nya kebesaran)....setelah diganti true berhasil.

Salam,
HK

Sent from Samsung Mobile

<div>-------- Original message --------</div><div>From: "'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> </div><div>Date:27/03/2015 11:40 (GMT+07:00) </div><div>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com> </div><div>Subject: Re: [belajar-excel] Fw: [Komunitas Belajar Excel] Komentar baru di Belajar Ribbon-X 03. </div><div>
</div>Pak HK,

Kalau sudah dicoba untuk membuat customized ribbon, pastilah sudah pernah bertemu tag berbunyi ribbon. Tag ini bisa diberi atribut bernama startFromScratch, yang kalau di-set bernilai true, maka default ribbon akan disembunyikan.
Biasanya susunannya begini :
<!-- jangan lupa, xml memperlakukan case sensitive -->
<ribbon startFromScratch="true">

Kalau memang banyak yang belajar ribbon, saya bukaken akses file contoh yang bisa dipelajari xml dan script vba-nya (kalau pas sudah butuh script vba untuk callback) nya...
tapi dikit dulu ya..
1. untuk kenalan awal tentang bentuk dasar xml untuk ribbon, bedanya antara xl2007 dengan xl2010 keatas : start scratch
2. untuk combobox yang tempo hari pada ribut ditrit kapan tuh : combobox

Jangan lupa, itu adalah contoh file. Jadi, penggunaannya jangan membabi buta. Pahami dan ambil yang dibutuhkan saja, karena ndak semuanya yang ada dalam contoh pasti dibutuhkan karena contoh tersebut hasil kerjaannya orang yang kurang kerjaan.

Belajar ribbon nya bisa dilihat di blog milis dari tulisannya mas Nang Agus yang dimulai dari sini.

2015-03-27 14:38 GMT+11:00 hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:


----- Forwarded Message -----
From: Hendrik <noreply-comment@blogger.com>
To: hendrikkarnadi@yahoo.com
Sent: Friday, 27 March 2015, 10:31
Subject: [Komunitas Belajar Excel] Komentar baru di Belajar Ribbon-X 03.

Hendrik telah membuat komentar baru pada posting Anda "Belajar Ribbon-X 03"

Artikelnya bagus mas Agus.
Apakah default tabs Ms Office bisa disembunyikan (khusus file terkait)?
Terima kasih.

Salam,
HK

Diposkan oleh Hendrik ke Komunitas Belajar Excel pada 27 Maret 2015 10.31

Thu Mar 26, 2015 9:52 pm (PDT) . Posted by:

"Danny Prasetyo" danny_06791

body { font-family: "Calibri","Slate Pro","sans-serif";
color:#262626 } ‎Saya mempunyai combobox di dalam
userform yang berisi seluruh sheet dalam workbook. Dan saya ingin
menuju sheet yang dipilih dalam combobox tersebut. Jadi setelah
kita memilih sheet di combobox, dengan otomatis kita langsung
berpindah sheet. Lalu kode VBA apa yang digunakan?

Thu Mar 26, 2015 10:02 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Danny,

pada event change milik combobox tersebut tulis baris kode berikut :
(sesuaikan nama combobox nya dengan yang Anda gunakan)
Sheets( namacomboboxnya.text ).activate

Kalau belum tahu cara buat prosedur event dari suatu control :
1. ke VBE -> double click nama userform yang ada comboboxnya
2. doubleclick comboboxnya -> muncul blok prosedur event seperti private
sub namacomboboxnya_change(blablabla)

Nah namacomboboxnya bisa dilihat dari nama prosedur event (baris nomor 2
sebelum change) di atas
Baris kode perintahnya ditulis sebelum End Sub

Sekali lagi, jangan lupa menyesuaikan namacomboboxnya dengan nama yang Anda
sematkan di combobox milik Anda di tempat Anda

Akan lebih bagus lagi jika bersedia dengan penuh sabar mulai lihat kesini
<http://b-excel.blogspot.com/2013/06/belajarvba-000-kenalan.html>...
(psst... kebanyakan pada gak sabar loh, karena maunya dalam sekejap bisa
bikin aplikasi yang bisa macem-macem sesuka yang buat yang nyaingin MS
Excel)

Wassalam,
Kid.

2015-03-27 15:22 GMT+11:00 Danny Prasetyo danny_06791@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> ‎Saya mempunyai combobox di dalam userform yang berisi seluruh sheet dalam
> workbook. Dan saya ingin menuju sheet yang dipilih dalam combobox tersebut.
> Jadi setelah kita memilih sheet di combobox, dengan otomatis kita langsung
> berpindah sheet. Lalu kode VBA apa yang digunakan?
>
>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar